firdaus (dauzy@ymail.

com)

GEOMORFOLOGI

Secara garis besar proses pembentukan muka bumi menganut azas berkelanjutan dalam bentuk siklus geomorfik (geomorphic cycles).
 Pembentukan daratan oleh gaya endogen, proses

penghancuran/pelapukan karena pengaruh gaya eksogen, proses pengendapan (agradasi), dan kembali terangkat karena tenaga endogen, demikian seterusnya merupakan siklus geomorfologi yang ada dalam skala waktu sangat lama.

Firdaus - Geomorfologi, 2012

2

1.

2.

3.

4.

Proses dan hukum fisik yang bekerja saat ini, bekerja pula pada waktu yang lalu, dengan intensitas tidak sama seperti sekarang. Struktur geologi merupakan faktor pengontrol yang dominan dalam evolusi bentangalam/bentuklahan dan struktur geologi dicerminkan oleh bentuklahannya. Relief muka bumi yang berbeda antara satu dengan yang lainnya boleh jadi karena derajat pembentukannya juga berbeda. Proses geomorfologi meninggalkan bekas yang nyata pada bentuklahan dan setiap proses geomorfologi akan membentuk bentuklahan dengan karakteristik tertentu (meninggalkan jejak yang spesifik dan dapat dibedakan dengan proses lain secara jelas).
3

Firdaus - Geomorfologi, 2012

Geomorfologi. Akibat intensitas erosi yang berbeda di permukaan bumi. 2012 .5. Evolusi geomorfik kompleks lebih umum terjadi dibandingkan dengan evolusi geomorfik sederhana (perkembangan bentuk muka bumi umumnya sangat kompleks/rumit. dan kebanyakan tidak lebih dari zaman Pleistosen. jarang yang disebabkan oleh proses yang sederhana). Interpretasi terhadap bentanglahan tidak mungkin dilakukan tanpa memperhatikan perubahan iklim dan geologi selama masa Pleistosen (Pengenalan bentanglahan saat sekarang harus memperhatikan proses yang berlangsung pada zaman Pleistosen) 4 Firdaus . Hanya sedikit dari topografi lebih tua dari zaman Tersier. akan dihasilkan urutan bentuklahan dengan karakteristik tertentu disetiap tahap perkembangannya. 6. 7. 8.

Geomorfologi.9. Firdaus . Apresiasi iklim dunia amat perlu untuk mengetahui secara benar dari berbagai kepentingan di dalam proses-proses geomorfologi yang berbeda (dalam mempelajari bentanglahan secara global/skala dunia. namun untuk mempelajarinya secara maksimal perlu mempelajari sejarah perkembangannya. pengetahuan tentang iklim global perlu diperhatikan) Walaupun geomorfologi menekankan terutama pada bentanglahan sekarang. 2012 5 . 10.

  Pengamatan bentanglahan dilakukan dari tempat yang tinggi sehingga diperoleh pandangan yang lebih luas. Pengamatan dilakukan secara tidak langsung di lapangan dengan menggunakan citra pengideraan jauh baik citra foto maupun citra non foto. Firdaus . Namun kadangkala pandangan tertutup oleh hutan lebat sehingga pandangan terhalang. cara ini dapat melakukan pengamatan yang luas dan cepat. 2012 6 .Geomorfologi.

2012 : akumulasi sedimen 1. gerakan tanah Agradasi Firdaus -c. Bagian-bagian topografi b. U. PROSES GEOMORFOLOGI a. Ketinggian absolut (dpl) c. Degradasi : erosi b. LERENG a. Geomorfologi. V 3. Degradasi – Agradasi : banjir. Sudut lereng : derajat (o).SITUASI TOPOGRAFI a. Bentuk Lereng :  umum . 7 . Luas DAS 2. cekung – cembung – lurus  Tak teratur . Bentuk alur dan lembah : dangkal. kasar – halus d. Panjang Lereng : m c. persen (%) b.

namun hanya mengubah bentuk awalnya Firdaus .Geomorfologi. Ordo yang pertama akan berhubungan dengan ordo-ordo berikutnya. 2012 8 . Penggolongan kenampakan muka bumi  Berdasarkan tahapan pembentukannya yang berhubungan satu sama lain dalam sebuah sistem.  Proses yang terjadi  Tidak langsung meniadakan ataupun membentuk relief baru.

yaitu :  1. 2012 9 .Geomorfologi. Relief Orde III (Relief of the third order) Firdaus . maka relief bumi dapat dikelompokkan atas 3 golongan besar. Berdasarkan atas pengertian yang luas tersebut. Relief Orde I (Relief of the first order)  2. Relief Orde II (Relief of the second order)  3.

Geomorfologi. Wegener). Teori Continental Drift (A. relief terjadi akibat kontraksi seluruh bumi dan tersebar di permukaan bumi secara tetrahedral. Yang terdiri atas  Paparan Benua (Continental Platforms)  Cekungan Lautan (Ocean Basin). pergerakan lempeng tektonik. Firdaus . 2. 2012 10 . Teori yang terkait : 1. Teori Tetrahedral.

seperti       endogen.  belum banyak terganggu oleh gaya eksogen Plain – Plateau / Dataran rendah – tinggi Dome Mountains / Gunung kubah – lipatan sederhana Block Mountains / Gunung hasil deformasi sesar/patahan Folded Mountains / Gunung lipatan – batuan sedimen Complex Mountains / Gunung gabungan Volcanoes / Gunung api. 2012 11 . Relief orde Kedua :  bentuk yang membangun (Constructional forms) oleh gaya  Kawasan benua dan Cekungan laut merupakan tempat terbentuknya satuan relief dari orde kedua. Firdaus .Geomorfologi.

2012 12 . 2. Gaya endogen berupa: 1. Epirogenesa (epiros = benua dan genesis = pembentukan) : terjadi pada daerah yang sangat luas maka akan terbentuk suatu benua (continent buiding forces) Orogenesa (Oros = gunung.Geomorfologi. dan genesis = pembentukan) : terjadi pada daerah yang luas akan membentuk suatu pegunungan (mountain building forces) Firdaus .

Firdaus . 2012 13 .Geomorfologi.

Geomorfologi.Firdaus . 2012 14 .

Firdaus . 2012 15 .Geomorfologi.

Geomorfologi.Gunung Api yang aktif Firdaus . 2012 16 .

Firdaus . 2012 17 .Geomorfologi.

 sedangkan Wheatering adalah pembantu utama bagi keempat agent tersebut Firdaus . yaitu  Streams.  Waves dan  Winds.Geomorfologi. Relief order ketiga :  Bentuk bersifat menghancurkan (Destructional forms).  Ada 4 agent yang utama.  Glaciers. 2012 18 . disebabkan oleh proses proses eksogen.

seperti : blow holes pada daerah-daerah yang berpasir  Residual forms. ronadrocks.  Erosional forms. summits areas. Firdaus . seperti : gallies.  Residual forms. seperti : cirques. aretes. seperti : pedestal dan mushroom rocks. seperti : peaks. seperti : patterhorn . seperti : staoks & Arches  Depositional forms seperti :beaches.  Bentuk yang dihasilkan oleh energi gelombang laut.  Depositional forms seperti :endapan pasir atau lempung dalam bentuk dunes atau loess. valleys. flood plains and deltas. Bentuk yang dihasilkan aktivitas sungai (fluvial) :  Bentuk yang dihasilkan oleh energi dari luncuran es (gletser) :  Erosional forms. 2012 19 .  Depositional forms seperti : alluvial forms. gorges dan canyons. yaitu :  Erosional forms. seperti : erode sea caves  Residual forms. bars & spits  Erosional forms.Geomorfologi. yaitu :  Bentuk yang diciptakan oleh energi angin. peaks. kame dan esker. glacial trought  Residual forms. roche eontounees  Depositional forms seperti : deraine. drumlins.

2012 20 .PROSES GEOMORFOLOGI Erosi TENAGA PENYEBAB Arus Air Lembah Glacier  Cirques  Trough Ombak  Gua bawah Angin  Wind laut hollow  Blow hollow  Batuan Sisa  Bukit  Pegunungan  Matter horn peaks  Headland  Garis pantai  Cliff bentuk jamur pasir Endapan Erosi  Kipas aluvial  Delta  Morena  Padang Firdaus .Geomorfologi.

MAGMA Solidification ROCKS Tectonic Processes Lipatan. delta. tebing pantai dll LOAD Sediment Deposition Firdaus . dan land subsidence Penguraian dan penghancuran batuan & mineral oleh proses kimia dan fisika Pelepasan dan pengangkutan oleh angin. patahan. dan es C/ pegunungan. lembah glasial/es. gletser dll21 . air. dataran banjir.Geomorfologi. bukit lembah. 2012 Pengendapan oleh angin. pengangkatan tektonik. talus cones dll ORDO II/WEATHERING LANDFORMS ORDO III/EROSIONAL LANDFORMS C/ lembah sungai. dan es. gunung api dll ORDO I/STRUCTURAL LANDFORMS Weathering DEBRIS Sediment Erosion C/ batuan kapur. profil tanah. air. ORDO III/DEPOSITIONAL LANDFORMS C/ sungai alluvial.

Geomorfologi. 2012 22 .  proses dan  stadia Firdaus . faktor penting dalam pembahasan geomorfologi  Struktur.

2012 23 .Geomorfologi. Struktur geologi adalah faktor penting dalam evolusi bentangalam dan struktur itu tercerminkan pada muka bumi  bentangalam suatu daerah itu dikontrol oleh struktur geologinya Firdaus .

Geomorfologi.  Struktur bentangalam ditentukan oleh struktur geologinya. dimana struktur geologi terjadi oleh gaya endogen. struktur patahan. struktur dome. maka struktur bentangalam dapat diartikan sebagai bentuk bentangalam yang terjadi akibat gaya endogen. 2012 24 .  Beberapa istilah struktur bentangalam: dataran atau plateau. struktur gunungapi. pegunungan komplek. struktur lipatan. Menurut Lobeck membedakan antara Struktur Geologi dan Struktur Bentangalam  Beberapa istilah struktur geologi : struktur horisontal. pegunungan lipatan. pegunungan patahan. bukit kubah. Firdaus .

dan gunungapi. pegunungan patahan. 2012 25 . pegunungan kubah. ▪ menyebabkan adanya tahapan stadia atau stages pada setiap jenis bentangalam Firdaus . pegunungan lipatan. seperti pembentukan dataran.  Gaya eksogen : merubah bentuk atau struktur bentangalam. plateau.Geomorfologi. Geomorphic Processes  Gaya endogen : sebagai faktor membangun.

jadi masih berada pada tingkat initial). erosi.Geomorfologi. Sejarah genetika bentangalam dibagi menjadi 2 :  Bentangalam kontruksional : bentangalam yang terbentuk akibat gaya endogen (gaya eksogen belum bekerja disini. 2012 26 . melalui proses pelapukan.  Bentangalam destruksional : bentangalam yang terbentuk akibat gaya eksogen terhadap bentangalam yang dihasilkan oleh gaya endogen. dan sedimentasi. abrasi. Firdaus .

Keempatnya disebut juga sebagai agen yang dinamis (mobile agents/geomorphic agent) karena mereka dapat mengikis dan mengangkut material-material di bumi dan kemudian mengendapkannya pada tempat-tempat tertentu. 2012 27 .  Proses semua gaya yang berdampak terhadap penghancuran (perombakan) bentuk bentangalam yang terjadi akibat gaya endogen sehingga memungkinkan bentangalam mengalami stadia Muda. dan angin. dan Tua.Geomorfologi. gletser. Proses perombakan bentangalam terjadi melalui sungai (proses fluvial). Dewasa. gelombang. Firdaus .

dan  Tua. 2012 28 .  Tiap-tiap tingkatan dalam geomorfologi itu ditandai oleh sifat-sifat tertentu yang spesifik. Untuk menyatakan tingkatan digunakan istilah:  Muda.  Stadia/tingkatan bentangalam dinyatakan untuk mengetahui tingkat kerusakan yang telah terjadi dan dalam tahapan/stadia apa kondisi bentangalam saat ini. bukan ditentukan oleh umur bentangalam Firdaus .Geomorfologi.  Dewasa.

Geomorfologi.Firdaus . 2012 29 .

2012 30 .Firdaus .Geomorfologi.

Geomorfologi.Firdaus . 2012 31 .

Geomorfologi. 2012 32 .Firdaus .

2012 33 .Geomorfologi.Firdaus .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful