BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar belakang Masalah Pemodelan (modeling) adalah proses merancang piranti lunak sebelum melakukan pengkodean (coding). Model piranti lunak dapat dianalogikan seperti pembuatan blueprint pada pembangunan gedung. Membuat model dari sebuah sistem yang kompleks sangatlah penting karena kita tidak dapat memahami sistem semacam itu secara menyeluruh. Semakin komplek sebuah sistem, semakin penting pula penggunaan teknik pemodelan yang baik seperti UML. Pemodelan perangkat lunak  notasi untuk mengeskpresikan model. UML bukan metodologi. UML independent terhadap proses, independen terhadap bahasa pemrograman

1.2 Tujuan Tujuan dalam pembuatan makalah ini adalah untuk menambah pengetahuan kita dalam mengenali UML. Juga diharapkan dalam pengerjaan makalah ini dapat bermamfaat bagi semua orang.

1.3 Metode penulisan Penulis menggunakan metode observasi dan mencari di internet

|1

8. class diagram. Kemudian pada musim gugur 1995 Ivan Jacobson bergabung dengan mereka berdua dengan memperkenalkan Tool Use Case.2 Sejarah UML Pada tahun 1994 dua orang bekerja pada perusahaan Rational software yaitu James Rumbaugh yang mengembangkan OOD(Object Oriented Diagram) dan Grady Broach yang mengembangkan OMT(Object Modelling Language).5.BAB II PEMBAHASAN 2. Serta perubahan dari collaboration diagram menjadi communication diagram(collaboration diagram + state chart diagram) dan state chart diagram menjadi state machine diagram. Pada akhir 2003 lahirlah UML versi 2. interaction overflow diagram. UML menawarkan sebuah standar untuk merancang model sebuah sistem. statechart diagram. |2 . Pada bulan September 1997 lahirlah UML versi 1.0 dengan penambahan composite structure diagram. Pada bulan Juni 1996 mereka bertiga menciptakan UML(Unified Modelling Language) versi 0.1 Pengertian Unified Modelling Language (UML) adalah sebuah "bahasa" yang telah menjadi standar dalam industri untuk visualisasi. yaitu Sequence diagram.3 dengan penambahan bussiness use case diagram. collaboration diagram. package diagram dan timming diagram. use diagram. 2. Pada bulan Maret 2003 lahirlah UML versi 1. Kemudian pada bulan oktober 1995 mereka berdua menciptakan Unified method versi 0. activity diagram.9. Pada bulan Mei 2001 lahirlah UML versi 1.1 dengan 8 buah diagram. component diagram dan deployment diagram.0 yang sebelumnya dibetuklah konsersium dari beberapa perusahaan software.4 dengan penambahan object diagram. Pada tahun 1999 lahirlah UML versi 1. merancang dan mendokumentasikan sistem piranti lunak. Akhirnya pada bulan Januari 1997 terciptalah UML versi 1.

b. dan bukan “bagaimana”. sekaligus menawarkan layanan untuk memanipulasi keadaan tersebut (metoda/fungsi). Class memiliki tiga area pokok : 1. asosiasi. dan lain-lain. Diagram Class Class adalah sebuah spesifikasi yang jika diinstansiasi akan menghasilkan sebuah objek dan merupakan inti dari pengembangan dan desain berorientasi objek. Yang ditekankan adalah “apa” yang diperbuat sistem. Class diagram menggambarkan struktur dan deskripsi class. Nama (dan stereotype) 2. Class menggambarkan keadaan (atribut/properti) suatu sistem. tidak dapat dipanggil dari luar class yang bersangkutan |3 . pewarisan. Metoda Atribut dan metoda dapat memiliki salah satu sifat berikut : Private. package dan objek beserta hubungan satu sama lain seperti containment. Sebuah use case merepresentasikan sebuah interaksi antara aktor dengan system.3 Komponen UML a.2. Diagram Use case Use case diagram menggambarkan fungsionalitas yang diharapkan dari sebuah sistem. Atribut 3.

dapat dipanggil oleh siapa saja. Activity diagram juga dapat menggambarkan proses paralel yang mungkin terjadi pada beberapa eksekusi. c. Diagram StateChart Statechart diagram menggambarkan transisi dan perubahan keadaan (dari satu state ke state lainnya) suatu objek pada sistem sebagai akibat dari stimuli yang diterima. bagaimana masing-masing alir berawal. hanya dapat dipanggil oleh class yang bersangkutan dan anak-anak yang mewarisinya Public. di mana sebagian besar state adalah action dan |4 . Activity diagram merupakan state diagram khusus. decision yang mungkin terjadi. d. Diagram Activity Activity diagrams menggambarkan berbagai alir aktivitas dalam sistem yang sedang dirancang.Protected. dan bagaimana mereka berakhir. Pada umumnya statechart diagram menggambarkan class tertentu (satu class dapat memiliki lebih dari satu statechart diagram).

Diagram Sequence Sequence diagram menggambarkan interaksi antar objek di dalam dan di sekitar sistem (termasuk pengguna. e. tetapi lebih menggambarkan proses-proses dan jalur-jalur aktivitas dari level atas secara umum. proses dan perubahan apa saja yang terjadi secara internal dan output apa yang dihasilkan |5 .sebagian besar transisi di-trigger oleh selesainya state sebelumnya (internal processing). Oleh karena itu activity diagram tidak menggambarkan behaviour internal sebuah sistem (dan interaksi antar subsistem) secara eksak. Diawali dari apa yang men-trigger aktivitas tersebut. display. dan sebagainya) berupa message yang digambarkan terhadap waktu. Sequence diagram terdiri atar dimensi vertikal (waktu) dan dimensi horizontal (objek-objek yang terkait) Sequence diagram biasa digunakan untuk menggambarkan skenario atau rangkaian langkah-langkah yang dilakukan sebagai respons dari sebuah event untuk menghasilkan output tertentu.

Komponen piranti lunak adalah modul berisi code. Messages dari level yang sama memiliki prefiks yang sama g. |6 . termasuk ketergantungan (dependency) di antaranya.f. Diagram Component Component diagram menggambarkan struktur dan hubungan antar komponen piranti lunak. baik library maupun executable. di mana message dari level tertinggi memiliki nomor 1. tetapi lebih menekankan pada peran masing-masing objek dan bukan pada waktu penyampaian message. Diagram Collaboration Collaboration diagram juga menggambarkan interaksi antar objek seperti sequence diagram. baik berisi source code maupun binary code. baik yang muncul pada compile time. Setiap message memiliki sequence number.

Komponen dapat juga berupa interface. Deployment Diagram Deployment/physical diagram menggambarkan detail bagaimana komponen dideploy dalam infrastruktur sistem. spesifikasi server. workstation. Komponen Client Ethernal Komponen Server |7 . dan hal-hal lain yang bersifat fisikal Sebuah node adalah server. Hubungan antar node (misalnya TCP/IP) dan requirement dapat juga didefinisikan dalam diagram ini. bagaimana kemampuan jaringan pada lokasi tersebut. tapi dapat juga dari komponen-komponen yang lebih kecil. atau piranti keras lain yang digunakan untuk men-deploy komponen dalam lingkungan sebenarnya. server atau piranti keras apa). yaitu kumpulan layanan yang disediakan sebuah komponen untuk komponen lain h. Umumnya komponen terbentuk dari beberapa class dan/atau package. maupun run time. di mana komponen akan terletak (pada mesin.link time.

Diagram Use case Saat masuk Saat Keluar b. Diagram class |8 .4 Berikut contoh kasus UML tentang Perparkiran Mobil a.2.

Diagram Statechart d.c. Diagram Activity Saat Masuk Saat Keluar |9 .

e. Diagram Collaboration Saat Masuk | 10 . Diagram Sequence Saat Masuk Saat Keluar f.

Diagram Component h. Deployment Diagram | 11 .Saat Keluar g.

1 Kesimpulan UML atau Unified Modelling Language adalah sebuah "bahasa" yg telah menjadi standar dalam industri untuk visualisasi. merancang dan mendokumentasikan sistem piranti lunak. Seperti contoh kasus perperkiran mobil yang dari wal masuk mobil sampai mobil tersebut keluar.2 Saran Kami mengharapkan makalah ini mendapat tanggapan yang positif dari para pembaca makalah ini juga kami mengharapkan saran dan kritik yang membangun agar dalam pengerjaan makalah seperti ini menjadi lebih baik dari yang sebelumsebelumnya. 3. Diagram Class. Diagram Collaboration. sampai dengan Deployment Diagram. UML menawarkan sebuah standar untuk merancang model sebuah sistem.BAB III PENUTUP Demikian makalah tentang contoh kasus UML perparkiran mobil yang berisi tentang tahapan-tahapan dalam pembuatan kasus UML dari Diagram Use case. 3. Diagram Sequence. Diagram StateChart. | 12 . Diagram Component. Diagram Activity.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful