Fungsi dan Tujuan Hukum Keterangan yang telah dikemukakan memiliki sebuah kesimpulan yaitu hukum selalu melekat

pada manusia bermasyarakat. Dengan berbagai peran hukum, maka hukum memiliki fungsi: “menertibkan dan mengatur pergaulan dalam masyarakat serta menyelesaikan masalah-masalah yang timbul”. Lebih rincinya, fungsi hukum dalam perkembangan masyarakat dapat terdiri dari: 1. Sebagai alat pengatur tata tertib hubungan masyarakat: dalam arti, hukum berfungsi menunjukkan manusia mana yang baik, dan mana yang buruk, sehingga segala sesuatu dapat berjalan tertib dan teratur. 2. Sebagai sarana untuk mewujudkan keadilan sosial lahir dan batin: dikarenakan hukum memiliki sifata dan ciri-ciri yang telah disebutkan, maka hukum dapat memberi keadilan, dalam arti dapat menentukan siapa yang salah, dan siapa yang benar, dapat memaksa agar peraturan dapat ditaati dengan ancaman sanksi bagi pelanggarnya. 3. Sebagai sarana penggerak pembangunan: daya mengikat dan memaksa dari hukum dapat digunakan atau didayagunakan untuk menggerakkan pembangunan. Di sini hukum dijadikan alat untuk membawa masyarakat ke arah yang lebih maju. 4. Sebagai penentuan alokasi wewenang secara terperinci siapa yang boleh melakukan pelaksanaan (penegak) hukum, siapa yang harus menaatinya, siapa yang memilih sanksi yang tepat dan adil: seperti konsep hukum konstitusi negara. 5. Sebagai alat penyelesaian sengketa: seperti contoh persengekataan harta waris dapat segera selesai dengan ketetapan hukum waris yang sudah diatur dalam hukum perdata. 6. Memelihara kemampuan masyarakat untuk menyesuaikan diri dengan kondisi kehidupan yang berubah, yaitu dengan cara merumuskan kembali hubungan-hubungan esensial antara anggotaanggota masyarakat.[16] Dari sekian penegertian, unsur, ciri-ciri, sifat, dan fungsi hukum, maka tujuan dari perwujudan hukum itu haruslah ada. Sesuai dengan banyaknya pendapat tentang pengertian hukum, maka tujuan hukum juga terjadi perbedaan pendapat antara satu ahli dengan ahli yang lain. Berikut ini beberapa pendapat ahli hukum tentang tujuan hukum: 1. Prof. Lj. Van Apeldorn: Tujuan hukum adalah mengatur tata tertib dalam masyarakat secara damai dan adil. Demi mencapai kedamaian hukum harus diciptakan masyarakat yang adil dengan mengadakan perimbangan antara kepentingan yang bertentangan satu sama lain, dan setiap orang harus memperoleh (sedapat mungkin) apa yang menjadi haknya. Pendapat Apeldorn

Tujuan hukum ditentukan oleh unsur keyakinan seseorang yang dinilai etis. akan dicegah terjadinya perilaku main hakim sendiri terhadap orang lain. Adil atau tidak.P. menjadi tumpuan dari teori ini.[17] 5. Prof. hukum akan memberikan keadilan dan ketertiban bagi masyarakatnya. Maka teori ini menetapkan bahwa tujuan hukum ialah untuk memberikan faedah sebanyaksebanyaknya. Bellefroid: Bellefroid menggabungkan dua pandangan ekstrem tersebut. 4. berada pada sisi batin seseorang. J Van Kan: Tujuan hukum adalah menjaga kepentingan tiap-tiap manusia supaya kepentingan-kepentingannya tidak dapat diganggu. 7. isi hukum harus ditentukan menurut dua asas yaitu asas keadilan dan faedah. J.ini dapat dikatakan jalan tengah antara dua teori tujuan hukum. Prof. teori etis dan utilitis. bahwa tujuan hukum adalah untuk keadilan semata-mata. 3. Geny (Teori Ethic): Menurut Geny dengan teori etisnya. 6. Kesadaran etis yang berada pada tiap-tiap batin orang menjadi ukuran untuk menentukan warna keadilan dan kebenaran.[18] . Soebekti: Tujuan hukum adalah melayani kehendak negara yakni mendatangkan kemakmuran dan kebahagiaan pada rakyat. benar atau tidak. Jeremy Bentham (Teori Utility): Menurut Bentham dengan teori utilitasnya. Menurut Bellefroid. Aristoteles: Tujuan hukum menghendaki keadilan semata-mata dan isi dari hukum ditentukan oleh kesadaran etis mengenai apa yang dikatakan adil dan apa yang tidak adil. karena tindakan itu dicegah oleh hukum. Dalam melayani tujuan negara.H. bahwa hukum bertujuan semata-mata apa yang berfaedah bagi orang. Dengan tujuan ini. Pendapat ini dititik beratkan pada hal-hal yang berfaedah bagi orang banyak dan bersifat umum tanpa memperhatikan soal keadilan. 2.

6:151.17:32)5. mengarahkan manusia padakebenaran untuk mencapai kebahagiaan hidup mereka dunia dan akhirat. Hukum islam wajib memelihara hak manusia untuk hidup dan mempertahankan kehidupannya. baik yang bersifat primer.Tujuan dan Fungsi Hukum Islam 1.QS. Memelihara HartaMenurut ajaran islam harta merupakan pemberian Allah kepada umat manusia demikelangsungan hidupnya. Memelihara AgamaAgama adalah sesuatu yang harus dimiliki oleh setiap manusia agar martabatnyadapat terangkat lebih tinggi.25:68)3. Agama islammemberi perlindungan kepada pemeluk agama lain untuk menjalankan ibadah sesuaikeyainannya.(QS. Seseorang tidak akndapat menjalankan hukum islam dengan baik dan benar tanpa mempergunakan akalyang sehat. Beragama merupakan kebutuhan manusia yang harusdipenuhi.Abu Ishaq AsSathibi merumukan 5 tujuan hukum islam :1.4:23. Memelihaa JiwaMenurut hukum islam jiwa harus dilindungi. syari’ah dan akhlak atau mencampuradukkan agma islam dengan paham yang bathil. Untuk itu manusia dilindungi haknya untuk memperolehharta dengan cara-cara yang halal. Memelihara KeturunanMemelihara keturunan di dalam islam adalah hal yang sangat penting. Islam melarangpembunuhan sebagai upaya menghilangkan jiwa manusia dan melindungi berbagaisarana yang dipergunakan manusia untuk mempertahankan kemaslahatanhidupnya.QS.Tujuan Hukum Islam Tujuan Hukum Islam secara umum adalah Dar-ul mafaasidi wa jalbul mashaalihi (mencegahterjadinya kerusakan dan mendatangkan kemaslahatan). (QS. karena agamalah yang dapat menyentuh nurani manusia.(AlBaqarah:256)2. Dengan akalmanusia dapat mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. sah menurut hukum dan benar menurut ukuranmoral. Agama islam juga tidak memaksakan pemeluk agama lain untuk memeluk agama islam. Karena itu. dengan jalanmengambil segala yang berguna dan mencegah yang mudlarat dalam kehidupan manusia.(QS. sekunder maupun tersier.17:33. Dengan akalmanusia dapat memahami wahyu Allah baik yang terdapat dalam kitab suci (ayat-ayatQauliyah) maupun yang terdapat pada alam (ayat-ayat Kauniyah). Jadi hukum islam ditetapkan oleh Allah untuk memenuhi kebutuhan hidup manusiaitu sendiri.meneruskan keturunan harus melalui perkawinan yang sah menurut ketentuan islamyang ada dalam AlQur’an dan As -Sunnah dan dilarang melakukan perbuatan zinahukum kekeluargaan dan hukum kewarisan yang ada dalam AlQur’an merupakan hukum yang erat kaitannya dengan pemurnian keturunan dan pemeliharaan keturunan. . Untuk itu islam melarang keras minuman yang memabukkan danmemberikan hukuman pada perbuatan orang yang merusak akal. Memelihara AkalAkal memiliki peranan penting dalam hidup dan kehidupan manusia.5:90)4. Agama islamharus terpelihara dari ancaman orangorang yang merusak akidah.QS.

bagi yang melaksanakan hukum islam akan mendapatkan pahalasedangkan yang melanggarnya akan mendapatkan dosa.aman.2.perzinahan dll). yang disertai denganancaman hukuman atau sangsi hukum. Fungsi Amar Ma’ruf nahi Munkar Hukum islam telah ada mendahului masyarakat karena merupakan kalam Allah yangbersifat qadim.dan ta’zir untuk tindak pidana selain kedua macam tindak pidana tersebut. Di dalam praktiknya hukum islam bersentuhan langsung dengankehidupan masyarakat.3. Fungsi Hukum Islam 1. hukum islam menetapkanaturan yang cukup rinci dan mendetail sebagaimana terlihat dalam hukum yangberkenaan dengan masalah perkawinan dan kewarisan. Proses pengharaman hukum riba dan khamar misalnya. Ta’zir jugaditerapkan untuk pelanggaran terhadap hukum islam yang tidak ada ketentuan sangsihukumnya dalam AlQur’an dan Al -Hadist. Fungsi Tanzim wa Islah al-Ummah Fungsi hukum islam ini adalah sebagai sarana untuk mengatur sebaik mungkin danmemperlancar proses interaksi sosial sehingga terwujudlah masyarakat yangharmonis. hudud untuk tindak pidana tertentu(pencurian. dan sejahtera. Hukum islamadalah ajaran Tuhan yang harus dipatuhi uat manusia. Sedangkan dalam masalah-masalah yang lain. yakni masalah muamalah.Adanya sangsi hukum mencerminkan fungsi hukum islam sebagai sarana pemaksayang melindungi warga masyarakat dari segala bentuk ancaman dan perbuatan yangmembahayakan. Oleh karena itu. dan kepatuhannya merupakanibadah yang sekaligus merupakan indikasi keimanan seseorang. kitamemahami fungsi kontrol sosial lewat tahapan pengharaman riba dan khamar. Dari fungsi ini akan tercapai tujuan hukum islam yaitu menciptakan kemaslahatan dan menghindarkan kemudaratan. Dalam hal-hal tertentu.4. Fungsi hukum ini dapat dinamakan zawajir . Berkaca dari pengharaman riba dan khamar inilah akan tampak bahwa hukumislam berfungsi pula sebagai salah satu sarana pengendali sosial. Fungsi IbadahFungsi yang paling utama dari hukum islam adalah untuk beribadah. Fungsi Zawajir Fungsi ini terlihat dalam pengharaman membunuh dan berzinah. SebagiImplementasinya. pada umumnya hukum islam hanyamenetapkan aturan pokok dan nilai-nilai dasarnya . Qisas-diyat diterapkan untuk tindak pidanaterhadap jiwa/badan. Fungsi ini dapat disebut amar ma’ruf nahi munkar.2. jelasmenunjukkan adanya keterkaitan penetap hukum(Allah) dengan subjek dan objek hukum.

baik secara pribadi maupun dalam hidup masyarakat. 3.Van Kant. hukum bertujuan untuk merekayasa masyarakat artinya hukum sebagai alat perubahan sosial (as a tool of social engeneering). tertib dan adil 6. Roscoe Pound. harta benda terhadap pihak yg merugikan. tujuan hukum adalah mengatur pergaulan hidup manusia secara damai. 5. jiwa. kehormatan. 7.H Dalam buku ”Dasar-dasar hukum dan Pengadilan” tujuan hukum adalah bahwa hukum itu mengabdi kepada tujuan negara yaitu mendatangkan kemakmuran dan kebahagiaan para rakyatnya. Hukum menghendaki perdamaian. Intinya adalah hukum disini sebagai sarana atau alat untuk mengubah masyarakat ke arah yang lebih baik. sehingga dengan demikian dapat diiharapkan terwujudnya keadaan aman. Hukum melayani tujuan negara tersebut dengan menyelenggarakan “keadilan” dan “ketertiban”. S. dimana dalam keadaan yang sama.Bellefroid.J. hukum mempunyai tugas yang suci yaitu memberi kepada setiap orang yang ia berhak menerimanya. Anggapan ini berdasarkan etika dan berpendapat bahwa hukum bertugas hanya membuat adanya keadilan saja. Mr. van Apeldoorn. tujuan hukum adalah kedamaian hidup antar pribadi yang meliputi ketertiban ekstern antar pribadi dan ketenangan intern pribadi 2. . 8.Aristoteles. Perdamain diantara manusia dipertahankan oleh hukum dengan melindungi kepentingan-kepentingan hukum manusia tertentu.Soejono Dirdjosisworo. tujuan hukum adalah melindungi individu dalam hubngannya dengan masyarakat. Prof. tujuan hukum adalah menambah kesejahteraan umum atau kepentingan umum yaitu kesejahteraan atau kepentingan semua anggota2 suatu masyarakat. L. Soebekti. 4. Purnadi dan Soerdjono Soekanto. Keadilan lazim dilambangkan dengan neraca keadilan. setiap orang harus mendapatkan bagian yang sama pula.TUJUAN HUKUM MENURUT PENDAPAT AHLI 1. kemerdekaan. Dr. Prof.

Usaha mewujudkan pengayoman ini termasuk di dalamnya diantaranya :.hukum bertujuan menjaga kepentingan tiap-tiap manusia supaya kepentingan itu tidak dapat diganggu. Geny Dalam ”Science et technique en droit prive positif”.Suharjo (mantan menteri kehakiman). Dan sebagai unsur daripada keadilan adalah kepentingan daya guna dan kemanfaatan . tidak mengadili dan menjatuhi hukuman terhadap setiap pelanggaran hukum terhadap dirinya. 9. hukum bertujuan semata-mata untuk mencapai keadilan. Tiap perkara harus diselesaikan melalui proses pengadilan dengan perantara hakim berdasarkan ketentuan hukum yang berlaku. Hukum juga menjaga dan mencegah agar setiap orang tidak menjadi hakim atas dirinya sendiri (eigenrichting is verboden). Secara aktif dimaksudkan sebagai upaya untuk menciptakan suatu kondisi kemasyarakatan yang manusia dalam proses yang berlangsung secara wajar.mewujudkan kedamaian sejati.mewujudkan keadilan bagi seluruh masyarakat. tujuan hukum adalah untuk mengayomi manusia baik secara aktif maupun secara pasif. Sedangkan yang dimaksud secara pasif adalah mengupayakan pencegahan atas upaya yang sewenang-wenang dan penyalahgunaan hak secara tidak adil.mewujudkan kesejahteraan seluruh rakyat 10.mewujudkan ketertiban dan keteraturan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful