PROPOSAL

PERMOHONAN BANTUAN BUDIDAYA IKAN LELE LAHAN KERING KELOMPOK TANI …. TAHUN 2012

DUSUN KLAYU SUMBERWUNGU KECAMATAN TEPUS KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Dengan pemanfaatan pekarangan yang kurang produktif kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk menjadikannya sebagai lahan budidaya ikan lele yang akan mendatangkan manfaat. Desa Sumberwungu. Adapun jumlah dan nama-nama anggota terlampir. kami juga merintis kelompok untuk pembuatan kolam di masing-masing anggota. Kabupaten Gunungkidul menyambut baik atas program tersebut. Hormat Kami Kepala Desa Sumberwungu Ketua Kelompok Tani Sektor Perikanan SURADIYO ……………………………. walaupun daerah kami terkenal kekurangan air di musim kemarau. namun kami bisa melaksanakan satu rumah anggota satu kolam. Mengetahui Koordinator Penyuluh BPP Tepus PPL Perikanan Kecamatan Tepus SIGIT WAHYUDI DEDI BUDIYONO . Sehubungan dengan itu anggota kelompok tani …………… telah merintis selain bidang usaha Tanaman Pangan dan Holtikultura.. Sehubungan dengan pencanangan Satu rumah satu kolam oleh Bupati Gunungkidul demi peningkatan pendapatan dan kwalitas gizi masyarakat yang cukup dan bernilai gizi tinggi. Kecamatan Tepus. Dusun Klayu.. Namun kesulitan yang kami hadapi adalah keterbatasan modal. 18 Februari 2012 Nomor Lampiran Hal : 01 II / 2012 : 1 (satu) bendel : Permohonan bantuan Kepada Yth. Di Wonosari Dengan Hormat. Berkenaan dengan hal tersebut kami bermaksud untuk mengajukan permohonan bantuan kepada bapak yaitu masingmasing anggota diberikan sebuah terpal plastik dengan ukuran 6x8 m beserta benih ikan lele sekaligus pakannya demi menunjang menumbuh kembangkan sektor budi daya lele di kelompok kami. Untuk itu kami berusaha mengembangkan sektor usaha budidaya ikan lele demi peningkatan kesejahteraan anggota khususnya dan masyarakat pada umumnya.Klayu. Demikian permohonan ini kami ajukan semoga menjadi perhatian dan atas terkabulnya permohonan ini kami ucapkan banyak terimakasih. Bersama ini kami kelompok tani ………. Dari masing-masing anggota mengusulkan untuk budidaya ikan lele. Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Gunungkidul.

kami kelompok tani ………………………. Membuka lapangan pekerjaan dan mengurangi pengangguran. Pemenuhan air bisa didapatkan dengan mudah. Melihat kondisi yang demikian. Ikan lele cocok hidup di air apapun. 3. 3. Pakan ikan lele mudah didapat. Namun demikian usaha budidaya ikan lele lahan kering yang dilakukan oleh beberapa gelintir masyarakat selama ini telah dapat dirasakan manfaat dan keuntungannya. Menambah penghasilan keluarga. . 8. 4. Usaha budidaya ikan lele lahan kering yang telah dilakukan oleh beberapa orang masyarakat di dusun Klayu. Menambah pendapatan keluarga. Pemanfaatan lahan pekarangan yang tadinya kurang produktif menjadi produktif. Sektor perikanan darat adalah salah satu sektor usaha yang bisa dilakukan oleh semua lapisan masyarakat baik secara serius ataupun sebagai tambahan penghasilan. Pemanfaatan air akan lebih terarah. Tidak membutuhkan lahan yang luas. 2. Tingginya tingkat permintaan ternyata belum seimbang dengan tingkat penyediaan. Terpenuhinya kebutuhan gizi keluarga. 7. Namun sebelumnya kami kelompok tani telah belajar mengikuti pelatihan-pelatihan ataupun melihat secara langsung ke lokasi yang mana disitu terdapat kolam dengan metode kolam terpal. Permintaan pasar akan ikan lele masih sangat besar. desa Sumberwungu Kecamatan Tepus. 4. 5. 2. akan mengembangkan sayap untuk menambah penghasilan dengan jalan tiap-tiap anggota agar membuat kolam dengan metode kolam terpal. karena usaha ini mudah dilakukan walaupun dengan prasarana minim. sehingga di pasaran masih banyak mengalami banyak kekurangan produk perikanan terutama ikan lele.PROPOSAL PENGEMBANGAN BUDIDAYA PERIKANAN AIR TAWAR SEKTOR BUDIDAYA LELE LAHAN KERING A. Tujuan kami untuk pembuatan kegiatan kolam metode kolam terpal adalah: 1. Tidak membutuhkan modal terlalu banyak. Latar Belakang Perkembangan tingkat kebutuhan konsumsi masyarakat di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang semakin tinggi akan produk-produk perikanan mendorong akan tumbuhnya peluang usaha mikro di sektor perikanan darat. kebanyakan masih merupakan usaha sampingan dan belum ada upaya khusus untuk peningkatan hasil produk yang maksimal. Harga jual ikan lele sangat stabil. Menciptakan lapangan kerja dan mengurangi tingkat pengangguran. 5.. Pertimbangan-pertimbangan untuk budidaya ikan lele lahan kering antara lain: 1. Menanamkan jiwa kewirausahaan bagi anggota. Manfaat dan keuntungannya antara lain: 1. 3. Pemanfaatan air tidak Cuma-Cuma. Mudah dilakukan oleh masyarakat. 2. 6. 4.

cangkul. Potensi Kelompok Potensi budidaya ikan lele lahan kering di dusun kami yang jumlah kepala keluarga mencapai 82 KK baru ada yang mencoba 6 KK dan masing-masing hanya 1 kolam. C. D. dengan rata-rata 1 kolam baru bsia menghasilkan 70 kg dengan benih 1000 ekor perkolam.B. Dan untuk mengakses modal ke perbankan kami masih sulit dan terasa memberatkan bagi warga ataupun anggota. Untuk itu kami kelompok tani tergugah untuk merintis dan memberi dorongan pada kelompok untuk memeloporinya. kami merencanakan pembuatan kolam metode lahan kering dengan jumlah 27 kolam dan kami mencoba memperhitungkan tiap kolam nantinya akan menghasilkan 70 sampai 80 kg dengan pendampingan kelompok dan petugas BPP yang terkait. Masyarakat sangat antusias untuk menambah kolam dan masing-masing KK akan membuat kolam. dll) Tenaga kerja Bambu Transportasi . demi tercapainya kesejahteraan anggota khususnya dan masyarakat pada umumnya. Masalah Yang Dihadapi Masalah pokok yang kami hadapi sebagai kelompok tani adalah permodalan. Swadaya Anggota      Lahan Peralatan (linggis. dikarenakan sebagian besar anggota kelompok dan masyarakat mata pencaharian tiap harinya bertani dan dari hasil bertani hanya cukup untuk manopang hidup sehari-hari saja. Adapun terpal plastik yang diperlukan ataupun kemauan dari anggota adalah dengan ukuran terpal 6X8 m dengan luas kolam jadi nantinya 4X6. Sehubungan dengan kemauan warga dan kelompok.

. 4. PELINDUNG KETUA SEKRETARIS BENDAHARA :…………………………. IV... : …………………………. I. … …… . 5. 2. : …………………………..SUSUNAN PENGURUS KELOMPOK TANI SUB SEKTOR PERIKANAN BUDIDAYA LELE METODE KOLAM TERPAL …………………………………. ANGGOTA KELOMPOK : 83 Orang YANG AKAN MEMELIHARA IKAN LELE METODE KOLAM TERPAL 1. PAIJO PAINO …. : …………………………. II. 3. III.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer: Get 4 months of Scribd and The New York Times for just $1.87 per week!

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times