You are on page 1of 4

URORADIOLOGI Pertama, kita harus tau dulu anatomi dari uroradiologi. Ginjal Apa ada aja coba organnya?

yang Ginjal, ureter, dan vesica urinaria, uretra. bagian-bagian punya arti penting di radiologi. Yang harus diketahui itu korteks renal, pyramis, kaliks, pelvis. Bagianbagian ini harus diamati benerbener. Soalnya bisa jadi kunci untuk uroradiologi. Trus ada ureteropelvico junction Ureter : ada 1/3 proksimal, medial, distal Vesica Trus urinaria uretra: di pars sini ada ureterovesica junction. prostatica, Gambar di slide 3. Gambar yang ini menunjukkan persiapan kurang membranosa, kavernosa. (Hm, mesti pada udah hafal di luar kepala) FOTO POLOS Pada pemeriksaan pertama uroradiologi, yang dilakukan Batu di ginjal dan saluran ada 2 macem : Opak : tampak putih, densitas / warnanya mendekati warna tulang Non opak : gak keliatan Foto polos abdomen untuk GIT dan untuk uroradiologi tu beda. Kalo foto polos abdomen biasa, misalnya bukan foto polos untuk uroradiologi (BNO), pasien tidak perlu persiapan. Tapi untuk foto polos uroradiologi, butuh persiapan. Apa persiapannya? IVP Dari pemeriksaan ini misal ada batu opak kita baru bisa bilang curiga ada batu di ureter. Kita belum batu boleh itu. langsung Ntar ada mendiagnosis pemeriksaan pemeriksaan Foto polos uroradiologi itu disebut juga BNO. Jadi, foto polos tu dibedain jadi 2. Ada yang foto polos biasa sama BNO. Kalo yang BNO tu butuh persiapan. Satu hari sebelum pemeriksaan, pasien diberi urus2 kalo di Muwardi pake garam Inggris 30 gr pada malam harinya, dan paginya harus puasa. Supaya hasil foto polosnya bersih, pasien juga diminta dan tidak banyak bicara, merokok, aktivitas berlebihan.

Kenapa? Biar ga menimbulkan gas di GIT waktu pemeriksaan foto polos.

bagus. Kenapa? Soalnya di situ keliatan ada gas di dalam GIT-nya.

adalah foto polos.

sendiri yang udah boleh

yakin. Namanya IVP.

IVP

itu

kepanjanganya

intravenous

Bentuk bentuk :

kaliks

bisa diagnosis.

untuk Ada 4

pyelografi. Inget baik-baik ya. Kayaknya keluar ni. Gimana cara pemeriksaannya? Pertama, kontras masuk secara intravena. Syarat kontras bisa masuk tu diliat dari ureum kreatinin. Misalnya o Di Muwardi : ureum kreatinin 2 o Di Surabaya : ureum kreatinin 1,5 Ada di tempat swasta yang udah canggih, yang ureum kreatinin > 5 bisa tetap dilakukan. Penting syaratnya. Trus, pada menit ke-5 kita lakukan foto yang konsentrasi/fokusnya di ginjal. Nah, apa aja yang dinilai ? (Ada 3. Penting ni!) 1. Fungsi sekresi ginjal Caranya kita bandingkan kontur ginjal dari IVP dengan kontur ginjal pada foto polos. Kalo di foto polos, kontur ginjal gak tampak jelas. Kalo di IVP ternyata kontur ginjal tampak jelas, berarti fungsi nefron baik (sekresinya baik). 2. Fungsi ekskresi ginjal Kita nilai kontrasnya bisa masuk di dalam ginjal atau ga. Kalo tampak jelas, maka fungsi ekskresi normal. 3. Bentuk kaliks / PCS (pelvicocalics system) juga ni kayaknya syarat-

menggambarkan

cupping kaliksnya

(cangkir) kurus.

Ini

keadaan yang normal. blunting kaliks lebih gemuk flattering lebih kaliks tapi ujung kaliks ujung kaliks masih cekung gemuk, lurus

Hidronefrosis grade II clubbing / ballooning kaliks lebih gemuk, ujung kaliks cembung Hidronefrosis grade III Dari gambaran Normal Hidronefrosis grade I Hidronefrosis grade II flattering Hidronefrosis grade III : ballooning Hidronefrosis grade IV : ballooning + penipisan korteks Pada menit ke 15 kita menilai ureter baik yang kiri ataupun yang kanan. Yang dinilai yaitu 1. Ukuran Kalo ukuran ureter membesar: hidroureter 2. Mukosa dinding ureter itu kita bisa

mendiagnosisnya kayak gini (Penting ni) : cupping : blunting :

Kalo dindingnya ireguler : ureteritis (infeksi ureter) Pada menit ke 30, kita menilai vesica urinaria. Apa aja yang dinilai? 1. Ada batu atau ga Kalo ada batu gambarannya radioopak (putih) 2. Filling defect Kalo filling defect, gambaran putihnya ntar ada yang hilang. Kok bisa gitu? Soalnya vesica karena kontras urinaria ada ga bisa Kalo melumuri normal, secara keseluruhan

biasanya

pada

cewek

karena

pendesakan organ ginek (uterus) Gambar kiri di slide 8 Ureter yang sebagian hitam, sebagian putih itu normal. Kalo keliatan putih semua dari pangkal sampai ujung justru kelainan. Kenapa kok bisa gitu? Soalnya ureter kan punya otot untuk kontraksi. Jadi ketika kontras lewat, ada yang sedang dalam keadaan kontraksi. Nah, kalo keliata semua ada justru bisa mengindikasikan kalo obstruksi.

Misalnya karena ada batu. Trus, setelah dinilai vesica urinarianya pada (PM). Pasien karena Kalau diturunkan kita setelah dari meja menilai kita periksa, fungsi dan kemudian harus kencing sampai tuntas akan kencing pengosongan vesica urinaria. foto bulinya masih terisi > 20%, maka fungsi menit 30, dilakukan tahap selanjutnya yaitu pemeriksaan post miksi

sesuatu. ada

vesica urinaria akan putih total. Tapi berhubung putihnya Sesuatu-nya (karsinoma). 3. Additional defect /shadow Gambarannya ntar ada penonjolan dari lumen yang keluar. Ntar kayak polip gitu. 4. Pendesakan dari luar Jadi ntar lumennya terdesak ini (ada warna Kalo hitam). Keadaan disebut sesuatu, kroak itu biasanya jadinya tumor ntar (menghilang).

pengosongan buli tidak normal. Kalo BNO (foto abdomen polos) kita hanya bisa bilang suspect batu, tapi kalo udah pake IVP kita harus bisa memastikan kalo itu batu. Contohnya di gambar kiri slide 10. Terlihat kosong. polosnya. ada Kita bendungan/obstruksi bandingin dengan di foto ureter. Trus di ureter distalnya ada yang

indentasi. yang mendesak dari bawah cowok : Bernigna Prostat (dasar buli) : pada Hiperplasi (BPH) pada cewek : pseudoprostat Kalo yang mendesak di atas / dinding superior buli :

Gambar 14 Gambar slide 11: menunjukkan adanya filling defect (warna putihnya ga rata). BIPOLAR VOIDING/URETROCYSTOGRAFI Caranya kontras dimasukkan lewat 2 jalur, lewat kateter sistotomi lewat OUE: pake spuit 50 cc yang lubangnya di tengah Normalnya kontras nyambung terus sampai ke uretra. CT SCAN Gambar kanan slide 12 Stricture uretra. Keliatan ada penyempitan, kontrasnya ga gabung. Jadi yang bagian atas dilatasi. Yang bagian bawah mau gabung juga ga bisa karena lumennya menyempit. Penting buat dipelajari URETROGRAFI Bedanya dari bipolar (2 arah) yang ini hanya dari OUE aja. Caranya : gland penis ditarik sehingga uretra gak spuit melengkung-lengkuk, 50 cc. Masukkan bagus, Jadi ntar kontras akan mengisi lumen uretra. Apa yang kita nilai? Kita menilai di bagian mana ada rupture/ kelainan. USG (Ultrasonografi) dimasukkan Kalo Bentuk batu di ginjal. Batu PCS Ada gambaran kaliks kaya bunga layu disebut gambaran lili drop sign glands penis Waktu-waktu interpretasi IVP Grade-grade penyakit berdasarkan bentuk kaliks Kepanjangan USG, IVP, dll stuck horn: batu yang bentuknya kaya tanduk rusa Irisannya bisa aksial dan coronal. Pada CT Scan, istilahnya Hiperdens Hipodens (lebih terang) Isodens Ada bulat trus ditengahnya hitam, nyebutnya anechoic (karena ada cairan). Biasanya kista. Jadi karena USG-nya ini di ginjal maka diagnosisnya kista ginjal. Istilah di USG tu ada putih: hiperechoic sama dengan jaringan sekitarnya: isoechoic lebih hitam: hipoechoic kalo ada cairan: anechoic

kontras 30-40 cc. nariknya hasilnya lurus dan pasien gak merasa kesakitan.