3 Jenis Kutu pada Tubuh Manusia

Friday, 02 November 2012 02:15

Fahmi Arif – Bapelkes Cikarang

Tahukah anda ada makhluk hidup lain yang menumpang hidup di tubuh kita?? Makhluk hidup tersebut adalah kutu. Kutu merupakan hewan yang memakan darah. Kutu berasal dari ordo Phthiraptera,  menyebabkan rasa gatal yang hebat di daerah – daerah yang terkadang tak wajar.

Kutu memiliki tubuh yang rata, tak bersayap, dan hanya memakan darah. Bentuk kakinya sesuai untuk merayap di rambut atau pakaian. Adanya kutu pada tubuh kita dapat dideteksi dengan beberapa gejala yang khas seperti rasa gatal yang amat sangat dan warna kemerahan pada kulit, terutama pada kulit kepala; bagian belakang kepala; atau daerah pubis/kemaluan (tergantung pada jenis kutunya).

Berikut akan diuraikan 3 jenis kutu yang hidup pada tubuh manusia, diantaranya kutu rambut (Pediculus humanus capitis), kutu badan (Pediculus humanus), dan kutu pubis (Phthiris pubis). 1. Pediculus Humanus Capitis (kutu rambut, kutu kepala)

Kutu kepala adalah sejenis parasit penghisap darah yang biasanya hidup dibagian kepala. Kutu betina mampu bertelur enam biji sehari. Telur ini selalu melekat dengan kuat pada rambut. Telur-telur ini akan menetas kurang lebih setelah 8 hari.

Kutu kepala menyebar  dengan cepat melalui sentuhan secara terus menerus  dengan rambut yang bermasalah(memiliki kutu). Ia juga melompat ke kepala melalui sikat rambut, topi, dan

1/3

Penularan dari orang tua kepada 2/3 . Berpindah kepada inangnya (manusia) hanya saat memerlukan makanan.  Phthiris Pubis (kutu kemaluan) Kutu Kemaluan atau Phthirus pubis (disebut juga Pubic lice atau kutu Pubic) adalah serangga parasit penghisap darah yang hidup di kulit dan rambut sekitar kelamin manusia. Kutu badan dapat hilang dan mati apabila tempat berdiam diri tidak digunakan selama beberapa hari. bantal dan lainnya. Kutu badan bertelur di pakaian atau tempat tidur. Manusia adalah satu-satunya tuan rumah parasit ini.   Pediculus Humanus Corporis (kutu badan) Kutu Badan atau sering dikenal dengan Kutu Busuk (karena baunya yang busuk). leher dan belakang telinga. terdapatnya telur-telur kutu yang kecil. kursi. Ciri teur kutu adalah bersinar dan berwarna putih. Kutu badan dewasa berdiam pada pakaian dan sela-sela temapat seperta kasur.3 Jenis Kutu pada Tubuh Manusia Friday. 02 November 2012 02:15 bantal Tanda – tanda keberadaan kutu ini pada kepala adalah gatal yang hebat pada permukaan kepala. Kutu kelamin biasanya menular melalui hubungan seksual. tanda-tanda merah pada permukaan kepala. melekatkan tekurnya dengan erat pada serat – serat kain. 3. 2. Ini disebabkan oleh bahan yang ada di dalam air liur kutu kepala. secara Biologis berbeda dengan kutu kepala. Kutu badan dapat menularkan penyakit Tifus (pada beberapa wilayah negara tertentu). dengan cara menghisap darah pada manusia. tidak mudah dilepas karena melekat pada batang rambut.

pakaian.wikipedia.org/wiki/Kutu_kepala http://hanyainfosaja.com/2011/02/kutu-yang-hidup-dan-bersemayam-pada.html 3/3 . Biasanya kutu ini menyerang kepada orang yang kurang menjaga personal hygiene atau kebersihan dan kesehatan pada tubuh.3 Jenis Kutu pada Tubuh Manusia Friday. Orang dewasa lebih sering terkena daripada anak-anak. http://id.blogspot. tempat tidur atau closets yang sama secara bergantian. 02 November 2012 02:15 anak lebih mungkin terjadi melalui rute pemakaian handuk.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful