PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK

)

JUDUL UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS SATU MELALUI METODE SAS DAN EJAAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI CIBEUREUM KECAMATAN CIANJUR KABUPATEN CIANJUR

I. PENDAHULUAN Latar Belakang

Siswa kelas satu di akhir tahun banyak yang belum bisa membaca,padahal segala upaya sudah dicoba,tapi hasinya kurang memuaskan,hal ini sangat memberatkan untuk menentukan kenaikan kelas dan juga sangat meresahkan karena banyak orang tua yang suka ikut campur dalam penentuan kenaikan kelas ini,orang tua mengeluh kalau anaknya tidak akan dinaikan ke kelas dua,sekalipun tahu bahwa anaknya belum bisa membaca. Banyak alasan yang diutarakan sehingga para dewan guru dan kepala sekolah dengan berbagai pertimbanganmenaikan anak ke kelas dua.Dan kita selaku guru tidak heran kalau mendengar kabar bahwa siswa kelas enam tidak bisa membaca kami sebagai guru biasa-biasa saja dan acuh tak acuh dan tak begitu repot dengan kabar itu sekalipun dalam kenyataan hati kami prihatin dunia pendidikan yang kami geluti ini banyak ikut campur tangan orang lain. Pendidikan adalah merupakan suatu kebutuhan hidup untuk merubah suatu tingkah laku yang tidak terbatas waktunya dan dapat mengubah sesuatu dari tidak tahu menjadi tahu,yang buruk menjadi baik dan sebagainya. Selain itu terkadang orangtua lupa akan tugasnya mendidik putra-putrinya sendiri,dilingkungan kami banyak siswa yang diasuh oleh nenek dan kakeknya sedangkan ayah ibunya sendiri pergi mencari rizki,ibunya pergi ke luar negeri sedangkan ayahnya pun pergi untuk beberapa hari hingga pulang membawa uanguntuk putra-putri tersayang,sedang yang mengurus keperluan sehariharinya adalah nenek dan kakeknya. Dengan demikian dengan perhatian orangtua pada anak sangat kurang.Masalah seperti ini hanya salah satu penyebab saja tapi bukan tugas kami untuk mengatasinya.Masalah berat yang selama ini ada dihadapan kami adalah” apa yang harus kami lakukan?” agar anak-anak pandai membaca. Sebenarnya banyak anak yang bisa membaca,kalau dilihat dari bagaimana pertama anak masuk ke kelas dibanding sekolah-sekolah yang banyak menerima muridnya dari tamatan TK [Taman KanakKanak]. Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia tentang pemahaman dalam membaca dapat dikembangkan melalui silabus yang meliputi:

1.Standar Kompetensi : Memehami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak. 2.Kompetensi Dasar : Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3-5 kata dengan intonasi yang tepat. : a.Membaca kalimat dengan intonasi yang benar b.Membaca teks pendek dengan intonasi yang benar

3.Indikator

II. PERUMUSAN dan PEMECAHAN MASALAH

1. Perumusan Masalah Berdasarkan uraian latar belakang masalah, maka masalah dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: Bagaimana perencanaan pembelajaran dengan meningkatkan atau mengoptimalkan penggunaan metode SAS dengan cara menggunakan media atau alat peraga kartu kalimat,kartu kata dan kartu huruf dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas satu dengan metode SAS dan EJA di sekolah dasar negeri Cibeureum kecamatan Cianjur kabupaten Cianjur

2. Pemecahan Masalah Dengan mengoptimalkan penggunaan media kartu kalimat, kartu kata, dan kartu huruf untuk menentukan minat baca anak.

3. Hipotesis Melalui metode pembelajarn dengan menggunakan metode SAS dan Eja dan dengan menggunakkan media seperti kartu kalimat, kartu kata dan kartu huruf diharapkan dapat membantu siswa menjadi aktif dan lebih optimal dalam membaca.

III. TUJUAN PENELITIAN 1. TUJUAN UMUM Tujuan umum penelitian ini adalah untuk menumbuhkan kemampuan membaca dengan menggunakan metode SAS dan EJA. 2. TUJUAN KHUSUS Untuk meningkatkan perencanaan pembelajaran dengan mengoptimalkan penggunaan metoda SAS di kelas satu sekolah dasar negeri Cibeureum. Untuk mengetahui dan mengevaluasi proses pembelajaran dengan mengoptimalkan metode SAS upaya meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas satu melalui metode SAS dan EJA di sekolah dasar negeri Cibeureum kecamatan Cianjur kabupaten Cianjur. Untuk mengetahui hasil pembelajaran dengan mengoptimalkan penggunaan metoda SAS upaya meningkatkan kemampuan membaca siswa salah satu melalui metode SAS dan EJA di sekolah dasar negeri Cibeureum kecamatan Cianjur kabupaten Cianjur.

IV. MANFAAT HASIL PENELITIAN a. SDN Cibeureum Dapat menjadikan penelitian ini sebagai bahan pertimbangan dalam menambah khasanah pengetahuan tentang metode pendukung kegiatan pembelajaran. Peneliti dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai pendukung pemikiran tentang penelitian pendidikan untuk mengembangkan metode dan media pembelajaran.

b. Guru Guru memiliki tambahan variasi alat peraga sederhana dalam pembelajaran bahasa Indonesia dan dapat menambah kreativitasnya dalam menentukan metode SAS dan Eja.

c. Siswa Siswa dapat meningkatkan kemampuan dalam membaca dengan menggunakan metode SAS dan Ejaan.

V. KAJIAN PUSTAKA Landasan Teori 1. Metode yang pada umumnya digunakan oleh guru yaitu dalam proses belajar mengajar pada konsep tersebut adalah metode SAS. Agar dapat dipahami anak atau untuk membantu siswa dalam memahami dalam membaca maka dibutuhkan alat peraga, yaitu seperti kartu kalimat, kartu kata, kartu huruf, dan sebagainya. Melalui alat peraga tersebut diharapkan membantu siswa meningkatkan minat baca anak. Metode SAS adalah metode yang memberikan materi satu kalimat dengan utuh, kemudian dipecah dari satu kalimat menjadi satu kata, kemudian dipisah menjadi beberapa suku kata hingga akhir menjadi beberapa huruf.

VI. RENCANA DAN PROSEDUR PENELITIAN 1. Rencana Penelitian a. Subjek Penelitian Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 SDN Cibeureum Kecamatan Cianjur Kabupaten Cianjur, berjumlah 32 orang terdiri dari 17 Perempuan dan 15 siswa laki-laki. b. Tempat Penelitian Dalam penelitian ini penulis mengambil lokasi di Cibeureum Kecamatan Cianjur Kabupaten Cianjur, penulis mengambil lokasi ini dengan pertimbangan bekerja pada sekolah tersebut. Sehingga memudahkan dalam mencari data, peluang waktu yang luas dan subjek penelitian sesuai dengan profesi penulis. c. Waktu Penelitian Dengan beberapa pertimbangan dan alasan penulis menentukan menggunakan waktu penelitian selama 3 bulan. Dari bulan Oktober s.d Desember 2011. Waktu dan perencanaan sampai penulis laporan hasil penelitian tersebut pada Semester 1 tahun ajaran 2011-2012. d. Lama Tindakan Waktu untuk melaksanakan tindakan pada bulan November, mulai dari siklus I, siklus II, dan siklus III.

2. Prosedur Penelitian a. Perencanaan Meliputi penyampaian materi pelajaran, latihan, peragaan, praktek. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus

Pelaksanaan

Perencanaan

Siklus 1

Pengamatan

Refleksi

Pelaksanaan

Perencanaan

Siklus II

Pengamatan

Refleksi

Siklus selanjutnya.

VII. Jadwal Penelitian No 1 2 3 4 5 6 7 Kegiatan Perencanaan Proses Pembelajaran Evaluasi Pengumpulan Data Analisis Data Penyusunan Hasil Pelaporan Hasil Oktober 1 2 3
4 5 1

Npvember
2 3 4 5 1

Desember
2 3 4 5

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.