ILMU SILAT PRAKTIS

PENGETAHUAN DASAR GERAKAN Memukul Disamping teknik yang baik, maka ilmu silat memerlukan kemampuan untuk melakukan sesuatu pukulan dengan cepat dan kuat, yang mana tidak melupakan suatu imbangan yang tepat dari bentuk kedudukan kaki. Perlu dicatat: Untuk memperoleh gerakan teknik, yang sebaik-baiknya, diperlukan suatu ketangkasan/kecepatan serta tulang-tulang terlatih. Semua ini tak akan diperoleh secara sempurna tanpa adanya latihan secara istimewa atau khusus. Untuk latihan memukul ini dapat dilakukan latihan-latihan secara kososng ataupun dengan alatalat bantu (kantung pasir digantung; tonggak jerami dan sebagainya).

Lakukan latihan memukul dengan kepal yang diiringi dengan majunya kaki pada setiap pukulan dilancarkan dan seterusnya lakukan pukulan-pukulan sambil melangkah mundur. Setelah ini dapat dicapai dengan baik, maka kombinasikan pukulan-pukulan dengan gerak kaki tidak menentu pada maju ataupun mundurnya.

Hendaknya setiap pukulan dilancarkan maka salah satu tangan ditarik pada sisi pinggang.

Merupakan keterangan tentang kuda-kuda: disini dapat dijelaskan, bahwa kudakuda kita haruslah dalam keadaan yang seimbang antara mobilitas dan stabilitas. Jika kita menekankan pada suatu bentuk kuda-kuda yang terlampau rendah, disini stabilitasnya menjadi lebih besar yang berarti menjadi suatu kuda-kuda yang kokoh, tetapi disini mobilitasnya menjadi berkurang, berarti kurangnya kegesitan. Jika mobilitasnya digunakan pada kuda-kuda secara besar (mementingkan pergerakan), maka stabilitasnya berkurang yang sekaligus terdapat kelemahan-kelemahannya, yaitu mudah goyah pada sesuatu kedudukan, dimana mudah dijatuhkan oleh pihak lawan, jelas hal ini merugikan. Disini kita mempunyai prinsip, bahwa kita harus mempadukan kedua hal tersebut dalam keadaan seimbang benar yaitu tidak menitik beratkan pada stabilitasnya maupun pada mobilitas, kedua-duanya terpadu melalui bentuk kuda-kuda yang tidak rendah ataupun terlalu tinggi. Pada gambar di atas dapat kita lihat suatu kedudukan kuda-kuda bersudut.

Merupakan bentuk kuda-kuda sejajar. Kedua-duanya kami kira sudah jelas bagi anda setelah melakukan latihan gerak dasar kitab wasiat diatas yang merupakan latihan pendahuluan.

Nampak sedang berada dalam kedududkan kuda-kuda bersudut, dilihat dari arah samping dengan kudua kepal masing-masing berada disamping pinggang.

Kuda-kuda bersudut seketika dapat berubah bentuk menjadi kuda-kuda yang lain seperti nampak digambar ini, yaitu menjadi bentuk kuda berat dibelakang. Inilah suatu bentuk kuda-kuda untuk memperbesar jarak dengan pihak lawan untuk perbandingan pada kaki depan hanya menunjang 10% sedang pada kaki belakang menunjang tubuh dengan 90 %. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa dalam hal ini kaki depan hanya menempel saja pada lantai dan dalam suatu posisi tertentu dapat melakukan tendangan maupun jejakan pada daerah-daerah yang dianggap cukup lemah pada tubuh lawan! Tangan anda didalam hal ini dapat dikombinasikan dalam sikap menangkis seperti terlihat pada gambar.

Kombinasi yang lain adalah memundurkan kaki depan ke belakang dan kaki belakang kemudian berubah hanya menempel pada lantai. Memang didalam ilmu silat senuh dengan perubahan kuda-kuda yang terkombinasi. Dengan latihan yang rutin andapun dapat melakukan dengan baik serta tepat.

Memperlihatkan suatu tangkisan yang dilakukan oleh tangan kiri dengan mengepal pada jari-jarinya.

Dilanjutkan dengan melancarkan pukulan yang cepat dan kuat pada tangan kanan. Setiap pukulan haruslah dapat mengkonsentrasikan kepal kita pada titik sasaran. Gerak latihan menangkis ini dapat ditingkatkan dengan melakukan tangkisan dengan sekaligus melakukan serangan pukulan.

Dimisalkan pada saat memukul tadi ada suatu serangan yang datang dari arah kanan, maka tangan memukul tadi dengan cepat melakukan lingkaran menangkis. (Perhatikan benar-benar gambar ini)

Dari posisi sebelumnya, apabila mendapatkan serangan pada kaki maka dapat mengangkat kaki kiri (mengangkat lutut) dibantu siku tangan kiri yang melakukan tutupan pada daerah tubuh kita.

Dilanjutkan dengan menurunkan kaki kiri kembali. Demikianlah lakukan latihan-latihan diatas dari arah kanan maupun kiri.

Perhatikan bagaimana tangan kita dapat melakukan suatu pertahanan yang rapat dari segala penjuru, seperti terlihat pada tanda A, B, C dan D. Bentuk tangkisan

melingkar tersebut merupakan lingkaran perisai yang dapat melindungi tubuh dari berbagai serangan dari manapun datangnya.

MELATIH KEGESITAN

Ambil suatu sikap kaki yang berdiri tegak rapat dan kedua tangan dibuka diatas. (samping)

Lakukan lompatan kekiri dengan kaki kiri berada pada lompatan awal.

Dan akhirnya terbentuk suatu posisi dimana kita berdiri diatas satu kaki yaitu pada kaki kiri dan kaki kanan terangkat tinggi pada lututnya.

Dilanjutkan dengan melompatkan kaki ke arah kanan dengan mengangkat kaki kanan terlebih dahulu.

Pada akhirnya kaki kanan sebagai penunjang tunggal pada tubuh didalam gerakan ini, sedangkan kaki kiri diangkat keatas. Demikianlah silih berganti melakukan lompatan kekanan maupun kekiri. Memang didalam melakukan latihan pertama kalinya akan terasa sekali gangguan pada keseimbangan, namun latihan secara tetap akan membuat gerakan yang sukar ini dapat dilakukan secara biasa. Jagalah keseimbangan benar-benar dan apabila latihan ini dapat dilakukan secara baik, dapat ditingkatkan dalam gerakan-gerakan yang semakin dipercepat !! Latihan satu jenis ini saja, apabila dilakukan dengan rutin, pastilah akan menghasilkan suatu kegesitan yang luar biasa. Disamping latihan tersebut diatas, latihan lari ditempat dan lari biasa dengan jarak jauh dapat merupakan latihan extra yang berguna sekali untuk dapat mempertinggi nilai teknik yang kita punyai didalam ilmu silat.

LATIHAN-LATIHAN LAIN

Posisi kaki kanan menekuk dan kaki kiri diluruskan kesamping. Tangan kanan bersiap di dada dan tangan kiri berada di bawah seperti gambar.

Kaki kiri mengangkat lutut dan tangan kiri melakukan pukulan kesamping dengan punggung tangan.

turunkan kaki kiri kearah kanan diikuti dengan membalikkan tubuh melingkar kanan sambil memukul tangan kanan. Tangan kiri berada disamping atas. (perhatikan gambar)

Langkahkan kaki kiri kearah kanan sambil membalikkan tubuh pula melingkar ke kanan dengan tangan dikebawahkan serta tangan kiri berada diposisi atas.

Condongkan tubuh kekanan dengan menekukkan pada kaki kanan dan kaki kiri diluruskan. Tangan kanan melakukan gerakan melingkar keatas kepala dan kepal tangan kiri melingkar turun ke arah kiri. Lakukan gerakan ini berulang-ulang, baik pada posisi seperti diatas maupun dalam posisi kebalikannnya. Gerakan-gerakan ini apabila telah dikuasai dengan baik serta dalam gerakan yang cepat akan dapat memberikan bantuan yang berarti dalam praktek penggunaan secara otomatis.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful