Ciri-Ciri Habitat dan Ekosistem di Air Tawar dan Air Laut - Ilmu Sains Biologi

Tue, 30/05/2006 - 9:22pm — godam64 - A. Ciri Habitat Air Tawar 1. Variasi temperatur atau suhu rendah 2. Kadar garam atau salinitas rendah 3. Penetrasi dari cahaya matahari kurang 4. Terpegaruh iklim dan cuaca alam sekitar 5. Aliran air terjadi setiap waktu terus-menerus pada sungai 6. Secara fisik dan biologi merupakan perantara habitat laut dan darat. 7. Tumbuhan mikroskopis seperti alga dan fitoplankton sebagai produsen utama. - B. Ciri Habitat Air Laut 1. Variasi temperatur atau suhu tinggi 2. Kadar garam / salinitas / tingkat keasinan tinggi 3. Penetrasi dari cahaya matahari tinggi 4. Ekosistem tidak terpegaruh iklim dan cuaca alam sekitar 5. Aliran atau arus laut terus bergerak karena perbedaan iklim, temperatur dan rotasi bumi 6. Habitat di laut saling berhubungan / berkaitan satu sama lain 7. Komunitas air asin terdiri dari produsen, konsumen, zooplankton dan dekomposer. Informasi Tambahan : Binatang Air Tawar : - Ikan mas, ikan mujair, ikan nila, ikan bandeng, ikan cupang, ikan cere, ikan betok, ikan sepat, yuyu, katak, dan lain sebagainya. Binatang Air Laut : - Ikan tenggiri, ikan teri, cumi-cumi, sotong, gurita, teripang, kuda laut, kepiting, kerang hijau, dan banyak lagi lainnya.
http://organisasi.org/ciri_ciri_habitat_dan_ekosistem_di_air_tawar_dan_air_laut_ilmu_sains_biologi

Ikan Tenggiri

punggungnya berwarna hijau-kebiruan. Ikan ini bermulut besar. suku Scombridae. atau wahoo (Acanthocybium solandri) adalah ikan dari suku Scombridae yang ditemukan di lautan tropis dan subtropis. Antillen Belanda Tengiri laki adalah ikan yang menghuni perairan tropika dan subtropika Indo-Pasifik. ikan ini dikenal sebagai ono.Tenggiri laki/fajar Klasifikasi Ilmiah : Kerajaan: Animalia Filum: Chordata Kelas: Actinopterygii Ordo: Perciformes Famili: Scombridae Genus: Acanthocybium Spesies: A. Tenggiri adalah nama umum bagi sekelompok ikan yang tergolong ke dalam marga Scomberomorus. warnanya akan semakin pudar ketika mati. sisik berwarna perak. solandri Nama binomial Acanthocybium solandri Tenggiri laki. dan taring di bagian bawah dan atas mulutnya terlihat lebih tajam daripada taring ikan mackerel Spanyol. Di Hawaii. tenggiri fajar. Tubuhnya tertutupi oleh sisik kecil dan tipis. sedangkan di Karibia dan Amerika Tengah ikan ini dipanggil peto. madidihang. Seekor tenggiri laki yang ditangkap oleh nelayan di Bonaire. . tongkol. dengan pola garis-garis berwarna biru gelap. Ikan ini merupakan kerabat dekat tuna. Karena kecepatan dan kualitas dagingnya yang tinggi membuat ikan ini dijadikan hadiah permainan memancing. .

dan lain-lain. siomay. diperdagangkan dalam bentuk segar. meski kebanyakan kurang dari 1 m saja. atau diolah menjadi kerupuk. . 1801 Ikan tenggiri bertubuh memanjang. dapat mencapai panjang 220 cm. spesies yang terbesar. Sirip punggung dalam dua berkas. Moncong meruncing. Panjang moncong (snout length) lebih pendek daripada sisa kepala bagian belakang. tidak jauh dari pantai. Tenggiri banyak disukai orang. telanjang tidak bersisik kecuali pada gurat sisinya (bidang corselet tidak jelas). memipih lumayan kuat pada sisi-sisinya. Tenggiri Melayu (Scomberomorus commerson).makerel dan kembung. Sirip punggung dan sirip anal diikuti oleh banyak sirip kecil tambahan (finlet). Tenggiri Rentang fosil: Thanetian hingga kini Tenggiri Melayu Scomberomorus commerson Klasifikasi ilmiah Kerajaan: Animalia Filum: Kelas: Ordo: Famili: Genus: Chordata Actinopterygii Perciformes Scombridae Scomberomorus Lacepède. ikan kering. yang depan dengan XIII – XXII jari-jari keras (duri). Tenggiri merupakan ikan pelagis yang kerap berenang menggerombol dalam kelompok kecil. dengan mulut lebar dan gigi-gigi yang tajam dan kuat di rahang atas dan bawah.

wordpress. 6 kg http://richocean. tenggiri Amerika. seberat lk.com/ikan-laut/ikan-tenggiri/ Pesut Pesut Ukuran dibanding manusia Status konservasi Rentan (IUCN) Klasifikasi ilmiah Kerajaan: Animalia Filum: Kelas: Ordo: Famili: Chordata Mammalia Cetacea Delphinidae .King Mackerel.

Kadang-kadang pesut terdaftar dalam beragam famili yang terdiri dari ia sendiri dan pada Monodontidae dan dalam Delphinapteridae. Tahun 2005. moncong lebih panjang dan sirip punggung lebih besar. . Neophocaena phocaenoides. Filipina dan Kalimantan.Genus: Orcaella Spesies: O. Nama dan sejarah taksonomi Tidak ada catatan fosil. lebih besar. Seluruh tubuh berwarna kelabu hingga biru tua. Indocina. brevirostris Nama binomial Orcaella brevirostris Owen in Gray. Nama spesies brevirostris berasal dari bahasa Latin yang berarti berparuh pendek. Spesies di Kalimantan yang mirip adalah Porpoise tak bersirip. Pesut pertama kali dideskripsikan oleh Sir Richard Owen tahun 1866 berdasarkan satu spesiemen yang ditemukan tahun 1852. Sausa chinensis. Tidak ada pola yang khas. mirip tapi tidak punya sirip punggung: lumba-lumba bungkuk. Sekarang ada persetujuan bahwa pesut termasuk famili Delphinidae. pesut berhubungan dekat dengan paus pembunuh. 1866[1] Peta sebaran genus Orcaella Lihat: Irrawaddy Dolphin Geographic Range Map Pesut atau lumba-lumba air tawar adalah spesies mamalia air yang menghuni wilayah perairan tawar di India. Dahinya tinggi dan membulat. Sirip tangan lebar membulat. di pelabuhan Vishakhapatnum di pantai timur India. Pesut adalah satalh satu spesies dari genus Orcaella. Secara genetis. analisis genetik menunjukkan bahwa lumba-lumba sirip pendek Australia merupakan spesies kedua dari genus Orcaella. tidak bermoncong. bagian bawahnya berwarna lebih pucat. Sirip punggung kecil dan membulat di tengah punggung.

salah satu namanya adalah pía loma hooa baht. Burma: Labai. Spesies ini mempunyai melon (jaringan berlemak dan berminyak di kepala).3 m psaat dewasa. perkawinan dilaporkan berlangsung pada bulan Desember sampai Juni. Anak itu disapih setelah berumur dua tahun. Deskripsi Penampilan pesut mirip dengan beluga. tumpul. Perancis: Orcelle.75 m dari Thailand.Dalam berbagai bahasa Orcaella brevirostris (nama Latin) adalah: Inggris: Irrawaddy dolphin. Dialek lokal Chilika: Baslnyya Magaratau Bhuasuni Magar (lumba-lumba penghasil minyak). Sepat Sepat Sepat rawa. Panjang maksimum yang tercatat adalah jantan 2. Secara keseluruhan ia berwarna cerah. Dalam Thai. Sirip tangan panjang dan lebar. Jerman: Irrawadi Delphin. Spanyol: Delfín del Irrawaddy. Khmer: Ph’sout. Trichogaster trichopterus dari Prembun. Melayu: Lumbalumba. namun lebih putih di bawah tubuh daripada di punggung. Moncongnya tidak khas. Banyumas Klasifikasi ilmiah Kerajaan: Animalia . Oriya: Khem dan Khera[2]. pendek. Tambak. karena kepalanya yang membundar dianggap menyerupai mangkuk rahib Budhha. Indonesia: Pesut. Umur pesut dapat mencapai 30 tahun. Lao: Pha’ka and Filipino: Lampasut. dan segitiga. hooa baht. Masa hamilnya 14 bulan. Di belahan bumi utara. Saat lahir panjangnya 1 m dan beratnya 10 kg. Perkembangbiakan Lumba-lumba ini dianggap mencapai kedewasaan seksual pada 7 sampai 9 tahun. meski lebih berkerabat dengan orka. Sirip punggung yang terletak dua pertiga posterior di punggung. melahirkan seekor anak setiap 2 hingga 3 tahun. Pesut dewasa beratnya lebih dari 130 kg dan panjangnya 2.

dalam aneka ukuran. . Ikan yang bertubuh pipih jorong. 1801 Spesies lihat pada tek Sepat adalah nama segolongan ikan air tawar yang termasuk ke dalam marga Trichogaster. Akan tetapi sekarang suku ini telah digabungkan ke dalam suku Osphronemidae. dan individu dewasanya berukuran jauh lebih besar daripada Colisa. namun berakhir agak jauh di depan sirip ekor. Gurat sisi sempurna. Sirip dada (pectoral) kurang lebih meruncing. ikan ini lebih dikenal sebagai ikan konsumsi. anggota suku gurami (Osphronemidae). Sirip dubur (anal) memanjang mulai dari di bawah dada hingga pangkal ekor. Sisik kecil-kecil. bersama cupang dan kerabatnya. Marga Trichogaster berkerabat dekat dengan marga Colisa. bersusun miring.Filum: Kelas: Ordo: Chordata Actinopterygii Perciformes Upaordo: Anabantoidei Famili: Osphronemidae Upafamili: Luciocephalinae Genus: Trichogaster Bloch & Schneider. Sirip perut (ventral) berubah bentuk. Namun marga Trichogaster memiliki sirip punggung yang relatif lebih pendek. meskipun beberapa jenisnya diperdagangkan sebagai ikan hias. ditambah dengan sepasang duri pendek dan beberapa pasang jumbai pendek yang tak seberapa terlihat. yang juga mencakup gurami dan sepat kerdil (Colisa). anggota kedua marga ini sama-sama memiliki sirip perut berupa cambuk. Taksonomi Sepat semula digolongkan ke dalam suku Belontiidae. sementara sirip ekor sedikit membagi. bentuk tabung yang terkadang agak lengkung. dengan moncong runcing dan mulut kecil. Sirip punggung (dorsal) terletak jauh ke belakang. sepasang jari-jari lunak yang pertama berubah menjadi alat peraba yang menyerupai cambuk panjang sepanjang badan. Di Indonesia.

sepat. ikan-ikan itu segera meliar dan berbiak di perairan bebas. 1770). sepat tergolong ke dalam anak bangsa Anabantoidei. 1852). Introduksi T. terutama dari Kumpeh dan Kumpeh Ulu. dan Kalimantan Selatan. betok. ikan sepat kerap diawetkan dalam bentuk ikan asin. sepat siam Trichogaster trichopterus (Pallas. pectoralis ke Danau Tempe di Sulawesi tahun 1937 sedemikian berhasilnya. Mujair . pectoralis dan T. Beberapa daerah yang banyak menghasilkan ikan sepat olahan di antaranya adalah Jambi. sehingga dapat dikirimkan ke tempat-tempat lain. yang amat berguna untuk membantu menghirup oksigen langsung dari udara. Kegunaan Ikan sepat memiliki nilai ekonomi yang tinggi. terutama sebagai sumber protein di daerah pedesaan. Jenis-jenisnya Baik FishBase maupun Integrated Taxonomic Information System (ITIS) mendaftar empat spesies berikut ke dalam genus Trichogaster:     Trichogaster leerii (Bleeker. dimasukkan ITIS ke dalam marga Colisa sebagai Colisa chuna. trichopterus. sawah dan lain-lain. Kelompok ini dicirikan oleh adanya organ labirin (labyrinth) di ruang insangnya. 1861). 1822). Adanya labirin ini memungkinkan ikan-ikan tersebut hidup di tempattempat yang miskin oksigen seperti rawa-rawa. 1910). Trichogaster chuna (Hamilton. yakni tambakan. Selain dijual dalam keadaan segar di pasar. bekasam dan lain-lain. gurami. Dan sebagai akibat kemampuan adaptasinya yang tinggi. sepat rawa Satu jenis lagi dalam daftar FishBase. Sumatera Selatan.Sebagaimana kerabat-kerabat dekatnya. sepat mutiara Trichogaster microlepis (Günther. banyak diintroduksi ke mana-mana sebagai ikan konsumsi. Karena kegunaannya itu. Trichogaster pectoralis (Regan. dan cupang. sehingga dua tahun kemudian ikan ini telah mendominasi 70% hasil ikan Danau Tempe. terutama dari jenis T.

Sirip punggungnya (dorsal) memiliki 15-17 duri (tajam) dan 10-13 jari-jari (duri berujung lunak). keabu-abuan. atau kadang-kadang secara tidak tepat disebut “Java tilapia”. Jawa Timur pada tahun 1939. tetapi setelah dewasa kecepatannya ini akan menurun. Dengan demikian dalam waktu beberapa bulan saja. mossambicus Mujair adalah sejenis ikan konsumsi air tawar. dan setelah itu dapat berbiak setiap 1½ bulan sekali. dan sirip dubur (anal) dengan 3 duri dan 9-12 jari-jari. Kebiasaan Ikan mujair mempunyai toleransi yang besar terhadap kadar garam (salinitas). sampai anak-anak ini disapih induknya. sehingga dapat hidup di air payau. Bentuk badannya pipih dengan warna hitam. populasi ikan ini dapat meningkat sangat pesat. . Ikan ini mulai berbiak pada umur sekitar 3 bulan. Nama ilmiahnya adalah Oreochromis mossambicus. puluhan butir telur yang telah dibuahi akan ‘dierami’ dalam mulut induk betina. panjang total maksimum yang dapat dicapai ikan mujair adalah sekitar 40 cm. Tidak mengherankan apabila ikan ini dianggap invasif dan menimbulkan berbagai masalah baru di perairan yang didatanginya. dan dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Mozambique tilapia. seperti misalnya Danau Lindu di Sulawesi Tengah. Amerika Serikat. Apalagi mujair cukup mudah beradaptasi dengan aneka lingkungan perairan dan kondisi ketersediaan makanan. Setiap kalinya. Ikan berukuran sedang.Mujair. yang memerlukan waktu sekitar seminggu hingga menetas. Oreochromis mossambicus Klasifikasi Ilmiah : Kerajaan: Animalia Filum: Chordata Kelas: Actinopterygii Ordo: Perciformes Famili: Cichlidae Genus: Oreochromis Spesies: O. Mujair juga sangat peridi. tak urung ikan tersebut dinamai ‘mujair’ untuk mengenang sang penemu. seperti halnya di Singapura. Jenis ikan ini memiliki kecepatan pertumbuhan yang relatif cepat. dan di California Selatan. Tidak luput pula adalah berbagai waduk dan danau-danau di Indonesia yang ‘ditanami’ ikan ini. Meski masih menjadi misteri. kecoklatan atau kuning. bagaimana ikan itu bisa sampai ke muara terpencil di selatan Blitar. Penyebaran alami ikan ini adalah perairan Afrika dan di Indonesia pertama kali ditemukan oleh Pak Mujair di muara Sungai Serang pantai selatan Blitar. Hingga beberapa hari setelahnya pun mulut ini tetap menjadi tempat perlindungan anak-anak ikan yang masih kecil.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful