You are on page 1of 3

MODUL EBP3KH, MENYAMPAIKAN BERITA BURUK, SKDI 4 A. Dasar Teori Langkah-langkah dalam menyampaikan bad news 1.

Persiapan wawancara a) Apabila memungkinkan, diskusikan dengan pasien siapa yang akan hadir b) Cari tempat yang cukup pribadi c) Rencanakan waktu yang tepat d) Resume semua informasi Pilihan kalimat yang biasa digunakan “ Apakah ada orang lain yang Anda inginkan untuk hadir ketika kita bicara”
2. Menilai pengertian pasien

a) Tanyakan tentang pandangan pasien terhadap keadaannya b) Cari tahu sampai seberapa jauh yang ingin diketahui pasien Pilihan kalimat yang biasa digunakan “ seberapa jauh Anda mengerti apa yang telah terjadi diri Anda secara medik?” 3. Menyingkap berita a) Tanyakan tentang pandangan pasien tentang keadaannya b) Cari tahu sampai seberapa jauh yang ingin diketahui pasien Pilihan kalimat yang biasa digunakan “ Saya punya berita serius yang memerlukan keputusan penting 4. Merespon emosi pasien a) Mendorong pasien untuk mencurahkan emosinya b) Menghargai emosi pasien dan memberi empati c) Menolerir suasana diam sejenak Pilihan kalimat yang biasa digunakan “Dari hasil pemeriksaan sumsum tulang, menunjukkan adanya kanker darah yang disebut leukemia”.
5. Menawarkan untuk mendiskusikan implikasi dari berita tersebut, yaitu :

a) Prognosis
Checklist Penyampaian Berita Buruk

” 7. Hematology 2002:464-483) Checklist Penyampaian Berita Buruk . Saya harap Anda tabah. Menawarkan sumber lain. Stewart SK.” 8. Hubungi saya bila Anda sudah siap untuk bicara lagi. Enhancing Physician-Patient Communication. Rencanakan kapan waktu harus kontrol. yaitu sebagai berikut a) Bantuan untuk berbagi dengan orang lain (support group) b) Pelayanan lain yang mendukung Pilihan kalimat yang biasa digunakan “ saya mengerti bahwa informasi ini tidak seperti yang Anda inginkan.b) Pilihan pengobatan c) Dampak terhadap kualitas hidup 6. Block SD.” ( Dikutip dengan modifikasi dari Lee SJ. Membuat ringkasan hasil diskusi a) Tentukan hal-hal yang penting b) Tanyakan ada atau tidaknya hal-hal yang belum jelas Pilihan kalimat yang biasa digunakan “ silakan kalau Anda ingin sendiri sejenak. Dokumentasikan diskusi ini dalam rekam medic Pilihan kalimat yang biasa digunakan “ Saya mencoba membuat ringkasan hal-hal yang telah kita diskusikan bersama dan langkah-langkah berikutnya. Back AL. American Society of Hematology. Pilihan kalimat yang biasa digunakan “ Apakah Anda siap untuk membicarakan tentang pilihan pengobatan sekarang atau ingin menunggu beberapa hari lagi?” 9. untuk menampung pertanyaan dan kecemasan pasien serta keluarganya.

Waktu : 4 menit Keterangan : 0 1 2 = tidak dikerjakan = dikerjakan tetapi kurang sesuai/benar = dikerjakan dengan benar Jumlah nilai maksimal 100 C. Aspek yang dinilai 0 Ajaklah pasien untuk berbicara di tempat yang tenang dan lingkungan yang sepi Jika pasien setuju dapat ikut juga konselor atau perawat yang mendampingi pasien Jujurlah pada pasien. hati-hatilah dan jangan memberikan waktu yang spesifik. 4. dan kemungkinan akan meminta untuk bertemu dengan Anda pada lain waktu Jika pasien bertanya tentang prognosis. Ceklist Menyampaikan berita buruk NO 1.A) Checklist Penyampaian Berita Buruk .dampingi pasien untuk menemukan apapun yang mereka ingin ketahui. Referensi Modul Komunikasi Pasien-Dokter suatu pendekatan holistik (Prof.B. dan pastikan kalau mereka mengerti Pasien mungkin perlu waktu untuk refleksi. Sp. Soetjiningsih.Dr. karena kita mungkin salah Nilai 1 2 3 3. Pasien selalu berharap mengetahui sesuatu Jika pasien tidak biasa menerima. 5.jangan memberitahukan apapun yang tidak benar. 2.