SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA

1. Struktur dan Fungsi Darah a. Plasma Darah Plasma darah merupakan cairan darah yang berwarna kekuning – kuningaan, yang mengandung 91 % air , sari – sari makanan, garam – garam mineral, sisa- sisa metabolisme ,dan protein darah: albumin, globulin, dan fibrinogen. Fungsi plasma darah untuk mengatur tekanan osmosis darah, membawa zat – zat makanan ke seluruh tubuh,dan mengangkut sisa metabolisme dari jaringan tubuh. Didalam plasma darah terdapat antibody, macam antibodi berdasarkan cara kerja nya: 1. antibodi yang menggumpalkan antigen -> presipitin 2. antibodi yang menguraikan antigen-> lisin 3. antibodi yang menawarkan racun-> antitoksin b. Sel- sel darah Sel – sel darah terdiri dari 3 bagian, yaitu : 1. Sel darah merah ( eritrosit) : Eritrosit merupakan bagian utama dari darah. Jumlahnya pada pria dewasa sekitar 5 juta/cc dan pada wanita dewasa sekitar 4,5 juta/cc. Bentuknya bikonkaf, serta berwarna merah disebabkan oleh hemoglobin (mengandung protein, zat besi, dan globin ). Oksigen terikat pada Hb ketika darah melewati paru – paru kemudian eritrosit bergeraak ke jaringan tubuh dan melepas oksigen yang selanjutnya berdifusi ke dalam sel tubuh. 2. Sel darah putih ( leukosit )

eosinofil. Granulosit : merupakan sel darah putih yang mempunyai sitoplasma dengan berbutir – butir spesifik dan inti umumnya relative besar. . Basofil jumlahnya paling sedikit dibandingkan sel darah putih lainnya ( 0.5%). dapat bergerak secara ameboid. Jumlahnya mencapai 65%-75% dari jumlah seluruh leukosit. misalnya oleh cacing trichinella.dapat menembus dinding pembuluh darah atau bersifat diapeidesis dan Leukosit bersifat fagosit (pemakan benda asing atau kuman yang masuk ke dalam tubuh). monosit dapat membesar menjadi makrofag (sel besar yang bersifat memekan) .Limfosit T bergerak menuju kelenjar timus 3. memiliki inti.3% dari leukosit. Terdiri atas neutrofil. Neutrofil berguna untuk menjaga masuknya bakteri . basofil. Setiap 1mm3 mengandung kira – kira 6000 – 9000 sel darah putih. . Trombosit berperan sebagai proses pembekuan darah. Keping darah ( trombosit) Trombosit berbentuk tidak beratur dan tidak berinti. Eosinofil jumlahnya sekitar 1% . Terdiri dari dua yaitu : • Monosit : merupakan leukosit dengan ukuran terbesar. Leokosit terdiri dari dua macam yakni : a. Monosit sangat penting untuk mempertahankan tubuh terhadap infeksi yang bersifat kronis. b.Leukosit bentuknya tidak tetap.Limfosit B bergerak tetap di sum sum tulang belakang. Dalam ke adan normal 1mm3 jumlahnya kurang lebih 200 rb – 300rb butir trombosit . Basofil mengandung heparin yang berdifusi kedalam darah untuk mencegah pembekuan darah. seperti TBC dan typus. • Limfosit dibedakan menjadi dua yaitu . Jumlah eosinofil akan meningkat apabila terjadi reaksi alergi dan infeksi oleh cacaing.Agranulosit : merupakan sel darah putih yang sitoplasmanya tidak bergranula.

Proses pembekuan darah adalah sebagai berikut berikut: 2. Bagian-Bagian Jantung : 1. Alat Transportasi Pada Manusia a. Jantung dibagi dua bagian yaitu kanan dan kiri yang masing masing terdiri dari dua bagian antung masing-masing pula yaitu atrium dan ventrikel . 4. 2. Bunyi jantung yang bisa kita . paru yang paru 3. Ventrikel kanan memompa darah ke paru-paru. Fungsi jantung adalah untuk mempompa darah ke seluruh tubuh. paruventrikel kiri memompa darah ke seluruh tubuh. atrium dan ventrikel dipisahkan oleh trikel suatu katup yang berfungsi mencegah baliknya aliran darah dari ventrikel ke atrium yang secara normal darah mengalir dari atrium ke ventrikel. Katup jantung . Atrium kiri jantung aliran menerima darah dari paru-paru. Jantung ( kurang gambar + keterangan ) Jantung terletak dalam rongga dada dilindungi oleh rangka dada yaitu tulang dada. Jantung bagian kanan berhubungan dengan fungsi pertukaran gas oksigen dan karbondioksida di paru-paru dimana jantung kananlah yang memompa darah ke paru-paru. Sedangkan jantung kiri berhubungan dengan fungsi peredaran darah ke seluruh tubuh karena jantung kiri yang memompa darah ke seluruh tubuh. Pada masing masing-masing bagian jantung. tulang dilindungi iga dan tulang belakang. Jantung terletak dalam dada bersama dengan paru paru-paru yaitu terdapat diantaranya. 5. Atrium kanan jantung menerima aliran darah balik dari seluruh tubuh. Sedangkan paru. Posisi jantung berada agak sebelah kiri dari tulang dada.

Karakterisik pembuluh ini adalah . Darah dari bilik kanan akan dipompa melalui katup pulmoner ke dalam arteri pulmonalis.Pembuluh ini mempunyai satu katup yang letaknya dekat dengan jantung yang berfungsi menjaga darah agar tidak mengalir kembali ke dalam bilik jantung. . Cara Kerja Jantung Pada saat berdenyut. Darah dalam serambi kiri akan didorong menuju bilik kiri. kecuali paru-paru. yaitu pembuluh yang mengangkut darah dari jantung ke seluruh tubuh. Pembuluh ini dibedakan menjadi aorta. dia akan mendorong darah ke dalam bilik kanan.elastic dan tebal sehngga mampu menahan tekanan darah yang berasal dari jantung. menuju ke paru-paru . Darah yang kehabisan oksigen dan mengandung banyak karbondioksida (darah kotor) dari seluruh tubuh mengalir melalui dua vena berbesar (vena kava) menuju ke dalam serambi kanan. yang selanjutnya akan memompa darah bersih ini melewati katup aorta masuk ke dalam aorta (arteri terbesar dalam tubuh). Darah akan mengalir melalui pembuluh yang sangat kecil (kapiler) yang mengelilingi kantong udara di paru-paru. menyerap oksigen dan melepaskan karbondioksida yang selanjutnya dihembuskan. setiap ruang jantung mengendur dan terisi darah (disebut diastol). . dan kedua bilik juga mengendur dan berkontraksi secara bersamaan. Selanjutnya jantung berkontraksi dan memompa darah keluar dari ruang jantung (disebut sistol).dengarkan melalui alat stetoskop atau melalui telinga yang ditempelkan di dada timbul akibat menutupnya katup ini. Letaknya agak kedalam dari permukaan tubuh . arteri dan arteriole. Darah yang kaya akan oksigen (darah bersih) mengalir di dalam vena pulmonalis menuju ke serambi kiri. Darah kaya oksigen ini disediakan untuk seluruh tubuh. Pembuluh Darah ( kurang gambar+ keterangan) Pembuluh darah terdiri dari dua macam : 1. . Pembuluh nadi (arteri). b. Kedua serambi mengendur dan berkontraksi secara bersamaan. Peredaran darah di antara bagian kanan jantung. paru-paru dan atrium kiri disebut sirkulasi pulmoner.Denyutya terasa pada tubuh tertentu yaitu di pergelangan tangan atau leher. Setelah atrium kanan terisi darah.

. yaitu pembuluh halus yang menghubungkan arteriole dengan venule. Pada pembuluh inilah terjadi pertukaran oksigen dari darah dengan karbondioksida jaringan. . yaitu pembuluh yang mengangkut darah dari seluruh organ tubuh menuju ke jantung. Pembuluh ini berada di ujung yang berada di paling akhir dari pembuluh arteri. Jaringan pembuluh darah kapiler membentuk suatu anyaman rumit di mana setiap mili meter dari suatu jaringan memiliki kurang lebih sekitar 2000 kapiler darah.Dindingnya tipis dan elastic dengan lubang pembuluh lebih besar dari arteri .Pembuluh nadi memilki tiga bagian : . Karakteristik pembuluh ini adalah : .Arteriole : pembuluh nadi yang terkecil 2.Arteri : berasal dari bilik kanan yang bertugas membawa darah yang terkontaminasi karbondiokisda dari setiap bagian tubuh menuju paru – paru.pembuluh vena kava anterior adalah pembuluh balik yang berasal dari bagian atas tubuh pembuluh vena kava pulmonalis adalah pembuluh balik yang berasal dari bagian bawah tubuh. .Aorta ( nadi utama ) : letaknya berpangkal pada bilik kiri dan kanan jantung dan berfungsi mengangkut darah bersih yang kaya oksigen. Pembuluh balik (vena).Terletak didekat permukaan tubuh 3.Banyak terdapat katup untuk menegah darah tidak mengalir kembali. Pembuluh kapiler. Pembuluh vena terdiri dari dua macam yaitu . Banyak mengandung karbondioksida kecuali vena pulmonalis .

Ventrikel kiri → aorta→arteri→arteriola→kapiler→venula→vena→vena cava superior+vena cava superior→atrium kanan. Peyebab AIDS adalah virus HIV. (Human Immuno Deficiency Virus) . Atau dapat disingkat : jantung → seluruh tubuh → jantung c. napas pendek. Gangguan pada system peredaran darah a. diare kronis. Gejala AIDS diawali dari kelelahan. 4. penurunan berat badan. Sisitem Peredaran Darah Manusia Sistem peredaran darah manusia ada dua jenis . Pada mamalia termasuk pula pada manusia. Atau dapat di singkat menjadi : jantung→ paru – paru→ jantung b. Sistem Portae : Darah sebelum masuk kembali ke jantung terlebih dahulu masuk ke dalam suatu organ yang disebut system portae.yaitu : a. Ventrikel kanan → arteri pulmonalis →paru .Peredaran Darah Besar (peredaran sistemik ) Peredaran darah ini membawa darah beroksigen dari jantung melalui aorta ke seluruh bagian tubuh dan kembali ke jantung. hanya terdapat satu system portae . yaitu portae hepatica. AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome ) : Merupakan kelainan (kerusakan) system kekebalan tubuh secara meluas. lemah . .paru →vena pulmonalis →atrium kiri. dan kelainan sel limfosit ( jumlah dan fungsinya menurun).3. demam. Peredaran darah kecil ( peredaran pulmonary ) : Peredaran darah ini membawa darah tidak beroksigen dari jantung melalui arteri pulmonary ke paru – paru dan kembali ke jantung melalui vena pulmonari.

Penularan penyakit ini dapat melalui hubungan seks brbas. Penyakt ini umumnya bersaman endapan senyawa zat kapur disebut dengan hipertensi dan penyakit ginjal yang kronis. laki – laki heteroseksual. e. d. dan ibu hami yang penerita AIDS kepad janin yang kepada dikandungnya. c. b. Sklerosis : penyakit pengerasan pada dinding arteri akibat endapan senyawa lemak atau zat kapur . f. mengunakan seks jarum suntik bekas penderita. kendali Pada penderita leukemia. kurang umumnya karena pembuuh darah mengalami arteriokolorosis sehingga otot jantung mengalami gangguan bahka n dapat menyebabkan jantung berhenti detaknya dan akhirnya menimbulkan kematian.Peyakit AIDS umumnya menyerang laki – laki homoseksual.000/mm³ 200.000/mm³. Macam anemia adalah sebagai berikut : • Anemia Pernisiosa : disebabkan karena makanan yang kurang mengandung vitamin vitam atau karena dinding lambung tidak dapat menghasilkan zat yang dapat . Leukimia ( kanker darah ): Penyakit ini terjadi karena sela darah putih membelah memperbanyak diri ) secara tidak terkendali sehinhha jumlahnya meningkat pesat dan kemudian memakan sel darah merah. jumlah sel darah putih biasanya mencapai 200.Bila endapan berupa senyawa lemak disebut artheroklerosis . sedangkan bila artherioklerosis. Anemia Adalah penyakit kekurangan jumlah sel darah merah atau kekurangan jumlah hemoglobin jumlah yang membawa oksigen sehinga darah tidak mampu membawa oksigen yang cukup untuk tubuh. Serangan Jantung ( Heart attack) : Penyakit ini disebabkan karena kurangnya suplai darah ke otot jantung. pecandu narkotika. transfuse darah. Suplai darah yang jantung. dan penderita hemophilia yan mengalami kesalahan pad a pengobatan. Leukopenia : adalah penyakit menurunnya jumlah sela darah putih karena infeksi kuman darah tifus sehingga sel dara utihdapat menurun hingga 3000/ mm³ ehingga mm³.

k. melalui suntikan ataupun makanan yang mengandung vit. kedalam tubuh baik Penyakit ini dapat diobati dengan menambah asupan vit. dan nilai ambang tkanan diastolic sekitar 90-110 mmHg. Varises umumnya dijumpai pada kaki. memproduksi protein penyusun hemoglobin secara lengkap. Penyakit ini disebabkan karena trlalu lama duduk. Talasemia mengakibatkan trnsportasi oksigen keseluruh tubuh terganggu. elainan . Penyakit ini ditandai oleh rendahnya jumalah sel darah merah . Ambeien : merupakan suatu keadaan pembuluh darah di sekitar anus melebar.Varises : adalah penyakit membesarnya pembuluh darah vena akibat tidak lancarnya alir Varises aliran darah menuju jantung . bulan h.atau 200 nilai 90 lebih. l. Penyebab penyakit ini adalah kegagalan gen dalam normal.Hemofilia : penyakit darah sukar membeku akibat factor keturunan. Thalasemia : merupakan penyakit keturunan karena adanya kelainan darah yaitu adanya sel darah merah yang tidak normal. disebabkan adanya hemoglobin di dalam sel merah yang tidak sempurna . Hipotensi : adalah penyakit tekaan darah rendah .bila tekanan sistolik dibawah 100 mmHg. . Hemofilia i. alui • Anemia Sel Sabit : meupakan penyakit keturunan . g. Bentuk sel darah merah seperti bulan sabit karena hemoglobin bergabung dengan hemoglobin yang lainnya membentuk struktur kaku seperti batang. sehingga menyebabkan pembuluh darah pada anus membesar atau ada kelainan pada pembuluh darah sehingga aliran darah tertahan. Thalasemia dapat diatasi dengan transfuse darah secara berkala setiap satu bulan sekali atau dengan transfuse sumsum tulang belakang. Hipertensi : adalah penyakit tekanan darah tinggi bila nilai ambang tekanan sistolik sekitar 140-200 mmHg atau lebih.. j.menyerap vit.

. . .Sstem peredaran darah pada manusia .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful