RESENSI BUKU FIKSI

A. Pengertian Resensi Buku Fiksi

Resensi buku fiksi adalah sebuah tinjauan ringkas dari suatu buku fiksi oleh seorang perensi yang sebelumnya telah membaca karya tersebut dengan saksama. Hasil dari sebuah resensi merupakan hasil dari sudut pandang pribadi dari orang yang melakukan resensi tersebut. Bagus atau tidaknya karya sastra yang diresensi tergantung dari selera pribadi si perensi. Resensi yang baik adalah resensi yang mampu menyediakan hasil resensi secara obyektif dan netral, tanpa memandang siapa yang menulis buku tersebut. B. Tujuan Resensi Buku Fiksi 1. Memberikan informasi atau pemahaman yang komprehensif tentang apa yang tampak dan terungkap dalam sebuah buku. 2. Mengajak pembaca untuk memikirkan, merenungkan dan mendiskusikan lebih jauh fenomena atau problema yang muncul dalam sebuah buku. 3. Memberikan pertimbangan kepada pembaca apakah sebuah buku pantas mendapat sambutan dari masyarakat atau tidak. 4. Menjawab pertanyaan ya ng timbul jika seseorang melihat buku yang baru terbit seperti, siapa pengarangnya, mengapa ia menulis buku itu, bagaimana hubungannya dengan bukubuku sejenis karya pengarang yang sama, dan bagaimana hubungannya dengan buku sejenis karya pengarang lain. C. Dasar-dasar Resensi Buku Fiksi 1. Perensi memahami sepenuhnya tujuan pengarang buku itu. Tujuan pengarang dapat diketahui dari kata pengantar atau bagian pendahuluan buku. Kemudian dicari apakah tujuan itu direalisasikan dalam seluruh bagian buku. 2. Perensi menyadari sepenuhnya tujuan merensesi karena sangat menentukan corak resensi yang akan dibuat. 3. Perensi memahami betul latar belakang pembaca yang menjadi sasarannya: selera, tingkat pendidikan, dari kalangan apa asalnya, dsb. Atas dasar itu, resensi yang dimuat surat kabar atau majalh tidak sama dengan yang dimuat pada surat kabar atau majalh yang lain. 4. Perensi memahami karakteristik media cetak yang akan memuat resensi. Setiap media cetak ini mempunyai identitas, termasuk dalam visi dan misi. Dengan demikian, akan diketahui kebijakan dan resensi macam apa yang disukai oleh redaksi. Kesukaan redaksi ini akan tampak pada frekuensi jenis buku yang dimuat. Misalnya: majalah sastra tidak menampilkan resensi buku teknik.

D. Nilai Buku

Kegiatan merensi buku pada hakikatnya melakuka penilaian terhadap buku. Nilai buku akan lebih jelas apabila dibandingkan dengan karya-karya sejenis. Menjabarkan (deskripsi) Berarti mengungkapkan hal-hal menonjol dari synopsis yang sudah dibuat. asalkan buku itu belum pernah dimuat media yang akan dituju. Kita bisa meresensi buku yang terbit setahun yang lalu. Atau kita akan mendapatkan buku baru. Keuntungan Finansial Jika resensi dimuat. Mengulas Berarti menyajikan uraian sebagai berikut a) Isi pernyataan atau materi buku yang sudah dipadatkan dan dijabarkan kemudian diinterpretasikan. 3. yaitu 1. resensi itu masih dapat dikirim ke media lain. sehingga perlu dipilih sejumlah masalah yang dianggap penting untuk ditulis dalam suatu uraian yang bernas. . serta data yang meyakinkan (dengan menyajikan kutipan-kutipan yang tepat dan relevan). Selain itu untuk menilai apakah buku itu bermutu atau tidak. Tidak basi Artinya jika resensi dikembalikan oleh redaksi. 3. mengkritik. mempertimbangkan. tetapi juga dari penerbit. F. baik karya pengarang sendiri maupun karya pengarang lain. E. kita akan menerima honor tidak hanya dari redaksi saja. Tanggung jawab artinya mengajukan dasar-dasar atau argumen terhadap pendapatnya dan kriteria-kriteria yang dipergunakan untuk membentuk pendapatnya itu. Penerbit akan memberi beberapa buku baru untuk diresensi. Pola Tulisan Resensi Ada tiga pola tulisan resensi buku. Jika perlu. Sebuah buku biasanya menyajikan beberapa persoalan. baik yang ditulis oleh pengarang itu sendiri maupun yang ditulis oleh pengarag lain. Meringkas/sinopsis Artinya menyajikan semua persoalan buku secara padat dan jelas. 2. b) Organisasi atau kerangka buku c) Bahasa d) Kesalahan cetak e) Membandingkan (komparasi) dengan buku-buku sejenis. Menilai berarti mengulas. dan menunjukkan kelebihan-kelebihan serta kekurangan-ekurangan buku dengan penuh tanggung jawab. 2. bagian-bagian yang mendukung uraian itu dikutip. Menambah wawasan Informasi dari buku sangat berguna untuk menambah wawasan berpikr dan mengasah daya kritis. Kelebihan Resensi 1.

Peta permasalahan dalam buku itu perlu dipahami secara tepat dan akurat. psikologi. cermat. Membuat sinopsis atau intisari dari buku yang akan diresensi 5. (bagaimana hubungan antara bagian yang satu dan bagian yang lain. Membaca buku yang akan diresensi secara komprehensif. filsafat. Membuat pembukaan (lead) . Mengoreksi dan merevisi hasil resensi dengan menggunakan dasar dan kriteria yang ditentukan sebelumnya. sosiologi. tata wajah. reputasi dan prestasi. kalimat dan penggunaan kata. Pengarang. bagaimana sitematikanya. bagaimana tata letak. 2. dan percetakannya (banyak salah cetak atau tidak) Sebelum menilai sebaiknya dibuat garis besar/outline resensi itu. dan teliti. dan kreatifitas pemikirannya. bagaimana EYD diterapkan. Pengenalan terhadap a) Tema buku disertai deskripsi isi buku b) Identitas buku termasuk harga buku c) Tentang pengarang/kepengarangan (nama pengarang. alasan menulis buku) d) Golongan buku (ekonomi. 6. Outline sangat membantu ketika menulis. Judul dapat dibuat setelah resensi selesai. d) Aspek teknis. latar belakang pendidikan. kerapian dan kebersihan. 4. penyunting. 3. Penjajakan atau pengenalan terhadap buku yang diesensi. pendidikan. mencakup kesan peresensi terhadap buku. G. politik. bagaimana bobot ide. bahasa atau sastra). Langkah-langkah Meresensi Buku Langkah-langkah meresensi buku sebagai berikut 1. terutama yang berkaitan dengan keunggulan dan kelemahan buku. 3. analisis. Judul harus selaras dengan keseluruhan isi resensi. b) Isi pernyataan. Unsur–unsur Resensi Unsur-unsur yang membangungun resensi meliputi 1. terutama untuk buku ilmiah. atau penerjemah jika merupakan buku terjemahan. dan bagaimana dinamikanya). hasil karyanya. Membuat judul resensi Judul resensi harus menarik dan menjiwai seluruh tulisan atau inti tulisan. Menyusun data buku Data buku meliputi.f) Menilai. c) Bahasa. judul atau judul asli jika merupakan buku terjemahan. termasuk editor. Menandai bagian-bagian buku yang perlu diperhatikan secar khusus dan menentukan bagian-bagian yang dikutip untuk dijadikan data. teknik. 2. Menentukan sikap dan menilai hal-hal berikut a) Organisasi atau kerangka penulisan. H. penyajian data.

adanya kesalahan cetak) I. As J. b) Membandingkan dengan buku sejenis yang sudah ditulis. Tubuh atau isi pernyataan resensi buku Tubuh atau isi pernyataan resensi biasanya memuat a) Sinopsis atau isi buku secara bernas dan kronologis b) Ulasan singkat buku dengan kutipan secukupnya c) Rumusan kerangka buku d) Keunggulan buku e) Kelemahan buku f) Tinjauan bahasa (mudah atau berbelit-belit. h) Memperkenalkan penerbit i) Mengajukan pertanyaan j) Membuka dialog. baik oleh pengarang sendiri maupun oleh pengarang lain c) Memaparkan kekhasan atau sosok pengarang d) Memaparkan keunikan buku e) Merumuskan tema buku f) Mengungkapkan kritik terhadap kelemahan buku g) Mengungkapkan kesan terhadap buku. dan prestasi apa saja yang diperoleh. karyanya berbentuk apa saja. mkj .Pembukaan dapat dimulai dengan hal-hal berikut a) Memperkenalkan siapa pengarangnya. 4.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful