ARTRITIS GOUT 3.

1 Definisi

Gout adalah peradangan akibat adanya endapan kristal asam urat pada sendi dan jari (depkes, 1992). 3.2 Epidemiologi Penyakit metabolik ini sudah dibahas oleh Hippocrates pada zaman Yunani kuno. Pada waktu itu gout dianggap sebagai penyakit kalangan sosial elite yang disebabkan karena terlalu banyak makan, anggur dan seks. sejak saat itu banyak teori etiologis dan terapeutik yang telah diusulkan. Sekarang ini, gout mungkin merupakan salah satu jenis penyakit reumatik yang paling banyak dimengerti dan usaha-usaha terapinya paling besar kemungkinan berhasil.

Gout merupakan penyakit dominan pada pria dewasa. Penelitian lain mendapatkan bahwa pasien gout yang berobat, rata-rata sudah mengidap penyakit selama lebih dari 5 tahun. Hal ini mungkin disebabkan banyak pasien gout yang mengobati sendiri.

3.3 Etiologi Gambaran klasik artritis gout yang berat dan akut ada kaitan langsung dengan hiperurisemia (asam urat serum tinggi). Gout mungkin primer atau sekunder. Gout primer merupakan akibat langsung pernbentukan asam urat tubuh yang berlebihan atau akibat penurunan ekskresi asam urat. Gout sekunder disebabkan an karena pembentukan asam urat yang berlebihan atau ekskresi asam urat yang berkurang akibat proses penyakit lain atau pemakaian obat tertentu.

Endapan urat dalam sendi atau traktus urinarius dialkibatkan: karena, asam urat yang rendah daya larutnya dan akibat garam-garainnya. Asam. urat yang berlebihan dan garam-garam tersebut keluar dari serum dan urin masing-masing mengendap dalam sendi dan traktus urinarius

3.5 Patofisiologis
Peningkatan kadar asam urat serum dapat disebabkan oleh pembentukan berlebihan atau penurunan eksresi asam urat, ataupun keduanya. Asam urat adalah produk akhir

Basa purin bebas (adenin. Terdapat suatu mekanisme inhibisi umpan balik oleh nukleotida purin yang terbentuk. Jalur penghematan adalah jalur pembentukan nukleotida purin melalui basa purin bebasnya. pemecahan asam nukleat. 2. Pada penyakit gout-arthritis. yang diubah melalui serangkaian zat antara menjadi nukleotida purin (asam inosinat. dan terdapat beberapa enzim yang mempercepat reaksi yaitu: 5-fosforibosilpirofosfat (PRPP) sintetase dan amidofosforibosiltransferase (amido-PRT). misalnya karena gagal ginjal . 1. Reaksi ini dikatalisis oleh dua enzim: hipoxantin guanin fosforibosiltransferase (HGPRT) dan adenin fosforibosiltransferase (APRT). hipoxantin) berkondensasi dengan PRPP untuk membentuk prekursor nukleotida purin dari asam urat. guanin. asam guanilat. yang fungsinya untuk mencegah pembentukan yang berlebihan. Jalur ini dikendalikan oleh serangkaian mekanisme yang kompleks. Penurunan eksreksi asam urat sekunder. meliputi: 1. yaitu jalur de novo dan jalur penghematan (salvage pathway). Substrat awalnya adalah ribosa-5-fosfat. Sebagian kecil asam urat yang diresorpsi kemudian diekskresikan di nefron distal dan dikeluarkan melalui urin. Jalur de novo melibatkan sintesis purin dan kemudian asam urat melalui prekursor nonpurin. Penurunan ekskresi asam urat secara idiopatik 2. Jalur ini tidak melalui zat-zat perantara seperti pada jalur de novo. atau asupan makanan. Secara normal. terdapat gangguan kesetimbangan metabolisme (pembentukan dan ekskresi) dari asam urat tersebut.metabolisme purin. asam adenilat). Asam urat yang terbentuk dari hasil metabolisme purin akan difiltrasi secara bebas oleh glomerulus dan diresorpsi di tubulus proksimal ginjal. metabolisme purin menjadi asam urat dapat diterangkan sebagai berikut: Sintesis purin melibatkan dua jalur.

yang ditandai dengan massa urat amorf (kristal) dikelilingi oleh makrofag. Peningkatan produksi asam urat. dan TNF. Asam urat ini merupakan suatu zat yang kelarutannya sangat rendah sehingga cenderung membentuk kristal.5 Manifestasi klinis . terutama leukotrien B. Kematian neutrofil menyebabkan keluarnya enzim lisosom yang destruktif. Makrofag yang juga terekrut pada pengendapan kristal urat dalam sendi akan melakukan aktivitas fagositosis. misalnya disebabkan oleh tumor (yang meningkatkan cellular turnover) atau peningkatan sintesis purin (karena defek enzim-enzim atau mekanisme umpan balik inhibisi yang berperan) 4.4 Patogenesis Adanya kristal mononatrium urat ini akan menyebabkan inflamasi melalui beberapa cara: 1. Protease ini akan menyebabkan cedera jaringan. di samping itu mengaktifkan sel sinovium dan sel tulang rawan untuk menghasilkan protease. Peningkatan asupan makanan yang mengandung purin Peningkatan produksi atau hambatan ekskresi akan meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Di tempat tersebut endapan akan memicu reaksi peradangan granulomatosa. Penimbunan asam urat paling banyak terdapat di sendi dalam bentuk kristal mononatrium urat. fibroblas. 3. dan juga mengeluarkan berbagai mediator proinflamasi seperti IL-1. Kristal bersifat mengaktifkan sistem komplemen terutama C3a dan C5a. erosi tulang rawan.3. Pengendapan kristal asam urat dalam tubulus ginjal dapat mengakibatkan penyumbatan dan nefropati gout. Mekanismenya hingga saat ini masih belum diketahui. Fagositosis terhadap kristal memicu pengeluaran radikal bebas toksik dan leukotrien. Mediator-mediator ini akan memperkuat respons peradangan. Komplemen ini bersifat kemotaktik dan akan merekrut neutrofil ke jaringan (sendi dan membran sinovium). IL-6. IL-8. dan dapat diikuti oleh fusi sendi (ankilosis). bursa. 3. limfosit. Penimbunan kristal urat dan serangan yang berulang akan menyebabkan terbentuknya endapan seperti kapur putih yang disebut tofi/tofus (tophus) di tulang rawan dan kapsul sendi. dan sel raksasa benda asing. Peradangan kronis yang persisten dapat menyebabkan fibrosis sinovium. Tofus dapat terbentuk di tempat lain (misalnya tendon. 2. jaringan lunak).

Serangan akut mungkin didahului oleh tindakan pembedahan. Pasien mungkin juga menderita demam dan jumlah sel darah putih meningkat. Tetapi sesudah menopause perubahan tersebut kurang nyata. trauma lokal. Ini diikuti dengan pengendapan kristal-kristal urat di luar cairan tubuh dan endapan dalarn dan seldtar sendi. Perkembangan serangan Akut gout biasanya merupakan kelanjutan dari suatu rangkaian kejadian. Pada pria hiperurisemia biasanya tidak timbul sebelurn mereka mencapai usia remaja. Dengan semakin lanjutnya penyakit maka sendi jari. lutut. Reaksi peradangan mungkin merupakan proses yang berkembang dan memperbesar diri sendiri akibat endapan tambahan kristal-kristal dari serum. Kristal-kristal asam urat ini merangsang respon fagositosis oleh leukosit dan waktu leukosit memakan kristal-kristal urat tersebut maka respon mekanisme peradangan lain terangsang. Akibat adanya kristal-kristal urat maka terjadi peradangan kronik. Gout Akut biasanya monoartikular dan timbulnya tiba-tiba. alkohol dan stres emosional. Periode antara serangan gout akut dikenal dengan nama gout inter kritikal. Meskipun yang paling sering terserang mula-mula adalah ibu jari kaki. pergelangan tangan. Respon peradangan mungkin dipengaruhi oleh letak dan besar endapan kristal asam urat. obat.Gout akut biasanya terjadi pada pria sesudah lewat masa pubertas dan sesudah menopause pada wanita. Tubuh mungkin tidak dapat menanggulangi peningkatan ini dengan memadai. pergelangan kaki dan siku dapat terserang gout. Tetapi serangan gout sering merupakan kelanjutan trauma lokal atau ruptura tofi (endapan natrium urat) yang merupakan penyebab peningkatan konsentrasi asam urat yang cepat. sedangkan kasus yang paling banyak diternui pada usia 50-60. tetapi sendi lainnya dapat juga terserang. Urat serum wanita normal jumahnya sekitar 1 mg per 100 mI. sendi . Kristalisasi dan endapan asam urat merangsang serangan gout. Serangan gout akut biasanya dapat sembuh sendiri. Gout kronik timbul dalarn jangka waktu beberapa tahun dan ditandai dengan rasa nyeri. sekitar 95 persen penderita gout adalah pria. Gout lebih banyak dijumpai pada pria. Tanda-tanda awitan serangan gout adalah rasa sakit yang hebat dan peradangan lokal. sehingga mempercepat proses pengeluaran asam urat dari serum. kaku dan pegal. lebih sedikit jika dibandingkn dengan pria. Kebanyakan gejala-gejala serangan Akut akan berkurang setelah 10-14 hari walaupun tanpa pengobatan. Pertama-tama biasanya terdapat supersaturasi urat dalam plasma dan cairan tubuh. Pada masa ini pasien bebas dari gejala-gejala klinik.

trauma lokal.6 Diagnosis Gout akut biasanya terjadi pada pria sesudah lewat masa pubertas dan sesudah menopause pada wanita. Awitan dan ukuran tofi sebanding dengan kadar urat serum. sehingga mempercepat proses pengeluaran asam urat dari serum. Yang sering terjadi tempat pembentukan tofi adalah: bursa olekranon. obat. Perkembangan serangan Akut gout biasanya merupakan kelanjutan dari suatu rangkaian kejadian. Gout Akut biasanya monoartikular dan timbulnya tiba-tiba. Tetapi serangan gout sering merupakan kelanjutan trauma lokal atau ruptura tofi (endapan natrium urat) yang merupakan penyebab peningkatan konsentrasi asam urat yang cepat. tetapi sendi lainnya dapat juga terserang. lebih sedikit jika dibandingkn dengan pria. sedangkan kasus yang paling banyak diternui pada usia 50-60. lutut. Serangan gout akut biasanya dapat sembuh sendiri. Serangan akut mungkin didahului oleh tindakan pembedahan. Tanda-tanda awitan serangan gout adalah rasa sakit yang hebat dan peradangan lokal. pergelangan tangan. Pada pria hiperurisemia biasanya tidak timbul sebelurn mereka mencapai usia remaja. Penyakit ginjal dapat terjadi akibat hiperurisemia kronik. Tubuh mungkin tidak dapat menanggulangi peningkatan ini dengan memadai. Tofi timbul pada gout kronik karena urat tersebut relatif tidak larut. Meskipun yang paling sering terserang mula-mula adalah ibu jari kaki. Dengan semakin lanjutnya penyakit maka sendi jari. Tetapi sesudah menopause perubahan tersebut kurang nyata. permukaan ekstensor dari lengan bawah. Pasien mungkin juga menderita demam dan jumlah sel darah putih meningkat. Serangan gout Aut dapat terjadi secara simultan diserta gejala-gejala gout kronik. tetapi dapat dicegah apabila gout ditangani secara memadai.yang bengkak akibat gout kronik sering besar dan berbentuk nodular. Kebanyakan gejala-gejala serangan Akut akan berkurang setelah 10-14 hari walaupun tanpa pengobatan. Kadang-kadang tofi dapat membentuk tukak dan kemudian mengering dan dapat membatasi pergerakan sendi. Urat serum wanita normal jumahnya sekitar 1 mg per 100 mI. bursa infrapatella dan helix telinga Tofi-tofi ini mungkin sulit dibedakan secara klinis dari rheumatoid nodul. tendon Achilles. 3. Kristalisasi . Gout lebih banyak dijumpai pada pria. pergelangan kaki dan siku dapat terserang gout. alkohol dan stres emosional. sekitar 95 persen penderita gout adalah pria. Ini diikuti dengan pengendapan kristal-kristal urat di luar cairan tubuh dan endapan dalarn dan seldtar sendi. Pertama-tama biasanya terdapat supersaturasi urat dalam plasma dan cairan tubuh.

Awitan dan ukuran tofi sebanding dengan kadar urat serum. Yang sering terjadi tempat pembentukan tofi adalah: bursa olekranon. Tofi timbul pada gout kronik karena urat tersebut relatif tidak larut.dan endapan asam urat merangsang serangan gout. sendi yang bengkak akibat gout kronik sering besar dan berbentuk nodular. Periode antara serangan gout akut dikenal dengan nama gout inter kritikal. Serangan gout Aut dapat terjadi secara simultan diserta gejala-gejala gout kronik. permukaan ekstensor dari lengan bawah. Tetapi harus diingat bahwa banyak obat-obatan mempengaruhi kadar asam urat serum dan juga banyak orang normal yang tidak memperlihatkan gejala-gejala mempunyai kadar asam urat yang tinggi. Pada masa ini pasien bebas dari gejala-gejala klinik. Penyakit ginjal dapat terjadi akibat hiperurisemia kronik. Gout kronik timbul dalarn jangka waktu beberapa tahun dan ditandai dengan rasa nyeri. Tes diagnostik lain yang dapat mendukung diagnosis gout adalah penentuan respon gejalagejala sendi terhadap kolkisin. tendon Achilles. Kristal-kristal asam urat ini merangsang respon fagositosis oleh leukosit dan waktu leukosit memakan kristal-kristal urat tersebut maka respon mekanisme peradangan lain terangsang. bursa infrapatella dan helix telinga Tofi-tofi ini mungkin sulit dibedakan secara klinis dari rheumatoid nodul. Kolkisin merupakan obat yang dapat meringankan gejala- . tetapi dapat dicegah apabila gout ditangani secara memadai. kaku dan pegal. Kadang-kadang tofi dapat membentuk tukak dan kemudian mengering dan dapat membatasi pergerakan sendi. Peningkatan kadar asam urat serum dapat membantu menentukan diagnosis. terutama gambaran klinik yang klasik. Respon peradangan mungkin dipengaruhi oleh letak dan besar endapan kristal asam urat. Akibat adanya kristal-kristal urat maka terjadi peradangan kronik. Reaksi peradangan mungkin merupakan proses yang berkembang dan memperbesar diri sendiri akibat endapan tambahan kristal-kristal dari serum. Kriteria diagnostik gout harus dipertimbangkan pada setiap pasien yang mempunyai riwayat dan penernuan fisik sesuai dengan apa yang telah Idta bahas sebelumnya.

3. adenin dan guanin. Gejalagejala dalam 24 jam biasanya akan hilang setelah mulai pengobatan. Kadar laktat darah meningkat sebagai produk samping darl metabolisme alkohol yang normal. maka dapat dipastikan dengan dua metoda: (1) menemukan kristal urat dalam cairan sinovial dan (2) menermikan urat dalam endapan tofi.7 Prognosis Gout Pasien yang telah menderita arthritis gour tidak akan sembuh sepenuhnya. Nephrophaty akibat deposit kristal urat dalam interstisial ginjal 4. Sifat perubahan radiologis dapat membantu i sekali dalam penentuan diagnosis gout. urat oleh ginjal. tetapi pada awitan penyakit inj biasanya belum ada perubahan yang menyolok. asam etakrinik). . Kelaparan dan intake etil alkohol yang berlebilian juga dapat mengakibatkan hiperurisemia. namun dapat diobati dan dikontrol. Begitu diperkirakan diagnosis gout. dan asam-asam keto ini mengganggu ekskresi asam urat oleh ginjal. antihipertensi (klortiazid. Peningkatan kadar asam keto akibat puasa yang berkepanjangan. Medikamentosa  Gout tidak dapat disembuhkan. Pasien tersebut harus terus menjaga diet sepanjang hidup dan mengurangkan makanan yang mengandungi purin seumur hidupnya Komplikasi    Deformitas pada persendian yang terserang Urolitiasis akibat deposit kristal urat pada saluran kemih. Diet tinggi purin dapat merupakan salah satu faktor penyebab karena asam urat dibentuk dari purin. dan peningkatan laktat ini juga mengganggu ekskresi asam.gejala serangan gout akut secara dramatis. Faktor-faktor yang berperanan Ada faktor-faktor tertentu yang berperanan sebagai penyebab hiperurisemia. Tatalaksana 1) a. Asam urat serum dapat meningkat pula akibat salisilat dosis rendah (kurang dari 2-3 g per hari) dan beberapa obat diuretika.

seperti ibuprofen atau naproxen.  Colchicine sering juga digunakan untuk mengobati peradangan pada penyakit gout. membatasi makanan tinggi purin dan memilih yang rendah purin. Obat ini bekerja pada metabolisme asam urat dengan mencegah perubahan zat purine dalam makanan menjadi asam urat. Non Medikamentosa  Bagi yang telah menderita gangguan asam urat. ginjal.Gout secara umum diobati dengan obat anti inflamasi. lain-lain jeroan. jantung. dapat diberikan pada orang yang tidak dapat menggunakan NSAIDs. sebaiknya membatasi diri terhadap hal-hal yang bisa memperburuk keadaan.  Allupurinol dapat menurunkan kadar asam urat dengan cara menekan produksi asam urat. selain itu dapat menimbulkan efek samping seperti kemerahan dan kerusakan hati. Misalnya. secara umum diberikan untuk mengobati serangan berat dan mendadak. Steroid dapat diberikan dengan suntikan langsung pada sendi yang terkena atau diminum dalam bentuk tablet. otak. b.  Kortikosteroid. . Yang termasuk di dalamnya adalah : NSAIDs. Pengobatan ini tidak dianjurkan untuk orang dengan fungsi ginjal yang kurang. Steroid bekerja sebagai anti peradangan. paru. obat ini biasanya menurunkan peradangan dan nyeri dalam beberapa jam.  Penggolongan makanan berdasarkan kandungan purin : Golongan A: Makanan yang mengandung purin tinggi (150-800 mg/100 gram makanan) adalah hati.

buahbuahan. daging sapi. kangkung.  Apabila dengan pengaturan diet masih terdapat gejala-gejala peninggian asam urat darah. herring. daun singkong. jamur. telur. kerang. cepat tanggap dan rutin memeriksakan diri ke dokter. sayuran lain. daun pepaya. remis. susu. kembang kol.  Hal yang juga perlu diperhatikan.udang. dendeng). ekstrak daging (abon.  Juga membatasi diri mengonsumsi lemak serta disarankan untuk banyak minum air putih. kacang-kacangan kering. buncis. biasanya gangguan asam urat akan terus berlanjut 2) Pencegahan  Makanan yang mengandung tinggi purin dan tinggi protein sudah lama diketahui dapat menyebabkan dan meningkatkan risiko terkena gout.  Golongan C: Makanan yang mengandung purin lebih ringan (0-50 mg/100 gram makanan) adalah keju. kerang-kerangan. ragi (tape). sardin. jangan bekerja terlalu berat. Karena sekali menderita. sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terdekat untuk penanganan lebih lanjut. asparagus. alkohol serta makanan dalam kaleng. Untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah dapat dilakukan sebagai berikut : Kalori sesuai kebutuhan .  Golongan B: Makanan yang mengandung purin sedang (50-150 mg/100 gram makanan) adalah ikan yang tidak termasuk golongan A. bayam.  Pengaturan diet sebaiknya segera dilakukan bila kadar asam urat melebihi 7 mg/dl dengan tidak mengonsumsi bahan makanan golongan A dan membatasi diri untuk mengonsumsi bahan makanan golongan B.

permen. Karbohidrat sederhana jenis fruktosa seperti gula. gulali. berat badannya harus diturunkan dengan tetap memperhatikan jumlah konsumsi kalori.8-1 gram/kg berat badan/hari.  Asupan protein yang dianjurkan bagi penderita gangguan asam urat adalah sebesar 50-70 gram/hari atau 0. arum manis. keju dan telur. misalnya hati. .  Konsumsi karbohidrat kompleks ini sebaiknya tidak kurang dari 100 gram per hari. paru dan limpa.  Sumber makanan yang mengandung protein hewani dalam jumlah yang tinggi. Jumlah asupan kalori harus benar disesuaikan dengan kebutuhan tubuh berdasarkan pada tinggi dan berat badan. dan sirop sebaiknya dihindari karena fruktosa akan meningkatkan kadar asam urat dalam darah. roti dan ubi sangat baik dikonsumsi oleh penderita gangguan asam urat karena akan meningkatkan pengeluaran asam urat melalui urin.  Asupan kalori yang terlalu sedikit juga bisa meningkatkan kadar asam urat karena adanya badan keton yang akan mengurangi pengeluaran asam urat melalui urin.  Rendah protein  Protein terutama yang berasal dari hewan dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah.  Sumber protein yang disarankan adalah protein nabati yang berasal dari susu. singkong. ginjal.  Tinggi karbohidrat  Karbohidrat kompleks seperti nasi.  Penderita gangguan asam urat yang kelebihan berat badan. otak.

blewah. dan jambu air.5 liter atau 10 gelas sehari.  Tinggi cairan  Konsumsi cairan yang tinggi dapat membantu membuang asam urat melalui urin. bersantan.  Hal ini adalah karena alkohol akan meningkatkan asam laktat plasma. Buah-buahan yang disarankan adalah semangka. melon. Anda disarankan untuk menghabiskan minum minimal sebanyak 2. 5.  Selain buah-buahan tersebut. belimbing manis. serta margarine dan mentega sebaiknya dihindari.  Air minum ini bisa berupa air putih masak.  Buah-buahan yang sebaiknya dihindari adalah alpukat dan durian. karena keduanya mempunyai kandungan lemak yang tinggi. teh.  Tanpa alkohol  Berdasarkan penelitian diketahui bahwa kadar asam urat mereka yang mengonsumsi alkohol lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi alkohol. buah-buahan yang lain juga boleh dikonsumsi karena buah-buahan sangat sedikit mengandung purin. Rendah lemak  Lemak dapat menghambat ekskresi asam urat melalui urin. Selain dari minuman. atau kopi. nanas. Karena itu. Makanan yang digoreng.  Konsumsi lemak sebaiknya sebanyak 15 persen dari total kalori. Pola hidup sehat a la Islam . cairan bisa diperoleh melalui buah-buahan segar yang mengandung banyak air. Asam laktat ini akan menghambat pengeluaran asam urat dari tubuh.

Menurut beberapa sirah. Ada beberapa kebiasan Rasulullah SAW yang menjadikan beliau sangat sehat lahir batin. Sebelum tidur biasakan membersihkan diri dengan berwudhu’ dan bersiwak (mengosok gigi). Tidurlah dengan pakaian yang pantas. Agar mampu beribadah dan bekerja dalam kondisi yang serba sibuk ini. contoh terbaik dalam menjaga kesehatan adalah contoh diberikan oleh Rasulullah SAW. Secara umum. Tirmidzi. serta sering menghadapi hal-hal yang sangat menekan perasaan. Banyak ayat-ayat AlQuran dan Sunnah yang mengemukakan upaya pencegahan penyakit. Dalam shahih Bukhari saja tak kurang dari 80 hadist yang membicarakan masalah ini. Jika kondisi fisiknya tidak sehat. nikmat sehat makin terasa dibutuhkan seiring dengan makin bertambah banyaknya tugas dan kesibukan seseorang. hingga akhirnya wafat. selayaknya seorang muslim memandang penting masaah kesehatan.Bagi seorang muslim. Tidur Sehat Ala Rasul Ajaran Islam sebagai ajaran yang menyeluruh. Saat itu beliau mengalami sakit yang cukup parah. selama hidupnya Rasulullah hanya sakit dua kali. Dengan kata lain. Yaitu saat menerima wahyu pertama. memberikan tuntunan disegala sisi keidupan manusia. Ada baiknya sebelum tidur membersihkan tempat tidur agar sangat nyaman. seseorang akan menghadapi hambatan yang lebih banyak dalam melakukan segenap aktivitas keseharian. Ahmad. tidak terkeculai dalam hal tidur. Meskipun Cuma tidur bukan berarti seenaknya saja. jangan pakaian yang menyiksa raga seperti ketat dan menyesakan sehinggga mengganggu ketentraman tidur.Kesehatan merupakan nikmat Allah SWT yang tak terkira yang diberikan kepada hambaNya sebagai salah satu tanda kasih sayangNya demi memenuhi kebutuhan hidup manusia. Baihaqi. Ada pula yang menyebutkan bahwa Rasulullah mengalami sakit lebih dari dua kali termasuk ketika sakit di tenung oleh seorang Yahudi dan di racun oleh seorang wanita Yahudi setelah perang Khaibar. Rasulullah sangat jarang mengalami sakit meskipun mempunyai banyak aktivitas seperti berdakwah. Dengan berdoa dan berzikir Insya Allah terhindar dari mimpi buruk. beliau sangat menekankan aspek pencegahan daripada pengobatan. dan bahkan terjun langsung dalam peperangan. Sunan Abu Dawud. Jangan sampai lupa berdoa dan berdzikir. dan yang satunya lagi menjelang beliau wafat. ketika itu beliau mengalami ketakutan yang sangat sehingga menimbulkan demam hebat. Mengapa Rasulullah jarang sakit? Pertanyaan yang sangat menarik untuk dikemukakan. beribadah. Belum lagi yang tersebar di dalam kitab Shahih muslim.Pada jaman modern yang serba cepat dan sibuk ini. . Rasulullah SAW jarang sakit karena mampu mencegah hal-hal yang berpotensi mendatangkan penyakit. dan lain-lain. antara lain: 1.

Cara tidur Rasulullahpun sarat makna. Beliau tidur di awal malam dan bagun pada pertenganhan malam kedua. sambil berzikir kepada Allah hingga matanya terasa berat. aku hidup dan aku mati” (HR Bukhari-Muslim). Ibnu Qoyyim. Beliau tidak pernah tidur melebihi kebutuhan. niscaya ia akan memahami pola tidur yang benar dan paling bermanfaat untuk badan dan organ tubuh”. Dan kepadaNyakita semua berkumpul” (HR Bukhari) Prinsipnya. Penelitian yang dilakukan di Jepang dan di AS selama enam tahun dengan responden berusia 30 sampai dengan 120 tahun menyimpulkan bahwa orang yang biasa tidur lebih dari 8 jam sehari memiliki risiko kematian yang lebih cepat. Rasulullah selalu mengajak umatnya agar selalu bangun sebelum waktu subuh serta melaksanakan sholat shubuh di masjid. dengan berjalan ke masjid. Tiga manfaat yang dapat diambil dari posisi tidur miring ke kanan. Karena itu orang yang suka bangun pagi dan menghirup udara pagi mempunyai paru-paru yang lebih kuat dan sehat. cepat tidur dan cepat bangun. Tekadang beliau memiringkan badannya kesebelah kiri sebentar. udara subuh dapat memperkuat pikiran dan menyehatkan perasaan. penghidupan lapang dan mendapatkan kebaikan di dunia akhirat. yaitu: a. Disamping itu. kita akan menghirup udara subuh yang segar dan mengandung oksigen. otak cerdas. Sangat berlawanan dengan mereka yang bisa tidur 6 – 7 jam sehari. lalu berwudhu dan sholat sampai waktu diizinkan Allah. Ibnu qayyim Al Jauziyyah dalam buku Metode Pengobatan Nabi mengungkapkan bahwa Rasul tidur dengan memiringkan tubuh kearah kanan. Biasanya Rasulullah SAW bangun dan bersiwak.Rasulullah tidur lebih awal dan bangun lebih awal. Selain mendapat pahala. Nah Rasulullah SAW biasa tidur selepas Isya untuk kemudian bangun malam. seorang intelektual Islam berkata: “Barangsiapa yang memperhatikan pola tidur Rasulullah. Kemudian ketika bangun tidur kita juga dianjurkan untuk berdo’a: “Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah Ia mematikan kami. sebagaimana Rasulullah mencontoh doa sebelum tidur: “Dengan namaMu ya Allah.untuk kemudian kembali ke sebelah kanan. Tidur seperti ini merupakan tidur paling efisien. Keuntungan yang akan diperoleh adalah badan sehat. Menjaga saluran pernafasan Tidur miring mencegah jatuhnya lidah ke pangkal yang dapat mengganggu saluran . Jadi beliau tidur tidak lebih dari 8 jam. Sebelum tidur dianjurkan untuk berdoa.

Tentunya ini sangat mengganggu kualitas tidur. Orang yang mendengkur saat tidur menyebabkan tubuh kekurangan oksigen. c. Jika tidur miring ke sebelah kanan. karena syaitan musuh yang nyata bagimu.” Sesungguhnya pangkal penyakit kebanyakan bersumber dari makanan. 2. Tidur bertumpu pada sisi kiri menyebabkan curah jantung yang berlebihan. Hal ini tidak menjadi masalah karena paru-paru kanan lebih besar. karena darah yang masuk ke atrium juga banyak yang disebabkan karena paru-paru kanan berada di atas. Lain halnya jika bertumpu pada sebelah kiri. Bahkan terkadang dapat mengakibatkan terhentinya nafas untuk beberapa detik yang akan membangunkannya dari tidur. Yang juga mengakibatkan seseorang mendengkur.pernafasan. Hal ini disebabkan karena posisi jantung yang lebih condong berada di sebelah kiri. Menjaga kesehatan jantung Tidur miring ke kanan membuat jantung tidak tertimpa organ lainnya. Maka tak heran bila Rasulullah memberi perhatian besar dalam masalah ini. jantung akan menekan paru-paru kiri yang berukuran kecil. kenakan pakaianmu yang indah disetiap memasuki masjid. mengakibatkan saluran pernafasan terhalang oleh lidah. b.” Hal senada dapat ditemukan di surat Al Baqarah 168: “Hai sekalian manusia makan-makanlah yang halal lagi baik dariapa yang terdapatdi bumi dan jangan kamu mengikuti langkah-langkah syaitan. Makan Sehat Ala Rasul Allah berfirman dalam Al Qur’an surat Al A’raf ayat 31: “Hai anak Adam. jantung akan condong ke sebelah kanan. Orang tersebut biasanya akan bangun dengan keadaan pusing karena kurangnya oksigen yang masuk ke otak. Sedangkan paru-paru kanan mendapatkan pasokan darah yang lebih banyak dari paru-paru kiri. Namun Rasullah juga terkadang miring ke kiri untuk sementara dan kemudian kembali lagi miring ke kanan. Sesungguhnya allah tidak menyukai orangorang yang belebih-lebihan. . Menjaga kesehatan paru-paru Paru-paru kiri lebih kecil dibandingkan dengan paru-paru kanan. tentu ini sangat tidak baik. Tidur dengan posisi telentang. makan dan minumlah dan janganlah berlebih-lebihan.

“Hendaknya kalian menggunakan dua macam obat. menyeluruh.Yang selanjutnya. Beliau biasa meminum madu yang dicampur air untuk membersihan air liur dan pencernaan. diungkapkan dengan isim nakiroh. “Jangan kau jadikan perutmu sebagai kuburan bagi hewan-hewan ternak!” Menu harian Rasulullah adalah sbb: Lepas dari subuh. karena tidak baik bagi jantung. Cukuplah bagi mereka beberapa suap yang dapat memfungsikan tubuhnya. di masa setelah wafatnya Rasulullah.Prinsip pertama makanan dan minuman harus halal dan thoyib (baik). Rasulullah melarang untuk makan lagi sesudah kenyang. 2/3nya untuk minuman dan udara. Beliau juga meminimalisir dalam mengonsumsi daging. maka (ia dapat mengisi perutnya) dengan sepertiga untuk makanan.” Dan penelitian membuktikan bahwa berkumpulnya berjenis-jenis makanan dalam perut telah melahirkan bermacam-macam penyakit. madu berfungsi . beliau tidak akan makan roti. sepertiga untuk minuman. Rasulullah bersaba: “Anak Adam tidak memenuhkan suatu tempat yang lebih jelek dari perutnya. Lambung cukup di isis dengan 1/3 makanan. para sahabat. wahai Bunda?” tanya para sahabat. Prinsip kedua seimbang. “Dahulu Rasulullah tidak pernah mengenyangkan perutnya dengan dua jenis makanan. Ditinjau dari ilmu kesehatan. Aisyah ra lalu menjawab. Rasulullah mengajarkan untuk makan tidak terlalu kenyang. yaitu madu dan Alquran” (HR. Pesan Umar ra. Maksudnya selain masuk kategori halal. sebab terlalu banyak daging akan berakibat buruk pada persendian dan ginjal. Rasulullah tidak makan dua jenis makanan panas atau dua jenis makanan yang dingin secara bersamaan. Khasiatnya luar biasa. maka makanan dan minuman kaum muslimin harus bersih dan mengandung kandungan gizi yang cukup. saling bercerita tentang menu makanan mereka yang meningkat dan bermacam-macam. kalau sudah yakin bahwa Anda sudah kenyang. sederhana dan tak berlebihan. Maka sebaiknya jangan gampang tergoda untuk makan lagi. Rasul bersabda. Ibnu Majah dan Hakim). para sahabat mengunjungi Aisyah ra. Rasulullah membuka menu sarapannya dengan segelas air yang dicampur dengan sesendok madu asli. Dalam Al qur’an. Aisyah ra. “Apa yang membuatmu menangis. Salah satu makanan kegemaran Rasul adalah madu. sambil menunggu Aisyah ra. yang dihasilkan oleh madu. yang berarti umum. dan sepertiganya lagi untuk pernafasan” (HR Ibnu Majah dan Ibnu Hibban). yang mendengar hal itu tiba-tiba menangis. Suatu hari. yang sudah menjadi orang-orang kaya. kata “syifa”/kesembuhan. dan ketika sudah kenyang dengan kurma. Waktu itu daulah islamiyah sudah sedemikian luas dan makmur. Kalau tidak ditemukan jalan lain. “Kami adalah kaum yang tidak makan sebelummerasa lapar dan bila kami makan tidak pernah kekenyangan”(HR Bukhari Musim). Ketika sudah kenyang dengan roti. Beliau juga tidak makan ikan dan daging dalam satu waktu dan juga tidak langsung tidur setelah makan malam. Lalu. beliau tidak akan makan kurma.

Dan ini terbukti ketika seorang wanita Yahudi menaruh racun dalam makanan Rasulullah dalam sebuah percobaan pembunuhan di perang khaibar. Menjelang sore hari. tidak akan berlebihan apabila bermaksud untuk makan lagi. Seorang ahli kemudian melakukan penelitian. Rasulullah selalu berbuka puasa dengan segelas susu dan kurma. tetapi dikonsumsi dengan makanan pokok. Glukosa itu sudah cukup mengenyangkan. Tentu saja bukan cuma cuka dan minyak zaitunnya saja. menu Rasulullah selanjutnya adalah cuka dan minyak zaitun. ada beberapa jenis makanan yang disukai Rasulullah tetapi beliau tidak rutin mengonsumsinya. . Kedua jenis makanan itu kaya dengan glukosa. maka akan terlindungi dari racun. beliau selalu mengonsumsi sana al makki dan sanut. dan memperlancar pencernaan. racun yang tertelan oleh beliau kemudian bisa dinetralisir oleh zat-zat yang terkandung dalam kurma. salah seorang sahabat yang ikut makan racun tersebut. untuk makan kurma di saat kehamilannya sebab bagus untuk kesehatan janin. menyembuhkan sembelit. Diantaranya tsarid. sehingga langsung menggantikan zat-zat gula yang kering setelah seharian berpuasa. Rasulullah selalu makan tujuh butir kurma “ajwa”/matang. Tetapi Rasulullah selamat. menurunkan kolesterol. Ada kisah menarik sehubungan dengan buah tin dan zaitun. yang kesimpulannya. Subhanallah! Di malam hari. Beliau juga senang makan buah yaqthin atau labu manis. Bisyir ibnu al Barra’. Maka tidak perlu heran kalau Allah menyuruh Maryam ra. penyakit kanker ternyata tidak menyebar ke daerahdaerah yang penduduknya banyak mengonsumsi kurma karena kurma memiliki zat-zat yang bisa mematikan sel-sel kanker. jika zat-zat yang terkandung dalam tin dan zaitun berkumpul dalam tubuh manusia dengan perbandingan 1:7. Disamping menu wajib di atas. sehingga setelah sholat maghrib. kemudian sholat maghrib. seperti roti misalnya. diantaranya mencegah lemah tulang dan kepikunan di hari tua. menu utama Rasulullah adalah sayur-sayuran. wasir. Sabda beliau. peradangan. yang Allah bersumpah dengan keduanya. atau tubuh yang sempurna. yang terbukti bisa mencegah penyakit gula. akhirnya meninggal. barang siapa yang makan tujuh butir kurma. Secara umum sayursayuran memiliki kandungan zat dan fungsi yang sama. kata “at tin” hanya ada satu kali.membersihkan lambung. serta menyembuhkan luka bakar. Manfaatnya banyak sekali. melancarkan sembelit. yaitu memperkuat daya tahan tubuh dan melindungi dari serangan penyakit. Kemudian beliau juga senang makan anggur dan hilbah. Ia juga berfungsi untuk mencegah kanker dan menjaga suhu tubuh di musim dingin. mengaktifkan usus-usus. Masuk waktu dluha. Dahulu. maka akan menghasilkan “ahsni taqwim”. yaitu campuran antara roti dan daging dengan kuah air masak (kira-kira seperti bubur ayam). Beberapa riwayat mengatakan. sebagaimana tercantum dalam surat at tin. Dalam Al-quran. Apa rahasianya? Tujuh butir kurma! Dalam sebuah penelitian di Mesir. sedangkan kata “az zaytun” diulang sampai tujuh kali.

akan buruk juga akibatnya. berkahilah untuk kami. diajarkan juga kepada kita agar senantiasa berdo’a baik sebelum maupun sesudah makan. Sebab setinggi apa pun gizinya.Dailami). Rasulullah bersabda. dan aliran darah berjalan lebih lancar ke semua jaringan dan organ-organ tubuh. dan periharalah kami dari api neraka”(Al Hadist). Diantaranya. sehingga otot-otot menjadi kuat. Doa sesudah makan: “Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan dan minum kami. mengikis lipid “jahat” (cholesterol). Banyak hasil penelitian modern yang memaparkan bahwa puasa sangat menyehatkan. Secara fisiologis. persendian tidak kaku.”Prinsip ketiga berpuasa. “Berpuasalah kamu supaya sehat tubuhmu” (HR Bukhari) Puasa akan membawa kita pada kesehatan yang sangat luar biasa. Rasulullah SAW menganjurkan semua muslim berolahraga secara rutin sebagai upaya untuk menjaga kesehatan dan kesegaran jasmani. Selain itu. dan lain sebagainya. sehingga makanan akan turun dengan sempurna. kalau pola konsumsinya tidak teratur. detoksifikasi (membuang racun dari tubuh). pada apa yang telah Engkau rizkikan kepada kami. Sabda beliau: “Ajarilah anakmu (olahraga) berenang dan memanah” (HR. Yang paling penting adalah menghindari isrof (berlebihan). Rasulullah bersabda. menurunkan kadar gula darah. Abu Dawud dan Tirmidzi). “Cukuplah bagi manusia untuk mengonsumsi beberapa suap makanan saja untuk menegakkan tulang sulbinya (rusuknya).Sekarang masuk pada tata cara mengonsumsinya. karena hal itu lebih baik bagi lambung. Saluran pencernaan manusia tempat menampung dan mencerna makanan. “Sesungguhnya aku tidak makan dengan bersandar. 3. merupakan organ dalam yang terbesar dan terberat di dalam tubuh manusia. memberikan istirahat fisiologis menyeluruh bagi sistem pencernaan dan sistem syaraf pusat. Ini tidak kalah pentingnya dengan pemilihan menu. serta menjadikan kami orang-orang muslim”(HR. . Sebulan dalam setahun.” Makanlah dengan sikap duduk yang baik yaitu tegap dan tidak menyandar. menormalisasi metabolisme tubuh. Sistem pencernaan tersebut tidak berhenti bekerja selama 24 jam dalam sehari. puasa sangat erat kaitannya dengan kesehatan tubuh manusia. Doa sebelum makan: “Ya Allah. Olahraga Sehat Ala Rasul Olahraga merupakan kegiatan menggerakan seluruh anggota tubuh secara teratur. umat Islam diwajibkan bukan saja dengan mencapai ketaqwaan tetapi juga ksehatannya dapat terjaga.

Rasullah selalu berjalan kaki. 5. Dalam keseharian. Meningkatkan ketrampilan dan pertumbuhan badan. ia ingin masuk surga sehingga terlepas dari siksa neraka. beliau mengoleskannya dengan sejenis minyak wangi. diluar sholat pun setiap muslim harus memperhatikan kebersihan diri. dari masjid ke pasar dan dari pasar ke rumah-rumah sahabat. poripori kulit terbuka dan peredaran darah berjalan nomal sehingga terhindar dari penyakit jantung.selain untuk menjaga stamina olahraga berfungsi untuk memperkuat daya tahan tubuh. Bersih Sehat Ala RasulullahBeliau senantiasa nampak rapi dan bersih walaupun pakaian yang beliau miliki tak lebih dari dua salinan. Kuku juga dipotong setiap pekan. bila perjalanan jarak pendek. 4. Beliau tidak suka hidup manja. Rambut yang panjang selalu tersisir rapi pada waktu tertentu. Nabi memberi nasehat pendek. Demikian pula menggosok gigi dan memakai harum-haruman”(HR Muslim). baik pada waktu terik matahari maupun malam. sehingga tidak mudah terserang penyakit. Beliau bersabda: “Gosoklah gigimu berulang-ulang sebab hal itu membersihkan mulut dan disukai Allah” Rasulullah menggosok gigi bukan hanya setelah bangun tidur tapi juga setiap habis makan dan setiap hendak sholat. Gigi beliau putih dan berbaris rapi. Tiap hari kamis atau jumat beliau mencukur rambut-rambut halus yang tumbuh di bagian pipi. Rasulullah menjaga kebersihan bukan hanya karena ingin sehat tapi juga merindukan kasih saying Allah. Pada hari jumat disunahkan untuk mandi sebelum pergi ke masjid. . Tidak Marah Ala Rasulullah Suatu riwayat menceritakan bahwa seorang untusan dari Bani Nadhir menemui Rasulullah untuk minta nasehat yang pendek dan dengan melaksanakan nasehat pendek itu.Olahraga yang dilakukan secara rutin dapat menunjang perkembangan jiwa. Tak pernah ada bintik-bintik hitam atau kuning pada sorbannya. Bukan saja dikala hendak melakukan sholat. yaitu dari rumah ke masjid. Bahkan beliau berjalan kaki ketika mengunjungi makam pahlawan di Baqi sekitar tiga kilometer dari pusat kota Madinah. Sedang gamisnya selalu putih bersih. Ingatlah mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Nabi bersabda: “Mandi hari jumat adalah wajib bagi setiap orang dewasa. Sebab ketika berjalan kaki keringat mengalir di sekjur badan.

jika sedang duduk maka berbaringlah. Beliau bersabda: “Tak kan masuk surga siapa pun yang gemar memburuk-burukan nama orang lain”.(HR. Kedua terhadap orang yang memiliki pengetahuan dan rajin menyebarkannya pengetahuannya itu kepada orang banyak” (HR. Sabda Rasulullah: “Tak boleh bersikap iri kecuali dalam dua hal. Abu Dawud) Hanya dalam dua hal unmat Islam boleh bersikap iri. Hilangnya rasa ikhlas dan sabar akan menyebabkan penyakit yang kita kenal dengan sebutan stres. -Segeralah berwudhu dan mengerjakan sholat sunah dua rakaat. Kedua sikap hidup tersebut merupakan kunci kebahagiaan. Hati Rasulullah selalu tenteram dan tak pernah membenci siapapun. Pertama terhadap orang yang memiliki kekayaan dan mempergunakannya untuk menegakkan yang haq. Apabila stres telah menghinggapi seseorang maka dia akan menjadi lemah yang akhirnya mudah terserang penyakit.“Jangan Marah” “Ulangi nasehatmu ya Rasulullah!” “Jangan Marah” “Sekali lagi ya Rasulullah!” “Jangan Marah” Siapa yang tidak pemarah hatinya aka tenteram. . timbul kecemasan dan kegelisahan dalam diri seseorang jika temannya memperoleh kehidupan yang lebih baik atau pangkat yang lebih tinggi. misalnya jika marah timbul ketika sedang berdiri maka duduklah. Taka Pernah Iri Hati Ala Rasulullah Iri hati adalah saudara kandung dari buruk sangka.Merubah posisi. jika rasa marah tumbuh segeralah dihilangkan dengan : . Hilangnya rasa ikhlas dan sabar. Wallahu a’lam bishawab.Bukhari) Adanya keimanan dalam diri seseorang akan memiliki sikap hidup ikhlas dan sabar. Misal. 6. Kedua sikap hidup tersebut merupakan kunci kebahagiaan.