BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar belakang Keberhasilan Nabi Muhammad SAW dalam membangun peradaban dunia dan kemudian ditambah lagi dengan kegemilangan generasi para sahabat yang mewariskan sistem dan nilai luhur saat tampil memegang tongkat kepemimpinan setelahnya merupakan torehan sejarah yang layak dicatat dengan tinta emas. Khulafaur Rasyidin adalah bukti dari suksesnya pewarisan sistem dan nilai tersebut, wafatnya Nabi tidak serta-merta menjadikan islam kehilangan mercusuar peradabannya karena memang risalah ilahiyah ini tidak pernah bergantung pada satu namapun. Ditangan empat khalifah yang pertama inilah islam telah mencapai puncak kejayaannya. Sebuah prestasi yang belum berulang dua kali sampai hari ini. hingga suatu hari datang dan merebaknya fitnah yang disulut oleh kedengkian musuh-musuh islam. Berikut ini adalah sejarah kepemimpinan khalifah ketiga yakni Usman bin „Affan. Kami ketengahkan ini agar nantinya makna kebijakan dari pejalanan kepemimpinan beliau akan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

1

Sejarah Pemikiran dan Peradaban Islam. Sebagai seorang hartawan yang kaya raya. yaitu Ruqayyah dan Ummi Kultsum sehingga diberi julukan Dzu al-Nurain.1 Khalifah Usman bin Affan 2.BAB II PEMBAHASAN 2. Yogyakarta : Pustaka Book Publisher. Ketika telah memeluk agama Islam. yang saat itu sedang sakit keras. maupun hal-hal lain yang berhubungan dengan penyebaran dan kehormatan agama Islam. Semarang : Pustaka Rizki Putra. Ia juga mempunyai sifat-sifat mulia lainnya. hal. Ia mendapatkan kehormatan menikahi dua orang putri Rasulullah SAW. ia juga dikenal sebagai seorang penulis wahyu. Fatah. jujur. Ia selalu bersama Rasulullah SAW. Usman lahir pada tahun 576 H di Taif 1 dan merupakan keturunan keluarga besar Bani Umayyah suku Quraisy. ia sudah dikenal sebagai seorang pedagang yang kaya raya.89.1 Biografi Usman bin Affan. seperti sederhana. Sejarah Peradaban Islam. hal. 209. yang mempunyai nama lengkap Usman ibn Affan ibn Abdil Ash ibn Umayyah. cerdas.merupakan anak dari pasangan Affan dan Arwa. pada usia usia 34 tahun bersama Thalhah bin Ubaidilah2. 2007. Ruqoyyah. 2 Drs H. 2 . 1 M Abdul Karim. Usman mempergunakan hartanya demi kejayaan Islam.1.54. dan selalu mengikuti semua peperangan kecuali perang Badar karena Rasulullah SAW memerintahkan Usman untuk menunggui istrinya. selain dikenal sebagai salah seorang sahabat terdekat nabi. shaleh dan dermawan. Sebelum memeluk Islam. Ia tak segan-segan menyumbangkan hartanya untuk biaya perang.

2 Proses Pengangkatan Menjelang wafatnya Umar bin Khattab. namun tak berhak untuk dipilih sebagai khalifah.2.2 Masa Pemerintahan Khalifah Usman bin Affan Usman bin Affan Menjabat sebagai khalifah semenjak 23-35 H atau 644-656 Masehi. terpilihlah Usman bin Affan sebagai khalifah selanjutnya. putra Umar bin Khattab. Abdullah bin Umar hanya berhak memilih. Karena kelompok tersebut beranggotakan 6 orang. Alasan Umar menunjuk keenam orang tersebut karena ia merasa tidak sebaik Abu Bakar dalam menunjuk penggantinya. beliau menunjuk 6 orang sahabatnya untuk dicalonkan sebagai pengganti. yaitu 12 tahun. dimasukkanlah Abdullah bin Umar. Sa‟ad bin Abi Waqash. Ali bin Abi Thalib. Keenam orang tersebut disebut sebagai Ahlul Halli wal Aqdi. Dari hasil voting. Zubair bin Awwam. Ia dipilih pada bulan Dzulhidzah tahun 23 H dan dilantik pada awal Muharram 24 Hijriah.1. Ia merupakan khalifah yang memerintah terlama. Mereka adalah Usman bin Affan. Berikut adalah Hal-hal yang dilakukan pada masa pemerintahannya pada berbagai bidang yaitu sebagai berikut : 3 . maka untuk mencegah terjadinya suara yang sama ketika diadakan voting. Maka diambillah jalan tengah dengan membentuk tim formatur untuk bermusyawarah menentukan pengganti dirinya. 2. Abdurrahman bin Auf. dan Thalhah bin Ubaidillah. juga tidak sebaik Rasulullah SAW untuk membiarkan para sahabat memilih pengganti.

blogspot. dan memutuskan perkara.1 Administrasi Pemerintahan Untuk pelaksanaan administrasi pemerintahan di daerah. Amir wilayah Bahrain. Amir wilayah Abu Musa Abdullah bin Qais al-Asy‟ari. Amir wilayah Thaif.2. Amir wilayah Damaskus. 6) Al-Mughirah bin Syu‟bah al-Tsaqafi. 5) Usman bin Abi al-Ash al-Tsaqafi. khalifah Usman bin Affan mempercayakannya kepada seorang gubernur untuk setiap wilayah atau propinsi. 7) Basrah. Manaf. 9) Umair bin Sa‟ad.2.2. Pada masanya wilayah kekuasaan kekhalifahan Madinah dibagi menjadi 10 (sepuluh) propinsi dengan masing-masing gubernur/amirnya. menetapkan undangundang. Amir wilayah al-Janad.1 Dalam Bidang Politik3 2. 3) Ya‟la bin Munabbih Halif Bani Naufal bin Abd. yang dibantu oleh katib 3 http://adentatho. 8) Muawiyah bin Abi Sufyan. Amir wilayah Shana‟a. 4) Abdullah bin Abi Rabiah. Amir wilayah Kuffah. dan 10) Amr bin Ash al-Sahami. 2) Sufyan bin Abdullah al-Tsaqafi. Amir wilayah Himsh. yaitu: 1) Nafi‟ bin al-Haris al-Khuza‟i. Kedudukan gubernur disamping sebagai kepala pemerintahan di daerah juga sebagai pemimpin agama. Amir wilayah Makkah. Seorang amir diangkat dan diberhentikan oleh Khalifah. Amir wilayah Mesir. Setiap Amir atau Gubernur adalah wakil khalifah di daerah untuk melaksanakan tugas administrasi pemerintahan dan bertanggungjawab kepadanya. pemimpin ekspedisi militer.1.html 4 .com/kebijakan-pada-masa-pemerintahan-Usman.

2. 2. Dengan demikian. Jadi. Dengan demikian. Akan tetapi pengambil keputusan terakhir tetap berada di tangan Khalifah. pejabat keuangan (Baitul Mal). Namun bagaimanapun. dan nasihat kepada Khalifah tentang berbagai masalah penting yang dihadapi Negara. usul.2 Perluasan Wilayah Islam 5 . maka ia tidak sama dengan lembaga legislatif yang dikenal sekarang yang memiliki ketua tersendiri. Ia tidak bertindak otoriter dalam memerintah bahkan sangat lunak dalam bertindak yang justru dikemudian hari menjadi boomerang bagi dirinya. dan pejabat kepolisian. pejabat pajak. Majelis Syura diketuai oleh Khalifah. tempat Khalifah mengadakan musyawarah atau konsultasi dengan para sahabat Nabi terkemuka. Khalifah Usman sebagaimana pendahulunya tetap melaksanakan prinsip musyawarah dengan mengajak beberapa pihak untuk memecahkan masalahmasalah kenegaraan yang dihadapi. di luar ketentuan al-Qur‟an dan Sunnah Rasul. Sedangkan kekuasan legislatif dipegang oleh Dewan Penasehat atau Majlis Syura.(sekretaris). dengan adanya Majelis Syura ini mencerminkan telah adanya pendelegasian kekuasaan dari Khalifah untuk melahirkan berbagai peraturan dan kebijaksanaan. Majelis Syura masa kekhalifahan Usman bin Affan tersebut dapat dikatakan sebagai lembaga legislatif untuk zamannya. jika Majelis Syura ini disebut sebagai lembaga legislatif. dibicarakan di dalam majelis itu dan diputuskan oleh Khalifah atas persetujuan anggota Majelis. Artinya berbagai peraturan dan kebijaksanaan. Majelis ini memberikan saran.1. Dari cerminan fungsi ini.

Heart. Tunisia.2. Maroko dan Ethiopia.Seperti yang telah dikemukakan di atas bahwasanya Usman harus bekerja lebih keras lagi dalam mempertahankan dan melanjutkan perjuangan panji Islam sebab berbagai ancaman dan rintangan semakin berat untuknya mengingat pada masa sebelumnya telah tersiar tanda-tanda adanya negeri yang pernah ditaklukkan oleh Islam hendak berbalik memberontak padanya. Setelah kekhalifahan berpindah tangan pada Usman maka gagasan itu diangkat kembali kepermukaan dan berhasil menjadi kesepakatan bahwa kaum muslimin memang harus ada yang mengarungi lautan meskipn sang khalifah mengajukan syarat untuk tidak memaksa seorangpun kecuali dengan sukarela. Tus. Bulukhistan. dan Asia kecil. Aljazair. Naisabur.1. Khurasan dan Thabrani Timur hingga Timur Laut seperti Libya. Turkmenistan. Pembentukan Armada Laut Islam Pertama Ide atau gagasan untuk membuat sebuah armada laut Islam sebenarnya telah ada sejak masa kekhalifahan Umar Ibn khattab namun beliau menolaknya lantaran khawatir akan membebani kaum muslimin pada saat itu. Afganistan. Maka Islam lebih luas wilayahnya jika dibandingkan dengan Imperium sebelumnya yakni Romawi dan Persia karena Islam telah menguasai hampir sebagian besar daratan Asia dan Afrika. bahkan pada masa ini Islam berhasil tersebar hampir ke seluruh belahan dunia mulai dari Anatolia. Berkat armada laut ini wilayah Islam bertambah luas setelah berhasil menaklukkan tentara Romawi di Cyprus dipimpin Muawiyah bin Abi Sufyan 6 .3. Namun demikian. Azarbaijan. Kaukus. Tashkent. Armenia. 2. meski di sana-sini banyak kesulitan beliau sanggup meredakan dan menumpas segala pembangkangan mereka. Samarkand. Kurdistan.

2. c. b. Dalam rangka pengembangan sumber daya alam. pembangunan jalan-jalan dan pembentukan organisasi kepolisian secara permanen untuk mengamankan jalur perdagangan.2 Dalam Bidang Ekonomi Khalifah Usman bin Affan RA menjalankan kebijakan ekonominya dengan melakukan beberapa penataan baru dengan mengikuti kebijakan Khalifah Umar sebagai berikut: a. d. 7 . Tripoli dan Barca di Afrika Utara. Tidak mengambil upah dari kantornya. bendahara Baitul Mal saat itu.pada tahun 27 Hijrah meski harus melewati peperangan yang melelahkan. dilakukan pembuatan saluran air. Menaikkan dana pensiun sebesar 100 dirham dan memberikan ransum tambahan berupa pakaian g. Hal ini bermuara pada terjadinya kesalahpahaman dengan Abdullah bin Irqam. Dalam hal pengelolalan zakat. 2. f. Membentuk armada laut kaum muslimin hingga berhasil membangun supremasi kelautan di wilayah Mediterania dan berhasil membangun pelabuhan pertama negara Islam di semenanjung Syria. Memperkenalkan tradisi mendistribusikan makanan ke masjid untuk fakir miskin dan musafir. Dibebaskan zakat atas harta terpendam. bahkan menyimpan uangnya di bendahara negara. pemilik harta diberikan keleluasaan untuk menaksir hartanya sendiri. e. Mempertahankan sistem pemberian bantuan dan santunan serta memberikan sejumlah besar uang kepada masyarkat yang berbeda-beda.

Perluasan Mesjid Haram dan Mesjid Nabawi sendiri dilakukan karena semakin bertambah banyaknya umat muslim yang melaksanakan haji setiap tahunnya. Dengan adanya perluasan wilayah. Usman juga melakukan penyeragaman bacaan Al Qur‟an juga perluasan Mesjid Haram dan Mesjid Nabawi. Usman juga membangun mahkamah peradilan. Yogyakarta: Lesfi. Selain itu. 2009. dan banyaknya bangsa-bangsa yang memeluk agama Islam. Hal ini merupakan sebuah terobosan.59. Disamping itu. Kegiatan pembangunan berbagai sarana di wilayah-wilayah kekhalifahan Islam masa pemerintahan Usman bin Affan yang luas itu tumbuh pesat. maka banyak para sahabat yang mendatangi wilayah tersebut dengan tujuan mengajarkan agama Islam. Beliau memberikan kelonggaran kepada kabilahkabilah Arab untuk membaca dan menghafalkan Al Qur‟an menurut lahjah (dialek) masing-masing. pembacaan pun menjadi semakin bervariasi. Pertumbuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan erat kaitannya dengan perluasan wilayah Islam4. Sejarah Peradaban Islam.2.2.3 Dalam Bidang Sosial Budaya Dari dimensi sosial budaya. Akhirnya sahabat Huzaifah bin Yaman mengusulkan kepada Usman untuk menyeragamkan bacaan. karena sebelumnya peradilan dilakukan di mesjid. hal. Penyeragaman bacaan dilakukan karena pada masa Rasulullah Saw. Usman pun lalu membentuk panitia yang diketuai oleh Zaid bin Tsabit untuk menyalin mushaf yang disimpan oleh Hafsah dan menyeragamkan bacaan Qur‟an. Seiring bertambahnya wilayah Islam. 8 . adanya pertukaran pemikiran antara penduduk asli dengan para sahabat juga menjadikan ilmu pengetahuan berkembang dengan baik. ilmu pengetahuan berkembang dengan baik. Pembangunan saranasarana kepentingan umum itu meliputi pembangunan daerah4 Dudung Abdurrahman. Dari segi sosial budaya.

2. wisma-wisma tamu. serta pembangunan kota-kota baru yang kemudian tumbuh dengan pesat sebagai sentra perekonomian masa itu. disamping administrasi pemerintahan yang berjalan efektif dan perluasan wilayah yang semakin berkembang pesat mencapai wilayahwilayah yang jauh dari pusat kekuasaan di Madinah saat itu. Jalan-jalan yang menuju ke Madinah dilengkapi dengan berbagai fasilitas bagi para pendatang.daerah pemukiman. Tempat-tempat persediaan air dibangun di Madinah.4 Dalam Bidang Hukum Pada kekhalifahannya ada pembaharuan dalam bidang hukum dengan membangun sebuah lembaga khusus yang bertugas menangani masalah-masalah pidana dan perdata dalam sebuah gedung khusus. Dalam melaksanakan hukum ini ia menggali para hakim dan para jaksa lainnya. Pada masa rasulullah. jembatan-jembatan. mesjidmesjid. 2. Namun pada masanya hanya orang tertentulah yang diperkenakan masuk dan mengikuti jalannya persidangan tertentu.3 Akhir Masa Kepemimpinan Usman bin Affan Enam tahun pertama kepemimpinan Usman adalah masa yang dipenuhi dengan prestasi penting dan kesejahteraan ekonomi yang tiada duanya. di kota-kota padang pasir. dan Umar pengadilan biasanya dilakukan dalam sebuah masjid dan itu dapat disaksikan oleh semua orang. 2. dan di ladingladang peternakan unta dan kuda. abu bakar. disamping juga Masjid Nabi di Madinah yang diperluas dari bentuknya semula. 9 . jalan-jalan. Pembangunan berbagai sarana kepentingan umum ini menunjukkan bahwa Usman bin Affan sebagai Khalifah sangat memperhatikan kemaslahatan publik.

Basrah. ribuan orang akan dating mendampingiku berjuang. maka Usman boleh menggantinya. kalau aku menginginkannya. Artinya setelah para pejabat yang diangkat Umar telah bekerja selama satu tahun kepada Usman. Sebab sebelum ia syahid. dan soal mati bagikut hal yang mudah. Basrah. Isu sentral yang menjadi pemicu protes dari rakyat adalah adalah masalah pergantian beberapa gubernur dengan orang-orang yang berasal dari sanak kerabat atau keluarga terdekatnya dan masalah penggunaan keuangan negara yang kurang transparan. Soal bertempur. Mereka berhasil mengepung kota Madinah dan rumah kediaman Khalifah Usman sehingga beliau syahid dengan amat tragis ketika sedang membaca alQur‟an pada jum‟at sore 18 Dzulhijjah 35 H. Khalifah Usman berpegang kepada wasiat khalifah sebelumnya yaitu Umar bin Khaththab yang berwasiat kepadanya agar ia mempertahankan para pejabat yang diangkat Umar bin Khaththab selama satu tahun. walau setetespun darah kaum Muslimin”. pemerintahan Khalifah Usman bin Affan mulai goyah dan terguncang. Usman bin Affan mengorbankan jiwanya sebagai “pengorbanan bagi solidaritas Muslimin”. aku tidak takut. Klimaks dari krisis kepercayaan rakyat beberapa daerah terhadap kepemimpinan Usman bin Affan sebagai khalifah ditandai dengan timbulnya pemberontakan oleh ribuan orang dari Kuffah. 10 . ia sempat berkata kepada kaum pemberontak: “adapun perkara maut.Tapi pada tahun-tahun berikutnya. Sesungguhnya Khalifah Usman memiliki alasan kuat untuk mengganti para gubernur itu. dan Mesir yang datang ke Madinah secara bersamaan. dan Mesir mulai melakukan protes terhadap kebijaksanaan dan tindakan Khalifah yang dinilai tidak adil. Tapi aku tidak mau menjadi penyebab tertumpahnya darah. Rakyat di beberapa daerah terutana Kuffah. berbanding terbalik dengan sebelumnya kondisi serba sulit akibat merebaknya fitnah dan kedengkian musuh-musuh Islam yang diarahkan padanya.

Membentuk armada laut kaum muslimin. Pembentukan Armada Laut Islam Pertama 2. Ia merupakan khalifah yang memerintah terlama. pembangunan jalan-jalan dan pembentukan organisasi kepolisian secara permanen untuk mengamankan jalur perdagangan. dilakukan pembuatan saluran air. Menaikkan dana pensiun sebesar 100 dirham dan memberikan ransum tambahan berupa pakaian 7. Dalam rangka pengembangan sumber daya alam. 2. 3. Tidak mengambil upah dari kantornya. Berikut adalah Hal-hal yang dilakukan pada masa pemerintahannya pada berbagai bidang yaitu sebagai berikut : 1. Mempertahankan sistem pemberian bantuan dan santunan serta memberikan sejumlah besar uang kepada masyarkat yang berbeda-beda. yaitu 12 tahun. Memperkenalkan tradisi mendistribusikan makanan ke masjid untuk fakir miskin dan musafir. Dalam Bidang Ekonomi 1. bahkan menyimpan uangnya di bendahara negara. 6. 4. Dalam hal pengelolalan zakat. 11 . Dalam Bidang Politik a. Perluasan Wilayah Islam c. 5.BAB III KESIMPULAN Usman bin Affan Menjabat sebagai khalifah semenjak 23-35 H atau 644-656 Masehi. pemilik harta diberikan keleluasaan untuk menaksir hartanya sendiri. Administrasi Pemerintahan b.

Dalam Bidang Hukum Pada kekhalifahannya ada pembaharuan dalam bidang hukum dengan membangun sebuah lembaga khusus yang bertugas menangani masalah-masalah pidana dan perdata dalam sebuah gedung khusus. Pertumbuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan erat kaitannya dengan perluasan wilayah Islam.3. Usman juga melakukan penyeragaman bacaan Al Qur‟an juga perluasan Mesjid Haram dan Mesjid Nabawi. 12 . 4. ilmu pengetahuan berkembang dengan baik. Dalam Bidang Sosial Budaya Dari dimensi sosial budaya.

M Abdul Karim. Dudung Abdurrahman. 2009. Sejarah Peradaban Islam. Sejarah Pemikiran dan Peradaban Islam.blogspot. 2007. Sejarah Peradaban Islam. Yogyakarta: Lesfi. 2009. http://adentatho.DAFTAR PUSTAKA Drs H. Yogyakarta : Pustaka Book Publisher. Semarang : Pustaka Rizki Putra.html 13 .com/kebijakan-pada-masa-pemerintahanusman. Fatah.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful