Lampu indikator overdrive off

Lain-lain

(1/1)

Penghapus dan Pembasuh Kaca

Uraian Penghapus kaca memastikan penglihatan pengemudi dengan menghapus air hujan atau kotoran dari kaca depan atau belakang. Pembasuh kaca menyemprotkan fluida pembasuh untuk menghapus kotoran atau oli yang tidak dapat dbersihkan oleh penghapus kaca saja. Fungsi penghapus • Fungsi kecepatan Mengganti kecepatan penghapus antara HI dan LO. • Fungsi intermittent Mengoperasikan penghapus secara intermittent pada kecepatan LO. Terdapat juga tipe dimana interval dapat disetel dalam beberapa langkah. • Fungsi Mist Mengoperasikan penghapus sekali saat switch di operasikan. • Fungsi auto park Tanpa mengindahkan posisi penghapus selama pengoperaWiper arm dan blade sian, memutar switch ke posisi OFF, mengembalikan pengNozzle pembasuh depan hapus ke posisi parkirnya. Nozzle pembasuh belakang • Fungsi terhubung dengan pembasuh Secara otomatis mengoperasikan penghapus saat switch pembasuh diputar ke posisi ON untuk beberapa detik.
(1/1)

Wiper motor dan linkage Reservoir fluida pembasuh Wiper arm dan blade belakang Wiper motor belakang

-21-

Penghapus Sistem penghapus terdiri dari switch penghapus, wiper motor, wiper linkage, wiper arm, dan wiper blade. Switch penghapus Memutar penghapus ke posisi ON/OFF dan mengubah kecepatannya. Motor penghapus (Wiper motor) Motor ini menghasilkan tenaga untuk mengoperasikan penghapus. Persambungan penghapus (Wiper linkage) Mengubah gerakan rotasi motor penghapus menjadi gerakan bolak-balik dan mengoperasikan penghapus kanan dan kiri secara bersamaan. Lengan penghapus (Wiper arm) Memberikan tekanan konstan ke mata pisau penghapus (wiper blade) pada permukaan kaca, selain mengirimkan gerakan ke mata pisau penghapus (wiper blade). Mata pisau penghapus (Wiper blade) Ini adalah bagian yang menghapus kaca jendela. Karet yang dimasukkan ke dalam mata pisau penghapus (wiper blade) harus diganti secara berkala. Penghapus
(1/1)

Sistem pembasuh kaca terdiri dari reservoir fluida pembasuh, motor pembasuh, slang, nozzle pembasuh, dan fluida pembasuh. Reservoir fluida pembasuh Menyimpan fluida pembasuh. Motor pembasuh Motor kecil yang memompa fluida pembasuh dan menyemprotkannya melalui nozzle-nozzle pembasuh. Umumnya dipasang dibawah reservoir fluida pembasuh. Slang Mengirim fluida pembasuh dari reservoir ke nozzle-nozzle. Nozzle pembasuh Pipa yang menyemprotkan fluida pembasuh. Mengandung check valve untuk mencegah agar fluida tidak mengalir kembali ke reservoir. Sudut penyemprotan nozzle dapat diubah. Fluida pembasuh Tipe fluida yang membersihkan kotoran dari kaca jendela. Saat permukaan kaca kering, fluida ini membantu melindungi mata pisau karet penghapus dan kaca jendela agar tidak rusak. Pada musim dingin, gunakan fluida dengan titik pengerasan rendah untuk mencegah pembekuan. Air Conditioning Uraian Air conditioning mengatur temperatur interior kendaraan. Ia berfungsi sebagai pengering udara selain fungsi pengaturan temperatur pendinginan dan pemanasan. Air conditioning juga membantu membuang hambatan seperti salju, es, dan kondensasi dari permukaan interior dan eksterior kaca jendela.
(1/1)

(1/1)

-22-

Pengoperasian Heater Cooler Dehumidifier

Heater Menggunakan heater core sebagai pengganti panas yang memanaskan udara. Cairan pendingin yang dipanaskan oleh mesin memasuki heater core, yang memanaskan udara yang mengalir dari blower fan.

Cooler Menggunakan evaporator sebagai pengganti panas yang mendinginkan udara. Saat switch AC diputar ke posisi ON, kompresor bekerja dan memompa gas refrigerant ke dalam evaporator. Saat refrigerant mengalir melalui evaporator, evaporator menyerap panas dari udara sekitarnya, yang kemudian mendinginkan udara.

-23-

Dehumidifier Saat switch AC diputar ke posisi ON, evaporator membuang kelembaban di udara dengan cara memadatkannya menjadi air. Sehingga udara menjadi lebih kering sebagai akibat dari fungsi penghilang kelembaban (dehumidifying) ini. Kelembaban kemudian dibuang ke luar kendaraan.

(1/1)

REFERENSI: Refrigerant AC mendinginkan interior dengan cara menyerap panas dari interior dan menghilangkannya ke eksterior. Refrigerant adalah media yang mengirimkan panas interior ke eksterior. Saat ini digunakan tipe refrigerant yang disebut "HCF-134a" (atau R134a). Karena AC bekerja dengan refrigerant yang dimampatkan ke tekanan tinggi, refrigerant dapat mengalami kebocoran, sehingga perlu dilakukan pemeriksaan berkala terhadap kondisi refrigerant. PETUNJUK: Beberapa kendaraan tidak memiliki sight glass.
(1/1)

Peyetelan Temperature AC kendaraan menggunakan heater core dan evaporator untuk mengatur temperatur sesuai dengan pembukaan pengatur percampuran udara dan pembukaan water valve. Pengatur percampuran udara (air-mix damper) dan water valve bekerja bersamaan dengan pemilih temperatur pada panel kontrol. Blower fan Evaporator Air-mix damper Heater core Pemilih temperatur (Temperature selector) Water Valve
(1/1)

-24-

REFERENSI: Auto air conditioning Sistem auto air conditioning secara otomatis mengatur temperatur interior ke temperatur yang telah ditentukan. Saat mode pengoperasian diset ke posisi AUTO dan temperatur diset, maka sensor-sensor mendeteksi temperatur udara ambient, temperatur interior, dan set temperatur. Kemudian komputer akan secara otomatis mengontrol outlet temperatur, kecepatan blower, dan posisi outlet guna mendapatkan set temperatur.

(1/1)

Engine Immobilizer System Engine Immobilizer System Pada sistem ini, engine ECU (Electronic Control Unit) di kendaraan memeriksa identitas chip yang tergabung di dalam kunci untuk mencegah agar mesin tidak hidup dengan kunci yang tidak terdaftar. Kunci kontak Transponder chip Transponder key coil (penerima kode identitas) Silinder kunci Transponder key amplifier Engine ECU Busi Injektor bahan bakar Pompa injeksi PETUNJUK: Terdapat tipe tergabung dengan transponder key amplifier dan engine ECU. Model mesin bensin (Menghentikan injeksi/pengapian bahan bakar) Model mesin diesel (Menghentikan injeksi bahan bakar)
(1/1)

SRS Airbag SRS Airbag SRS (Supplemental Restraint System) Airbag Bersama-sama dengan sabuk pengaman, SRS airbag meredam benturan yang diberikan pada wajah dan kepala selama tabrakan. Saat sensor-sensor mendeteksi benturan depan atau samping, rakitan sensor airbag tengah mengapikan gas propellant untuk secara langsung mengembangkan airbag. SRS airbag penumpang SRS airbag penumpang SRS airbag samping SRS airbag tirai pelindung
(1/1)

-25-

REFERENSI: Diagram garis besar Sensor airbag depan Rakitan sensor airbag tengah Airbag

(1/1)

-26-

Latihan
Pertanyaan-1
Tandai pernyataan berikut Benar atau Salah: No. Pertanyaan Benar atau Salah Jawaban yang Benar

1 2 3 4 5

Sirkuit kelistrikan terbentuk oleh massa bodi kendaraan yang terdiri dari terminal negatip alat-alat kelistrikan dan terminal negatip baterai yang terhubung pada bodi.

j k l m n Benarn Salah j k l m

Karena bohlam lampu halogen mencapai temperatur tinggi saat dinyaj k l m Benarn Salah j k l m lakan, jangan menyentuh area selain bagian kaca selama penggantian. n Relay yang digunakan pada kendaraan memutar sirkuit beramper tinggi j k l m n Benarn Salah j k l m ke ON/OFF dengan cara memutar sirkuit beramper kecil ON/OFF. Tachometer pada meter kombinasi menunjukkan jumlah putaran mesin per menit. Mekanisme lengan penghapus kaca harus diganti secara berkala.

j k l m n Benarn Salah j k l m j k l m n Benarn Salah j k l m

Pertanyaan-2
Pernyataan manakah yang benar mengenai AC kendaraan?

j k l m n j k l m n j k l m n j k l m n

1. Fungsi pemanasan AC kendaraan menggunakan sebuah evaporator sebagai pengganti panas untuk memanaskan udara. 2. Fungsi pendinginan AC kendaraan menggunakan heater core sebagai pengganti panas untuk mendinginkan udara. 3. Setelah penggunaan yang lama, refrigerant di dalam AC kendaraan berkurang. Oleh karena itu, pemeriksaan berkala volume refrigerant perlu dilakukan. 4. AC otomatis kendaraan secara otomatis mengontrol fungsi pendinginan. Akan tetapi, fungsi pemanasan harus dikontrol secara manual.

Pertanyaan-3
Pernyataan manakah yang benar mengenai lampu-lampu peringatan dan indikator?

j k l m n j k l m n j k l m n j k l m n

1. Lampu indikator lampu jauh menyala saat switch dimmer lampu kepala diputar satu takikan. 2. Lampu peringatan sabuk pengaman menyala saat pintu kendaraan dibuka. 3. Lampu peringatan permukaan bahan bakar menyala saat bahan bakar di dalam tangki rendah. 4. Lampu peringatan ABS menyala untuk memperingatkan kendaraan lain akan kehadiran kendaraan Anda.

Pertanyaan-4
Dari kelompok kata berikut, pilih kata-kata yang sesuai dengan nama-nama diagram yang terlihat di bawah ini.

1

2

3

4

5

a) Lampu peringatan tekanan oli d) Lampu peringatan permukaan fluida rem

b) Lampu peringatan glow plug c) Lampu indikator malafungsi e) Lampu peringatan pengosongan baterai
-27-

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful