Tugas TK2106 Mekanika Fluida dan Partikel

“ Macam-Macam Valve dan Perbedaannya”

Oleh: Arthur Marshall Tielung (13011112)

Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Bandung 2012

gate valve memiliki tahanan/hambatan yang relatif kecil Global Valve Global valve merupakan salah satu jenis valve yang dirancang untuk mengatur besar kecilnya aliran fluida (regulate atau trotthling). disc tidak menekan seat dengan baik yang diakibatkan karena posisi disc sudah berubah (tidak rata lagi). gate valve digunakan untuk membuka dan menutup aliran secara penuh. dan biasanya tidak digunakan untuk mengatur laju alir (kecuali yang didesain secara khusus untuk keperluan tersebut). Karena akan merusak posisi disc nya dan mengakibatkan valve bisa passing pada saat valve ditutup (passing = aliran tetap akan lewat.MACAM-MACAM VALVE Gate Valve Gate valve adalah valve yang terbuka dengan cara mengangkat sebuah gerbang(penutup)/plang keluar dari jalan yang dilalui fluida. walaupun valve sudah menutup). Secara umum. Katup Globe diberi nama karena bentuk tubuh yang bulat . Karena desain tersebut (membuka/menutup secara penuh).

Bahkan. 2-3. aliran dari lubang pertama dapat diarahkan menuju lubang kedua atau ketiga. Plug Valve Plug valve adalah valve dengan “plug” silinder yang dapat diputar dalam tubuh valve untuk mengontrol aliran melalui katup. plug berputar dan cairan dapat mengalir melalui lubang yang ada pada plug tersebut. . Aliran fluida saat melewati globe valve akan mengalami hambatan sehingga akan terjadi pressure drop yang lebih besar dari gate valve. Plug valve cukup sederhana dan kadang-kadang ekonomis. plug dihubungkan ke batang yang dioperasikan oleh sekrup menggunakan handwheel dalam katup manual. pertama aliran akan mengenai seat lalu membelok ke atas melewati dan mengenai seluruh bagian disc. Terdapat lubang yang membentuk seat ke mana plug dapat bergerak untuk menutup valve tersebut. yang menghadap ke samping jika valve dalam keadaan tertutup. Sehingga pada saat valve dibuka. lalu aliran akan dibelokkan lagi ke arah yang sama. Plug ini sering juga disebut disc. Pada tipe plug valve seperti ini. atau 1-3. Plug valve juga mungkin memiliki 3 lubang.dengan dua bagian tubuh yang dipisahkan oleh penyekat internal. Plug pada valve memiliki lorong-lorong berlubang (biasanya 2 lubang berseberangan). plug valve dengan 3 lubang dapat digunakan untuk membagi aliran antara lubang 1-2. Pada globe valve.

Contoh angle valve adalah seperti pada gambar di atas.Angle Valve Angle valve adalah valve yang digunakan pada saat akan mengubah sudut aliran (membelokkan aliran). Butterfly valve dapat digunakan untuk mengontrol besar aliran. yang digunakan untuk membelokkan aliran sebesar 90°. Prinsip kerja dari butterfly valve adalah terdapat lempengan (disk) berbentuk lingkaran yang berputar untuk membuka & menutup aliran. Butterfly juga cukup . Aliran maksimal diperoleh ketika lempeng berputar 90° dari posisi tertutup (fully closed). Butterfly Valve Butterfly valve adalah valve yang umumnya digunakan untuk mengontrol (trhottling/regulatevalve) aliran fluida yang bertekanan rendah. Hambatan yang dialami fluida relatif lebih besar dengan hambatan pada gate valve biasa (tergantung model gate valve).

Ball valve juga mempunyai handle yang sama dengan plug valve. Ball valve mudah untuk diperbaiki dan dioperasikan. Ball valve bahkan dapat menutup dengan baik walaupun telah digunakan bertahun-tahun. Sama seperti plug valve. dimana pada posisi valve fully open maka handle akan searah dengan aliran atau pipa. Kelemahan dari butterfly valve adalah karena lempeng tersebut tetap berada di jalan yang dilalui fluida (tidak diangkat/dipindahkan). yang membuatnya sering kali dipilih untuk membuka-menutup dibandingkan gate valve. fully opened atau fully closed valve. Ball Valve Ball valve digunakan juga sebagai on/off valve. plastik atau logam dengan pusat keramik. Ball valve sering digunakan untuk aliran yang mengandung partikel padatan (slurry). maka aliran fluida akan mengalami hambatan dari keberadaan lempeng tersebut (walaupun telah diputar searah dengan aliran). Tubuh ball valve dapat terbuat dari logam. Ball valve digunakan secara luas dalam aplikasi industri karena mereka sangat serbaguna. mendukung tekanan hingga 1000 bar dan suhu sampai 482° F (250° C). Ukuran biasanya berkisar 0.81 inci (0. ball valve juga membuka dan menutup dengan cara rotasi pada disc sehingga dapat membuka dan menutup lebih cepat.2-11. .diminati karena biayanya yang relatif murah dibandingkan dengan valve-valve lainnya yang umumnya lebih berat. namun jika posisi valve fully close maka posisi handle tidak searah dengan aliran atau pipa. melainkan akan membentuk sudut 90 derajat dengan aliran atau pipa. Bola tersebut sering berlapis krom untuk membuatnya lebih tahan lama.5 cm sampai 30 cm).

yaitu: Swing check valve. . Lift check valve. a.) Swing check valve. b.Check Valve Check valve digunakan untuk membuat aliran fluida hanya mengalir kesatu arah saja atau agar tidak terjadi reversed flow/back flow. biasanya digunakan untuk fluida steam. dan Ball check valve. maupun liquid yang mempunyai flow yang tinggi. Ada berbagai macam check valve yang cara kerjanya sama saja namun aplikasi nya terhadap material fluida yang berbeda. biasanya digunakan untuk fluida gas ataupun liquid yang tidak mengandung partikel padat (solid). gas. Bentuk check valve sama saja dengan gate valve tapi valve ini tidak mempunyai handwell/handle maupun batang (stem). Hambatan yang dialami fluida relatif besar (apalagi untuk ball check valve).) Lift check valve.

5 2 2 – 70 Le / D 9 – 225 300 – 475 100 100 – 3500 Ket: Kf = rugi gesek. * = fair. ** = good.5 6 – 9. Le = panjang ekivalen D = diameter pipa . *** = excellent Jenis Valve Gate valve Glove valve Angle valve Check valve Kf 0.TABULASI PERBEDAAN MACAM-MACAM VALVE Jenis Valve Menutup Mengatur Laju Alir Mencegah Aliran Balik x x x x *** Ukuran Besar * * ** * ** Tekanan Tinggi ** ** * ** ** Gate Globe Butterfly Ball & Plug Check ** ** ** *** x * *** ** * x Ket: x = poor.17 – 4.

Characteristics of Valve by Type Item Disc position when opened completely Disc actuation Manual mode of operation Automatic mode of operation Application Operating temperature range Gate Valve Fluid does not remain in flow passage Vertical Round handle Pneumatic / Electric actuator On-Off Wide Globe Valve Fluid remains in flow passage Vertical Round handle Pneumatic / Electric actuator On-Off control Wide Wide Longest Heavy Ball Valve Fluid does not remain in flow passage Rotary Lever handle Round handle Pneumatic / Electric actuator Automatic on-off types can be controlled Narrow Slightly narrow Long Heavy Butterfly Valve Fluid remains in flow passage Rotary Lever handle Gear operated Pneumatic / Electric actuator Automatic on-off types can be controlled Narrowest Narrow Short Light Operating pressure range Wide Face-to-face dimension Long Weight Heavy .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful