Usia pada Pembedahan untuk Undescensus Testis dan Risiko Kanker testis

Andreas Pettersson, MD, Lorenzo Richiardi, MD, Ph.D., Agneta Nordenskjold, MD, Ph.D., Magnus Kaijser, MD, Ph.D., dan Olof Akre, M.D., Ph.D.

Latar belakang Undescensus Testis, yang merupakan faktor risiko untuk kanker testis, biasanya dirawat dengan operasi, tapi apakah usia pada perlakuan memiliki efek pada risiko masih tidak jelas. Kami mempelajari hubungan antara usia pengobatan untuk Undescensus Testis dan risiko kanker testis. Metode Kami mengidentifikasi pria yang menjalani orchidopexy untuk Undescensus Testis di Swedia antara 1964 dan 1999. Subyek Cohort diidentifikasi dalam Discharge Registry Rumah Sakit Swedia dan diikuti selama terjadinya kanker testis melalui Registry Kanker Swedia. Statistik vital dan data tentang status migrasi diambil dari Daftar Perubahan Penduduk dan untuk tahun 1965 sampai 2000. Kami memperkirakan risiko relatif kanker testis menggunakan rasio regresi kejadian standar Poisson, membandingkan risiko dalam kelompok dengan pada populasi umum. Kami juga menganalisis data dengan cara regresi Cox, menggunakan kelompok pembanding internal. Hasil Kohort terdiri dari 16.983 orang yang dirawat karena operasi Undescensus Testis dan diikuti dengan total 209.984 oran -tahun. Kami mengidentifikasi 56 kasus kanker testis selama masa follow-up. Risiko relatif kanker testis di antara mereka yang menjalani orchidopexy sebelum mencapai usia 13 tahun adalah 2,23 (95%

2 Namun. dibandingkan dengan populasi umum Swedia. yang terjadi pada 2 sampai 5% dari anak laki-laki lahir aterm.20-8. 3. sekitar 1% dari semua anak laki-laki memiliki cryptorchidism. Kesimpulan Pengobatan untuk Undescensus Testis sebelum pubertas mengurangi risiko kanker testis. risiko meningkat infertilitas seiring dengan usia.1.58-3. risiko relatif adalah 5.53). dan 5 sampai 10% dari semua pria dengan kanker testis yang memiliki riwayat cryptorchidism. koreksi bedah di mana testis ditempatkan dan ditetapkan dalam skrotum. risiko kanker ditingkatkan dua sampai delapan kali. Pengaruh usia saat orchidopexy pada risiko kanker testis adalah serupa pada perbandingan dalam kohort. atau kriptorkismus. dan prosedur kini . Testis yang tidak turun saat lahir mungkin turun secara spontan selama awal kehidupan.40 (95% CI.06).confidence interval [CI].5 Usia yang disarankan untuk Oleh karena itu telah diturunkan berturut-turut. 3 Pengobatan untuk kriptorkismus persisten umumnya orchidopexy . adalah salah satu abnormalitas bawaan yang paling umum. tidak diketahui apakah kriptorkismus dan kanker testis memiliki penyebab umum. Pada usia 12 bulan.1. bagi mereka yang dirawat dengan usia 13 tahun atau tua.1. Di antara pria yang memiliki Undescensus Testis. tapi jarang setelahnya.1 Kriptorkismus dikaitkan dengan gangguan kesuburan dan merupakan faktor risiko untuk kanker testis. atau apakah kriptorkismus itu sendiri merupakan penyebab kanker testis. 1. dan mungkin karena alasan ini. orchidopexy 4. Ada bukti bahwa postnatal pengembangan sel germinal memburuk dalam Undescensus Testis setelah tahun pertama. Undescensus Testis.

yang mengumpulkan data tentang pulangnya individu dari rumah sakit publik Swedia. Hampir semua pasien di Swedia yang dirawat di rumah sakit umum. Pada tahun 1964. Setiap record . sebagian besar penelitian ini menggunakan data retrospektif yang telah dikumpulkan. Metode Pendataan Kami menggunakan data dari Daftar pasien pulang di Rumah Sakit Swedia untuk merakit studi kohort.direkomendasikan untuk pasien yang lebih muda dari 2 tahun dan bahkan semuda usia 6 bulan.4. Menurut pandangan dominan. maka usia koreksi bedah tidak berhubungan dengan tingkat kanker testis.7. Beberapa studi menunjukkan.9-13 Kami meneliti resiko kanker testis sesuai dengan usia orchidopexy dalam kohort pada hampir 17. Meski begitu. mekanisme yang mengarah ke kanker testis hadir sebelum kelahiran dan risiko kanker sebagian besar ditentukan dalam rahim atau awal kehidupan. Dewan Nasional Kesehatan dan Kesejahteraan Swedia (Swedish National Board of Health and Welfare) memprakarsai Hospital Discharge Register. bagaimanapun.000 pria Swedia yang dirawat karena pembedahan kriptorkismus antara tahun 1964 dan 1999. membuat perwakilan Discharge Register rawat inap di populasi Swedia. 8 Jika pandangan ini benar. dan semua dari mereka terlalu kecil untuk menghasilkan hasil yang konklusif. 6 Pertanyaan apakah usia pada perlakuan memiliki efek pada risiko kanker testis adalah kontroversial. bahwa orchidopexy pada usia dini mengurangi risiko kanker testis. hubungan dilakukan berdasarkan nomor registrasi nasional. pengenal pribadi yang unik sebagaimana dimaksud dalam semua catatan rumah sakit dan pendaftar resmi di Swedia. yang diikuti 1965-2000 melalui keterkaitan ke Registry Kanker Swedia dan Daftar Perubahan Penduduk dan Kependudukan.

9) antara Januari 1964 dan Desember 1999 dan yang telah diobati dengan orchidopexy (prosedur bedah kode 6790.15 Register Perubahan Penduduk dan berisi data penduduk resmi Swedia.2. diagnosis utama saat pulang. dengan revisi 7 (ICD-7) yang digunakan untuk tahun 1964 sampai 1968. dan dari tahun 1997 dan seterusnya sesuai dengan edisi Klasifikasi Prosedur Bedah tahun 1997. 0. Pada tahun 1964.00. ICD-9 kode 752F.berisi data medis dan administrasi. termasuk tanggal masuk dan pulang. Diagnosa pada kepulangan diberi kode menurut versi Klasifikasi Penyakit Internasional Swedia (Swedish Classification of Operations and Major Procedures). Informasi tentang situs dan fitur histopatologi tumor dicatat. dan revisi ke-10 (ICD-10) setelahnya. atau Q53. Registri ini diperkirakan lebih dari 95% lengkap. dan sampai lima diagnosa yang mengikuti. termasuk tanggal kematian dan migrasi. Sejak tahun 1987. Secara bertahap. dan pada tahun 1975. pertama melalui edisi keenam.10. . Q53. Q53. Cohort Kami membatasi kohort penelitian kami untuk semua subjek di Discharge Register yang telah menerima diagnosis kriptorkismus (diagnosis utama atau banding saat kepulangan ICD-7 kode 757. 16 daerah perawatan kesehatan sepenuhnya tertangani14 (termasuk tiga kota terbesar di Swedia: Stockholm. ICD-8 kode 752. dan Malmo).1. tanggal 9 revisi (ICD-9) untuk tahun 1987 sampai 1996. data telah tersedia sejak tahun 1960. Gothenburg. prosedur pembedahan yang dilakukan. Cancer Registry Swedia didirikan pada tahun 1958 dan memperoleh data yang dilaporkan wajib dari dokter dan patolog pada semua neoplasma ganas baru yang didiagnosa. Prosedur bedah diberi kode dari 1964-1996 sesuai dengan Klasifikasi Operasi dan Prosedur Mayor Swedia. registri telah mencakup semua rumah sakit di Swedia. revisi 8 (ICD-8) untuk 1969 sampai 1986. Discharge registry meliputi 6 dari 26 daerah kesehatan di Swedia. atau ICD-10 kode Q53. lebih banyak rumah sakit yang disertakan.

667 (15. Analisis juga . Kanker testis sel germinal kami termasuk adalah seminoma dan nonseminoma. mana yang terjadi kemudian. kami menggunakan tanggal masuk terakhir sebagai tanggal indeks orchidopexy . Kami memperkirakan risiko relatif kanker testis dengan menghitung rasio kejadian standar (jumlah diamati kasus kanker testis dibagi dengan jumlah yang diharapkan). Studi ini disetujui oleh komite etika dari Institut Karolinska. pada tanggal diagnosis sel germinal kanker testis (ICD-7 kode 178). emigrasi . usia 55. atau 31 Desember 2000. mana yang terjadi terlebih dahulu. koriokarsinoma. Jumlah yang diharapkan dari kanker testis didasarkan pada usia dan 5 tahun periode-spesifik tingkat dalam populasi umum Swedia. dan 12 subyek dengan informasi yang saling bertentangan pada seks atau tanggal orchidopexy dikeluarkan dari kohort studi. misalnya. karsinoma embrional.7%) subyek yang dirawat dengan pembedahan untuk kriptorkismus lebih dari sekali. Kami memperkirakan interval kepercayaan 95% (CI) dengan asumsi distribusi Poisson. laki-laki mengambil rujukan mencari pengobatan untuk infertilitas ke departemen urologi. yang mencakup kedua teratoma. Satu subjek yang sudah didiagnosis di antaranya kanker testis. Pembatasan bagi mereka yang menjalani operasi sebelum 20 tahun meminimalkan pengaruh bias seleksi karena. dan campuran tumor sel germinal. tumor yolk sac-. Di antara 2. meninggalkan 16. Informed consent tidak diperlukan.KFH00. atau KFH10) sebelum usia 20 tahun. Tahun pertama setelah orchidopexy dikeluarkan untuk mengurangi risiko bias seleksi.983 subyek untuk analisis. Analisis statistik Para anggota kelompok itu diikuti dari usia 15 tahun atau usia orchidopexy ditambah 1 tahun. 205 subyek yang beremigrasi dari Swedia setelah orchidopexy dan tidak berimigrasi kembali ke Swedia sebelum follow-up awal mereka. kematian.

dengan asumsi tidak ada efek periode setelah 1974. Kedua inspeksi visual dari grafik (dengan log dari bahaya kumulatif pada sumbu y dan log dari waktu kelangsungan hidup pada sumbu x) dan tes formal berdasarkan Schoenfeld residual (P = 0. maka kami hanya digunakan tiga kategori untuk variabel kedua (1964 sampai 1969. Tidak ada bukti interaksi antara periode kalender follow-up dan pengaruh usia orchidopexy . Dalam usia mengkategorikan di orchidopexy.68) menunjukkan bahwa asumsi proporsional-hazard bertemu. 1970-1974. dan periode kalender orchidopexy (misalnya. Kovariat dimasukkan dalam model adalah periode kalender follow-up (1965 sampai 1990. Untuk menganalisis pengaruh usia orchidopexy disesuaikan dengan periode kalender dari orchidopexy. 1991 sampai 1995. dan 1975 sampai 1999). usia orchidopexy. membatasi kelompok laki-laki yang lahir antara tahun 1964 dan 1980. Usia tiga belas tahun ditetapkan a priori sebagai cutoff untuk analisis operasi sebelum dan setelah pubertas. di antaranya estimasi pengaruh usia orchidopexy tidak bisa bias oleh kurangnya informasi tentang orchidopexy sebelum 1964 (ketika Register Discharge didirikan) atau dengan penghentian follow-up pada 2000. dengan usia sebagai sumbu temporal. dan 1996 untuk 2000). kami fokus pada usia sekitar pubertas. Kami menggunakan analisis regresi Cox.dikelompokkan berdasarkan usia saat orchidopexy dan periode kalender orchidopexy . seorang anak beroperasi di usia 5 tahun pada tahun 1970 harus telah lahir pada tahun 1964 atau 1965). Kami juga melakukan analisis sensitivitas. Ada kolinearitas antara kelompok kelahiran. . untuk memperkirakan rasio hazard untuk kanker testis terkait dengan usia saat orchidopexy dalam perbandingan dalam kohort. periode kalender dari orchidopexy. dan daerah di mana orchidopexy itu dilakukan (dua kategori: tiga kota terbesar di Swedia dan kota sisanya di Swedia). Kategori karena itu lebih kecil untuk kelompok antara 10 dan 15 tahun dan lebih besar untuk usia sebelum dan sesudah.

Untuk 679 dari subyek. 1.81) atau di atas (P = 0. Tabel 1 daftar karakteristik utama dari kohort. 3. Gambar 1 menunjukkan rasio kejadian standar untuk kanker testis sesuai dengan periode kalender orchidopexy antara pria yang menjalani operasi sebelum usia 13 tahun dan di antara mereka yang operasi dirawat ketika mereka 13 tahun atau lebih. dengan total 209.68) pada usia 13 tahun.53) untuk mereka yang dirawat pada usia 13 atau yang lebih baru (Tabel 2).983 orang yang dirawat karena pembedahan kriptorkismus dan diikuti selama rata-rata (± SD) 12.08-3.75 (95% CI.5 tahun. .95-5.23 (95% CI.10) di antara mereka dioperasikan di antara tahun 1964 dan 1969-3. Perbedaan relatif antara rasio kejadian standar bagi mereka yang menjalani operasi sebelum usia 13 tahun dan mereka siapa operasi dilakukan pada atau setelah usia 13 tahun mendekati 2 di sebagian besar periode kalender (Gambar 1).21) bagi mereka dioperasikan pada antara tahun 1970 dan 1974.6 ± 3. atau kematian (182).47-15. 2. sedangkan itu 5. emigrasi (436).29 (95% CI. 1.4 tahun. Rasio standar kejadian untuk semua orang dalam kelompok yang mengalami penurunan dari 8.4% pada akhir 1980-an (Tabel 3). Usia rata-rata keseluruhan saat orchidopexy adalah 8.40 (95% CI.58-3.57). Rasio kejadian standar untuk kanker testis di antara mereka dioperasi sebelum usia 13 tahun adalah 2.06). Proporsi lakilaki yang 13 tahun atau lebih pada orchidopexy menurun dari 27. Tidak ada perbedaan yang signifikan dalam risiko antara kelompok bawah (P = 0. karena diagnosis kanker testis (56). 4. follow-up berakhir sebelum tanggal 31 Desember 2000. dan usia rata-rata adalah 8. mencapai usia 55 tahun (5).984 orang-tahun beresiko. dan tidak bervariasi banyak setelah itu. Kami mengidentifikasi 56 kasus kanker testis selama masa follow-up. yang menghasilkan rasio kejadian standar dari 2.Hasil Kohort terdiri dari 16.20-8. dibandingkan dengan 20 kasus yang diharapkan.4 ± periode 7.5 tahun.3% pada awal masa studi menjadi 5.64 (95% CI.

34-9. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa posisi ektopik pada testis merupakan faktor dalam perkembangan kanker testis. risiko termasuk anggota kelompok yang sudah menderita kanker testis seharusnya diminimalkan. Selain itu.00-3. Dengan memulai follow-up 1 tahun setelah tanggal operasi dan dengan membatasi kohort laki-laki yang telah dirawat sebelum mencapai usia 20 tahun.47). Pada prinsipnya. dimasukkannya secara bertahap daerah perawatan kesehatan dalam Discharge Registry bisa bias hasilnya.99 (95% CI. Diskusi Dalam studi kohort dari 16. 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa awal.56 (95% CI.983 pria yang dirawat karena pembedahan kriptorkismus. 1.95). pengobatan bedah terbaik dapat mencegah kanker testis pada anak lakilaki dengan kriptorkismus.Analisis dalam-kohort dari pengaruh usia pada orchidopexy pada risiko kanker testis yang konsisten dengan temuan yang diperoleh ketika tingkat kanker testis dalam studi kohort dibandingkan dengan tingkat nasional Swedia (Gambar 2). kejadian kanker . bukan akhir.mengurangi kemungkinan kesalahan klasifikasi cryptorchidisism. kami menemukan bahwa risiko kanker testis di kalangan pria yang dirawat di 13 tahun atau lebih tua adalah sekitar dua kali lipat di antara pria yang menjalani orchidopexy sebelum usia 13. berdasarkan 6 kasus di mana operasi dilakukan pada usia 13 tahun atau lebih dan 23 kasus di mana operasi dilakukan pada usia lebih dini. dibandingkan dengan mereka yang lebih muda pada saat pengobatan adalah 1. Analisis dibatasi untuk laki-laki yang lahir antara tahun 1964 dan 1980 mengungkapkan rasio hazard 3. penggunaan kriteria yang ketat untuk identifikasi anggota kelompok . Rasio hazard yang disesuaikan untuk kanker testis di kalangan pria yang 13 tahun atau lebih tua ketika operasi dilakukan.pendaftaran dengan diagnosis dan prosedur pembedahan . penggunaan registri kanker nasional untuk memastikan hasil yang hampir dipastikan lengkap follow-upnya. Namun. Dalam studi kohort besar kami.

kami bisa mengkategorikan usia orchidopexy dalam kelompok usia lebih sempit. dan kami menemukan peningkatan tajam dalam risiko antara pria dirawat ketika mereka 13 sampai 15 tahun (atau lebih) dibandingkan dengan mereka yang dirawat pada usia 10 sampai 12 tahun (atau di usia muda). Efek yang kuat dari periode kalender orchidopexy terhadap risiko kanker testis (Gambar 1) menunjukkan bahwa faktor risiko diketahui berkorelasi dengan waktu kalender mempengaruhi risiko memperkirakan. Dapat dikatakan bahwa laki-laki dirawat di usia 13 tahun atau lebih tua memiliki non-descending kriptorkismus. Studi-studi lain telah meneliti usia orchidopexy dalam kaitannya dengan risiko kanker testis. seperti testis turun spontan atau testis retraktil.9-13 Dalam penelitian kami. Namun. bagaimanapun.17-20 Sebagian besar penyelidikan adalah studi kasus-kontrol dengan sampel kecil. sedangkan sebagian besar orang yang dirawat sebelum usia 13 memiliki kondisi yang tidak dapat dikaitkan dengan kanker testis. Hal ini tidak mungkin bahwa pada nilai ambang yang tajam dapat dijelaskan oleh faktor pembias dikenal. Untuk alasan ini. perkiraan risiko serupa dengan yang ada dalam analisis di mana populasi umum digunakan sebagai kelompok pembanding. 16 dan analisis dengan kelompok pembanding internal. Beberapa menunjukkan bahwa risiko kanker testis meningkat dengan usia pada perlakuan. tidak mungkin bahwa faktor-faktor yang mendasari efek dari periode kalender orchidopexy dapat menjelaskan pengaruh usia orchidopexy pada risiko kanker testis. Pengaruh usia saat orchidopexy pada risiko kanker testis adalah.testis di Swedia cukup homogen. Akibatnya. di mana kita bisa menyesuaikannya untuk wilayah. pada dasarnya konstan selama periode kalender. tidak mungkin bahwa seperti bias punya pengaruh besar pada hasil. 25% dari pasien yang diobati sebelum usia 13 tahun . 9-13. Untuk mengamati pola risiko kami temukan. dengan laki-laki dirawat setelah usia 10 sampai 15 tahun risiko terbesarnya.

Oleh karena itu tampaknya bahwa lokasi ektopik pada testis saat pubertas menjelaskan peningkatan risiko pada usia 13. Menurut data tahun 2005 dari Badan Nasional Kesehatan dan Kesejahteraan Swedia. sekitar 5% dari orchidopexy di akhir 1980-an dilakukan pada usia 13 sampai 19 tahun. kejadian kumulatif dari kanker testis sampai usia 54 tahun di .6 proporsi anak laki-laki dengan kriptorkismus masih diobati sampai lama kemudian dalam Swedia memiliki sistem nasional yang telah berkembang dengan baik untuk menjabarkan untuk kriptorkismus pada beberapa titik dalam hidup. bagaimanapun. Namun dalam kohort kami. terlepas dari usia di perawatan bedah. sekitar 6% dari orchidopexies di Swedia dilakukan pada usia 13 tahun atau lebih. pada 1990-an.21. 22 4. dimulai dengan perawatan neonatal dan berkelanjutan di pusat penitipan anak dan kesehatan di sekolah. kehadiran di klinik ini seharusnya tinggi. Hasil dari penelitian kami adalah sebagian konsisten dengan hipotesis ini.22 Menurut Cancer Registry Swedia. merupakan salah satu kejadian penting dalam karsinogenesis testis. di sini didefinisikan sebagai sewenang-wenang dimulai pada usia 13 tahun. Hal ini juga percaya bahwa risiko sel germinal kanker testis sebagian besar ditentukan dalam rahim. 21. sekitar 10 sampai 20% dari orchidopexy dilakukan pada usia 13 tahun atau lebih. kehidupan.9. karena informasi tentang laterality tidak tersedia pada sistem pencatatan yang digunakan dalam penelitian kami. Di Inggris dan Belanda.13 Kita tidak bisa menilai risiko kanker di testis kontralateral . meskipun pada tingkat lebih rendah daripada di undesensus testis.harus telah memiliki nondescending kriptorkismus. Proporsi ini tampaknya telah tetap tidak berubah sejak saat itu. juga tidak bisa kita menilai pengaruh usia orchidopexy unilateral pada risiko kanker di testis kontralateral. Karena semua pemeriksaan gratis. Meskipun rekomendasi yang tidak jelas untuk pengobatan dini. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa risiko kanker testis di testis kontralateral meningkat pada pria dengan kriptorkismus unilateral. Hasil kami.11. karena risiko meningkat di seluruh kelompok. dibandingkan dengan 100% dari pasien yang dirawat di 13 tahun atau lebih tua. menunjukkan bahwa pubertas.

Singkatnya.Swedia pada tahun 2004 adalah sekitar 0. hasil kami menunjukkan bahwa usia orchidopexy memiliki efek pada risiko kanker testis pada anak laki-laki dengan Undescensus Testis. . Mengingat risiko relatif dalam penelitian kami. risiko di antara mereka dirawat di usia 13 tahun atau lebih tua adalah dua kali risiko di antara mereka yang dirawat di usia muda .5%. kami menghitung bahwa 69 anak laki-laki akan perlu diobati sebelum usia 13 tahun (bukan pada atau setelah usia tersebut) untuk menghindari satu kasus kanker testis di Swedia sebelum usia 55 tahun.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful