You are on page 1of 3

Nama : Meyliya Rifiana Kelas : IA NIM : 1101100037

TUGAS INDIVIDU 1. Contoh Kasus dari Lima Masalah Dasar Etika Keperawatan :  Kuantitas VS Kualitas Hidup Seorang nenek yang berusia 58 tahun menderita berbagai penyakit kronis selama 6 tahun, beliau sudah merasa tersiksa atas penyakit yang dideritanya untuk itu beliau menolak untuk makan dan minum serta tidak mau minum obat yang dianjurkan oleh dokter sama sekali dengan alasan agar cepat meninggal dunia. Keluarganya mendukung perbuatan nenek tersebut, sehingga beberapa hari kemudian beliau meninggal dunia.  Kebebasan VS Penanganan dan Pencegahan Bahaya Tn.Y adalah perokok aktif dan anak-anaknya bekerja di bidang kesehatan. Background pekerjaan anak-anaknya membuat Tn.Y selalu di nasehati untuk berhenti merokok. Namun, merokok tetap menjadi kebiasaannya yang tidak bisa dihentikan. Alasannya untuk menghilangkan penat dan menenangkan pikiran. Padahal pada bungkus rokok yang selalu dibelinya pun tercantum peringatan tentang bahaya merokok, seperti kanker, hipertensi, impoten, dsb, tetapi itu semua tidak menjadi suatu kewaspadaan. Akhirnya Tn. Y menderita hipertensi dan asma. Sebuah pilihan kebebasan yang mendatangkan bahaya.  Berkata secara jujur VS Berkata Bohong Tn. Ben menderita HIV dan dirawat di ruang isolasi RSSY, petugas kesehatan yang menangani dan merawat Tn. Ben diharuskan menjaga prifasi Tn.Ben dengan merahasiakan penyakit yang diderita agar pasien tidak mengalami degradasi kepribadian.  Keinginan terhadap pengetahuan yang bertentangan falsafah, agama, politik, ekonomi, dan ideologi. Seorang klien yang lebih memilih penghapusan dosa daripada berobat ke dokter. Kampanye anti rokok demi keselamatan tetapi bertentangan dengan kebijakan ekonomi.

(Thompson & Thompson 1985) Cara Pemecahan Masalah Dilema Etik (kozier & Erb. Setelah kesurupan basir akan mendatangi si sakit lalu memijit-mijit bagian tubuh yang sakit. (buku Etika Keperawatan” aplikasi pada praktik” hal 44)  Terapi ilmiah konvensional VS Terapi tidak ilmiah dan coba-coba. b.Alokasi dana untuk penelitian militer lebih besar dari pada dana penelitian kesehatan. . Mengembangkan data dasar Untuk melakukan ini perawat memerlukan pengumpulan informasi sebanyak mungkin meliputi : 1. Basir akan menari-nari diiringi tabuhan dari dua orang yang dipercaya. Di daerah pendalaman Kalimantan Tengah terdapat praktik penyembuhan dengan menggunakan perantara seorang basir yang dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit. dan piring putih polos. Tindakan penyembuhan dilakukan dengan cara balian. yaitu keluarga si sakit harus menyiapkan sesaji seperti ayam berbulu hitam. c. Apa maksud dari tindakan yang diusulkan 4. Membuat tindakan alternatif tentang rangkaian tindakan yang direncanakan dan mempertimbangkan hasil akhir atau konsekuensi tindakan tersebut. (buku Etika Keperawatan” aplikasi pada praktik” hal 44) 2. Mengidentifikasi konflik yang terjadi berdasarkan situasi tersebut. Siapa yang terlibat dalam situasi tersebut dan bagaimana keterlibatannya? 2. 1989) : a. beras. Apa saja konsekuensi-konsekuensi yang mungkin timbul dari tindakan yang diusulkan. acara ini dilakukan pada malam hari dan basir akan menari terus hingga kesurupan. Apa tindakan yang diusulkan 3. Proses pengobatan selesai setelah basir dianggap sadar atau siuman kembali. Dilema etik merupakan suatu masalah yang sulit dimana tidak ada alternatif yang memuaskan atau situasi dimana alternatif yang memuaskan atau tidak memuaskan sebanding.

e. Dapat disimpulkan bahwa bioetik lebih berfokus pada dilema yang menyangkut perawatan kesehatan modern. Mengidentifikasi kewajiban perawat f. bioetik difokuskan pada pertanyaan etik yang muncul tentang hubungan antara ilmu kehidupan. pemberian pelayanan kesehatan. Pada lingkup yang lebih sempit. Pada lingkup yang lebih luas. etika lingkungan. dan waktu pelaksanaan pengobatan pada manusia. hukum. Lebih lanjut. bioteknologi.d. . namun hanya ada ahli bedah yang belum berpengalaman untuk keselamatan pasien bisa dilakukan operasi. Bioetik dalam keperawatan merupakan studi filosofi yang mempelajari tentang kontroversi dalam etik. 3. politik. aplikasi teori etik dan prinsip etik terhadap masalah-masalah pelayanan kesehatan Contohnya : . bioetik merupakan evaluasi etik pada moralitas treatment atau inovasi teknologi. Menentukan siapa yang terlibat dalam masalah tersebut dan siapa pengambil keputusan yang tepat. dan theology.Dalam suatu kondisi seorang pasien harus segera dioperasi sedangkan tidak ada ahli bedah yang berpengalaman.bioetik mengevaluasi pada semua tindakan moral yang mungkin membantu atau bahkanmembahayakan kemampuan organisme terhadap perasaan takut dan nyeri. Isu dalam bioetik antara lain : peningkatan mutu genetik. yang meliputi semua tindakan yang berhubungan dengan pengobatan dan biologi. Membuat keputusan. pengobatan. menyangkut masalah biologi dan pengobatan.