You are on page 1of 2

STEPHANIE ADRYAN 2010420021 KELAS :D

KAT 11 - ARSITEKTUR KOTA INTERVENSI KAWASAN JALAN ABC BANDUNG Kawasan ABC merupakan kawasan urban dengan skala lingkungan/ bagian kota. Alasan mengapa kawasan ABC ini disebut kurang layak adalah: 1. Kawasan ini terlihat kacau dan sama sekali tidak teratur. Meskipun jalan utamanya masih terlihat, tetapi bangunan-bangunan yang dibangun sama sekali tidak terencana. Tidak ada jalan-jalan yang jelas yang memisahkan antar bangunan, hanya berupa ganggang kecil yang memicu banyaknya pedagang asongan dan dapat menciptakan kejahatan. Hal yang harus dilakukan adalah dengan membangun sirkulasi jalan yang jelas, melakukan pelebaran jalan, serta membangun kawasan ABC ini menjadi sebuah kawasan yang jelas dimana bangunan pertokoannya dibuat secara lebih teratur.

2. Trotoar yang merupakan alur untuk pejalan kaki menjadi semakin tidak jelas. Hal ini dikarenakan banyaknya para pedagang asongan yang menjajarkan roda jualannya di sepanjang trotoar. Ini mengakibatkan terganggunya alur pejalan kaki, dan bisa membuat para pejalan kaki berjalan di tengah jalan dan mengganggu alur kendaraan. Hal ini juga membuat keadaan di sekitar kawasan ini menjadi kotor dan kumuh. Pencopet dimanamana, sampah berserakan. Hal yang sebaiknya dilakukan adalah memberantas para pedagang asongan ini, atau menyediakan sebuah plaza yang cukup luas agara para pedagang asongan ini bisa dengan leluasa mencari nafkah tanpa mengganggu pejalan kaki. Sebut saja transit mall. Atau kawasan ABC ini dibuat tidak bisa dilalui kendaraan, hanya pejalan kaki saja, seperti halnya dengan pecinan di hongkong atau pasar malam di singapura. Tentu akan menjadi lebih baik. Untuk kendaraan harus disediakan tempat parkir yang memadai. 3. Keadaan jalan yang relative kecil, sehingga cenderung terjadi kemacetan yang dikarenakan kendaraan yang parkir di sisi jalan. Juga banyaknya pejalan kaki yang menyeberang dengan seenaknya, ini pun menambah kemacetan dan keruwetan kondisi kawasan ini, ada baiknya bahwa jalan diperbesar dan diberikan zebra cross atau sekalian saja jalannya dibuang dan digantikan pedeatrian dan transit mall. Tentu akan

Juga diberikan beberapa tanaman pada trotoar. Tidak ada kawasan hijau. dll semuanya tidak memerhatikan keadaan kawasan. Hal ini terlihat dengan fasad kawasan yang terdominasi oleh papan iklan yang tumpang tindih di mana semua toko saling berlomba untuk menonjolkan iklannya. tentunya setelah trotoarnya diperbesar. fasadnya. . Hal lain juga terlihat bahwa semua bangunan yang dibangun di sini. baik tampaknya. 4. Sebaiknya dibuat beberapa transit mall yang berupa plaza atau garden kecil yang menjadi oasis ditengah padatnya kegiatan di sini. tidak memerhatikan bentuk fisik dari kawasan tersebut dan mengabaikan kualitasnya. Semuanya hanya berorientasi dengan komersial dan ekonomi. Ini menurunkan kualitas kawasan ABC ini. kawasan terbuka sama sekali.STEPHANIE ADRYAN 2010420021 KELAS :D menjadi lebih baik keadaannya. Hanya ada kawasan padat pertokoan. Kualitas lingkungannya semakin tidak jelas. Tidak ada namanya perencanaan bentuk kawasan lagi. Ditambah dengan keadaan kawasan yang hamper semuanya merupakan perkerasan dan jalan.