You are on page 1of 5

Articulated Dump Truck

Articulated dump truck merupakan kombinasi dari traktor – trailer, dimana kabin dan dump body-nya memiliki engsel dapat begerak secara bebas dan fleksibel ketika melewati lahan basah dan berlumpur, berbeda dengan truk trailer yang dapat dilepas sedangkan truk ini permanen. Articulated dump truck juga dapat memuat material yang lebih banyak dengan jarak yang lebih panjang. Apabila kondisi lahan yang dilalui bekas tanah galian dan timbunan yang berlumpur maka Articulated Dump Truck perlu dikombinasikan lagi denga motor grader yang mempercepat waktu siklus.

Transfer Dump Truck

Transfer dump truck adalah standard dump truck yang dapat menarik trailer terpisah, dan dapat memuat agregat (batu, pasir, dan lain-lain).

keadaan seperti itu apabila terjadi terus menerus dapat menyebabkan kerusakan pada mesin. . Truk ini mempunyai kapasitas angkut yang sangat besar sehingga perawatannya pun relatif mahal. berat muatan dapat menyebabkan rangka kaku tersebut memutar yang dapat memungkinkan dump truck tersebut berguling. sehingga rigid dump truck tidak dapat bergerak secara bebas dan fleksibel ketika dioperasikan pada lapangan keras.  Quarry/Minning Dump Truck Quary dump truck merupakan tipe dump truck yang biasa digunakan di daerah pertambangan yang berfungsi untuk mengangkut hasil-hasil tambang seperti batu bara. Rigid Dump Truck Rigid dump truck mempunyai suatu rangka kaku yang menyatukan kabin dan dump body-nya.

 Standard Dump Truck Standard dump truck adalah truck chassis penuh dengan bentuk body dump mounted. diantara kabin truck dan body dump. Tailgate dapat menyusun swing pada engsel atau pada “high lift tail gate” dimana ram pneumatik mengangkat dan membuka gate. sehingga dump body mengangkat keatas  Rear Dump Truck Rear dump truck digunakan untuk mengangkut berbagai jenis material. Rear dump truck merupakan tipe dump truck yang penumpahan muatannya ke belakang . Body dump truck diangkat dengan ram hidrolik yang maju kedepan bulkhead.

Dengan tambahan. Dump truck jenis iini mempunyai ram hidrolik yang berfungsi untuk memiringkan dump body dan menumpahkan material yang diangkutnya ke sebelah kanan atau kiri dari side dump truck ini. Side Dump Truck Side dump truck terdiri dari 3 axle tracktor pulling dan 2 axle semi-trailer. Keuntungan utama dari side dump truck adalah dapat melaju dengan cepat bila tidak membawa ataupun membawa beban dan side dump truck ini dapat membawa muatan yang lebih berat. Kekurangan yang paling utama dari side dump truck ini adalah dimensi panjangnya yang menghalangi maneuverability dan umumnya kurang versatility. side dump truck ini tidak akan ikut terguling ketika loader memuntahkan muatannya yang mana biasanya dump truck memungkinkan untuk ikut terguling. .