BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Interaksi antara permintaan dan penawaran akan menciptakan

keseimbangan pasar terjadi apabila pada harga keseimbangan jumlah barang yang diminta konsumen sama persis dengan jumlah yang ditawarkan produsen secara grafis keseimbangan pasar tercapai apabila kurva permintaan dan penawaran berpotongan. Titik perpotongan tersebut disebut titik keseimbangan. B. Tujuan dan Manfaat • • Memahami arti dari permintaan, penawaran dan keseimbangan pasar Memahami bagaimana proses terjadinya permintaan, penawaran, dan keseimbangan pasar • Memahami interaksi-interaksi yang terjadi antara permintaan, penawaran dan keseimbangan pasar

1 source :blog.ub.ac.id/.../Permintaan-Penawaran-dan-Keseimbangan-

Pasar

BAB II PEMBAHASAN 1. PERMINTAAN A. Teori permintaan Teori permintaan menerangkan tentang ciri hubungan antara jumlah permintaan dan harga. Berdasarkan cirri antara pemintaan dan harga dapat ibuat grafik kurva prmintaan. B. Faktor Penentu permintaan Permintaan seseorang atau suatu masyarakat keoada suatu barang ditentukan oleh banyak factor, dintaranya : Harga barang itu sendiri Harga barang lain yang berkaitan erat dengan barang tersebut Pendapatan rumah tangga dan pendapatan rata-rata masyarakat Corak distribusi pendapatan dalam masyarakat Cita rasa masyarakat Jumlah penduduk Ramalan harga di masa yang akan datang

Dalam membicarakan teori permintaan, ahli ekonomi membuat analisis paling sederhana yang menganggap bahwa permintaan suatu barang terutama
2 source :blog.ub.ac.id/.../Permintaan-Penawaran-dan-Keseimbangan-

Pasar

Sifat hubungan seperti yangdisebutkan di atas disebabkan olehkenaikan harga yang menyebabkan para pembeli mencari barang lain yang dapat digunakan sebagai pengganti terhadap barang yang mengalami kenaikan harga. yang dianalisis terlebih dahulu adalah hubungan antara jumlah permintaan suatu barang dengan harga barang tersebut.. kenaikan harga menyebabkan pendapatan riil para pembeli berkurang. 3 source :blog. makin tinggi suatu barang maka makin sedikit permintaan terhadap barang tersebut. Selain itu. Hukum permintaan Makin rendah harga suatu barang maka makin banyak permintaan barang tersebut. Pendapatan yang merosot tersebut memaksa para pembeli untuk mengurangi pembeliannya terhadap berbagai jenis barang. Di dalam teori permintaan.. terutama barang yang mengalami kenaikan harga.id/./Permintaan-Penawaran-dan-Keseimbangan- Pasar .ac. Kurva permintaan Merupakan suatu kurva yang menggambarkan sifat hubungan antara harga suatu barang tertentu dengan jumlah barangtersebut yang diminta pembeli. Sebaliknya. D. bukan berarti factor lainnya diabaikan. C. Dalam analisis tersebut diasumsikan “factor-faktor lain tidak mengalami perubahan” atau ceteris paribus. Namun dengan asumsi yang dinyatakan di atas.dipengaruhi oleh tingkat harganya.ub.

Hal yang demikian itu disebabkan oleh sifat hubungan antara harga dn jumlah yang diminta.. yaitu permintaan yang dilakukan oleh satu orang atau satu inividu tertentu dan permintaan yang dilakukan oleh semua orang dalam pasar. Di dalam analisisnya./Permintaan-Penawaran-dan-Keseimbangan- Pasar .ac. perlu dibedakan antara kurva permintaan perseorangan dan kurva permintaan pasar. yang memiliki sifat hubungan yang terbalik.Contoh data : KURVA PERMINTAAN Kurva Permintaan Kurva Permintaan Kurva permintaan pada umumnya menurun dari kiri atas ke kanan bawah. Untuk 4 source :blog.ub. Permintaan perseorangan dan permintaan pasar Permintaan terhadap suatu barang dapat dilihat dari dua sudut.id/. E..

. maka barang tersebut dinamakan barang pelengkap kepada barang lain tersebut.ub. Sedangkan dalam kenyataan sebenarnya – seperti yang sudah dinyatakan sebelumnya – banyaknya permintaan terhadap suatu barang juga ditentukan oleh factor lain. Harga barang-barang lain Hubungan antara suatu barang dengan berbagai jenis-jenis barang lainnya dapat dibedakan menjadi : Barang pengganti Suatu barang dapat dinamakan barang pengganti terhadap barang lain apabila ia dapat menggantikan fungsi barang lain tersebut. Misalnya : pulpen dan bolpoin. 5 source :blog.ac.memperoleh kurva permintaan pasar./Permintaan-Penawaran-dan-Keseimbangan- Pasar . Efek faktor bukan harga terhadap permintaan Hukum permintaan terutama memperhatikan sifat hubungan antara harga suatu barang dengan jumlah barang yang diminta. kurva permintaan berbagai individu harus dijumlahkan.id/. Barang pelengkap Apabila suatu barang selalu digunakan bersama-sama dengan barang lainnya. a.. F. kopi dan teh. Misalnya : gula sebagai pelengkap kopi dan teh.

. Biasanya terdiri dari kebutuhan pokok masyarakat. Berdasarkan sifat perubahan permintaan yang berlaku apabila pendapatan berubah. Namun jika pendapatan tinggi. maka permintaan terhadap barang inferior akan berkurang.ub.ac. 6 source :blog.id/. b./Permintaan-Penawaran-dan-Keseimbangan- Pasar .- Barang netral Apabila dua macam barang tidak mempunyai hubungan yang rapat.. Misalnya : permintaan terhadap beras dan buku tulis. Perubahan pendapatan selalu menimbulkan perubahan terhadap permintaan berbagai jenis barang. Pendapatan para pembeli Pendapatan para pembeli merupakan factor yang sangat penting dalam menentukan corak permintaan terhadap berbagai barang. Barang esensial Merupakan barang yang sangat penting artinya dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. maka perubahan permintaan terhadap salah satu barang tersebut tidak akan mempengaruhi permintaan barang lainnya. Misalnya : ubi kayu. berbagai barang dapat dibedakan menjadi empat golongan : Barang inferior Merupakan barang yang banyak diminta oleh orang-orang yang berpendapatan rendah.

. pakaian. Misalnya : emas.ub. mobil.. Barang mewah Merupakan jenis barang yang dibeli orang jika pendapatan mereka sudah tinggi. dsb. Misalnya : sepatu. Barang nomal Merupakan barang yang apabila mengalami kenaikan permintaan sebagai akibat dari kenaikan pendapatan. Faktor lainnya Faktor penting yang penting peranannya dalam mempengaruhi permintaan terhadap suatu barang adalah : Distribusi pendapatan 7 source :blog./Permintaan-Penawaran-dan-Keseimbangan- Pasar .id/. pakaian. dan (ii) pertambahan pendapatan memungkinkan para pembeli menukar konsumsi mereka dari barang yang kurang baik mutunya kepada barang yang lebih baik. Factor yang menyebabkan barang seperti itu permintaannya akan mengalami kenaikan jika pendapatan meningkat yaitu (i) pertambahan pendapatan menambah kemampuan untuk membeli lebih banyak barang.Misalnya : makanan. dsb. c.ac.

Oleh sebab itu./Permintaan-Penawaran-dan-Keseimbangan- Pasar . lebih banyak orang yang menerima pendapatan dan ini menambah daya beli dalam masyarakat.ac. Jumlah penduduk Pertambahan penduduk tidak dengan sendiriny menyebabkan pertambahan permintaan. Ramalan para konumen bahwa harga-harga akan menjadi bertambah tinggi pada masa depan akan mendorong mereka untuk membeli lebih banyak pada masa kini untuk menghemat pengeluaran pada masa yang akan datang. Ekspektasi tentang masa depan Perubahan-perubahan yang diramalkan mengenai keadaan pada masa yang akan dating dapat mempengaruhi permintaan.Sejumlah pendapatan masyarakat yang tertentu besarnya akan menimbulkan corak permintaan masyarakat yang berbeda apabila pendapatan tersebut diubah corak distribusinya. G.id/. Cita rasa masyarakat Cita rasa mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap keinginan masyarakat untuk membeli barang-barang. Gerakan sepanjang dan perubahan kurva permintaan Perubahan permintaan dapat dibedakan menjadi dua macam pengertian : 8 source :blog.. Namun biasanya pertambahan penduduk diikuti oleh perkembangan dalam kesempatan kerja..ub.

.ac. 9 source :blog.ub.- Gerakan sepanjang kurva permintaan Perubahan sepanjang kurva permintaan berlaku apabila harga barang yang diminta menjadi semakin tinggi ataupun semakin menurun.id/. Gerakan Sepanjang Kurva Permintaan - Pergeseran kurva permintaan Kurva permintaan akan bergerak ke kanan atau ke kiri./Permintaan-Penawaran-dan-Keseimbangan- Pasar .. jika terdapat perubahan-perubahan terhadap permintaan yang ditimbulkn oleh faktor-faktor bukan harga.

ub.Contoh Data : Pergeseran Kurva Permintaan 10 source :blog..ac..id/./Permintaan-Penawaran-dan-Keseimbangan- Pasar .

pada periode tertentu.ub. makin rendah harga suatu barang./Permintaan-Penawaran-dan-Keseimbangan- Pasar . semakin sedikit jumlah barang tersebut yang ditawarkan.2.. semakin banyak jumlah barang tersebut akan ditawarkan oleh para penjual.” D. Sebaliknya. Teori penawaran Penawaran adalah banyaknya barang yang ditawarkan oleh penjual pada suatu pasar tertentu.. Hukum Penawaran “Semakin tinggi harga suatu barang. PENAWARAN A. B. Kurva Penawaran Kurva penawaran dapat didefinisikan sebagai : 11 source :blog. Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran diantaranya: • • • • • • Harga Harga barang lain Biaya faktor produksi Teknologi Tujuan perusahaan Ekspektasi (ramalan) C.ac. dan pada tingkat harga tertentu.id/.

.Terbentuknya harga pasar ditentukan oleh mekanisme pasar E..“Yaitu suatu kurva yang menunjukkan hubungan diantara harga suatu barang tertentu dengan jumlah barang tersebut yang ditawarkan”. .ub. . Pergeseran Kurva Penawaran Perubahan dalam jumlah yang ditawarkan dapat berlaku sebagai akibat dari pergeseran kurva penawaran.Kalau berkurang kurva supply bergeser ke kiri atas . maka supply bergeser ke kiri atas.ac.id/. 12 source :blog./Permintaan-Penawaran-dan-Keseimbangan- Pasar .Kalau penawaran bertambah diakibatkan oleh faktor-faktor di luar harga.

id/.. Jika perusahaan ingin produknya laris dan menguasai pasar maka perusahaan menetapkan harga yang rendah dengan tingkat keuntungan yang rendah sehingga harga jual akan rendah untuk menarik minat konsumen. Pajak 13 source :blog.Pergeseran Kurva Penawaran F. Tujuan Perusahaan Perusahaan yang bertujuan mencari keuntungan sebesar-besarnya (profit oriented) akan menjual produknya dengan marjin keuntungan yang besar sehingga harga jual jadi tinggi./Permintaan-Penawaran-dan-Keseimbangan- Pasar . 2. 3.. Dengan adanya teknologi canggih bisa menyebabkan pemangkasan biaya produksi sehingga memicu penurunan harga. Biaya produksi dan teknologi yang digunakan Jika biaya pembuatan/produksi suatu produk sangat tinggi maka produsen akan membuat produk lebih sedikit dengan harga jual yang mahal karena takut tidak mampu bersaing dengan produk sejenis dan produk tidak laku terjual.ub. Efek Faktor Bukan Harga Terhadap Penawaran 1.ac.

Perubahan harga menimbulkan gerakan sepanjang kurva penawaran. akhirnya penawaran pun dikurangi.id/. G.. Gerakan Sepanjang dan Pergeseran Kurva Penawaran Perubahan dalam jumlah yang ditawarkan dapat berlaku sebagai akibat dari pergeseran kurva penawaran. sedangkan perubahan factor-faktor lain di luar harga menimbulkan pergeseran kurva tersebut. Prediksi / perkiraan harga di masa depan Ketika harga jual akan naik di masa mendatang perusahaan akan mempersiapkan diri dengan memperbanyak output produksi dengan harapan bisa menawarkan/menjual lebih banyak ketika harga naik akibat berbagai faktor../Permintaan-Penawaran-dan-Keseimbangan- Pasar . 4.Pajak yang naik akan menyebabkan harga jual jadi lebih tinggi sehingga perusahan menawarkan lebih sedikit produk akibat permintaan konsumen yang turun.ub. 14 source :blog. 5.ac. Ketersediaan dan harga barang pengganti/pelengkap Jika ada produk pesaing sejenis di pasar dengan harga yang murah maka konsumen akan ada yang beralih ke produk yang lebih murah sehingga terjadi penurunan permintaan.

selama faktor lain tetap (tidak berubah). Pengertian Keseimbangan Pasar Interaksi antara kekuatan permintaan dan penawaran di pasar.. Cara mengetahui harga keseimbangan pasar Untuk mengetahui harga dan jumlah keseimbangan dapat dilakukan dengan cara tabel. Dengan kata lain.. akan melahirkan keseimbangan harga dan kuantitas yang disebut dengan keseimbangan pasar.ub. keseimbangan pasar terjadi jika harga dan jumlah barang yang diminta di pasar sama dengan harga dan jumlah barang yang ditawarkan.ac. dan cara matematis.id/. Pada kondisi ini. KESEIMBANGAN PASAR A./Permintaan-Penawaran-dan-Keseimbangan- Pasar . cara kurva. 15 source :blog. Pada kondisi keseimbangan. akan tercipta harga keseimbangan (equilibrium price) dan jumlah keseimbangan (equilibrium quantity). B. Jadi. keseimbangan pasar terjadi pada harga dan jumlah barang ketika kekuatan penawaran dan permintaan seimbang.3. Ketiga cara tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut. harga dan kuantitas cenderung tetap tidak berubah.

000..000.000. Dengan demikian. jumlah yang ditawarkan lebih besar dari jumlah yang diminta./Permintaan-Penawaran-dan-Keseimbangan- Pasar . Cara Tabel Berikut disajikan tabel tentang jumlah gula putih yang diminta dan ditawarkan pada berbagai tingkat harga yang dibandingkan. 2. apakah yang akan terjadi? Pada harga tersebut konsumsi melebihi produksi.1.000. Oleh karena itu.6 terlihat bahwa keseimbangan pasar terjadi pada saat jumlah penawaran dan permintaan mencapai jumlah 30 ton per bulan dan pada harga Rp10.00 per kg. Cara Kurva 16 source :blog.. Berdasarkan Tabel 3.00 per kg merupakan harga keseimbangan (price quantity).00.ub. terjadinya penumpukan gula putih dan harga barang tersebut akan turun.ac.00. sehingga persediaan gula putih akan menumpuk. Konsumen akan berebut untuk memperoleh sejumlah gula putih yang dibutuhkan. Seandainya.id/. Dengan demikian tidak terjadi harga keseimbangan. dicoba dengan harga Rp5. Adapun pada harga Rp15. Hal ini akan menyebabkan harga gula putih naik. 30 ton per bulan merupakan jumlah keseimbangan (equilibrium quantity) dan harga Rp10.

13 harga keseimbangan pasar dan jumlah keseimbangan pasar terjadi di titik perpotongan antara kurva permintaan dan kurva penawaran. akan diperoleh jumlah keseimbangan. akan diperoleh harga keseimbangan. 3.13 menjelaskan titik keseimbangan (titik E) pada Q = 30.2 dan Tabel 3.13 berikut./Permintaan-Penawaran-dan-Keseimbangan- Pasar .ac.4 tergambar pada Kurva 3.Lihat kembali Tabel 3. harga keseimbangan terjadi apabila jumlah gula putih yang 17 source :blog. Pada dasarnya.4 (skedul penawaran gula putih).. Cara Matematis Berdasarkan fungsi permintaan dan fungsi penawaran gula putih sebelumnya. Berdasarkan Kurva 3.ub. Jika dari titik keseimbangan ditarik garis ke sumbu P. Anda dapat mencari harga keseimbangan pasar dan jumlah keseimbangan pasar..id/. Jika dari titik keseimbangan ditarik garis ke sumbu Q. Kurva permintaan dan penawaran berdasarkan data Tabel 3.2 (skedul permintaan gula putih) dan Tabel 3. Kurva 3.

diminta di pasar sama dengan jumlah gula putih yang ditawarkan..ub. Tentukanlah keseimbangan pasar untuk kurva permintaan dan kurva penawaran dan buatlah grafiknya berdasarkan persamaan berikut.ac.. Secara matematis hal ini ditunjukkan oleh persamaan Qd = Qs.5 P 18 source :blog./Permintaan-Penawaran-dan-Keseimbangan- Pasar . Qd = 250 – 5P Qs = –100 + 12. Kerjakanlah tugas ini secara mandiri dalam buku tugas Anda.id/.

. “makin rendah harga suatu barang maka makin banyak permintaan barang tersebut.ac. Hukum penawaran “Semakin tinggi harga suatu barang. Keseimbangan pasar terjadi jika harga dan jumlah barang yang diminta di pasar sama dengan harga dan jumlah barang yang ditawarkan.ub. semakin sedikit jumlah barang tersebut yang ditawarkan” selalu digunakan oleh penjual. makin rendah harga suatu barang. Sebaliknya.BAB III KESIMPULAN Permintaan dalam siklus ekonomi selalu sama dengan hokum permintaan yang berbunyi. semakin banyak jumlah barang tersebut akan ditawarkan oleh para penjual. keseimbangan pasar terjadi pada harga dan jumlah barang ketika kekuatan penawaran dan permintaan seimbang. Pada kondisi ini../Permintaan-Penawaran-dan-Keseimbangan- Pasar . akan tercipta harga 19 source :blog. Dengan kata lain. karena mereka selalu mencari keuntungan yang sebesar-besarnya. makin tinggi suatu barang maka makin sedikit permintaan terhadap barang tersebut”.id/. Sebaliknya.

.keseimbangan (equilibrium price) dan jumlah keseimbangan (equilibrium quantity). 20 source :blog../Permintaan-Penawaran-dan-Keseimbangan- Pasar .ub.id/.ac.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful