Ilmu Pengetahuan Sosial

Bab 1. Kondisi Fisik Wilayah dan Penduduk Indonesia 1) Letak astronomis adalah letak suatu negara berdasarkan garis lintang dan bujur. 2) Garis bujur adalah garis khayal pada peta, globe, dan atlas yang membujur dari Utara ke Selatan, untuk menentukan pebedaan waktu. a) Garis bujur 0o digunakan sebagai standar waktu dunia. b) Garis bujur 180o berimpit di Samudera Pasifik sebagai garis tanggal internasional. 3) Garis lintang adalah garis khayal pada peta, globe, dan atlas yang melintang dari Barat ke Timur, untuk menentukan perbedaan iklim. 4) Letak astronomis Indonesia adalah 94o BT- 141o BT dan 6o LU-11o LS. 5) Akibat letak astronomisnya, Indonesia beriklim tropis dan memiliki tiga daerah waktu yaitu Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia Timur (WIT). 6) Letak geografis Indonesia adalah berada di antara dua benua yaitu Benua Asia dan Australia, dan dua samudera yaitu Samudera Pasifik dan Hindia. 7) Akibat letak geografis Indonesia, bertiup angin musim yang menyebabkan Indonesia mengalami dua musim yaitu musim kemarau dan penghujan. 8) Akibat pengaruh letak geografis Indonesia adalah: a) Kepulauan Indonesia sangat dipengaruhi oleh laut b) Kepulauan Indonesia berada pada posisi silang 9) Ada dua macam angin musim di Indonesia: a) Angin musim barat laut  Terjadi pada bulan Oktober- Maret.  Membawa uap air dari samudera Hindia.  Menyebabkan musim hujan. b) Angin musim tenggara.  Terjadi pada bulan April-September.  Menyebabkan musim kemarau.
1- 11/12-St. Laurensia

10) Keadaan dimana terjadi pergantian musim disebut musim pancaroba. 11) Faktor-faktor yang mempengaruhi persebaran flora di Indonesia adalah: a) Iklim b) Keadaan tanah c) Relief tanah 12) Jenis-jenis flora di Indonesia adalah: a) Hutan hujan tropis di Sumatera, Kalimantan, Irian. b) Hutan musimdi wilayah Indonesia Bagian Tengah c) Hutan bakau di daerah timur Sumatera, pantai Riau, dan pantai Pulau Jawa. d) Stepa di Sumba, Sumbawa, Flores, Timor. e) Sabana di Nusa Tenggara, Madura, dan Aceh. f) Padang lumut di puncak Jaya Wijaya (Papua). 13) Hutan hujan tropis sering disebut hutan heterogen, karena ada berbagai jenis pohon. 14) Jenis-jenis flora yang dilindungi adalah: a) Hutan gambut b) Vegetasi hutan musim c) Vegetasi rawa d) Hutan pantai e) Hutan payau f) Hutan cadangan di daerah basah g) Hutan pegunungan. 15) Fauna di Indonesia menurut Alfred Weber and Wallace: a) Fauna Asiatis di wilayah Indonesia bagian Barat  Harimau, gajah, badak, kera, beruang, tapir. b) Fauna Australiatis di wilayah Indonesia bagian Timur.  Burung cendrawasih, kasuari, kangguru. c) Fauna peralihan  Burung kakatua, maleo, kus-kus, babi, rusa, anoa, dan komodo. 16) Jenis fauna dan persebarannya: a) Fauna Indonesia bagian Barat.  Mawas (orang utan) di Kalimantan dan Sumatera.
2- 11/12-St. Laurensia

Kijang di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Bali, Lombok. Gajah di Pulau Sumatera. Banteng di Pulau Jawa dan Kalimantan. Siamang (kera berwarna hitam dan berekor) di Sumatera dan kalimantan.  Trenggiling di Pulau Kalimantan dan Sumatera.  Kancil di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Kepulauan Karimata.  Burung Jalak Bali di Bali  Burung Merak di Pulau Jawa  Buaya di Pulau Kalimantan dan Sumatera.  Lumba-lumba (pesut) di Sungai Mahakam, kalimantan Timur. b) Indonesia Bagian Tengah  Burung Maleo di Kepulauan Sangihe dan Sulawesi.  Anoa di Pulau Sulawesi.  Biawak dan Komod di Pulau Komoda dan NTT.  Babi rusa di Maluku bagian barat dan Pulau Sulawesi. c) Indonesia bagian Timur  Burung kasuari di Pulau Seram, Pulau Irian, dan Kepulauan Aru.  Burung kakaktua berjambul merah dan putih di Pulau Irian dan Kepulauan Aru.  Kus-kus di Pulau Irian.  Tikus dan Musang berkantung di Pulau Irian dan Maluku bagian Timur. 17) Jenis fauna yang dilindungi a) Binatang menyusui  Siamang  badak  tapir  mawas  babi  trenggiling  rusa  gajah  banteng  menjangan  kambing hutan  harimau b) jenis burung  ayam hutan  kuntul  jalak bali  merak
3- 11/12-St. Laurensia

   

 pelatuk besi  alap-alap putih 18) Upaya pelestarian flora adalah dengan membuat cagar alam. a) Cagar alam di Kalimantan Timur melindungi berbagai jenis anggrek seperti anggrek hitam. b) Cagar alam di Sumatera melindungi bunga Rafflesia Arnoldi dan bunga bangkai. c) Cagar alam Baluran, Jawa Timur, melindungi kerbau liar dan banteng. d) Cagar alam Panunjang Pangandaran, Jawa Barat, melindungi rusa, babi hutan, dan banteng. e) Cagar Alam ujung Kulon, Banten, melindungi badak bercula satu, banteng, buaya, rusa, dan burung merak. f) Kebun Raya Bogor. 19) Upaya pelestarian fauna adalah dengan membuat suaka margasatwa. a) Suaka margasatwa Gunung Gede, Bogor, melindungi kijang. b) Suaka margasatwa Pulau Komodo, melindungi komodo, kuda, dan kerbau liar. c) Suaka margasatwa Gunung Leuser, NAD, melindungi harimau Sumatera, badak Sumatera, dan orang utan. 20) Tanah adalah bagian teratas permukaan bumi tempat tumbuhnya tumbuhan dan tempat pemukiman penduduk. 21) Pelapukan yang terjadi pada batuan/ sisa-sisa jasad kehidupan dibedakan menjadi: a) Organik/ biologis, pelapukan yang disebabkan oleh adanya tumbuhan yang hidup di atas batuan misalnya lumut. b) Kimiawi, pelapukan disebabkan oleh pengaruh bahan kimia yang larut dalam air. c) Fisik/ mekanis, pelapukan disebabkan oleh faktor cuaca. 22) Jenis-jenis tanah: a) Tanah vulkanis/ andosol  Terbentuk dari abu vulkanis yang mengalami proses pelapukan.  Ciri-ciri:  Berbutir halus  Tidak mudah tertiup angin
4- 11/12-St. Laurensia

b)

c)

d)

e)

f)

g)

h)

 Tidak mudah tererosi  Sangat subur  Digunakan untuk lahan pertanian dan perkebunan. Tanah aluvial/ tanah endapan  Ciri-ciri:  Berupa lumpur/ pasir halus yang terbawa arus sungai.  Kandungan unsur haranya berbeda-beda tergantung bahan induk penyusunnya.  Digunakan untuk lahan pertanian. Tanah laterit  Ciri-ciri:  Berwarna merah/ kekuning-kuningan.  Tidak subur  Digunakan untuk bahan aku industri gerabah/ keramik. Tanah litosol/ tanah berbatu  Terbentuk karena proses pelapukan batuan yang belum sempurna.  Dimanfaatkan untuk tanaman keras, tegalan, palawija, dan padang rumput untuk makanan ternak. Tanah gambut/ organosol.  Berasal dari bahan organik dan genangan air.  Dimanfaatkan untuk persawahan pasang surut. Tanah mergel  Terdiri dari batu kapur, pasir, dan tanah liat.  Ciri-ciri  Tanah subur  Ada di ketinggian 200-500 meter di atas permukaan laut.  Cocok untuk ditanami pohon jati. Tanah regosol  Berasal dari endapan abu vulkanis baru dengan butiran kasar.  Cocok untuk ditanami padi, palawija, tebu, dan kelapa. Tanah kapur/ mediteran.

5-11/12-St. Laurensia

 Batu induknya berasal dari batu gamping, abu gunung berapi, dan batuan endapan yang mengalami pelapukan.  Baik untuk ditanami pohon jati, palawija. i) Tanah grumosol/ margalit.  Terbentuk dari batuan kapur dan batuan gunung api.  Ciri-ciri:  Tekstur halus  Berwarna kelabu kehitam-hitaman  Mudah tererosi dan longsor.  Dimanfaatkan untuk ditanami kapas, jagung, kedelai, tebu, padi. 23) Penduduk Indonesia adalah semua orang yang bertempat tinggal di wilayah geografis Republik Indonesia selama 6 bulan/ bertujuan menetap. 24) Penduduk Indonesia secara kualitas merupakan yang terbesar di Asia Tenggara, nomor 3 di Benua Asia, nomor 4 di dunia. 25) Penduduk Indonesia terkonsentrasi di Pulau Jawa. Bab 2.Permasalahan Kependudukan di Indonesia 1) Penduduk Indonesia adalah semua orang yang bertempat tinggal di Indonesia dan pada saat sensus telah menetap selama 6 bulan. 2) Penduduk Indonesia secara yuridis adalah WNI dan WNA yang selama 6 bulan berturut-turut tinggal di Indonesia. 3) Data kependudukan suatu negara dilakukan melalui 3 cara: a) Sensus penduduk b) Registrasi penduduk c) Survei penduduk 4) Sensus penduduk adalah pencatatan data kependudukan secara simultan oleh pemerintah pada waktu khusus bagi semua orang yang diam di wilayah tertentu. 5) Sensus penduduk diselenggarakan minimal 10 tahun sekali. 6) Macam-macam sensus penduduk: a) Berdasarkan status tempat tinggal penduduk:

6-11/12-St. Laurensia

 Sensus de facto, petugas sensus mencatat setiap orang yang dijumpai di wilayah tugasnya tanpa membedakan tempat tinggal yang sebenarnya.  Sensus de yure, petugas mencatat penduduk yang resmi berdiam di daerah tersebut. b) Berdasarkan cara pengisiannya.  Metode householder, pengisian daftar pertanyaan diserahkan kepada penduduk yang disensus.  Metode canvasser, pengisian daftar pertanyaan dilaksanakan oleh petugas sensus sesuai jawaban orang yang disensus. 7) Kegunaan sensus penduduk adalah: a) Mengetahui jumlah penduduk secara keseluruhan b) Mengetahui kepadatan penduduk. c) Mengetahui penyebaran penduduk. d) Mengetahui susunan/ komposisi penduduk. e) Mengetahui pertumbuhan penduduk tiap tahun. f) Mengetahui arus migrasi terutama dari desa ke kota. g) Mengetahui tingkat pendidikan penduduk. h) Mengetahui pembangunan fasilitas sosial. 8) Dampak negatif jumlah penduduk yang besar di Indonesia adalah peningkatan pengangguran, kejahatan, dan gangguanstabilitas keamanan. 9) Registrasi penduduk mencatat kelahiran, kematian, migrasi, pernikahan, dll. 10) Survei penduduk adalah penelitian ilmiah tanpa meneliti selutuh penduduk tetapi hanya mengambil contohnya saja. 11) Lembaga yang melakukan survei khusus: a) LEKNAS LIPI (Lembaga Ekonomi dan Kemasyarakatan Nasional Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia). b) Lembaga Kependudukan UGM (Universitas Gajah Mada). c) Lembaga Demografi UI d) BKKBN (Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional). e) Badan Pusat Statistik (BPS).

7-11/12-St. Laurensia

12) Kekuatan dan kelemahan beberapa jenis sensus. Sensus de facto Keuntungan pelaksanaan mudah, sederhana, dan ringan data penduduk dipengaruhi wisatawan, pedagang keliling, perhitungan berulang pada orang yang berpindah tempat metode householder pertugas sensus sedikit, biaya kecil, waktu singkat, hasil data lebih baik. sensus de yure data yang diperoleh tanpa terpengaruh keluar masuknya orang di daerah sensus jumlah penduduk tidak dapat diketahui secara pasti apabila perpindahan penduduk yang terjadibelum tercatat. metode canvasser daftar pertanyaan sulit dapat terisi dan sesuai jadwal.

salah pengertian dalam pengisian petugas sensus banyak, biaya besar, data, tidak terjawabnya pertanyaan waktu lama sulit, daftar pertanyaan belum terisi. 13) Kualitas penduduk adalah tingkat kemampuan penduduk dalam memenuhi kebutuhan hidup. 14) Faktor yang mempengaruhi kualitas penduduk adalah: a) Tingkat pendidikan b) Tingkat penghasilan c) Tingkat kesehatan d) Mata pencaharian 15) Rendahnya kemajuan pendidikan dipengaruhi oleh: a) Kurangnya kesadaran penduduk tentang pentingnya pendidikan. b) Pendapatan sebagian besar penduduk yang rendah. c) Anggapan bahwa anak perempuan tidak perlu berpendidikan tinggi. d) Anggapan bahwa cukup bertani. e) Tidak seimbangnya jumlah usia sekolah dengan fasilitas pendidikan. f) Terbatasnya kemampuan pemerintah.

Kerugian keuntungan

kerugian

8-11/12-St. Laurensia

16) Usaha pemerintah dalam mengatasi masalah pendidikan adalah: a) Membangun gedung sekolah di daerah. b) Program wajib belajar 9 tahun. c) Mengadakan SMP Terbuka, kejar paket B, SMP Plus, dan SMA terbuka. d) Meningkatkan pendidikan keterampilan. e) Memberi beasiswa. f) Gerakan orang tua asuh. g) Meningkatkan kualitas guru. 17) Pendapatan per kapita adalah pendapatan rata-rata setiap penduduk dalam satu tahun. 18) Usaha pemerintah untuk meningkatkan pendapatan per kapita adalah: a) Meningkatkan industri rumah tangga. b) Menekan laju pertumbuhan penduduk. c) Meningkatkan pemanfaatan SDA. 19) Ukuran standar dalam kesehatan penduduk: a) Tingkat kematian kasar b) Tingkat kematian bayi c) Usia harapan hidup d) Balita yang kekurangan gizi. 20) Tingkat kematian kasar adalah jumlah kematian per 1.000 penduduk dalam satu tahun. 21) Tingkat kematian bayi adalah jumlah kematian bayi usia 0-12 bulan per 1.000 kelahiran hidup dalam satu tahun. 22) Usia harapan hidup adalah rata-rata umur penduduk. 23) Rendahnya tingkat kesehatan di Indonesia disebabkan oleh: a) Keadaan lingkungan dan perumahan yang tidak sehat b) Jumlah penduduk, dokter, dan fasilitas kesehatan belum sebanding. 24) Usaha pemerintah untuk mengatasi tingkat kesehatan yang rendah adalah: a) Pemerataan dan peningkatan pelayanan kesehatan. b) Pencegahan dan pemberantasan penyakit menular. c) Program gizi terutama di desa tertinggal. d) Program penyediaan air bersih. e) Program penyehatan lingkungan pemukiman.
9-11/12-St. Laurensia

f) Penambahan dokter, perawat, dan obat-obatan. g) Pelaksanaan kegiatan posyandu. 25) Kegiatan posyandu adalah: a) Penimbangan balita. b) Sosialisasi penggunaan garam beryodium. c) Imunisasi d) Pemanfaatan ASI. e) Pemberian makanan tambahan. f) Peningkatan pendapatan wanita. g) Peningkatan jumlah pesertaKeluarga Berencana. 26) Mata pencaharian penduduk adalah pekerjaan penduduk yang menghasilkan barang/jasa untuk memenuhi kebutuhan hidup. 27) Usaha untuk mengatasi masalah di bidang mata pencaharian adalah: a) Mendirikan Balai Latihan Kerja (BLK) b) Membuka lapangan kerja baru. c) Memberi kesempatan udaha d) Memperluas jaringan transportasi. 28) Indonesia adalah negara berkembang dengan jumlah penduduk: a) Nomor 1 di ASEAN. b) Nomor 3 di benua Asia. c) Nomor 4 di dunia setelah Cina, AS, dan India. 29) Perubahan penduduk dari waktu ke waktu disebut dinamika penduduk. 30) Pertumbuhan penduduk adalah bertambahnya jumlah penduduk suatu negara. 31) Faktor pertumbuhan penduduk adalah faktor demografi dan nondemografi. 32) Faktor demografi adalah: a) Kelahiran b) Kematian c) Migrasi 33) Faktor nondemografi adalah: a) Kesehatan b) Pendidikan

10-11/12-St. Laurensia

34) Pertumbuhan penduduk dibedakan menjadi dua yaitu pertumbuhan penduduk alami dan pertumbuhan penduduk migrasi. 35) Pertumbuhan penduduk alami adalah pertumbuhan penduduk yang diperoleh dari selisih kelahiran dan kematian dalam satu tahun. 36) Pertumbuhan penduduk migrasi adalah pertumbuhan penduduk yang diperoleh dari selisih migrasi masuk dan keluar. 37) Migrasi adalah perpindahan penduduk: a) Migrasi keluar adalah keluarnya penduduk dari suatu negara menuju negara lain dengan tujuan menetap. b) Migrasi masuk adalah masuknya penduduk dari negara lain ke suatu negara dengan tujuan menetap. 38) Komposisi penduduk adalah pengelompokkan penduduk atas kriteria dan tujuan tertentu. 39) Komposisi penduduk suatu negara dikelompokkan sesuai: a) Umur b) Jenis kelamin c) Tingkat pendidikan d) Jenis pekerjaan 40) Angka pertumbuhan penduduk adalah angka yang menunjukkan persentase pertambahan penduduk dalam satu tahun. 41) Ukuran-ukuran dalam fertilitas meliputi: a) Angka kelahiran kasar b) Angka kelahiran umum c) Angka kelahiran menurut kelompok umur. 42) Angka kelahiran kasar adalah jumlah bayi yang lahir setiap 1.000 penduduk dalam satu tahun: a) > 30, tinggi. b) 20-30, sedang. c) < 20, rendah. 43) Angka kelahiran umum adalah jumlah kelahiran tiap 1.000 wanita yang berusia 1-49 tahun dalam satu tahun. 44) Angka kelahiran menurut kelompok umur adalah banyaknya kelahiran setiap 1.000 wanita pada kelompok umur tertentu.
11-11/12-St. Laurensia

45) Faktor penunjang angka kelahiran: a) Sifat alami manusia untuk mempertahankan keturunan. b) Kepercayaan sebagian penduduk terhadap pandangan banyak anak banyak rejeki. c) Anggapan anak laki-laki sebagai penerus keturunan dan sumber tenaga kerja. d) Menikahkan anak perempuan pada usia relatif muda. 46) Faktor penghambat angka kelahiran: a) Pembatasan tunjangan anak bagi pegawai negeri sipil. b) Keluarga berencana bagi pasangan suami isteri berusia subur. c) Usia remaja yang menagguhkan usia pernikahan karena alasan ekonomi dan pendidikan. d) Perasaan malu bila jumlah anak banyak. 47) Ukuran-ukuran dalam mortalitas: a) Angka kematian kasar. b) Angka kematian menurut umur tertentu. c) Angka kematian bayi. 48) Angka kematian kasar adalah jumlah kematian tiap 1.000 penduduk dalam satu tahun: a) 9-13, rendah. b) 14-18, sedang. c) > 18, tinggi. 49) Angka kematian menurut umur adalah banyaknya kematian pada kelompok umur tertentu. 50) Angka kematian bayi adalah banyaknya bayi yang meninggal setiap 1.000 bayi yang lahir hidup dalam satu tahun: a) > 125, sangat tinggi. b) 75-125, tinggi. c) 35-75, sedang. d) < 35, rendah. 51) Faktor penunjang kematian: a) Adanya bencana alam. b) Adanya peningkatan pencemaran.
12-11/12-St. Laurensia

c) Adanya sifat manusia yang ingin menguasai makhluk lain. 52) Faktor penghambat kematian: a) Kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup sehat. b) Adanyalarangan agama untuk saling membunuh sesama manusia. c) Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. 53) Kepadatan penduduk adalah perbandingan jumlah penduduk dengan luas lahan. 54) Kepadatan penduduk aritmatik adalah perbandingan jumlah penduduk dengan luas seluruh wilayah dalam setiap kilometer persegi. 55) Kepadatan penduduk agraris adalah perbandingan penduduk yang beraktifitas di sektor pertanian dengan luas tanah yang dapat diolah untuk pertanian. 56) Kepadatan penduduk fisiologis adalah perbandingan jumlah penduduk dengan luas tanah yang dapat diolah. 57) Kepadatan penduduk ekonomi adalah perbandingan jumlah penduduk dengan luas wilayah menurut kapasitas produksinya. 58) Masalah sosial akibat kepadatan penduduk: a) Terjadi kerawanan sosial. b) Lunturnyanilai sosial. c) Kesulitan memenuhi kebutuhan hidup. d) Timbul masalah pendidikan, kesehatan, dan keamanan, 59) Masalah lingkungan fisik akibat kepadatan penduduk adalah: a) Kerusakan hutan d) Semakin sempit lahan b) Pencemarn lingkungan pertanian. c) Kekeringan. e) Banjir. 60) Piramida penduduk dibedakan dalam 3 macam: a) Piramida kerucut b) Piramida bentuk granat c) Piramida batu nisan. 61) Piramida kerucut adalah jumlah penduduk sedang tumbuh ditandai dengan jumlah kelahiran yang meningkat pesat dan sebagian besar penduduknya berusia muda (Indonesia).

13-11/12-St. Laurensia

62) Piramida penduduk dewasa/ granat adalah jumlah penduduk dalam keadaan tetap(Swedia). 63) Piramida penduduk nisan/ tua adalah jumlah penduduk umur tua lebih banyak daripada jumlah penduduk golongan umur muda (Jepang). 64) Kegunaan piramida penduduk adalah: a) Mengetahui jumlah penduduk laki-laki dan permpuan. b) Mengetahui jumlah penduduk per golongan umur. c) Mengetahui tingkat pertumbuhan penduduk secara umum. d) Membandingkan pertumbuhan penduduk laki-laki, perempuan, dan per golongan umur. 65) Perbandingan jumlah penduduk antara laki-laki dan perempuan disebut rasio jenis kelamin. 66) Berdasarkan kelompok umur, penduduk Indonesia dibagi menjadi 2 golongan umur: a) Golongan umur bekerja (produktif), 15-64 tahun. b) Golongan umur tak produktif, di bawah 14 tahun dan 65 tahun ke atas. 67) Perbandingan jumlah golongan usia muda dan tua dengan jumlah golongan usia produktif disebut rasio ketergantungan. 68) Angka harapan hidup adalah rata-rata jumlah tahun kehidupan yang akan dijalani oleh seseorang sejak lahir hingga mati. 69) Peningkatan jumlah penduduk yang cepat disebut ledakan penduduk. 70) Migrasi/ perpindahan penduduk adalah gerak penduduk secara horizontal untuk pindah tempat tinggal melintasi batas administrasi. 71) Perpindahan penduduk dalam masyarakat dibedakan menjadi 2 macam: a) Perpindahan vertikal b) Perpindahan horizontal 72) Perpindahan vertikal yaitu pindahnya status manusia dari kelas rendah ke kelas menengah, dari pangkat rendah ke pangkat tinggi atau sebaliknya. 73) Perpindahan horizontal yaitu perpindahan secara geografis dari suatu tempat ke tempat lain. 74) Migrasi dibedakan menjadi 2 macam: a) Migrasi internasional b) Migrasi internal

14-11/12-St. Laurensia

75) Migrasi internasional adalah perpindahan penduduk dari suatu negara ke negara lain, dibedakan menjadi: a) Imigrasi yaitu masuknya penduduk dari negara lain ke suatu negara dengan tujuan menetap. b) Emigrasi yaitu berpindah/ keluarnya penduduk dari suatu negara ke negara lain dengan tujuan menetap. c) Remigrasi yaitu kembalinya penduduk dari suatu negara ke negara asalnya. 76) Migrasi internal adalah perpindahan penduduk yang berada dalam lingkup suatu wilayah negara: a) Urbanisasi, perpindahan penduduk dari pedesaan ke perkotaan. b) Transmigrasi, perpindahan penduduk dari daerah yang padat penduduknya ke daerah yang jarang penduduknya dan diselenggarakan oleh pemerintah. Faktor Penyebab Urbanisasi No. Daya Tarik Kota Daya Dorong Desa 1 upah tenaga kerja lebih tinggi sempitnya lahan pertanian 2 lapangan kerja lebih banyak sempitnya lapangan kerja 3 banyak hiburan dan fasilitas rendahnya upah tenaga kerja 4 kurangnya fasilitas hiburan dankehidupan. 5 kegiatan pertanian musiman 6 keinginan memperbaiki taraf hidup 77) Macam-macam transmigrasi: a) Transmigrasi umum, dibiayai oleh pemerintah dari daerah asal sampai daerah tujuan. b) Transmigrasi spontan, dilakukan penduduk tas biaya, kesadaran, dan kemauan sendiri. c) Transmigrasi sektoral, biaya ditanggung bersama antara pemerintah daerah asal dengan pemerintah daerah tujuan. d) Transmigrasi khusus, dalam rangka pembangunan proyek tertentu seperti transmigrasi bedol desa dan transmigrasi pramuka.

15-11/12-St. Laurensia

e) Transmigrasi swakarsa, pembiayaan ditanggung oleh transmigran/ pihak laib bukan pemerintah. 78) Jenis-jenis migrasi lainnya: a) Evakuasi, perpindahan penduduk karena bencana alam/ keamanan. b) Weekend, orang kota pergi mencari tempat berudara sejuk. c) Turisme, orang bepergian untuk mengunjungi tempat wisata di suatu daerah/ negara. d) Foresen, orang di desa bekerja di kota, setiap hari menglaju (pergi dan pulang). e) Ruralisasi, kembalinya pelaku urbanisasi ke daerah pedesaan. 79) Pola mobilitas penduduk suatu daerah dibedakan menjadi: a) Pola perpindahan harian, perpindahan penduduk setiap hari dari desake kota untuk mencari makan. b) Pola perpindahan musiman, perpindahan tempat tinggal penduduk yag dilakukanpada musim tertentu. c) Pola perpindahan menetap, perpindahan penduduk dari satu tempat ke tempat lain dengan tujuan menetap sekurang-kurangnya enam bulan lamanya. d) Pola perpindahan tidak tetap, perpindahan penduduk dalam jangka waktu pendek, waktu tidak teratur, dan berdasarkan kebutuhan. Dampak Migrasi terhadap Daerah yang Ditinggalkan No. Dampak Positif Dampak Negatif 1 mengurangi jumlah berkurangnya tenaga kerja muda di pengangguran. daerah. 2 meningkatkan kesejahteraan kurang kuatnya stabilitas keamanan keluarga 3 seimbangnya lapangan kerja kurangnya tenaga penggarap lahan. dengan angkatan kerja 4 kurangnya tenaga penggerak pembangunan desa. 5 terbatasnya kaum intelektual di desa.

16-11/12-St. Laurensia

Dampak Migrasi terhadap Daerah yang Dituju No. Dampak Positif Dampak Negatif 1 jumlah tenaga kerja bertambah semakin padat penduduk 2 integrasi penduduk desa-kota banyak pemukiman kumuh semakin tampak 3 lalu lintas jalan semaikn padat 4 lapangan kerja berkurang 5 terdapat kesenjangan ekonomi 80) Usaha pemerintah dalam mengatasi masalah akibat migrasi desa-kota adalah: a) Membuka lapangan kerja di desa. b) Membangun saran dan prasarana di bidang transportasi antardesa. c) Melaksanakan pembangunan regional di sekitar kota tujuan utama. d) Melaksanakan program pembangunan pedesaan e) Mengadakan politik “kota tertutup”. f) Menggalakkan kegiatan industri kecil/ rumah tangga di desa. g) Meningkatkan produktivitas pertanian dengan cara intensifikasi dan diversifikasi pertanian. 81) Permasalahan kependudukan yang dihadapi oleh Indonesia adalah: a) Jumlah penduduk yang besar. b) Kualitas penduduk yang rendah. c) Penyebaran penduduk yang tidak merata. 82) Permasalahan yang dapat mempengaruhi pembangunan adalah: a) Keterbatasan lapangan kerja dan kesempatan kerja b) Kerusakan lingkungan c) Pemusatanpenduduk akibat urbanisasi. d) Peningkatan penduduk usia sekolah e) Peningkatan pergerakan penduduk. f) Terbatasnya air bersih. g) Peningkatan jumlah angkatan kerja. 83) Upaya mengatasi jumlah penduduk yang besar adalah: a) Perencanaan Keluarga Berencana. b) Membatasi usia perkawinan. c) Pembatasan tunjangan jumlah anak bagi Pegawai Negeri Sipil.
17-11/12-St. Laurensia

d) Pemberian program pendidikan dan kependudukan. 84) Upaya pemerintah untuk mengatasi berbagai permasalahn kependudukan: a) Pencananangan program Keluarga Berencana. b) Transmigrasi. c) Pembangunan gedung sekolah. d) Pembangunan perumahan murah. e) Penyelenggaraan kegiatan pelestarian lingkungan. f) Pembangunan industri baru. g) Penyatuan peran berbagai sektor pemerintahan.

Bab 3. Lingkungan Hidup dan kaitannya dengan Pembangunan Berkelanjutan 1) Lingkungan adalah suatu daerah dengan keadaan sekitarnya yang mempengaruhi perkembangan dan tingkah laku biofisik. 2) Lingkungan dibedakan menjadi: a) Lingkungan mati/ abiotik, lingkungan di luar organisme yang terdiri dari benda/ faktor alam yang tidak hidup seperti bahan kimia, suhu, cahaya, gravitasi, amosfer, dll. b) Lingkungan hidup/ biotik, lingkungan di luar organisme yang terdiri atas makhluk hidup seperti tumbuh-tumbuhan, hewan, dan manusia. 3) Lingkungan alam adalah lingkungan biofisik yang belum disertai unsur lingkungan sosial dan budaya. 4) Lingkungan sosial adalah lingkungan antarmanusia mulai dari keluarga sampai dunia secara langsung dan tidak langsung mempengaruhi individu. 5) Lingkungan budaya adalah lingkungan yang dipengaruhi oleh hasil ciptaan manusia yang bersifat abstrak dan konkret seperti ide, gagasan, bahasa, perilaku, pakaian, dll. 6) Lingkungan hiudp menurut UU No.4 Thn. 1982 adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup termasuk manusia dan perilakunya yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan.

18-11/12-St. Laurensia

7) Pelestarian lingkungan hidup adalah upaya memelihara kelangsungan lingkungan hidup untuk mendukung perikehidupan dan melindungi lingkungan hidup dari tekanan perubahan/ dampak negatif suatu kegiatan. 8) Contoh pelestraian lingkungan hidup adalah: a) Membudayakan lingkungan hidup yang indah, sehat, dan bersih. b) Menggunakan SDA secara selektif dan hemat. c) Mengeksploitasi SDA secara tepat. d) Peningkatan pendidikan dan pengetahuan tentang lingkungan hidup. e) Mengembangkan industri ramah lingkungan. 9) Sumber Daya Manusia adalah sumber daya yang dapat dimanfaatkan dari potensi manusia seperti tenaga fisik, kemampuan berpikir, dan kepemimpinan. 10) Sumber daya manusia dikelompokkan menjadi sumber tenaga kerja dan sumber daya mental berupa keahlian dan kepemimpinan. 11) SDA Hayati adalah sumber daya alam yang sifatnya dapat diperbarui seperti: a) Flora/ Tumbuhan. b) Fauna/ Hewan c) Ekosistem, tatanan kesatuan secara utuh menyeluruh antara segenap lingkungan hidup yang saling mempengaruhi:  Ekosistem alami, proses pembentukannya tidak ada campur tangan manusia seperti hutan, sungai, danau tektonik, dan laut.  Ekosistem buatan, proses pembentukannya terdapat campur tangan manusia seperti tambak, sawah irigasi, hutan budi daya. 12) Sumber daya nonhayati adalah sumber daya yang sifatnya dapat habis jika dipakai terus-menerus, seperti tanah, mineral, dan bahan tambang. 13) Sumber daya air dibedakan menjadi: a) Air permukaan, perairan yang terdapat di laut, sungai, danau, rawa, gletser, dan semua air yang terdapat di atas daratan. b) Air bawah tanah, air yang terdapat pada lapisan tanah yang berasal dari hujan, air sungai, danau yang meresap ke dalam lapisan tanah. 14) Lahan adalah lapisan bumi paling atas sebagai hasil dari pelapukan batuan anorgnaik dan pembusukan berbagai bahan organik oleh tenaga eksogen.

19-11/12-St. Laurensia

15) Manusia menggunakan tanah sebagai sumber daya untuk pertanian, peternakan, kehutanan, pertambangan, perindustrian, dan perdagangan. 16) Sumber daya mineral adalah bahan tambang dari molekul/ zat organik dalam jumlah tertentu untuk proses metabolisme secara normal. 17) Mineral sebagai unsur murni dibedakan menjadi: a) Mineral logam : emas, perak, besi. b) Mineral bukan logam : belerang, intan, dan grafit. c) Mineral setengah logam : bismut. 18) Bahan tambang adalah semua kekayaan alam yang memiliki nilai ekonomis tinggi untuk memenuhi kebutuhan manusia. 19) Teknologi sumber daya buatan dibedakan menjadi: a) Sumber daya buatan dalam betuk sumber daya alam hayati flora dan fauna jenis unggul, untuk meningkatka jumlah produksi pertanian dan peternakan. b) Sumber daya buatan dalam bentuk sumber daya alam nonhayati  Bangunan waduk dan bendungan untuk irigasi, konsumsi, pembangkit listrik, perikanan, dan objek wisata. 20) Lingkungan hidup dapat dimanfaatkan sebagai berikut: a) Penghasil bahan pangan bagi makhluk hidup. b) Sumber barang tambang san sumber mineral. c) Penghasil bahan baku/ bahan mentah untuk industri. d) Kegiatan sosial, ekonomi, politik, budaya, dan pertahanan-keamanan. e) Areal pemukiman/ tempat tinggal dan untuk berinteraksi antarmanusia. f) Sumber tenaga untuk prasarana transportasi air, udara, dan darat. g) Taman nasional untuk pelestarian floran dan fauna langka yang terancam punah. h) Media ekosistem bagi kelangsungan makhluk hidup yang saling mempengaruhi dengan lingkungan. 21) Gunung meletus adalah aktivitas gunung berapi yang mengeluarkan material berupa bahan padat, cair, dan gas dari dapur magma ke permukaan bumi, akibatnya: a) Mengakibatkan kekurangan sumber air bersih. b) Menimbulkan kebakaran hutan.
20-11/12-St. Laurensia

c) Menimbulkan korban manusia, hewan, dan tumbuhan. d) Menimbulkan polusi udara dan mengganggu jarak pandang penerbangan. e) Kerusakan lahan pertanian dan area pemukiman. f) Kerusakan lingkungan. 22) Gunung berapi mengeluarkan gas-gas seperti: a) Belerang b) Gas asam arang/ beracun. c) Gas uap air. d) Awan pijar yang sangat panas. 23) Angin topan adalah angin yang berhembus dengan kecepatan lebih dari 90 km/jam akibat perbedaan tekanan udara yang sangat ekstrim antara satu daerah. Akibatnya: a) Robohnya pohon, tiang listrik, tiang telepon, dan pemukiman penduduk. b) Rusaknya tanaman pertanian, perkebunan, dan kehutanan. c) Membahayakan penerbangan, pelayaran, dan kehidupan di sekitar pantai. d) Gangguan sistem komunikasi, jaringan listrik, serta gelombang radio dan televisi. 24) Gempa bumi adalah pergerakan lapisan bumi akibat tenaga dari dalam bumi. Akibat gempa bumi: a) Runtuhnya rumah, gedung, jembatan, dan terputusnya jalan raya. b) Rusaknya sarana dan prasarana kegiatan sosial dan ekonomi. c) Munculnya tsunami d) Rusak dan hancurnya areal pertaian, perkebunan,dan perikanan. e) Kebocoran tanggul mengakibatkan banjir. f) Bencana kebakaran setelah gempa. 25) Kemarau panjang adalah penyimpangan iklim sehingga musim kemarau lebih lama dari seharusnya, akibatnya: a) Sumber air kering. b) Hutan terbakar. c) Sunagi, danau, dan areal pertanian kering. d) Gagal panen. e) Tumbuhan banyak yang mati.
21-11/12-St. Laurensia

26) Tanah longsor adalah gerakan tanah dari suatu tempat ke tempat lain dengan volume besar akibat perubahan gaya/ goncangan gempa. Akibatnya: a) Rusaknya areal pertanian dan perkebunan. b) Terputusnya jalan raya, sungai, dan jembatan. c) Dangkalnya danau dan jebolnya tanggul. d) Rusaknya pemukiman penduduk. e) Terputusnya jalan dan instalasi air minum. 27) Banjir adalah peristiwa terbenamnya daratan yang biasanya kering oleh air. 28) Penyebab banjir: a) Meluapnya air sungai. b) Curah hujan tinggi. c) Jebolnya tanggul sungai dan danau. d) Naiknya air laut ke daratan. 29) Latar belakang kecerobohan manusia sebagai penyebab kerusakan lingkungan hidup adalah: a) Keserakahan dan kemiskinan b) Keterbelakangan c) Penerapan teknologi tidak tepat guna. 30) Lahan kritis adalah lahan yang tandus karena unsur hara/ kesuburannya sangat sedikit bahkan sudah hilang sama sekali. 31) Beberapa bentuk kerusakan lingkungan karena faktor manusia: a) Lahan kritis b) Banjir c) Pencemaran d) Degradasi lingkungan 32) Lahan kritis akibat aktivitas manusia: a) Pencemaran limbah industri. b) Penebangan liar. c) Pengambilan bahan tambang yang berlebihan. d) Ladang berpindah dengan membakar hutan. e) Perubahan fungsi tanah.

22-11/12-St. Laurensia

33) Banjir yang disebabkan karena faktor manusia: a) Banjir air bercampur lumpur akibat penggundulan hutan. b) Banjir di kota padat penduduk akibat membuang sampah di sembarang tempat. c) Banjir di Daerah Aliran Sungai (DAS) akibat bangunan liar di DAS. d) Banjir di dataran rendah akibat perubahan fungsi rawa. e) Banjir di daerah pantai akibat hutan bakau yang rusak. 34) Beberapa macam pencemaran: a) Pencemaran udara: terganggunya unsur udara karena pencemar dari asap industri, pesawat terbang, kendaraan bermotor, bau busuk sampah, pembakaran sampah, kebakarab hutan, dll. b) Pencemaran suara: terganggunya ketenangan lingkungan karena kebisingan suara mesin kendaraan bermotor dan industri. c) Pencemaran air: rusaknya kualitas air sumur, sungai, danau, dan air laut karena cairan kimia berbahaya, tumpahan minyak, pemakaian detergen, debu radioaktif, buangan industri, dan sampah rumah tangga. d) Pencemaran tanah: karena kontminasi cairan kimia berbahaya, pemakaian detergen, debu radioaktif, dan buangan industri. 35) Berbagai macam bentuk pencemaran karena faktor manusia: a) Lingkungan bising. b) Kondisi udara tidak sehat. c) Jarak pandang terganggu. d) Air sungai dan sumur tercemar. e) Lingkungan pertambangan emas. f) Unsur-unsur di lahan pertanian menjadi rusak. 36) Degradasi lingkungan sering disebut kerusakan lingkungan/ penurunan kualitas lingkungan. 37) Degradasi lingkungan adalah rusaknya lingkungan akibat pengambilan dan pemanfaatan SDA secara berlebihan dan di luar ambang batas. 38) Bentuk degradasi lingkungan oleh faktor manusia: a) Abrasi pantai akibat penebangan hutan bakau secara liar. b) Penambangan dan penimbunan pasir dan batu secara berlebihan. c) Intrusi air laut
23-11/12-St. Laurensia

d) Kerusakan terumbu karang. e) Kerusakan lingkungan pantai. 39) Badan pengendalian lingkungan adalah: a) Menanggulangi kasus pencemaran. b) Mengawasi bahan berbahaya dan beracun. c) Melakukan penilaian Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL). 40) Melestarikan tanah datar: a) Pemupukan tanah. b) Pengaturan sistem irigasi dan drainase dengan baik. c) Pelaksanaan pola tanam secara bergilir. d) Pencegahan pembuangan berbagai macam limbah yang mencemari. e) Pelaksanaan reboisasi untuk melindungi tanah dari erosi. 41) Melestarikan lahan miring/ perbukitan: a) Membentuk sengkedan/ terasering. b) Membuat lubang yang melingkari bukit. c) Menanam tanaman keras dengan pola searah garis kontur. d) Membajak tanah dengan pola searah garis kontur. e) Membagi bidang tanah luas menjadi agak sempit. 42) Pelestarian air sungai dan danau: a) Mengembangkan penghijauan dan reboisasi di DAS. b) Kawasan hutan lindung c) Membangun bendungan dan sistem irigasi. d) Mencegah pendangkalan danau. e) Menggunakan alat pengolah limbah f) Menjaga kelestarian DAS. 43) Pelestarian udara: a) Mengembangkan penghijauan. b) Mencegah kebakaran hutan dan sistem ladang berpindah c) Wajib pembuatan cerobong asap yang cukup tinggi. d) Menghentikan operasi kendaraan bermotor dengan asap melampaui ambang batas. e) Mengupayakan bahan pengganti freon.

24-11/12-St. Laurensia

44) Hutan tropis adalah paru-paru dunia karena bersifat menyerap panas dan memproduksi oksigen. 45) Pelestarian hutan: a) Reboisasi b) Hutan lindung dan suaka margasatwa. c) Tebang pilih d) Penyuluhan sistem ladang berpindah e) Mengawasi dan mengevaluasi Hak Pengusahaan Hutan. 46) Pelestarian laut: a) Mencegah tumpahnya minyak mentah. b) Melarang pembuangan limbah. c) Membudidayakan tanaman bakau. d) Melarang penggunaan bahan peledak dan beracun untuk menangkap ikan. 47) Tumbuhan di Indonesia dapat digunakan sebagai bahan baku: a) Obat-obatan b) Kosmetik c) Industri d) Makanan pokok e) Objek penelitian 48) Pelestarian flora dan fauna: a) Mempertahankan cagar alam dan suaka margasatwa. b) Menyayangi hewan dan tanaman langka. c) Melarang perburuan satwa 49) Pembangunan adalah proses manusia untuk memperbaiki tingkat kehidupan dalam kebutuhan material dan nonmaterial. 50) Tujuan pembangunan nasional adalah masyarakat adil dan makmur. 51) Proses pembangunan: a) Pemerataan pembangunan hasil menuju terciptanya keadilan sosial bagi seluruh rakyat. b) Pertumbuhan ekonomi cukup tinggi. c) Stabilitas nasional yang sehat dan dinamis.

25-11/12-St. Laurensia

52) Sasaran pembangunan nasional: a) Ketentraman, adanya rasa aman dan jaminan hukum untuk hidup sesuai tatanan dalam masyarakat. b) Berkecukupan, terpenuhi kebutuhan pangan, sandang, dan perumahan secara layak. c) Kepuasan, kemudahan mendapatkan, stabil, persediaan berlanjut, dan pelayanan baik. d) Stimulus, kesempatan mencapai hasil karya dengan bakat dan kemampuan. 53) Tujuan pengelolaan lingkungan hidup: a) Tercapai keselarasan hubungan manusia dengan lingkungan hidup. b) Pemanfaatan sumber daya secara bijaksana. c) Manusia Indonesia sebagai pembina lingkungan hidup. d) Pembangunan berkelanjutan untuk generasi mendatang. e) Negara terlindung dari kegiatan yang merusak dan mencemari lingkungan. 54) Pembangunan yang berkelanjutan: a) Pembangunan yang memenuhi kebutuhan sekarang. b) Lingkungan mendukung pembangunan secara terus-menerus karena tidak habisnya sumber daya modal pembangunan. 55) Aspek dalam pembangunan berkelanjutan adalah: a) Proses pembangunan didukung SDA dan manusia yang semakin berkembang. b) SDA memiliki ambang batas dengan kemampuan untuk mendukung kehidupan umat manusia. c) Kualitas lingkungan berkaitan dengan kualitas hidup. d) Pembangunan berkelanjutan meningkatkan kesejahteraan tanpa mengurangi persediaan untuk generasi mendatang. 56) Ciri-ciri pembangunan berkelanjutan: a) Berdasarkan nilai kemanusiaan. b) Memperhatikan lingkungan fisik. c) Peningkatan produksi nasional. d) Meningkatkan pendapatan per kapita dan kesejahteraan.
26-11/12-St. Laurensia

e) f) g) h) i) j)

Melakukan inovasi. Memperluas kesempatan kerja. Keseimbangan pendapatan. Menunjang kegiatan pembangunan. Menjaga stabilitas. Bersifat fundamental, ideal, dan program jangka pendek.

Bab 4.Kolonialisme dan Imperialisme di Indonesia 1) Kolonialisme adalah usaha untuk melakukan sistem pemukiman di suatu negara di luar wilayah negara asalnya. 2) Imperialisme adalah usaha memperluas wilayah kekuasaan/ jajahan untuk mendirikan imperium/ kelaisaran. 3) Bangsa Belanda berhasil mendarat di pelabuhan Banten pada tahun 1596 dipimpin oleh Cornelis de Houtman. 4) Alasan penjelajahan samudera yang dilakukan bangsa Eropa adalah: a) Mencari daerah penghasil rempah-rempah. b) Mencari harta kekayaan. Gold. c) Menyebarkan agama nasrani. Gospel. d) Mencari keharuman nama, kejayaan, dan kekuasaan. Glory. 5) Bangsa Portugis mendara di Kepulauan Maluku pada tahun 1512 dipimpin oleh Fransisco Serrao. 6) Pelaut Spanyol berhasil mendarat di Kepualauan Maluku pada tahun 1521. 7) Bangsa Belanda menjajah Indonesia tahun 1602-1942. 8) Bangsa Belanda untuk kedua kalinya mendarat di Indonesia pada tahun 1598 dipimpin oleh Jacob Van Neck. 9) Inggris membangun persekutuan dagang bernama East India Company (EIC). 10) Belanda membangun perekutuan dagang bernama Vereenigde Oost Indische Compagnie (VOC) pada tahun 1619 dipimpin oleh Gubernur Jenderal Jan Peiter Zoon Coen di Batavia. Dibubarkan pada tanggal 31 Desember 1799. 11) Tujuan pembentukan VOC adalah: a) Menguasai pelabuhan penting. b) Menguasai kerajaan.
27-11/12-St. Laurensia

c) Melaksanakan monopoli perdagangan. d) Mengatasi persaingan. 12) VOC memiliki hak istimewa yang disebut hak oktroi: a) Mencetak uang b) Memiliki tentara c) Mengangkat pegawai d) Menduduki daerah asing e) Membentuk pengadilan f) Mengadakan perjanjian. 13) Perpindahan kedudukan VOC dari Ambon ke Batavia adalah untuk merebut daerah dan memperkuat diri . 14) Kemunduran VOC ditandai dengan kondisi keuangan yang merosot hingga bangkrut. 15) Faktor penyebab kemunduran VOC adalah: a) Banyak pegawai VOC yang korupsi. b) Rendahnya kemampuan memantau monopoli perdagangan. c) Perlawanan rakyat dari berbagai daerah. 16) Pada tahun 1808, Belanda mengangkat gubernur Jenderal Herman Willem Daendels. 17) Tugas utama Daendels adalah: a) Mempertahankan Pulau jawa dari ancaan Inggris dan mengatur pemerintahan. 18) Langkah yang ditempuh Daendels: a) Pembangunan fisik:  Membangun pabrik senjata.  Membangun benteng pertahanan.  Menarik penduduk pribumi menjadi tentara.  Membangun pangkalan armada laut di Anyer dan Ujung Kulon.  Membangun jalan rayaAnyer-Panarukan sepanjang 1.000 km, disebut Jalan Raya Daendels. b) Pembangunan ekonomi  Memungut pajak hasil bumi dari rakyat.  Menjual tanah negara kepada swasta asing.
28-11/12-St. Laurensia

 Rakyat Priangan wajib menanam kopi.  Rakya pribumi wajib menjual hasil panen kepada Belanda dengan harga murah. 19) Upaya Daendels mewujudkan pembangunan fisik membuat rakyat: a) Kerja rodi/ kerja paksa. b) Kelelahan c) Kelaparan d) Terjangkit wabah penyakit. 20) Herman willem Daendels digantikan oleh Gubernur Jenderal janssens pada tahun 1811. 21) Janssens menyerah pada tanggal 18 September 1811 dan dipaksa untuk menandatangani Perjanjian di Tuntang dengan nama Kapitulasi Tuntang: a) Pulau Jawa harus diserahkan kepada Inggris. b) Semua tentara Belanda di Hindia Belanda ditawan Inggris. c) Orang sipil Belanda dapat dipekerjakan pada pemerintahan Inggris. d) Semua utang piutang Belanda tidak ditanggung oleh Inggris. 22) Gubernur Jeneral Inggrid di Indonesia adalah Sir Thomas Stamford Raffles. 23) Penyerahan kembali Indonesia kepada Belanda terjadi pada tahun 1816 diwakili oleh John Fendall (Inggris) dan Van Der Capellen (Belanda). 24) Tanam Paksa/ Cultuurstelsel dibuat oleh Johannes Van Den Bosch, berisi: a) Menyediakan tanah pertanian tidak lebih dari seperlima bagian dari tanahnya ditanami jenis tanaman perdagangan. b) Pembebasan tanah dari pajak dan hasil tanamannya untuk membayar pajak. c) Rakyat yang tidak memiliki tanah bekerja di pabrik/ perkebunan Belanda selama 66 hari/ seperlima tahun. d) Waktu mengerjakan tanaman pada tanah pertanian tidak boleh melebihi waktu tanam padi/ 3 bulan. e) Kelebihan hasil produksi pertanian dari ketentuan akan dikembalikan kepada rakyat. f) Kerusakan/ kerugian akibat gagal panen yang bukan karena kesalahan petani akan ditanggung pemerintah Belanda. g) Penyerahan teknik pelaksanaan aturan tanam paksa kepada kepala desa.
29-11/12-St. Laurensia

Kebijakan Raffles No. Ekonomi Sosial 1 memberlakukan sistem menghapus sistem sewa tanah dengan monopoli melakukan pemungutan pajak 2 mewajibkan petani menghapus sistem untuk membayar sewa perbudakan tanah dalam bentuk uang melakukan pemungutan pajak tanah untuk semua hasil penanaman sawah menghapus penyerahan wajib dan sistem kerja paksa

Budaya merintis pembangunan Kebun Raya Bogor menulis buku berjudul "The History of Java" menemukan jenis bunga Rafflesia Arnoldi di hutan pedalaman Bengkulu.

3

4

mengangkat para membagi Pulau Jawa Bupati menjadi menjadi 16 pegawai negeri untuk Karesidenan. memungut pajak tanah

Dampak Aturan Tanam Paksa No. Bagi Pemerintah Belanda 1 dapat mengatasi kesulitan keuangan 2 dapat melunasi utang 3 keuangan mengalami surplus 4 perusahaan Nederlandsche Handel Maatschappij (NHM) mendapatkan keuntungan berlimpah 25) Kelompok yang menyetujui tanam paksa adalah pegawai pemerintah dan perusahaan NHM. 26) Pihak yang menentang tanam paksa adalah kalangan agama, golongan menengah. 27) Masa liberalisme berlangsung pada saat adanya kebijakan Politik Pintu Terbuka pada tahun 1870-1900.

30-11/12-St. Laurensia

Dampak Aturan Tanam Paksa Bagi Rakyat Indonesia No. Positif Negatif 1 petani mengenal segala jenis lahan pertanian rakyat menjadi tanaman baru luar negeri tidak terurus. 2 petani mengetahui daerah untuk gagal panen pertanian rakyat jenis tanaman tertentu sehingga mengalai kerugian. 3 petani mengetahui cara mengolah timbul kelaparan, kemiskinan, tanah danmemelihara tanaman wabah penyakit, dan kematian ekspor 4 pasar internasional mengetahui hasil tanaman perdagangan Indonesia mental bangsa turun karena selalu tertekan

28) Pemerintah Belanda membatasi para pengusaha swasta dengan: a) Undang-Undang Agraria, semua tanah yang terdapat di Indonesia adalah milik pemerintah Belanda untuk melindungi petani agar tanag tidak jatuh ke tangan pengusaha. b) Undang-Undang Gula, hasil tanaman tebu tidak boleh diangkut ke luar wilayah Indonesia dan harus diproses di pabrik gula dalam negeri. 29) Pda tahun 1511, Portugis mendarat di Malaka dipimpin oleh Albuquerque. 30) Armada Portugis bisa dihancurkan oleh Falatehan (1527) dan mengganti nama Sunda Kelapa menjadi Jayakarta. 31) Perlawanan rakyat Aceh terhadap Portugis dipimpin oleh Sultan Iskandar Muda (1629). 32) Perlawanan rakyat Maluku melawan Portugis dipimpin oleh: a) Sultan Hairun (1570). b) Sultan Baabulah (1574). 33) Perlawan rakyat Mataram terhadap VOC ipimpin oleh: a) Tumenggung Bahurekso (1628). b) Dipatu Puger dan Dipati Purbaya (1629). c) Trunojoyo (1674). d) Untung Suropati (1686-1706). e) Pangeran Mangkubumi dan Mas Said (1749-1757). 34) Perlawanan Pangeran Mangkubumi dan Mas SAid diakhiri dengan Perjanjian Giyanti (1755) dan Perjanjian Salatiga (1757).
31-11/12-St. Laurensia

35) Perlawanan rakyat Banten terhadap VOC dipimpin oleh Abdul Fatah/ Sultan Ageng Tirtayasa. 36) Perlawanan Rakyat Makassar terhadap VOC dipimpin oleh Sultan Hasanuddin dan akhirnya kalah diakhiri dengan Perjanjian Bongaya (1667): a) VOC menguasai monopoli perdagangan di Sulawesi Selatan dan Tenggara. b) Makassar harus melepas selutuh daerah bawahannya. c) Aru Palaka dikukuhkan sebagai Raja Bone. d) Makassar harus menyerahkan seluruh bentengnya. e) Makassar harus membiayai perang dalam bentuk hasil bumi setiap tahun. 37) Perlawanan rakyat Ternate terhadap VOC dipimpin oleh: a) Kakiali (1635). b) Telukabesi(1646) c) Saidi (1650) 38) Perlawanan rakyat Tidore terhadap VOC dipimpin oleh Kaicil Nuku dan Sultan Nuku. 39) Perlawanan rakyat Maluku dipimpin oleh Kapitan Pattimura/ Thomas Mattulessy (Mei 1817) dibantu oleh: a) Anthony Rybok b) Paulus Tiahahu c) Martha Christina Tiahahu d) Latumahina e) Said Perintah f) Thomas Pattiwael. 40) Kapitan Pattimura ditangkap dan dihukum mati pada tanggal 16 Desember 1817. 41) Perang Padri adalah perang antara kaum adat dan kaum padri yang terjadi di tanah Mingkabau, Sumatera Barat. 42) Perlawanan rakyat Minangkabau melawan Belanda dipimpin oleh Tuanku Nan Cerdik dan Tuanku Imam Bonjol. 43) Perang Diponegoro terjadi di Jawa Tengah karena: a) Rakyat semakin menderita. b) Wilayah Kerajaan Mataram semakin sempit.
32-11/12-St. Laurensia

Belanda ikut campur dalam urusan pemerintahan kerajaan Mataram. Budaya barat yang bertentangan masuk ke dalam keraton. Kaum bangsawan kecewa akan aturan Van Der Capellen. Pejabat kerajaan Mataram yang membantu Belanda demi keuntungan pribadi. 44) Penyebab khusus perang Diponegoro adalah karena Belanda membangun jalan raya melintasi makam leluhur Pangeran Diponegoro tanpa izin. 45) Belanda melawan pasukan Diponegoro dengan menggunakan sistem Benteng Stelsel. 46) Perundingan antara Belanda dengan Pangeran Diponegoro diadakan pada tanggal 28 Maret 1830 di Magelang. 47) Pangerang Diponegoro ditangkap, dibawa ke Semarang dan diasingkan di Manado, dan meninggal di Makassar pada tanggal 8 januari 1855. 48) Perlawanan Rakyat Aceh terhadap Belanda terjadi karena adanya Traktat London yang merugikan Kerajaan Aceh. 49) Perlawanan rakyat Aceh terhadap Belanda dipimpin oleh Teuku Cik Di Tiro, Teuku Umar, panglima Polim, Cut Nyak Dien, Cut Meutia. 50) Pemerintah Belanda mengutus Dr. Snouck Hurgronje untuk menyelidiki perilaku rakyat Aceh. 51) Belanda menggunakan beberap strategi untuk mengalahkan Aceh: a) Menghancurkan dan menangkap seluruh pemimpin dan ulama. b) Membentuk pasukan gerak cepat. c) Semua pemimpin dan ulam menyatakan tunduk dan setia kepada Belanda. d) Setelah operasi militer, Belanda mengikuti kegiatan perdamaian dan perbaikan ekonomi rakyat. e) Bersikap lunak terhadap para bangsawan. 52) Perlawanan rakyat Bali terhadap Belanda karena semua raja Bali dipaksa untuk menandatangani perjanjian: a) Membebaskan Belanda dari Hukum Tawan Karang. b) Kerajaan Abli mengakui pemerintahan Belanda. c) Kerajaan Bali melindungi perdagangan pemerintahan Belanda. d) Semua raja Bali tunduk kepada perintah kolonial Belanda.
33-11/12-St. Laurensia

c) d) e) f)

53) Hak tawan karang adalah hak untuk menyita semua kapal yang terdampar di pantai wilayah Bali. 54) Belanda mengajukan tuntutan: a) Membebaskan Belanda dari Hukum Tawan Karang. b) Kerajaan Bali mengakui pemerintahan Belanda. c) Kerajaan Bali melindungi perdagangan pemerintahan Belanda. d) Semua raja Bali tunduk kepada perintah kolonial Belanda. 55) Belanda menyerang Bali Utara dan memaksa raja Buleleng untuk menandatangani perjanjian: a) Benteng kerajaan Buleleng akan dibongkar. b) Pasukan belanda ditempatkan di Buleleng. c) Biaya perang ditanggung raja Buleleng. 56) Pasukan Bali melakukan pernag puputan terhadap belanda yaitu perlawanan habis-habisan. 57) Perlawanan Rakyat Palembang terhadap Belanda dipimpin oleh Sultan Badaruddin. 58) Perlawanan Rakyat Banjarmasin terhadap Belanda dipimpin oleh Pangeran Antasari. 59) Banjarmasin memiliki potensi ekonomi yang sangat tinggi karena: a) Letaknya strategis b) Sumber kekayaan alamnya seperti emas, intan, batu bara, dan minyak bumi. 60) Perlawanan rakyat tapanuli melawan Belandadipimpin oleh Raja Sisingamangaraja XII. 61) Gerakan sosial yang muncul sebagai bentuk protes rakyat adalah: a) Gerakan prote petani b) Gerakan Ratu Adil c) Gerakan keagamaan 62) Raja Jayabay terkenal dengan ramalan-ramalannya yang dikumpulkan dalam Kitab berjudul Jangka Jayabaya.

34-11/12-St. Laurensia

63) Perilaku bangsa Eropa bertentangan dengan kepercayaan penduduk [ribumi seperti: a) Monopoli perdagangan. b) Perbudakan/ kerja rodi. c) Penjajahan/ merampas negeri. d) Tanam paksa dan penyimpangannya. e) Pemerasan/ penarikan pajak yng tidak sesuai kemampuan rakyat. f) Mabuk minuman keras dan gaya hidup mewah. 64) Penyebaran agama Katolik dilakukan oleh misionaris. 65) Penyebaran agama Kristen dilakukan oleh Zending. 66) Misionaris Portugis yang terkenal adalah Pater Fransiscus Xaverius dan Matteo Ricci. 67) Para zending membangun sekolah dan menerjemahkan Injil ke dalam bahasa yang dipahami masyarakat setempat. 68) Para zending Protestan adalah Ludwig Ingwer Nommensen, Sebastian Danckaarts, Andrian Hulseb, dan Hernius. 69) Penyebaran agama Islam dilakukan oleh pedagang dari Gujarat dan Persia. Bab 5. Pergerakan Kebangsaan Indonesia 1) Akibat kekuasaan kolonial Belanda atas bangsa Indonesia dalam Bidang Politik a) Memperlemah dan memperdaya bangsa Indonesia. b) Menghapus kekuasaan pribumi. c) Kerajaan dikuasai oleh Belanda d) Para bupati menjadi pegawai negeri yang digaji oleh Belanda. e) Jabatan bupati digunakan untuk menekan dan memeras rakyat 2) Akibat kekuasaan kolonial Belanda atas bangsa Indonesia dalam Bidang Ekonomi adalah banyak rakyat yang hidup miskin dan mati kelaparan. 3) Kekuasaan kolonial Belanda atas bangsa Indonesia dalam bidang sosial: a) Diskriminasi ras dan intimidasi. b) Bangsa Indonesia dibebani oleh kewajiban dan tidak diberikan hak. 4) Contoh budaya barat yang berlawanan dengan nilai kuhur bangsa adalah mabuk-mabukan, pergaulan bebas, pemerasan, dan penindasan.
35-11/12-St. Laurensia

5) Para tokoh Belanda yang memberi kritik tajam atas pelaksanaan aturan tanam paksa adalah: a) Van Deventer d) Baron Van Hoevell b) Edwar Douwes Dekker e) C. Th. Van Deventer c) Isaac Fransen Van de Putte. 6) Program peningkatan kesejahteraan rakyat terkenal dengan nama Trias Politica Van Deventer: a) Irigasi/ pengarian b) Emigrasi/ perpindahan penduduk c) Edukasi/ pendidikan 7) Edward Douwes Dekker menulis buku berjudul Max Havelaar. Berisi tentang penderitaan penduduk Pulau Jawa akibat sistem tanam paksa. 8) Isaac Fransen Van de Putte menulis buku berjudul Regulation of Sugar Contracts in Java. 9) C. Th. Van Deventer menulis artikel dalam Majalah Gids dengan judul Eel Eerschuld yang berarti utang budi. 10) Karakteristik pergerakan nasional adalah: a) Bersifat kebangsaan. b) Organisasi bersifat demokratis dan tidak bergantung pada seorang pemimpin. c) Organisasi modern yang terprogram secara rinci, teratur, dan tujuan jelas. d) Wujud perjuangan berupa gerakan sosial, ekonomi, pendidikan, budaya, dan politik untuk mencapai kemerdekaan. 11) Perangan golongan terpelajar dalam mengembangkan kesadaran nasional Indonesia adalah dibentuknya organisasi Budi Utomo pada tanggal 20 Mei 1905. 12) Peranan tokoh masyarakat dalam mengembangkan kesadaran nasional Indonesia adalah perkembangan pendidikan dan pengajaran dalam masyarakat. 13) Peranan pers dalam mengembangkan kesadaran nasional Indonesia adalah penerbitan dan pemberitaan massal melalui media cetak dengan memuat

36-11/12-St. Laurensia

pendapat, pemikiran, data-data, dan menyebarkan propaganda di masyarakat. 14) Kongres Pemuda Indonesia pada tanggal 26-28 Oktober 1928 menghasilkan Sumpah Pemuda yang berisi: a) Kami putra dan putri Indonesia, mengakui bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia. b) Kami putra dan putri Indonesia, mengakui bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia. c) Kami putra dan putri Indonesia, mengakui bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia. Organisasi Pergerakan Nasional. 15) Budi Utomo a) Didirikan pada tanggal 20 Mei 1908 b) Oleh dr. Wahidin Sudirohusodo dan Sutomo c) Ketua organisasi, R. T. Ario Tirtokusumo d) Keputusan dalam Kongers Budi Utomo I:  Budi Utomo tidak mengadakan kegiatan politik.  Kegiatan dalam bidang pendidikan dan budaya.  Ruang gerak terbatas di Jawa dan Madura. 16) Sarekat Islam (SI) a) Semula bernama Sarekat Dagam Islam (SDI)  Didirikan di Jakarta oleh R. M. Tirtoadisuryo.  Tujuan SI adalah:  Hidup menurut ajaran agama Islam  Mengembangkan jiwa dagang pribumi.  Memperbaiki pendapat yang keliru mengenai ajaran agama Islam.  Membantu anggota yang kesulitan.  Memajukan pengajaran dan mempercepat naiknya derajat rakyat. 17) Indische Partij (Partai Hindia) a) Didirikan oleh Tiga Serangkai:  Douwes Dekker  Suwardi Suryaningrat (Ki Hajar Dewantara)  Cipto Manunkusumo
37-11/12-St. Laurensia

b) Di Bandung, tanggal 25 Desember 1912. c) Tujuan: menyatukan semua golongan masyarakat Indonesia dalam semangat nasionalisme menuju Indonesia merdeka. 18) Muhammadiyah a) Didirkan oleh KH. Ahmad Dahlan. b) Tanggal 18 November 1912 di Yogyakarta. 19) Nahdlatul Ulama a) Didirikan oleh KH. Hasyim Asyari. b) Tanggal 31 Januari 1926 di Yogyakarta. Organisasi Masa Radikal 20) Karakteristik organisasi masa radikal adalah: a) Mendorong semangat kebangsaan dan persatuan di kalangan rakyat. b) Menuntut Belanda agar memberi kebebasan bergerak. c) Mengecam tindakan sewenang-wenang pemerintah Belanda. 21) Perhimpunan Indonesia a) Didirikan di Belanda pada tahun 1908 oleh beberapa mahasiswa Indonesia. b) Tujuan : untuk mencapai Indonesia merdeka. c) Turut menghadiri Kongres Liga Internasional di Paris, Perancis. 22) Partai Komunis Indonesia (PKI) a) Didirikan oleh Semaun di Semarang pada tanggak 23 Mei 1920. b) Tujuan : menyebarkan paham komunis ke seluruh dunia. 23) Partai Nasional Indonesia (PNI) a) Didirikan oleh Ir. Soekarno di Bandung pada tanggal 4 Juli 1927. b) Tujuan : mencapai Indonesia merdeka. c) PNI pecah menjadi:  Partai Indonesia (Partindo) dipimpin oleh Sartono.  PNI Baru dipimpin oleh Drs. Moh. Hatta bersama Sutan Syahrir. 24) Gabungan Politik Indonesia a) Didirikan di Jakarta pada tahun 1939 oleh:  MuhammadHusni Thamrin  Abikusno Cokro Suyoso  Amir Syarifuddin
38-11/12-St. Laurensia

25) Perkumpulan Pemuda Kedaerahan. a) Pasundan  Didirikan di Batavia tahun 1914. b) Sarekat Sumatera  Didirikan oleh orang Sumatera yang ada di Batavia pada tahun 1918. c) Kaum Betawi  Didirikan di Batavia pada tahun 1923. 26) Organisasi Pemuda Kedaerahan. a) Trikoro Dharmo (Jong Java)  Didirikan di Batavia tahun 1915 oleh:  Satiman Wiryosanjoyo  Sunardi (Wongsonegoro)  Kadarman  Tujuan :  Kemajuan anak-anak sekolah menengah yang berasal dari Pulau Jawa dan Madura.  Menambah pengetahuan umum.  Mempererat hubungan antarpelajar Bumiputera.  Memperkukuh rasa persatuan dan kesatuan.  Membangkitkan dan mempertajam perasaan untuk segala bahasa dan budaya Hindia. b) Jong Minahasa dan Jong Celebes  Didirikan oleh Ratulangi pada tahun 1917. c) Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia  Didirikan di Jakarta pada tahun 1926 oleh:  Sugondo Joyopuspito  Sunarko  Abdullah Sigit  A. K. Ghani  Muhammad Yamin  Amir Syarifuddin  Tujuan : untuk menggalang persatuan seluruh organisasi pemuda dalam melawan penjajah. d) Pemuda Indonesia  Didirikan di Bandung pada tahun 1926 oleh:  Sugiono  Muhammad Tamsil
39-11/12-St. Laurensia

 Subagio  Sumario  Reksodiputro  Sartono  Assad  Tujuan : untuk memperkuat dan memperluas ide kesatuan nasional Indonesia. 27) Kongres Pemuda I pada tanggal 30 April-2 Mei 1926 di Jakarta dengan tujuan untuk memajukan paham persatuan bangsa dan mempererat hubungan antara semua perkumpulan pemuda bangsa. 28) Kongres Pemuda II pada tanggal 26-28 Oktober 9128 di Jakarta. a) Ketua : Soegondo Djojopuspito b) Sekretaris : Muhammad Yamin c) Bendahara : Amir Syarifuddin 29) Hasil keputusan kongres pemuda II: a) Menerima lagu Indonesia Raya ciptaan W. R. Supratman sebagai lagu kebangsaan. b) Menerima sang Merah Putih sebagai bendera Indonesia. c) Melebur semua organisasi pemuda menjadi satu. d) Diikrarkan Sumpah Pemuda oleh semua wakil pemuda yang hadir. 30) Organisasi pergerakn perempuan dirintis oleh Raden Ajeng Kartini. Organisasi Kaum Perempuan 31) Kautamaan Istri a) Didirikan di Bandung pada tahun 1904 oleh Dewi Sartika. b) Tujuan : Mengajarkan anak gadis agar mampu membaca, menulis, berhitung, dan memiliki keterampilan berumah tangga. 32) Kartinifonds a) Didirikan oleh sepasang suami istri C. Th. Van Deventer. b) Tujuan : untuk mendirikan dan mengembangkan Sekolah Kartini di Semarang, Jakarta, Malang, Madiun, dan Bogor. 33) Aisyiah a) Didirikan di Yogyakarta tahun 1917. b) Tujuan : untuk meningkatkan pendidikan keagamaan dan menanamkan rasa kebangsaan bagi kaum perempuan.
40-11/12-St. Laurensia

34) Kongres Perempuan Indonesia I pada tanggal 22-28 Desember 1928 di Yogyakarta. 35) Karakteristik organisasi masa moderat: a) Mengirimkan wakilnya dalam Dewan Perwakilan Rakyat untuk memperjuangkan kepentingan rakyat. b) Mengusahakan kesejahteraan rakyat di bidang ekonomi dan sosial. 36) Beberapa kegiatan Parindra: a) Memberikan pendidikan kepada rakyat. b) Menggalang persatuan dan kesatuan bangsa. c) Meningkatkan kesejahteraan rakyat di bidang ekonomi dan sosial. Partai Masa Moderat 37) Partai Indonesia Raya didirikan di Surabaya pada tanggal 26 Desember 1935 oleh dr. Sutomo. a) Tujuan : membentuk Indonesia mulia yaitu merdeka, sejahtera, dan bahagia. 38) Gerakan Rakyat Indonesia (Gerindo) didirikan di Jakarta pada tanggal 24 Mei 1937, diketuai oleh A. K. Ghani. Bab 6. Penyimpangan Sosial, Dampak, dan Upaya Pencegahannya 1) Penyimpangan Sosial adalah perilaku yang menyimpang dari norma serta nilai sosial keluarga dan masyarakat penyebab pudarnya ikatan/ solidaritas kelompok. 2) Penyimpangan sosial dibedakan menjadi: a) Ritualisme adalah dapat terjadi bila warga masyarakat masih memegang teguh norma yang berlaku. b) Retreatisme adalah terjadi bila masyarakat menolak norma dan nilai sosial yang ada tanpa mencari ganti/ solusi. c) Rebellion adalah bila warga masyarakat menolak norma dan nilai sosial dan ingin menggantinya dengan yang baru. d) Inovasi adalah bila warga masyarakat tidak menyetujui norma yang berlaku diganti dengan yang baru namun tetap menerima nilai sosial budaya dalam masyarakat. 3) Tiga bentuk pelaku penyimpangan sosial:
41-IPS 8 SM 1- BAB 6-11/12

a) Penyimpangan individual adalah penyimpangan yang dilakukan seseorang yang menentang/ menolak nilai dan norma sosial yang berlaku dalam kehidupan masyarakat. b) Penyimpangan kelompok adalah penyimpangan dilakukan lebih dari satu orang bertentangan dengan nilai sosial dan norma yang berlaku dalam kehidupan masyarakat. c) Penyimpangan campuran adalah penyimpangan yang dilakukan oleh seseorang dan mampu mempengaruhi orang lain secara bersama-sama untuk menentang nilai dan norma sosial dalam kehidupan masyarakat. 4) Menurut sifatnya, ada 2 macam peilaku penyimpangan sosial: a) Penyimpangan primer adalah penyimpangan sosial bersifat sementara dan orang yang melakukannya masih bisa diterima dalam masyarakat.  Seorang pengendara kendaraan bermotor yang baru pertama kali melanggar rambu lalu lintas. b) Penyimpangan sekunder adalah penyimpangan yang dilakukan oleh seseorang secara berulang-ulang dan akibatnya cukup parah dan mengganggu serta meresahkan orang lain.  Saat menyeberangi jalan, tidak melalui jembatan penyeberangan. 5) Bentuk penyimpangan/ penyakit sosial: a) Kejahatan e) Alkoholisme b) Hubungan seksual di luar nikah f) Perkelahian antarpelajar c) Penyalahgunaan narkoba g) Gaya hidup tak wajar d) HIV/ AIDS 6) Kejahatan dibedakan menjadi: a) Kejahatan manusia terhadap sesamanya  Pembunuhan  Penipuan  Pemerkosaan  Korupsi b) Pelanggaran terhadap undang-undang/peratuan pemerintah.  Sabotase  Kudeta  Pemberontakan
42-IPS 8 SM 1- BAB 6-11/12

 Separatis 7) Homoseksual adalah hubungan seksual yang dilakukan oleh sesama jenis yaitu laki-laki dengan laki-laki. 8) Lesbian adalah hubungan seksual sesama jenis yaitu perempuan dengan perempuan. 9) PSK/ pekerja seks komersil adalah bentuk lain perzinahan seperti pelacur. 10) Akibat negatif dari hubungan seks di luar nikah adalah a) Tertular penyakit AIDS yang mematikan. b) Tidak dihormati dalam masyarakat. c) Menodai nama keluarga. 11) Narkoba singkatan dari narkotika, psikotropika, dan bahan adiktif lainnya seperti zat alami/ sintetis. 12) Penyalahgunaan narkoba adalah penggunaan narkoba bukan untuk tujuan pengobatan, tanpa resp, dan tanpa pengawasan dokter. 13) Akibat negatif penyalahgunaan narkoba adalah: a) Menimbulkan berbagai penyakit. b) Halusinasi/ ilusi yang dianggap nyata. c) Menimbulkan tindakan kriminal. d) Menimbulkan infeksi akibat jarum suntik yang tidak steril. e) Terinfeksi HIV/ AIDS. 14) HIV adalah virus yang membunuh sel darah putih dalam tubuh. 15) AIDS adalah gejala penyakit yang timbul karena kekebalan tubuh menurun. 16) Hari AIDS seduai adalah pada tanggal 1 Desember. 17) Penularan HIV/ AIDS melalui: a) Donor darah/ tranfusi darah. b) Pencangkokan organ/ jaringan tubuh. c) Berganti-ganti pasangan. d) Berhubungan seksual dengan penderita. e) Penggunaan jarum suntik yang tidak steril. 18) Tanda seseorang terkena AIDS adalah: a) Sering terkena flu/ batuk berkepanjangan. b) Demam tinggi dan diare yang berkepanjangan. c) Berat badan turun dalam waktu singkat.
43- 11/12-St. Laurensia

d) Daya tahan tubuh menurun. 19) Akibat alkoholisme adalah: a) Malas bekerja. b) Merusak kesehatan fisik dan psikis. c) Mengganggu ketentraman masyarakat. 20) Kerugian dari perkelahian antarpelajar adalah: a) Kondisi sekolah menjadi tidak kondusif. b) Rasa tidak aman karena ancaman dari luar. c) Belajar menjadi tidak nyaman. d) Perasaan dendam. e) Cacat fisik dan kehilangan nyawa. 21) Perilaku dapat dibedakan menjad 3 aspek yaitu: a) Aspek kognitif, pemahaman tentang objek sikap. b) Aspek afektif, dipengaruhi nilai dan dapat bersifat subjektif. c) Aspek psikomotorik, mendorong seseorang untuk bertindak terhadap objek tertentu. 22) Beberapa indikator untuk pengembangan sikap empati terhadap pelaku penyimpangan sosial. a) Memperkuat iman dan takwa kepada Tuhan Yang maha Esa. b) Memberi pemahaman ketertiban. c) Meningkatkan kesadaran HAM. d) Bertanggung jawab. e) Membiasakan berperilaku baik. f) Meningkatkan harga diri. 23) Dampak perilaku penyimpangan sosial: a) Dampak psikologis : Penderitaan kejiwaan terhadap pelaku.  Dikucilkan dalam masyarakat. b) Dampak sosial  Mengganggu keamanan dan ketertiban sosial.  Menimbulkan beban sosial, psikologis, ekonomi.  Menghancurkan masa depan. c) Dampak moral  Mencelakakan diri sendiri dan orang lain.
44- 11/12-St. Laurensia

 Merusak akal sehat  Merusak iman dan takwa kepada Tuhan yang Maha Esa. d) Dampak budaya  Mencemari nilai budaya bangsa.  Merusak tatanan nilai, norma, dan moral masyarakat.  Merusak lembaga masyarakat dan unsur-unsur lain dalam masyarakat. 24) Upaya pencegahan perilaku penyimpangan sosial: a) Peran sekolah  Memperhatikan tingkah laku siswa.  Melakukan razia.  Memberi tugas-tugas sekolah. b) Peran orang tua.  Meningkatkan iman dan takwa.  Memberi perhatian dan kasih sayang.  Menciptakan keluarga yang harmonis.  Mengenali dan memperhatikan pergaulan anak.  Menyalurkan hobi dan bakat anak secara positif.  Menanamkan rasa tanggung jawab dan percaya diri. c) Peran tokoh agamaa dan masyarakat.  Memberi pendidikan, pengetahuan, dan nasihat.  Mengisi waktu luang anak dengan kegiatan positif.  Mengembangkan nilai moral, agama, dan adat istiadat dalam masyarakat. Bab 7. Kelangkaan Sumber Daya dan Kebutuhan Manusia 1) Permasalahan ekonomi adalah upaya manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup yang banyak dan beraneka ragam tapi sumber daya terbatas. 2) Faktor penyebab kelangkaan adalah: a) Keterbatasan sumber daya alam. b) Keterbatasan kemampuan manusia dalam mengolah SDA. c) Keserakahan manusia. d) Peningkatan jumlah manusia dan kebutuhannya. 3) Sumber daya alam dibedakan menjadi:
45- 11/12-St. Laurensia

4)

5) 6) 7) 8)

a) Sumber daya alam yang dapat diperbarui.  Hewan ternak  Pembibitan tanaman b) Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.  Sumber daya alam yang dibentuk dalam proses yang lama sehingga penggunaanya harus efisien dan hati-hati. Sumber daya alam yang juga pentung dan perlu diperhatikan adalah: a) Tanah, dimanfaatkan untuk:  Tempat tinggal.  Lahan pertanian, perkebunan, dan hutan. b) Air, dimanfaatkan untuk: c) Udara d) Hutan, dimanfaatkan untuk:  Sumber oksigen  Resapan air  Objek wisata  Pencegah longsor dan banjir Sumber daya modal adalah barang yang dapat digunakan untuk menghasilkan barang lain seperti uang, bahan mentah, mesin, dll. Sumber daya pengusaha adalah seseorang yang menyatukan ketiga sumber daya (alam, modal, manusia/ tenaga kerja). Orang yang memiliki kemampuan untuk menyatukan sumber daya yang ada adalah orang yang memiliki kepandaian dan modal. Jumlah dan keragaman kebutuhan manusia dipengaruhi oleh: a) Perkembangan zaman. b) Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. c) Tingkat perekonomian. d) Keadaan tempat. e) Waktu pemenuhan. f) Tingkat pendidikan. g) Agama/ kepercayaan.

46- 11/12-St. Laurensia

Macam-macam kebutuhan 9) Menurut tingkat intensitas/ kepentingan. a) Kebutuhan primer adalah kebutuhan pokok yang sangat penting dan harus dipenuhi agar kelangsungan hidup tidak terganggu.  Pakaian, rumah, makanan, minuman. b) Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan tambahan setelah kebutuhan primer terpenuhi.  Jam tangan, pendidika, buku tulis, tas, dll. c) Kebutuhan tersier adalah kebutuhan yang dapat dipenuhi setelah kebutuhan primer dan sekunder/ kebutuhan akan barang mewah.  Mobil, perhiasan. 10) Menurut sifat a) Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan fisik/ raga manusia.  Olahraga, makanan, minuman, pakaian. b) Kebutuhan rohani adalah kebutuhan akan berbagai hal spiritual, intelektual, mental, dan moral.  Pendidikan agama, rekreasi, beribadah, dll. 11) Menurut waktu a) Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang harus dipenuhi sekarang juga dan tidak dapat ditunda, bersifat sangat mendesak.  Payung saat hujan, obat saat sakit. b) Kebutuhan yang akan datang adalah kebutuhan yang dapat ditunda sementara waktu dan bersifat jangka panjang/ dibutuhkan sewaktuwaktu.  Asuransi, tabungan, deposito, dll. 12) Kebutuhan menurut subjek a) Kebutuhan individu/ perorangan adalah kebutuhan yang hanya bermanfaat untuk diri sendiri.  Sepatu, pakaian, buku tulis, dll. b) Kebutuhan sosial/ kelompok adalah kebutuhan yang digunakan untuk kepentingan bersama/ objektif.  Jalan raya, jembatan penyeberangan, rumah sakit, pasar, kendaraan umum.
47- 11/12-St. Laurensia

Macam-macam alat pemenuh kebutuhan manusia 13) Menurut kelangkaan a) Barang ekonomi adalah alat pemenuh kebutuhan yang jumlahnya terbatas dan untuk memperolehnya dibutuhkan pengorbanan uang/ tenaga.  Baju, buku tulis, pensil, tas,sepatu, dll. b) Barang bebas adalah alat pemenuh kebutuhan yang jumlahnya tidak terbatas dan tidak dibutuhkan pengorbanan untuk memperolehnya.  Sinar matahari, udara, dll. 14) Menurut hubungan dengan barang lain a) Barang substitusi/ pengganti adalah alat pemenuh kebutuhan yang dapat mengganti barang lainnya dimana keduanya memiliki kegunaan yang sama.  Payung diganti dengan jas hujan, pensil diganti dengan pena. b) Barang komplementer/ pelengkap adalah alat pemenuh kebutuhan akan dapat digunakan jika dilengkapi dengan barang lain.  Buku dengan pensil 15) Menurut wujud a) Barang abstrak/ tidak berwujud adalah alat pemenuh kebutuhan yang tidak dapat dilihat/ diraba tetapi dapat dirasakan manfaatnya  Baju dibuat dengan jasa penjahit. b) Barang konkret/ nyata adalah alat pemenuh kebutuhan yang dapat dilihat, diraba, dan dirasakan oleh panca indera.  Makanan, minuman, pakaian, sepatu, tas sekolah, dll. 16) Menurut tujuan penggunaan a) Barang konsumsi adalah barang yang dapat lansung dikonsumsi/ dimanfaatkan oleh konsumen b) Barang produksi adalah batang yang digunakan untuk memproduksi barang lain  Pabrik, perlatan, mesin. 17) Menurut kualitas a) Barang superior adalah batang yang berkualitas tinggi  Baju yang dijual di butik/ barang bergaransi.
48- 11/12-St. Laurensia

b) Barang inferior adalah barang yang kualitasnya kurang baik  Barang yang dijual pedagang kaki lima. 18) Menurut proses pembuatan a) Barang mentah/ bahan baku adalah batang yang belum diolah lebih dahulu.  Kayu, hasil pertanian, hasil perkebunan, barang tambang. b) Barang setengah jadi adalah barang yang masih perlu proses pengolahan lebih lanjut  Kulit untuk jaket kulit, kelapa sawit untuk minyak goreng, dll. c) Barang jadi adalah barang yang sudah siap dikonsumsi.  Pakaian, sepatu, meja, dll. 19) Skala prioritas adalah urutan kebutuhan pribadi/ kelompok yang disesuaikan dengan tingkat kepentingan dan penghasilan. 20) Dalam menyusun skala prioritas, seseorang perlu melakukan tindakan rasional yaitu menyesuaikan antara penghasilan dengan barang dan jasa yang dibutuhkan. Bab 8. Pelaku Ekonomi 1) Pelaku Ekonomi di Indonesia adalah: a) Rumah tangga keluarga dan masyarakat:  Bekerja sendiri  Bekerja untuk pihak lain  Bekerja sama dengan pihak lain. b) Perusahaan swasta dan negara c) Perusahaan daerah/ Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). d) Koperasi. 2) Pemerintah perlu ikut serta dalam kegiatan ekonomi karena pemerintah memiliki pernanan:  Pembuat dan pelaksana aturan.  Penjamin persaingan yang sehat.  Penyedia barang publik.

49- 11/12-St. Laurensia

3) Rumah tangga keluarga dan masyarakat: a) Sebagai pelaku konsumsi, bertindak sebagai konsumen yang membeli dan menggunakan brang kebutuhan sehari-hari. b) Sebagai pelaku produksi, menyediakan faktor produksi seperti tanah dan tenaga kerja. 4) Perusahaan: a) Sebagai pelaku konsumsi, menggunakan bahan baku dan tenaga kerja. b) Sebagai pelaku produksi, menhasilkan barang dan jasa untuk memperoleh laba. 5) Perusahaan dibedakan menjadi: a) Perusahaan swasta/ Bdan Usaha Milik Swasta (BUMS). b) Perusahaan negara/ Badan usaha Milik Negara (BUMN). 6) Tujuan utama BUMS adalah mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. 7) Kegiatan BUMS adalah: a) Sebagai pelaku produksi, melakukan proses pengolahan bahan baku menjadi barang setengah jadi/ barang jadi. b) Sebagai pelaku distribusi, melakukan poses penyampaian hasil produksi kepada konsumen. c) Sebagai pelaku konsumsi, membayar, menyewa, atau membeli bahan baku, tenaga kerja, mesin, gedung, dll. Untuk proses produksi. 8) Peranan strategis BUMS: a) Sebagai mitra usaha pemerintah/ koperasi dalam penyediaan kebutuhan barang/ jasa yang dibutuhkan masyarakat. b) Membantu pemerintah menggali potensi ekonomi yang belum dapat dilakukan pemerintah. c) Membantu perekonomian nasional. d) Menambah pendpatan negara melalui pajak. e) Membuka lapangan kerja. 9) BUMN adalah badan usaha yang sebagian/ seluruh kepemilikannya dimiliki oleh NKRI. 10) 3 macam perusahaan negara: a) Perusahaan jawatan, selutuh modalnya berasal dari anggaran negara dan kegiatannya menyangkut kepentingan umum.
50- 11/12-St. Laurensia

 RRI (Radio Rapublik Indonesia), RS. Cipto mangunkusumo, dll. b) Perusahaan Umum, perusahaan yang sebagian besar modalnya berasal dari saham pemerintah dan dikelola untuk kepentingan umum.  Perum Pengembangan Perumahan Nasional, Perum Bulog, Perum Jasa Tirta, dll. c) Perseroan Terbatas (PT), perusahaan dengan modal pemerintah yang dikelola sama seperti perusahaan swasta.  PT. Bank BNI Tbk, PT. Aneka Tambang Tbk, PT. Indo Farma Tbk. 11) Ciri-ciri BUMN: a) Pemerintah memegang hak kekayaan dan usaha. b) Pemerintah berledudukan sebagai pemegang saham mayoritas. c) Pemerintah berwenang dan berkuasa menetapkan kebijakan perusahaan. d) Menerima pengawasan oleh alat pelengkap negara yang berwenang. e) Melayani kepentingan umum. f) Sebagai stabilitator ekonomi dalam mancapai kesejahteraan rakyat. g) Sumber pemasukan negara. h) Seluruh/ sebagaian modal milik negara. i) Modal berupa saham/ boligasi untuk perusahaan go public. j) Menghimpun dana dari pihak lain seperti bank/nonbank. k) Direksi bertanggung jawab penuh atas BUMN dan menjadi perwakilan di pengadilan. 12) Tujuan pendirian BUMN: a) Memberi sumbangan perkembangan ekonomi negara (umum) dan penerimaan neegara (khusus). b) Memupuk keuntungan/ pendapatan. c) Menyelenggarakan kemanfaatan umumberupa barang dan jasabermutu untuk memenuhi kebutuhan orang banyak. d) Menjadi perintis usaha yang belum ada. e) Menyelenggarakan usaha bersifat melengkapi kegiatan swasta dan koperasi. f) Aktif memberi bimbingan kepada sektor swasta. g) Melaksanakan dan menunjang pelaksanaan program pemerintah.

51- 11/12-St. Laurensia

13) 3 jenis pendirian perusahaan daerah: a) Didirikan secara langsung oleh pemerintah daerah setempat dengan modal yang berasal dari kekayaan daerah. b) Berasal dari eks-nasionalisasi perusahaan Belanda. c) Eks-perusahaan negara. 14) Menurut kegiatan usahanya, perusahaan daerah dapat dibedakan menjadi: a) Bidang pelayanan umum. b) Bidang yang dianggap vital bagi kemanfaatan umum. c) Bidang usaha komersial yang terbuka bagi usaha wisata. 15) Koperasi adalah usaha bersama berdasarkan asa kekeluargaan. 16) Fungsi dan peran koperasi: a) Membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota (khusus) dan masyarakat (umum). b) Berperan aktif dalam mempertinggi kualitas kehidupan manusia dan masyarakat. c) Sebagai sosko guru untuk memperkokoh ekonomi rakyat. d) Mewujudkan dan mengembangkan perkeonomian nasional berdasarkan asaas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi. 17) Prisnsip Koperasi Indonesia: a) Keanggotaan bersifat terbuka dan sukarela. b) Pengelolaan secara demokratis. c) Pembagian sisa hasil usaha secara adil dan sebanding dengan besarnya jasa usaha masing-masing anggota. d) Pemberian balas jasa yang terbatas pada modal. e) Bersifat mandiri. 18) Perangkat koperasi: a) Rapat anggota, kekuasaan tertinggi dalam koperasi. b) Pengurus, pelaksana dan pemegang kuasa rapat anggota yang dipilih oleh dan dari anggota koperasi dengan masa jabatan 5 tahun. c) Pengawas, pengawas pelaksanaan kegiatan koperasi.

52- 11/12-St. Laurensia

19) Modal koperasi: a) Modal sendiri:  Simpanan pokok, simpanan anggota yang dibayarkan sekali selama menjadi anggota dengan jumlah yang telah ditetapkan.  Simpanan wajib, simpanan anggota yang dibayar dalam waktu tertentu secara rutin dalam jumlah tertentu.  Simpanan sukarela, simpanan anggota dengan jumlah yang tidak sama dilaksanakan sewaktu-waktu.  Dana cadangan, dana penyisihan SHU yang tidak dibagikan kepada anggota.  Hibah, bantuandari pihak ketiga yang sifatnya tidak mengikat. b) Modal pinjaman:  Koperasi lain.  Bank/ lembaga keuangan.  Pinjaman anggota. Bab 9. Pasar 1) Pasar adalah: a) Tempat terjadinya jual-beli barang/ jasa (umum). b) Tempat pertemuan penawaran dan permintaan yang melahirkan transaksi ekonomi dan membentuk kesepakatan harga/ harga pasar (ekonomi). 2) Ciri-ciri pasar adalah: a) Adanya tempat untuk bertransaksi. b) Adanya penjual dan pembeli. c) Adanya transaksi jual-beli. d) Adanya barang dan jasa yang diperjualbelikan. e) Terbentuknya harga. 3) Fungsi pasar: a) Sarana distribusi. b) Pembentuk harga. c) Sarana promosi. d) Penyerap tenaga kerja.
53- 11/12-St. Laurensia

e) Sumber penghasilan. 4) Bentuk-bentuk pasar: a) Berdasarkan sistem pelayanan dan kelengkapan pasar:  Pasar tradisional:  Penjual dan pembeli bertemu langsung.  Berupa kios-kios/ emperan.  Menjual barang kebutuhan sehari-hari.  Kondisi pasar biasanya kotor, panas, dan berbau.  Bisa dilakukan tawar-menawar harga.  Membayar langsung kepada penjual.  Pasar modern:  Penjual dan pembeli tidak bertemu langsung.  Menjual barang kebutuhan sehar-hari dan sifatnya tahan lama.  Kondisi pasar, bersih, teratur, dan biasanya sejuk.  Tidak dilakukan tawar-menawar harga.  Membayar pada kasir di kassa. b) Berdasarkan fisik pasar:  Pasar konkret, pasar yang penjual dan pembelinya bertemu secara langsung.  Pasar abstrak, pasar yang penjual dan pembeli bertemu secara langsung/ tidak langsung dan barang yang diperdagangkan tidak tersedia di tempat transaksi hanya berupa contoh barang. c) Berdasarkan waktu penyelenggaraan pasar:  Pasar harian, dilakukan setiap hari.  Pasar mingguan, dilakukan seminggu sekali.  pasar senin, pasar jumar, pasar minggu-pasar pon, pasar wage (Jawa).  Pasar bulanan, dilakukan sebulan sekali.  Pasar hewan, pasar barang seni.  Pasar tahunan, silakukan setiap setahun sekali.  Pekan Raya Jakarta, pasar Ramadhan, pasar malam sekaten di Yogyakarta.
54- 11/12-St. Laurensia

d) Berdasarkan bentuk dan struktur pasar:  Pasar persaingan sempurna:  Banyak penjual dan pembeli.  Tidak dapat saling mempengaruhi harga.  Barang homogen.  Pembeli dan penjual memiliki informasi keadaan pasar.  Faktor produksi mudah dibagi dan dipindahkan.  Pemerintah tidak ikut campur dalam pembentukan harga.  Pasar persaingan tidak sempurna:  Hanya terdapat satu/ sedikit penjual dan banyak pembeli.  Penjual menentukan harga.  Barang heterogen. e) Berdasarkan luas daerah pemasaran:  Pasar lokal/ setempat, pasar padasuatu daerah kecildan diselenggarakan oleh masyarakat setempat.  Pasar daerah, pasar di suatu wilayah tertentu seperti kecamatan, kabupaten/ kota, dan provinsi.  Pasar nasional, pasar menyediakan kebutuhan masyarakat nasional.  Pasar internasional,pasar menyediakan kebutuhan masyarakat dunia. f) Berdasarkan barangyang diperjualbelikan di pasar.  Pasar barang konsumsi, menjual barang yang dapat langsung digunakan untuk memenuhi kebutuhan.  Pasar sembako, pasar buah-buahan.  Pasar barang produksi, menjual barang faktor produksi  Pasar tenaga kerja, pasar mesin pabrik. 5) Pasar persaingan tidak sempurna terbagi menjadi: a) Pasar monopoli:  Penjual disebut monopolis.  Produk yang dijual sangat unik, memiliki corak tersendiri, dan tak mungkin digantikan dengan barang lain.  Dikendalikan harga barang dan jasa yang dijual oleh penjual.  Tidak bergantung keperluan promosi barang/ jasayang ditawarkan.
55- 11/12-St. Laurensia

b) Pasar monopsoni:  Penjual berusaha memberi harga serendah mungkin/ bonus agar pembeli tertarik untuk membeli. c) Pasar monopolitis:  Terdapat pembeli dan penjual dalam jumlah besar.  Beragam jenis, kualitas, dan promosi barang/ jasa.  Kendali produsen dalam mempengaruhi harga terbatas.  Terjadi persaingan antarpedagang.  Pembeli bebas memilih barang.  Penjual bersaing melakukan promosi. d) Pasar oligopoli:  Terdapat beberapa penjual saja yang memproduksi barang dan jasa.  Barang/ jasa yang ditawarkan bersifat homogen.  Terdapat suatu industri/ produsen yang lebih sanggih.  Adanya penyatuan beberapa produsen besar.  Adanya ketergantungan antarprodusen yang bergabung.  Adanya persaingan produsen di pasar dalam promosi barang/ jasa. 6) Dampak buruk pasar monopoli: a) Pembeli dirugikan. b) Tidak ada efisiensi yang paling ekonomis dan manfaat bagi orang banyak. c) Hanya menguntungkan penjual. 7) Peranan pasar untuk produsen: a) Memperkenalkan barang/ promosi. b) Menjual hasil produksi. c) Memperoleh faktor produksi. 8) Peranan pasar untuk konsumen adalah memudahkan untuk mendapatkan barang/ jasa. 9) Peranan pasar untuk Sumber Daya Manusia adalah membuka peluang untuk memperoleh pekerjaan dan berwiraswasta. 10) Peranan pasar untuk pembangunan: a) Meningkatkan kesejahteraan masyarakat. b) Meningkatkan pemasukan negara dalam bentuk pajak dan retribusi.
56- 11/12-St. Laurensia

11) Peran pemerintah dalam kegiatan ekonomi: a) Membentuk Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU). b) Penyesuaian penetaoan tarif/ harga barang strategis  BBM, telepon, listrik, air minum, gas, dll. c) Penetapan kebijakn ekspor impor barang/ jasa. d) Pemberian subsidi kepada produsen. e) Penerapan operasi pasar barang kebutuhan pokok dan menyangkut hajat hidup orang banyk.  Beras, gula, telur, dll. f) Penetapan kebijakan moneter dengan mengawasi peredaran uang dan barang. g) Penentuan tarif/ harga dasar minimum dan maksimum barang kebutuhan pokok.

57- 11/12-St. Laurensia

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful