KERUSAKAN LINGKUNGAN AKIBAT PROSES ALAM DAN AKTIVITAS MANUSIA

1. KERUSAKAN LINGKUNGAN YANG DI SEBABKAN OLEH ALAM

Gunung meletus, terjadi akibat endapan magma di dalam perut bumi yang didorong keluar oleh gas yang bertekanan tinggi

Gempa adalah pergeseran tiba-tiba dari lapisan tanah di bawah permukaan bumi. Ketika pergeseran ini terjadi, timbul getaran yang disebut gelombang seismik.gempa ke segala arah di dalam bumi.

Istilah tsunami berasal dari bahasa Jepang. Tsu berarti "pelabuhan", dan nami berarti "gelombang", sehingga tsunami dapat diartikan sebagai "gelombang pelabuhan".

. Umumnya. mempunyai pusat. yaitu: Banjir merupakan fenomena alam yang biasa terjadi di suatu kawasan yang banyak dialiri oleh aliran sungai. yaitu angin kencang yang datang secara tiba–tiba dan bertekanan tinggi. Tetapi dalam skala Fujita kecepatan angin puting beliung dibagi dua skala. Musim kemarau adalah periode bulan atau tahun ketika sebuah wilayah mengalami kekurangan pasokan airnya. terjadi ketika suatu daerah menerima curah hujan di bawah rata-rata.. Secara sederhana banjir dapat didefinisikan sebagainya hadirnya air di suatu kawasan luas sehingga menutupi permukaan bumi kawasan tersebut. Kecepatan angin berkisar antara 30–40 knots. Hal ini memiliki dampak besar pada ekosistem dan pertanian dari daerah yang mengalaminya. bergerak melingkar seperti spiral hingga menyentuh permukaan bumi dan hilang dalam waktu singkat (3–5 menit) dan dalam radius 5–10 km.Angin Puting Beliung.

bahan rombakan. atau material campuran tersebut. Pencemaran air adalah suatu perubahan keadaan di suatu tempat penampungan air seperti danau.tanah. lautan dan air tanah akibat aktivitas manusia. lautan dan air tanah adalah bagian penting dalam siklus kehidupan manusia dan merupakan salah satu bagian dari siklus hidrologi . sungai. Jarang sekali kita temui keadaan dijalan yang bersih tanpa adanya polusi dari asap kendaraan bermotor. sungai.2. Tanah longsor adalah perpindahan material pembentuk lereng berupa batuan. KERUSAKAN ALAM YANG DISEBABKAN OLEH MANUSIA Polusi adalah sejenis gas yang dapat membahayakan yang berasal atau dihasilkan oleh asap-asap baik dari asap kendaraan bermotor maupun asapasap sisa pembakaran dari pabrik-pabrik tertentu. Danau. bergerak ke bawah atau keluar lereng.

Perbaikan kerusakan hutan akibat kebakaran memerlukan waktu yang lama. kita perlu memperhatikan beberapa hal yang dapat menyebabkan kebakaran huta seperti berikut ini.Kebakaran hutan merupakan salah satu penyebab kerusakan hutan yang paling besar dan bersifat dan bersifat sangat merugikan. terlebih lagi uikannya menjadi hutan kembali. Oleh karena itu. Memperhatikan wilayah hutan dengan titik api .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful