Resin polyvinyl ( PVC) merupakan resin yang tertua, tersedia dalam banyak variasi jenis resin PVC dan

dapat dimodifikasi dengan berbagai kandungan senyawa untuk aplikasi dengan spektrum yang sangat luas. Resin PVC secara luas digunakan untuk pabrikasi berbagai macam barang termasuk barang ekstruding, kalendering dan molding. Secara umum PVC resin mempunyai solubilitas, compatibility dan stabilaitas thermal yang terbatas, yang mana membatasi penggunaan perekat hanya untuk area spesifik saja. Perekat berbasis resin PVC ditemukan penggunaannya dalam berbagai bentuk, solvent borne, water borne, dry powder dan satu pack plastisol yang tidak menguap. Aplikasi resin pvc sebagai perekat dan sealant banyak kita temui disekitar kita, antara lain sebagai perekat pada sambungan pipa pvc, insulasi kabel, perekat pada filter kendaraan bermotor dan lainnya (plastisol).

Peralatan dan bahan yang dibutuhkan untuk memproduksi lem pvc adalah : 1. peralatan a. high speed mixer b. timbangan c. wadah 2. bahan a. pvc powder b. solvent (cyclohexanon, mek, mibk) c. plastiziser (dop,dbp)

Proses pembuatan lem pvc sangat mudah, kuncinya adalah bagaimana resin pvc dapat larut dengan sempurna pada solvent (pelarut) : 1. penimbangan     seluruh bahan ditimbang pada tempat terpisah

2. pencampuran masukkan pelarut terlebih dahulu masukkan pvc resin sedikit demi sedikit sampai semua larut

3. pengepakan setelah pengadukan selama kurang lebih 1 jam (semua pvc powder larut dalam solvent) hasil produksi dimasukkan pada wadah yang tahan terhadap solvent.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.