You are on page 1of 6

Contoh Rencana Bisnis – Business Plan Kafe Jave Cafe

Filed under: Marketing Plan Author: manajer pemasaran

Java Café akan menawarkan pada residen dan pengunjung sebuah kedai kopi yang sepenuhnya baru – salah satu yang menawarkan minuman kopi bercita rasa unik dan lingkungan nyaman dan berkelas sebagai tempat untuk bersosialisasi, bersantai atau bekerja. • Macam: Tidak ada kedai kopi lain di daerah tersebut yang akan menawarkan beragam minuman kopi, teh, cokelat, jus, smoothies, and produk lain selain yang dilakukan Java Café. • Lokasi: Java Café akan ditempatkan pada bagian utama pusat kota Jakarta di jantung pusat perbelanjaan dan kawasan hiburan. Lokasi Java Café didesain untuk kegiatan sepanjang tahun, dengan pendapatan dan keuntungan yang sesuai • Perluasan: Jika gerai ini sukses, ini akan menjadi jaringan kedai kopi Java Café yang pertama yang berlokasi di pasar yang memiliki profil demografis yang serupa, kepadatan toko yang penting, kegiatan wisatawan sepanjang tahun, dan populasi mahasiswa yang besar. The Java Cafe Concept Pada satu waktu Cadillac merupakan otomobil berkualitas yang diakui di Amerika. Kemudian muncullah Mercedes-Benz, dan kemudian Lexus, dengan produk dan cara pelayanan yang luar biasa. Java Café akan menjadi “Lexus” yang pertama dalam industri jaringan kedai kopi, yang menawarkan kualitas produk yang lebih tinggi dan kualitas pelayanan yang lebih baik dalam sebuah lingkungan yang luar biasa. Ini adalah satu-satunya kedai kopi yang mendekati konsep kelas atas seperti pada konsep kami di Pacific Northwest di Torrefazione, dengan dekorasi Italia berkelas tinggi (baru-baru ini mereka menjadi bagian dari pembelian sebesar $72 juta oleh starbucks). Java Café yang pertama berlokasi di Jakarta. Kedai kopi Java Café yang lain akhirnya akan ditempatkan dalam pasar berkelas pilihan yang mendukung model bisnis (misalnya Mount Hilll, Newburg, Springfield, Bayview, Orchard Valley, Beachey Head, Capital City). Java Café menawarkan produk kopi superior, pastry yang enak, jus segar, minuman teh terbaik, cokelat Ghirardelli, Cokelat gourmet, dan item hadiah. Anggota staf Java Café yang mempersiapkan kopi (barista) sangat terlatih dan berpengalaman. Mereka tahu bagaimana menyiapkan minuman espresso yang luar biasa dan kopi seduh yang bercita rasa. Kami menggunakan peralatan dan bahan-bahan berkualitas tinggi untuk memberikan produk yang istimewa. Gaya desain kami berbeda dari semua kedai kopi yang lain, sebuah penampilan berkelas “Cote d‟Azur.” Desain ini dilengkapi dengan dekorasi kaca patri, seni kaca, perlengkapan dan tempat makan outdoor gaya Mediterranean Riviera.

2. Sebagai contoh. teh. • Item hadiah berasal dari beragam penjual • Soft Drink disediakan oleh Sprechers‟s Brewery. Ini memungkinkan kami memberikan lebih banyak jenis daripada pesaing kami sementara tetap menjaga penyajian minuman mudah dilakukan • Kami memanfaatkan popularitas besar minuman berasa dan teh Chai dengan menawarkan campuran produk yang meliputi item yang tidak disertakan oleh kedai kopi yang lain.000 dan $25. Pada beberapa contoh. jus. dan Black Forest Chocolates. TX (jus jeruk dan lemon segar) dan Genesis Jiuce. Meski merupakan kedai kopi berkelas tinggi. Connecticut • Penjual air kami adalah Crystal geyser.000 untuk membuka inventaris dan menjalankan modal. OR • Pastry disediakan oleh perusahaan Lokal Jakarta seperti D‟Angelo‟s Bakery.2 Start-up Summary Pengeluaran awal sejalan dengan jaringan kedai kopi yang lain. Helena • Jus disediakan oleh Longhorn Orchard. soft drink. 3. pastry. San Fransisco. Eugenet. • Kami merupakan satu-satunya kedai kopi yang memiliki jenis gourmet hot cocoa yang beragam. Los Angeles. Bellagio. dan cocoa – dengan beberapa pilihan untuk masing-masing kelompok. Products Java Café menjual minuman kopi specialty yang berkualitas tinggi. soda Italia. • Java Café menawarkan beberapa minuman smoothie dan soda Italia. Geraigerai yang baru harus berbiaya tidak lebih dari $175. jus.2 The Java Cafe Menu Menu Java Café membedakan kami dari kedai kopi yang lain. Seatle.000 untuk pembangunannya karena biaya yang didapatkan di sini tidak perlu dikeluarkan lagi. teh. Starbucks mengeluarkan sekitar $380. dan memberikan kami batas kompetisi.000 untuk membangun lokasi gerai yang baru. WI. dan Jakarta Cheescake. • Cokelat dan cocoa berasal dari Ghirardelli Chocolate Company. Arnold. CA. dan Thomas Kemper Soda. Jakarta • Teh disediakan oleh Harney & Sons Tea. harga rata-rata telah . Jakarta Biskoti. cokelat. WA 3. St. • Kami menawarkan enam kelompok minuman – kopi. begitu juga minuman yang lebih dikenal. Biaya kami diperkirakan $225.1 Vendors • Pemanggangan kopi disediakan oleh Perusahaan Grizzzly Mountain Coffee. smoothies. dan item hadiah. harga kami sama dengan jaringan nasional yang utama. Corpus Cristi. air putih. • Kami memberikan jus segar paling berkualitas Harga-harga ditentukan setelah melalui analisis mendalam mengenai semua biaya makanan untuk setiap item dalam setiap minuman.

kami memaksimalkan potensi kesuksesan kami karena beberapa faktor: • Populasi lokal yang sangat berkelas • Kegiatan wisatawan sepanjang tahun • Populasi mahasiswa berkelas yang selalu berubah. Java Café Coffee memiliki semua bahan yang diperlukan untuk cepat sukses 4. jaringan kopi tetap menunjukkan pertumbuhan yang kuat.1 Market Segmentation Pelanggan Java Café yang berbasis di Jakarta terdiri dari lima kelompok target 1. Sebagai contoh. Pelancong yang lewat Kelompok-kelompok ini merupakan segmen pasar yang potensial. Pebisnis lokal 4. Jelas bahwa kecintaan warga Amerika terhadap kopi yang enak tetap ada selama masa-masa menyenangkan dan masa sulit. puncaknya adalah . Mahasiswa 5. Meskipun terjadi penurunan ekonomi dalam beberapa tahun terakhir. Keuntungan dari campuran pelanggan ini adalah bahwa ini membantu mempertahankan bisnis yang konsisten sepanjang tahun. Residen lokal kelas atas 2. Wisatawan 3. • Lalu lintas pedestrian dan mobil yang padat di lokasi kami • Biaya media yang murah. Jakarta: The Perfect Launch Market Dengan meluncurkan Java Café di pasar Jakarta.dikalkulasikan dan diberlakukan untuk semua minuman yang sejenis untuk menjaga agar menu tidak membingungkan pelanggan. dan bahkan kebangkrutan. • Jumlah event khusus lokal yang tinggi • Lokasi situs utama Java Café terletak pada apa yang sering disebut sebagai lokasi terbaik untuk kedai kopi di Jakarta – di jantung kawasan bisnis dan wisatawan. di samping daerah perbelanjaan dan tempat makan yang bagus di sebelah Teater Mesir bersejarah dan selangkah dari interseksi yang tersibuk di kota. Market Analysis Summary Java Café meluncurkan konsep kedai kopi baru yang mengejutkan dalam segmen pasar yang reseptif dan yang tumbuh dengan mantap – bisnis ritel kopi specialty. arus kas negatif. ketika kepariwisataan kuat sepanjang tahun di Jakarta. Sementara secara harfiah ratusan bisnis dalam banyak kategori mengalami penjualan yang memprihatinkan. bisnis kopi menjadi titik terang.

• Pelancong di US 66. Dan juga.000. bisnis lokal. artis. Mereka juga harus memasarkan kedai mereka kembali setiap awal tahun pada mahasiswa yang baru datang. lebih dari 35 juta auto trip akan melewati kota tersebut. strategi kami adalah untuk mempertahankan jumlah pelanggan yang tetap tinggi dengan meningkatkan daya tarik kami ke lima kelompok pelanggan potensial. hanya memerlukan waktu lima menit untuk menuju Java café. berbelanja.2 Target Market Segment Strategy Secara keseluruhan. „A‟ Street and First Avenue merupakan dua jalan yang paling sering dilalui di Jakarta. Sebaliknya. dan selebritis memiliki rumah di Jakarta. Jakarta adalah rumah bagi cabang utama Universitas Negeri dan juga sejumlah sekolah lain.000 orang tinggal sejauh lima mil dari lokasi Java Café kami. dan minum kopi. Salah satu dari dua rute utama utara/selatan melalui Jakarta. . dan kebun anggur terdekat. Wisatawan datang ke “America‟s Riviera” untuk mengunjungi pantainya. mengisi bahan bakar. Therefore I am). populasi mahasiswa tidak sebesar selama musim panas seperti dari bulan September hingga Juni setiap tahun. trendsetter. Tempat parkir umum yang bagus tersedia dalam jarak 100 yard. Java Café tidak terlalu bergantung pada satu kelompok pelanggan. Yang paling kaya bahkan tinggal lebih dekat. penulis. Banyak dari pelancong tersebut akan berhenti untuk mencari makan.000 orang-orang kelas atas di America Rumah-rumahnya di sebelah Niceburg bisa melakukan penjualan sebesar $1 juta hingga $50 juta. • Mahasiswa. Sekitar 200.selama bulan-bulan musim panas. beberapa kedai kopi lokal dengan pelanggan mahasiswa sebagai pelanggan utama mengalami masa sulit selama bulan-bulan libur kuliah. Menurut Departemen Transportasi. Orang berpengaruh. Dalam jarak lima mil dari Java Café. ada 200. Sebagian besar akan melewati lokasi Java Cafe. Jakarta High School berada kurang dari satu mil dari Java Café. sekitar tiga mil. Java Cafe terletak di sudut “A” Street dan First Avenue di jantung pusat bisnis kota. yang meliputi sekolah swasta dan akademi yang bergengsi.000 wisatawan mengunjungi Jakarta setiap tahun. dan satu blok dari sejumlah tujuan belanja di Jakarta. Java Café akan menghindari masa naik turun dalam bisnis ini dengan beragam pelanggan. • Pebisnis lokal. • Warga yang kaya. • Wisatawan: Lebih dari 5. Lokasinya di seberang department store Descarte yang ekslusif dan berkelas (I spend. dan pejalan kaki di kawasan Amerika Serikat 66) memberikan dasar yang konsisten sepanjang tahun. Residen lokal. makan. Sebagai contoh. 4. US 66 juga merupakan rute laju ke Shorewood dan Beachey Head ke selatan yang sering dilewati. Bagi pelanggan lokal yang potensial. dengan memberikan penawaran pada beberapa segmen pasar. Segmen pelanggan yang lain (residen lokal. Lucre Galerie.

konser. bisnis dan hiburan malam. Jumlah signifikan dari pebisnis lokal ini beranggapan bahwa Java Cafe adalah tempat tujuan yang menarik dan dekat. Penyebab utamanya adalah iklim yang nyaman. atau bersantai setelah kerja. berada dua blok dari Java Café. banyak orang memilih perjalanan pendek yang relatif lebih murah. mudah. Daerah tersebut memiliki lebih dari 300. berada satu blok lebih jauh. makan siang. Layanan kopi memberi pendapatan tambahan dan memperkenalkan Java Café ke pegawai di bisnis ini. Java Café berada di jantung perbelanjaan dan tempat makan. atau pengunjung day-trip dari daerah Ontopolis yang lebih luas. mendukung organisasi amal lokal dan sponsor acara dan tim olahraga kepemudaan. Gedung pengadilan wilayah berada pada jarak dua blok. Sekitar 5 juta orang akan berkunjung ke daerah tersebut tahun depan. keterlibatan dalam Chamber of Commerce. kepariwisataan setiap tahun tetap kokoh. hanya memiliki sedikit tempat untuk mereka tuju untuk bertemu teman-teman mereka. akhir pekan. Jika hotel hampir penuh selama bulanbulan musim panas. pertunjukan seni) yang dijadwalkan selama tahun tersebut.000 mahasiswa di beberapa sekolah. Kami menargetkan pelanggan potensial ini dengan beriklan di panduan wisata lokal. termasuk City College dan Universitas Negeri terdekat. menurut Chamber of Commerce. Mahasiswa mewakili segmen pelanggan yang luar biasa karena beberapa alasan: . Untuk menjangkau mahasiswa. Kami akan memperluas pasar melalui pasar lokal. Jakarta memiliki kegiatan wisatawan sepanjang tahun yang luar biasa. Dengan keadaan ekonomi yang bermasalah dan ketakutan akan terorisme. pusat belanja utama di Jakarta. Kami juga menawarkan layanan kopi ke restoran lokal.Pelanggan lokal membangun inti kesetiaan bisnis kami. dan event-event khusus yang banyak (misal festival film. Dan. Kami juga akan menjangkau pelanggan bisnis melalui kegiatan Chamber of Commerce dan secara personal mengunjungi toko dan usaha untuk memberikan kupon diskon dan menu. Wisatawan. Banyak bisnis lokal. Kedai kopi terbukti populer bagi mahasiswa – bahkan siswa SMA – sebagai sebuah tempat ”in/nyaman” yang juga terjangkau. kami menawarkan kartu diskon khusus mahasiswa pada acara mahasiswa dan menawarkan hiburan di akhir pekan. Lucre Galerie. banyak orang tetap berada dekat tempat kerja pada waktu sarapan. 90% wisatawan yang mengunjungi Jakarta akan melewati lokasi Java Café. dan aman ke Jakarta untuk berekreasi. yang sebagian besar diantaranya di bawah usia batas untuk minum. baik swasta maupun pemerintah. Mahasiswa. Karena banyak tempat parkir para pekerja jauh dari pusat kota dengan layanan antar jemput. Mahasiswa. Bisnis lokal.

mahasiswa memerlukan tempat yang terjangkau untuk berkumpul bersama teman-teman mereka. kami menghasilkan berita dari mulut-ke-mulut yang luar biasa. http://ahlimanajemenpemasaran.com/2011/06/contoh-rencana-bisnis-business-plan-kafe-jave-cafe/ .• Mahasiswa memberikan energi dan kesan muda bagi kedai kopi • Dengan menarik mahasiswa. • Mahasiswa mewakili basis besar bagi pekerja paruh waktu yang potensial • Bahkan di bawah drinking age.