SILABUS MATA PELAJARAN

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

KEWIRAUSAHAAN
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL DITJEN MANAJEMEN DIKDASMEN DIREKTORAT PEMBINAAN SMK

BADAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN

serta keterampilan wirausaha. 1. perkembangan dan ruang lingkup kewirausahaan  Karakteristik wirausaha  Sikap dan perilaku wirausaha  Faktor kegagalan dan keberhasilan wirausaha  Mitos yang salah tentang wirausaha  Alasan seseorang tidak berminat menjadi wirausaha  Tingkat dan kemampuan usaha KEGIATAN PEMBELAJARAN  Berdiskusi tentang beberapa pengertian wirausaha......... Kewirausahaan X / 1 dan 2 1..  Mampu membedakan karakteristik kewirausahaan sebelum abad pertengahan sampai dengan kewirausahaan pada abad 21....1 Mengidentifikasi sikap dan perilaku wirausaha 1 PROGRAM KEAHLIAN : SEMUA PROGRAM KEAHLIAN SILABUS KEWIRAUSAHAAN Halaman 1 dari 11 ............ tujuan...  Tes tertulis  Observasi  Laporan/portofolio 4 PS 1 (2) PI 1 (4)  Modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas X. dalam kehidupan seharihari.. karangan Hendro.... hal 5 sd 46.  Instrumen penilaian pelajaran kewirausahaan  Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa  Buku referensi yang relevan SUMBER BELAJAR STANDAR KOMPETENSI : KODE KOMPETENSI ALOKASI WAKTU : : KOMPETENSI DASAR MATERI PEMELAJARAN  Pengertian..SILABUS NAMA SEKOLAH MATA PELAJARAN KELAS/SEMESTER : : : .  Memahami ruang lingkup kewirausahaan...........  Berdiskusi tentang sikap dan perilaku............. baik internal maupun eksternal... tujuan kewirausahaan perkembangan kewirausahaan. serta ruang lingkup kewirausahaan....... maupun di lingkungan sekolah..  Berdiskusi tentang karakteristik wirausaha yang mandiri...... Mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha A 52 x 45 menit ALOKASI WAKTU INDIKATOR PENILAIAN TM  Mampu memahami dan membedakan konsep wirausaha dengan kewirausahaan......  Memahami tujuan kewirausahaan......

 Berdiskusi tentang tingkatan wirausaha dalam menghadapi ketakutan akan kegagalan.  Berdiskusi tentang mitos/pola pikir yang keliru mengenai kewirausahaan dan alasan seseorang tidak berminat menjadi wirausaha. PS PI SUMBER BELAJAR 2 PROGRAM KEAHLIAN : SEMUA PROGRAM KEAHLIAN SILABUS KEWIRAUSAHAAN Halaman 2 dari 11 .  Menyimpulkan karakteristik wirausahawan yang berhasil dan yang gagal  Mampu bersikap proaktif dan antisipatif terhadap faktor kegagalan dan keberhasilan pada setiap aspek usaha. ALOKASI WAKTU INDIKATOR PENILAIAN TM  Kebeberhasilan dan kegagalan wirausahawan diidentifikasi berdasarkan sikap dan perilakunya sehari-hari.  Mampu mengubah pola pikir/cara pandang yang keliru mengenai kewirausahaan.  Tingkatan wirausaha dalam mengatasi rasa takut/kegagalan diidentifikasi.KOMPETENSI DASAR MATERI PEMELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN  Berdiskusi tentang faktor kegagalan dan keberhasilan wirausaha.

 Teori motivasi Maslow dijelaskan sebagai salah satu pendorong untuk berprestasi.KOMPETENSI DASAR MATERI PEMELAJARAN  Pengertian. karangan Hendro. ALOKASI WAKTU INDIKATOR PENILAIAN TM  Ciri-ciri orang yang bersikap dan perilaku kerja prestatif diidentifikasi. ciri-ciri dan sikap perilaku kerja prestatif  Pola kerja prestatif KEGIATAN PEMBELAJARAN  Berdiskusi tentang ciri-ciri dan sikap perilaku kerja prestatif serta pola kerja prestatif.  Tes tertulis  Observasi  Laporan/portofolio 5 PS 2 (4) PI 1 (4)  Modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas X.  Berdiskusi tentang cara-cara melatih sikap dan perilaku kerja prestatif. 3 PROGRAM KEAHLIAN : SEMUA PROGRAM KEAHLIAN SILABUS KEWIRAUSAHAAN Halaman 3 dari 11 .2 Menerapkan sikap dan perilaku kerja prestatif  Motivasi untuk memiliki sikap dan perilaku kerja prestatif  Melatih sikap dan perilaku kerja prestatif  Memahami dan membedakan aspekaspek dalam pola kerja prestatif beserta ciri-cirinya.  Instrumen penilaian pelajaran kewirausahaan  Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa  Buku referensi yang relevan SUMBER BELAJAR 1.  Berdiskusi tentang motivasi untuk memiliki sikap dan perilaku kerja prestatif. hal 47 sd 58.  Mampu menerapkan cara melatih sikap dan perilaku kerja prestatif.

 Berdiskusi tentang cara mencari dan menentukan alternatif pemecahan masalah serta kunci sukses dalam memecahkan masalah.  Tes tertulis  Observasi  Laporan/portofolio 5 PS 2 (4) PI 1 (4)  Modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas X.  Mampu memberikan alternatif pemecahan masalah yang berbeda-beda  Kunci sukses dalam memecahkan masalah dipahami dan diterapkan.  Berdiskusi tentang masalah dan bukan masalah serta cirriciri masalah dalam kegiatan usaha.  Instrumen penilaian pelajaran kewirausahaan  Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa  Buku referensi yang relevan SUMBER BELAJAR 1.  Berdiskusi tentang faktor penyebab terjadinya masalah. karangan Hendro.KOMPETENSI DASAR MATERI PEMELAJARAN  Pengertian masalah  Teknik pemecahan masalah  Membedakan masalah dan bukan masalah  Masalah dan faktor penyebabnya  Alternatif pemecahan masalah  Kunci sukses pemecahan masalah KEGIATAN PEMBELAJARAN  Berdiskusi tentang pengertian masalah dan teknik pemecahan masalah. hal 59 sd 76.3 Merumuskan solusi masalah 4 PROGRAM KEAHLIAN : SEMUA PROGRAM KEAHLIAN SILABUS KEWIRAUSAHAAN Halaman 4 dari 11 . ALOKASI WAKTU INDIKATOR PENILAIAN TM  Memiliki kemampuan dalam mengatasi rasa takut dan berpikir kreatif.  Mengidentifikasi dan merumuskan/menguraikan masalah dalam usaha berdasarkan data.  Mampu membedakan masalah dan bukan masalah.

 Instrumen penilaian pelajaran kewirausahaan  Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa  Buku referensi yang relevan SUMBER BELAJAR 1.  Berdiskusi tentang pengembangan semangat wirausaha.  Memahami dan mengembangkan pola pikir semangat wirausaha.4 Mengembangkan semangat wirausaha 5 PROGRAM KEAHLIAN : SEMUA PROGRAM KEAHLIAN SILABUS KEWIRAUSAHAAN Halaman 5 dari 11 .  Mengidentifikasi faktor pendukung keberhasilan inovasi dan jenis-jenis inovasi. karangan Hendro.  Mampu menumbuhkan kreativitas dan inovasi.  Mampu membedakan penemuan dan inovasi. hal 77 sd 96.KOMPETENSI DASAR MATERI PEMELAJARAN  Prinsip-prinsip kewirausahaan  Faktor-faktor munculnya semangat kewirausahaan  Mengembangkan semangat wirausaha  Inovasi  Motivasi  Sikap bekerja efisien dan efektif KEGIATAN PEMBELAJARAN  Berdiskusi tentang prinsip-prinsip kewirausahaan dan faktor penyebab munculnya semangat kewirausahaan.  Mampu membedakan kerja efisien dan efektif serta menerapkannya dalam bekerja/wirausaha.  Berdiskusi tentang konsep inovasi sebagai hasil dari kreativitas. dan tentang konsep motivasi. ALOKASI WAKTU INDIKATOR PENILAIAN TM  Mampu memahami unsur-unsur prinsip kewirausahaan.  Berdiskusi tentang sikap kerja efisien dan efektif.  Memahami faktorfaktor penyebab munculnya semangat wirausaha.  Tes tertulis  Observasi  Laporan/portofolio 6 PS 2 (4) PI  Modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas X.

hal 97 sd 106. ALOKASI WAKTU INDIKATOR PENILAIAN TM  Manfaat komitmen dalam berwirausaha diidentifikasi.  Tes tertulis  Observasi  Laporan/portofolio 5 PS 2 (4) PI 1 (4)  Modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas X.  Faktor-faktor yang menunjukkan seseorang mempunyai komitmen tinggi diidentifikasi.5 Membangun komitmen bagi dirinya dan bagi orang lain 6 PROGRAM KEAHLIAN : SEMUA PROGRAM KEAHLIAN SILABUS KEWIRAUSAHAAN Halaman 6 dari 11 .  Mampu menerapkan komitmen tinggi terhadap wirausaha.  Berdiskusi tentang faktor-faktor yang menunjukan seseorang berkomitmen tinggi.KOMPETENSI DASAR MATERI PEMELAJARAN  Komitmen  Pentingnya komitmen tinggi dalam berwirausaha  Faktor-faktor yang menunjukkan komitmen tinggi  Jenis-jenis komitmen dalam berwirausaha KEGIATAN PEMBELAJARAN  Berdiskusi tentang komitmen dan pentingnya komitmen dalam berwirausaha.  Berdiskusi tentang jenis-jenis komitmen dalam berwirausaha.  Instrumen penilaian pelajaran kewirausahaan  Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa  Buku referensi yang relevan SUMBER BELAJAR 1. karangan Hendro.

 Mampu menganalisis risiko usaha berdasarkan data.  Jenis-jenis orang dalam menghadapi risiko diidentifikasi.  Risiko murni dan spekulatif diidentifikasi.  Tes tertulis  Observasi  Laporan/portofolio 4 PS 2 (4) PI  Modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas X.  Menganalisis risiko usaha. karangan Hendro. ALOKASI WAKTU INDIKATOR PENILAIAN TM  Mampu membedakan ketidakpastian dengan risiko.  Berdiskusi tentang faktor penyebab risiko usaha.6 Mengambil resiko usaha 7 PROGRAM KEAHLIAN : SEMUA PROGRAM KEAHLIAN SILABUS KEWIRAUSAHAAN Halaman 7 dari 11 .  Instrumen penilaian pelajaran kewirausahaan  Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa  Buku referensi yang relevan SUMBER BELAJAR 1.  Berdiskusi tentang jenis-jenis cara pandang dalam menghadapi risiko.  Berdiskusi tentang cara mengidentifikasi risiko usaha serta mengatasi dan memperkecil risiko usaha.  Jenis-jenis risiko yang sering terjadi dalam dunia usaha diidentifikasi.  Memahami penyebab faktor munculnya risiko usaha.  Risiko berdasarkan jenis dampak yang ditimbulkan (risiko sistematik dan risiko spesifik) diidentifikasi. hal 107 sd 118.KOMPETENSI DASAR MATERI PEMELAJARAN  Risiko dan ketidakpastian  Klasifikasi risiko usaha  Jenis-jenis risiko usaha  Faktor penyebab risiko usaha  Klasifikasi orang dalam menghadapi risiko usaha  Cara mengidentifikasi risiko usaha  Mengatasi dan memperkecil risiko usaha  Prosedur menganalisis risiko usaha KEGIATAN PEMBELAJARAN  Berdiskusi tentang ketidakpastian dan risiko.  Berdiskusi tentang klasifikasi dan jenisjenis risiko usaha.  Risiko usaha diidentifikasi menggunakan beberapa metode.

 Hasil suatu keputusan dikomunikasikan kepada pihak-pihak terkait menggunakan media komunikasi.KOMPETENSI DASAR MATERI PEMELAJARAN  Pengambilan keputusan  Jenis-jenis keputusan  Latar belakang keputusan  Proses pengambilan keputusan  Mengkomunikasikan keputusan  Analisis masalah menggunakan analisis SWOT  Penerapan analisis SWOT dalam pengambilan keputusan KEGIATAN PEMBELAJARAN  Berdiskusi tentang jenis-jenis keputusan dan latar belakang sebuah keputusan.  Berlatih melakukan proses pengambilan keputusan dan mengkomunikasikan hasil keputusan.  Instrumen penilaian pelajaran kewirausahaan  Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa  Buku referensi yang relevan SUMBER BELAJAR 1. hal 119 sd 134.  Sebab/alasan perlunya pengambilan keputusan dipahami.  Tahapan dalam pengambilan keputusan dipraktikan.  Analisis SWOT digunakan dalam menganalisis suau permasalahan.7 Membuat keputusan 8 PROGRAM KEAHLIAN : SEMUA PROGRAM KEAHLIAN SILABUS KEWIRAUSAHAAN Halaman 8 dari 11 . ALOKASI WAKTU INDIKATOR PENILAIAN TM  Mampu memahami dan menyebutkan jenis-jenis keputusan.  Melakukan analisis masalah dengan menggunakan analisis SWOT.  Tes tertulis  Observasi  Laporan/portofolio (4) 6 PS 2 PI  Modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas X. karangan Hendro.

. karangan Hendro.. 1 Menunjukkan sikap pantang menyerah dan ulet 9 PROGRAM KEAHLIAN : SEMUA PROGRAM KEAHLIAN SILABUS KEWIRAUSAHAAN Halaman 9 dari 11 ..  Sifat-sifat yang memengaruhi keberhasilan kepemimpinan diidentifikasi... PENILAIAN  Tes tertulis  Observasi  Laporan/portofolio SUMBER BELAJAR  Modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas X...... : Kewirausahaan : X/2 : 2.. Menerapkan Jiwa Kepemimpinan : B : 24 x 45 menit MATERI PEMELAJARAN  Jiwa kepemimpinan (leadership)  Semangat pantang menyerah dan ulet KEGIATAN PEMBELAJARAN  Berdiskusi tentang konsep kepemimpinan (leadership)............... hal 135 sd 146..NAMA SEKOLAH MATA PELAJARAN KELAS/SEMESTER STANDAR KOMPETENSI KODE KOMPETENSI ALOKASI WAKTU : ...  Instrumen penilaian pelajaran kewirausahaan  Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa  Buku referensi yang relevan 2.  Berdiskusi tentang beberapa hal yang mampu menumbuhkan semangat pantang menyerah... ALOKASI WAKTU TM 6 PS 2 (4) PI - KOMPETENSI DASAR INDIKATOR  Mampu membedakan konsep manajemen dan kepemimpinan (leadership)..  Faktor yang mampu menumbuhkan semangat pantang menyerah dan ulet dalam berwirausaha dideskripsikan (kegagalan dan modal)...

INDIKATOR  Memahami pengertian konflik. PENILAIAN  Tes tertulis  Observasi  Laporan/portofolio ALOKASI WAKTU TM 6 PS 2 PI - SUMBER BELAJAR  Modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas X. hal 147 sd 158. karangan Hendro.  Mampu mengambil manfaat (negatif dan positif) dari suatu konflik.  Tipe-tipe konflik berdasarkan faktor penyebab dan tingkatannya diidentifikasi.KOMPETENSI DASAR 2.  Instrumen penilaian pelajaran kewirausahaan  Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa  Buku referensi yang relevan (4) 10 PROGRAM KEAHLIAN : SEMUA PROGRAM KEAHLIAN SILABUS KEWIRAUSAHAAN Halaman 10 dari 11 .  Berdiskusi tentang manfaat yang dapat diambil dari adanya konflik.  Faktor penyebab timbulnya konflik dipahami dan diidentifikasi.  Berlatih mengelola dan mengatasi konflik.  Mampu mengelola dan mengatasi suatu konflik berdasarkan informasi. 2 Mengelola konflik MATERI PEMELAJARAN  Konflik  Faktor penyebab konflik  Munculnya konflik  Tipe-tipe konflik  Mengelola dan mengatasi konflik  Manfaat konflik KEGIATAN PEMBELAJARAN  Berdiskusi tentang faktor penyebab konflik dan sumber munculnya konflik.  Munculnya konflik dalam sebuah tim dianalisis.  Berdiskusi tentang tipe-tipe konflik.

hal 159 sd 173.  Berlatih menyusun suatu misi dan visi usaha.  Instrumen penilaian pelajaran kewirausahaan  Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa  Buku referensi yang relevan Keterangan: TM PS PI : Tatapmuka : Praktik di Sekolah (2 jam praktik di sekolah setara dengan 1 jam tatap muka) : Praktek di Industri (4 jam praktik di Du/Di setara dengan 1 jam tatap muka) 11 PROGRAM KEAHLIAN : SEMUA PROGRAM KEAHLIAN SILABUS KEWIRAUSAHAAN Halaman 11 dari 11 . INDIKATOR  Mampu membedakan visi dengan misi usaha. PENILAIAN  Tes tertulis  Observasi  Laporan/portofolio ALOKASI WAKTU TM 6 PS 2 (4) PI - SUMBER BELAJAR  Modul Kewirausahaan untuk SMK dan MAK kelas X. 3 Membangun visi dan misi usaha MATERI PEMELAJARAN  Visi dan misi  Peran kepemimpinan dan manajemen dalam merumuskan visi dan misi usaha  Langkah-langkah menyusun visi dan misi usaha KEGIATAN PEMBELAJARAN  Berdiskusi tentang visi dan misi usaha.  Peran pemimpin dan manajer dalam mewujudkan visi dan misi dideskripsikan.KOMPETENSI DASAR 2. karangan Hendro.  Berdiskusi tentang peran pemimpin dan manajer dalan mewujudkan visi dan misi perusahaan.  Mampu merumuskan visi dan misi usaha yang ideal.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful