LAPORAN PELAKSANAAN DAN RENCANA TINDAK LANJUT

SUPERVISI AKADEMIK
KEGIATAN ON THE JOB LEARNING

(OJL)

oleh Dra. Idha S. Maduretno, M.Pd. NIP. 19561013 198103 2 002

SMA Negeri 1 Balen

Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur Tahun 2012
KATA PENGANTAR
1

PJBA. Ketua MKKS-SMA Kabupaten Bojoengoro.M. dan hidayahnya. Amin. NIP. Ucapan terima kasih disampaikan kepada semua yang membantu kelancaran pelaksanaan OJL ini. Puji syukur ke hadirat Allah SWT.19561013 198103 2 002 PENDAHULUAN A.Subhanallah Walhamdulillah Walailahaillah. Idha S. fasilitator. jajaran panitia pelaksana. Pembina. aisten fasilitator. September 2012 Dra. pelaksanaan supervisi akademik dengan melaporkan hasil pembinaan 2 orang guru berkenaan dengan permasalahan proses pembelajaran. Bapak/Ibu guru SMA Negeri 1 Balen. dan evaluator 2. di antaranya disampaikan kepada yang terhormat: 1. Semoga segala kebaikannya mendapat imbalan terbaik dari Allah SWT. Maduretno. narasumber.Pd. Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro. Topik Supervisi 2 . pakar. Kepala Dinas Kabupaten Bojonegoro. Kabid Penjaminan Mutu Guru Kabupaten Balen. Penyusunan laporan OJL disesuaikan dengan petunjuk dari P4TK berisi pelaksanaan supervisi manajerial dengan melaporakan hasil pembinaan penyusunan program di 1 sekolah. sehingga menyusun laporan On The Job Learning (OJL) dapat diselesaikan sesuai waktu yang telah ditentukan. Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat. taufiq. Bojonegoro.

Indikator dan Taget Pencapaian: 3 . 6. Tersusunnya profil kinerja guru dalam menunaikan tugas melaksanakan pembelajaran untuk mencapai target sekurang-kurangnya sama dengan SKL. 8. proses. pelatihan.Deskripsi tugas pokok guru dalam pemenuhan standar isi. Tujuan Kegiatan Superivisi Tujuan umum supervisi akademik yaitu meningkatnya efektivitas perencanaan. pelaksanaan. 2. efektif. penilaian dan SKL B. Remedial dan pengayaan 6. 7. Menggunakan hasil pemenatauan dan penilaian guru sebagai bahan pembimbingan. D. 5. dan inovatif. 4. dan pembinaan guru. menerapkan pengetahuan. Tugas terstruktur dan tidak terstruktur 4. dan evaluasi pembelajaran yang berdampak terhadap peningkatan kinerja belajar siswa dengan target serendah-rendahnya sesuai SKL. Meningkatnya efektivitas pemantauan dan penilaian guru dalam penerapan prinsip belajar tuntas melalui kegiatan remedial dan pengembangan prestasi melalui pengayaan. Meningkatnya efektivitas pemantauan dan penilaian guru dalam merencanakan pembelajaran dalam serendah-rendahnya memenuhi SKL. Penilaian 5. Ruang Lingkup Kegiatan Supervisi : 1. Perencanaan pembelajaran 2. dan daya kolaborasi dalam berkreasi. 3. Meningkatnya efektivitas pemantauan dan penilaian daya kreasi guru dalam meningkatkan belajar siswa dan memperkecil kesenjangan antara prestasi terendah dengan yang tertinggi. Tujuan khusus supervisi akademik yaitu : 1. Meningkatnya efektivitas pemantauan dan penilaian guru dalam memberikan tugas sebagai penguatan kompetensi siswa dalam menguasai pengetahuan. Meningkatnya efektivitas pemantauan dan penilaian guru dalam memfungsikan RPP sebagai dasar mengajar sehingga siswa belajar secara efisien. Pelaksanaan pembelajaran 3. Meningkatnya pemantauan dan penilaian guru dalam penerapan model penilaian otentik sebagai strategi meningkatkan motivasi belajar dan instrumen pengukuran hasil belajar secara berkelanjutan. Evaluasi pemenuhan SKL C.

dan inovatif. pengamatan kinerja.Tujuan 1. proyek atau produk. lisan tulisan. Menyajikan materi sistematis. • Seluruh guru mengelola tugas terstrukur dan tidak terstruktur secara efektif. • • • • 2. efektif. fortofolio. pemantauan dan penilaian guru dalam penerapan prinsip Seluruh guru menindaklanjuti penilaian dengan kegiatan . mengelola penugasan terstruktur dan tidak terstruktur dalam meningkatkan komptensi siswa Target • Seluruh guru memiliki dokumen pembelajaran • Seluruh guru memiliki kompetensi dalam menyusun dan merevisi Silabus dan KTSP • Seluruh guru memenuhi standar perencanaan pembelajaran • Seluruh guru mengelola proses pembelajaran sesuai dengan rencana. dan daya kolaborasi dalam berkreasi. penilaian sikap. Meningkatnya efektivitas pemantauan dan penilaian guru dalam memfungsikan RPP sebagai dasar mengajar sehingga siswa belajar secara efisien. dan penilaian diri. menerapkan pengetahuan. • Menindaklanjuti pelaksanaan efaluasi 4 • Seluruh guru menggunakan teknik penilaian otentik dan variatif. Meningkatnya efektivitas • Indikator Merumuskan silabus memperhatikan acuan operasional KTSP Menerapkan prinsipprinsip penyusunan KTSP Tepat mengalokasikan waktu. Meningkatnya pemantauan dan penilaian guru dalam penerapan model penilaian otentik sebagai strategi meningkatkan motivasi belajar dan instrumen pengukuran hasil belajar secara berkelanjutan. • • • • • • • 3. Mengembangka n keterampila belajar Bersikap konsisten terhadap pencapaian SKL Mengintegrasikan materi dengan peristiwa aktual dan kontekstual Berpusat pada pengembangan keterampilan siswa. hasil karya/tugas. Menyajikan materi secara ilmiah. Memenuhi kriteria penyusunan silabus dan RPP Rpp sebagai acuan pelaksanaan tugas profesional yang produktif dan inovatif. Meningkatnya efektivitas pemantauan dan penilaian guru dalam memberikan tugas sebagai penguatan kompetensi siswa dalam menguasai pengetahuan. Meningkatnya efektivitas pemantauan dan penilaian guru dalam merencanakan pembelajaran dalam serendahrendahnya memenuhi SKL. 4. • menggunakan penilaian tes dan nontes. 5.

• Seluruh guru mengembangkan startegi memperkecil perbedaan prestasi antara siswa kelompok yang berkeselitan belajar dengan siswa yang berkemudahan • Seluruh guru mencapai batas minimal ketuntasan belajar pada tiap satuan pendidikan • Terlaksananya bimbingan. Pendekatan Pendekatan supervisi adalah multi proses. strategi 1. pelatihan. Menggunakan hasil pemenatauan dan penilaian guru sebagai bahan pembimbingan. pelasanaan tugas sesuai dangan program. 2.belajar tuntas melalui kegiatan remedial dan pengembangan prestasi melalui pengayaan. Pengumpulan data kuantitatif dan informasi mengenai kinerja guru. pelatihan dan pembinaan guru sesuai jadwal • Membimbing. Meningkatnya efektivitas pemantauan dan penilaian daya kreasi guru dalam meningkatkan belajar siswa dan memperkecil kesenjangan antara prestasi terendah dengan yang tertinggi. kompetitif dan komperhensif dari mulai kebijakan dan program hingga pengukuran kinerja. dan evaluasi program. Tersusunnya profil dengan pembelajaran remedial • Memperkecil perbedaan prestasi antara siswa kelompok yang berkeselitan belajar dengan siswa yang berkemudahan • Mencapai batas minimal ketuntasan pembelajaran remedial. dan membina guru yang menjadi beban tugas. Pelaksanaan kegiatan supervisi pada tahun 2012/2013 menggunakan beberapa teknik supervisi dengan langkah-langkah sebagai berikut : 5 . kinerja guru dalam menunaikan tugas melaksanakan pembelajaran untuk mencapai target sekurang-kurangnya sama dengan SKL. Pendekatan. pelaksanaan. E. reflekesi ketercapaian target yang direncanakan perbaikan berkelanjutan. Pelaksanaan evaluasi. 7. Strategi Pelaksanaan pemantauan menggunakan 4 strategi utama: • • • • Pengumpulan data monitoring dan evaluasi sitem perencanaan. 6. Pembinaan guru dalam pengembangan perencanaan pengelolaan dan dan pembelajaran. dan pembinaan guru. partisipatif dan kolaboratif baik dalam peningkatan standar maupun dalam penjaminan mutu dalam memfasilasi sekolah mewujudkan keunggulan komparatif. melatih. 8.

SKENARIO KEGIATAN Skenario kegiatan meliputi langkah kegiatan sebagaimana yang tergambar dalam diagram sebagai berikut 6 . F. b) melaksanakan observasi. kolaboratif. (3) memberikan saran-saran kepada guru yang disupervisi. 3) mengatur waktu observasi dan pertemuan berikutnya. Langkah-langkah observasi: a) memilih alat observasi.1) memutuskan fokus observasi (pendekatan umum. dan e) memilih pendekatan interpersonal setelah pertemuan berikutnya. 2) menetapkan metode dan formulir observasi. Langkah-langkah pertemuan berikunya adalah menentukan fokus dan waktu. atau langsung diri sendiri). Langkah-langkah refleksi kolaborasi: (1) menemukan nilai-nilai apa? (2) mana yang kurang bernilai. d) menganalisis data hasil verifikasi dan menginterpretasi. informasi langsung. c) memverifikasi hasil observasi dengan guru pada pertemuan berikutnya.

8. dan pembinaan guru dalam rangka meningkatkan efektivitas kinerja dalam memenuhi Standar SKL. Materi Supervisi: Materi 1. Isi. Bimbingan. Pemberian tugas mandiri terstruktur dan tidak terstruktur sebagai penguatan kompetensi siswa dalam menguasai pengetahuan. 3. 4. Pengelolaan data sebagai dasar penyusunan profil kinerja guru dalam menunaikan tugas melaksanakan pembelajaran untuk mencapai target sekurangkurangnya sama dengan SKL. efektif. Pengembangan daya kreasi dalam meningkatkan belajar siswa dan memperkecil kesenjangan antara prestasi terendah dengan yang tertinggi. 7 . dan inovatif. pelatihan. dan Penilaian.S U P E R V IS I M A N A J E M E N P E M B E L A J A R A N P e r e n c a n a a n S u p e r v is i M o n it o r/c hge k in E v a lu a sin d a k /T i L a n ju t P e r b a ik a n S U P E R V IS I PROSES PE M BE LA JA R AN O UTPUT P E R B A IK A N DAN P E N J A M IN A N M UTU K o m p e te n s i S ta te g i G u ru m e n g a ja r g u ru S is w a B e la ja r Pem ecahan M a s a la h S U P E R V IS I A K A D E M IK U m p a n B a lik G. menerapkan pengetahuan. Proses. Penerapan prinsip belajar tuntas melalui kegiatan remedial dan pengembangan prestasi melalui pengayaan. 7. 2. 6. Penerapan model penilaian otentik sebagai strategi meningkatkan motivasi belajar dan instrumen pengukuran hasil belajar secara berkelanjutan. 5. Meningkatkan efektivitas fungsi RPP sebagai dasar mengajar sehingga siswa belajar secara efisien. Perencanaan pembelajaran dalam serendah-rendahnya memenuhi SKL. dan daya kolaborasi dalam berkreasi.

PELAKSANAAN DAN EVALUASI A. Sedangkan hasil proses validasi RPP diperoleh data bahwa RPP yang disusun oleh guru sudah memenuhi semua komponen RPP berdasarkan permendiknas. Hal yang perlu ditingkatkan adalah ketertiban dokumen Agenda harian (Jurnal Harian) guru agar lebih ditertibkan dalam pengisiannya. Pelaksanaan Supervisi Kunjungan Kelas Supervisor mengamati guru dalam pelaksanaan tugas untuk memetakan apakah proses kegiatan berjalan sesuai dengan standar pelaksanaan dengan menggunakan rubrik/instrumen supervisi. Kemampuan guru dalam melakukan kegiatan Pendahuluan terutama menyampaikan apersepsi. Dari hasil pertemuan ini diperoleh nilai rata-rata 97 . 2. Hal ini berarti hampir terpenuhi semua kelengkapan dokumen perencanaan pembelajaran. 95 % proses pembelajaran berjalan sesuai dengan tuntutan standar proses. Dari hasil pengamatan kunjungan kelas terhadap dua orang guru diperoleh data bahwa rata-rata nilai guru dalam pengelolaan proses pembelajaran dalam kelas dalam katagori Baik Sekali. supervisor bertemu dengan masing-masing guru untuk melaksanakan sebuah pertemuan pra pengamatan. Pertemuan Pra Supervisi Sebelum dilakukan observasi kelengkapan dokumen perencanaan pembelajaran. Penggunaan ragam media pembelajaran dan sumber belajar yang lain 8 . Beberapa kekurangan yang perlu dibenahi adalah 1. Langkah kegiatan Pelaksanaan 1. 2. dalam pertemuan ini membahas permasalahan persiapan dokumen perencanaan pembelajaran.5.

S. b. Evaluasi dan Refleksi Evaluasi dan refleksi dari keseluruhan kegiatan supervisi berikut ini adalah: a. Dalam kegiatan ini supervisor menyampaikan hasil pengamatan yang dilakukan berdasarkan ceklistintrumen. Pada kegiatan ini membahas informasi dari evaluasi diri guru mengenai hasil supervisi yang telah dilakukan. Kemampuan guru dalam tahap elaborasi yaitu pada saat siswa melakukan kegiatan yang menumbuhkembangkan kebanggaan dan rasa percaya diri. dan membuka diri untuk hal yang baru. Pertemuan Pasca Pengamatan Dalam kurun waktu yang disepakati bersama setelah setiap pengamatan dilakukan maka supervisor mengadakan pertemuan pasca pengamatan atau kegiatan refleksi. Evaluasi Pada akhir siklus supervisi. 3. Selain itu. untuk mengembangkan potensi diri. Nama Guru Langsung 1. Drs.3. TINDAK LANJUT Dari hasil pelaksanaan evaluasi proses pembelajaran dibuat rencana tindak lanjut sebagai berikut : No. Memperhatikan keaktifan siswa pada saat proses pembelajaran. mengembangkan rencana pembinaan.Sos 9 . 4. kepala sekolah sebagai supervisor dan guru bertemu dalam sebuah rapat evaluasi. supervisor menyampaikan rekomendasi perbaikan. 2. Dwi Kasi K. menata dokumen sehingga menjadi sistem informasi yang berguna untuk pengambilan keputusan berikutnya. Syamsudin Memberikan motivasi serta memberikan masukan masukan positif untuk kemajuan guru Memanggil secara khusus untuk pembinaaan langkah yang diambil untuk lebih dekat dengan siswa Pembinaan Tidak Langsung Mengikutakan guru dalam workshop tentang pembelajaran yang inovatif dan kreatif Mengirimkan untuk melaksanakan MGMP. Selain itu supervisor juga merancang dan menyampaikan rencana tindak lanjut hasil supervisi tersebut.

5. 2. efektif. 6. 10 . dan inovatif. dan daya kolaborasi dalam berkreasi. Melalui kegiatan supervisi akademik dapat meningkatkan efektivitas pemantauan dan penilaian guru dalam memberikan tugas sebagai penguatan kompetensi siswa dalam menguasai pengetahuan. Melalui kegiatan supervisi akademik dapat meningkatkan pemantauan dan penilaian guru dalam penerapan model penilaian otentik sebagai strategi meningkatkan motivasi belajar dan instrumen pengukuran hasil belajar secara berkelanjutan.KESIMPULAN Dari hasil kegiatan supervisi akademik yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan 1. Melalui kegiatan supervisi akademik dapat meningkatkan efektivitas pemantauan dan penilaian guru dalam memfungsikan RPP sebagai dasar mengajar sehingga siswa belajar secara efisien. menerapkan pengetahuan. 4. Melalui kegiatan supervisi akademik dapat meningkatkan efektivitas pemantauan dan penilaian guru dalam penerapan prinsip belajar tuntas melalui kegiatan remedial dan pengembangan prestasi melalui pengayaan. 3. Melalui kegiatan supervisi akademik dapat meningkatkan efektivitas pemantauan dan penilaian guru dalam merencanakan pembelajaran dalam serendah-rendahnya memenuhi SKL. Melalui kegiatan supervisi akademik dapat meningkatkan efektivitas pemantauan dan penilaian daya kreasi guru dalam meningkatkan belajar siswa dan memperkecil kesenjangan antara prestasi terendah dengan yang tertinggi.

Pd NIP. pelatihan. Melalui kegiatan supervisi akademik diperoleh data hasil pemenatauan dan penilaian guru yang dapat digunakan sebagai bahan pembimbingan.Pd NIP. dan pembinaan guru. Idha.19590320 198503 1 009 Dra. Drs. 8. Agustus 2012 Supervisor / Kepala Sekolah. Melalui kegiatan supervisi akademik dapat mengetahui profil kinerja guru dalam menunaikan tugas melaksanakan pembelajaran untuk mencapai target sekurangkurangnya sama dengan SKL. M. Mengetahui Pengawas Balen.7.19561013 198103 2 002 11 . S. Nurali. Maduretno. M.

Dwi Kasi K. perencanaan. Meningkatkan efektivitas fungsi RPP sebagai dasar peningkatan kinerja belajar mengajar sehingga siswa siswa dengan target belajar secara efisien. SKL 7. Analisis Hasil Evaluasi Diri b. Maduretno MPd 19561013 198103 2 002 SMA Negeri 1 Balen 1. Pemberian tugas mandiri 2 JP terstruktur dan tidak terstruktur sebagai penguatan metode supervisi kompetensi siswa dalam multi metode menguasai pengetahuan. Analisis Hasil Sup/ Simpulan tujuan umum.. Penilaian. serendah-rendahnya sesuai dan inovatif. 5. S. pelaksanaan. Idha S. Hari / tgl.PROGRAM SATUAN SUPERVISI (Meliputi Pemantauan. dan evaluasi pembelajaran yang berdampak terhadap 6. Pembimbingan. Tujuan Supervisi LangkahLangkah Prapengam atan a.Agustus 2012/2013 semester 1 Materi Supervisi Pelaksanaan Sup. Perencanaan pembelajaran dalam serendah-rendahnya • Meningkatkan efektivitas memenuhi SKL. Persiapan : Senin 9 juli 2012 Pelaksanaan : 16 juli 2012 Evaluasi : Senin/ 27 Agustus 2012 1. Syamsudin 2. Wawancara b. Drs. menerapkan pengetahuan. Pertemuan Pra Supervisi 2. Juli . tujuan khusus • Meningkatkan efektivitas pemantauan guru dalam merencanakan pembelajaran untuk memenuhi SKL. • Meningkatkan efektivitas lamanya supervisi. dan 12 Pengamata n a. Angket . Pelatihan dan Pembinaan Guru) Nama Supervisor NIP Satuan Pendidikan Waktu Pelaksanaan Tahun/Semester Sasaran 1. Studi dokumen c. efektif.Sos : : : : : Dra.

Pengelolaan data sebagai dasar penyusunan profil kinerja guru tuntas. dasar pelaksanaan pembelajaran mengajar 8. Pengamatan Evaluasi . meningkatkan motivasi belajar dan instrumen pengukuran Meningkatkan efektivitas hasil belajar secara pemantauan dalam berkelanjutan. memberikan tugas sebagai penguatan kompetensi siswa 9. Penerapan model penilaian yang efisien. dan memperkecil 13 b. Pengembangan daya kreasi dalam meningkatkan belajar penerapan model penilaian siswa dan memperkecil otentik sebagai strategi kesenjangan antara prestasi meningkatkan motivasi belajar secara berkelanjutan. dan otentik sebagai strategi inovatif. prestasi melalui pengayaan. Penilaian Pascapenga matan a. LangkahLangkah d.Sasaran Tujuan Supervisi Materi Supervisi Pelaksanaan Sup. Meningkatkan pemantauan 10. Penerapan prinsip belajar Pemantaan tentang tuntas melalui kegiatan kompetensi pengetahuan. dan daya kolaborasi dalam berkreasi. dalam menunaikan tugas Meningkatkan efektivitas melaksanakan pembelajaran pemantauan dan penilaian untuk mencapai target daya kreasi guru dalam sekurang-kurangnya sama meningkatkan belajar siswa dengan SKL. Analisis Hasil Sup/ Simpulan • • • • • pemantauan guru dalam daya kolaborasi dalam memfungsikan RPP sebagai berkreasi. Meningkatkan efektivitas pemantauan dalam penerapan prinsip belajar 11. terendah dengan yang tertinggi. efektif. Pertemuan Pasca 3. remedial dan pengembangan menerapkan pengetahuan.

Sasaran Tujuan Supervisi Materi Supervisi Pelaksanaan Sup. dan terendah dengan yang pembinaan guru dalam rangka tertinggi. M. Maduretno MPd 19561013 198103 2 002 SMA Negeri 1 Balen 1. Drs. pelatihan. Agustus 2012 Supervisor / Kepala Sekolah. Idha S. dan guru dalam menunaikan Penilaian. Idha. tugas melaksanakan pembelajaran untuk mencapai target SKL Mengetahui Pengawas Balen. Bimbingan.Pd NIP. Isi.19561013 198103 2 002 JADWAL SUPERVISI AKADEMIK Nama Supervisor NIP Satuan Pendidikan Waktu Pelaksanaan : : : : Dra.Pd NIP. Proses. Maduretno.19590320 198503 1 009 Dra. Nurali.Agustus 14 . LangkahLangkah Analisis Hasil Sup/ Simpulan kesenjangan antara prestasi 12. M. meningkatkan efektivitas kinerja dalam memenuhi • Tersusunnya profil kinerja Standar SKL. S. Juli .

Hari/ tgl. Agustus 2012 Supervisor / Kepala Sekolah.6 Mengetahui Pengawas Balen. 15 . Syamsudin Pendidikan Agama X -4 1-2 2 Senin 27 Agustus 2012 Dwi Kasi K..Tahun/Semester : 2012/2013 semester 1 No. S. Nama Guru Mata Pelajaran Kelas Jam ke- Pelaksanaan Supervisi Persiapan : Senin 9 juli 2012 Pelaksanaan : 16 juli 2012 Evaluasi : Senin/ 27 Agustus 2012 Lamanya : 2 JP Metode : Multi metode Persiapan : Senin 9 juli 2012 Pelaksanaan : 16 juli 2012 Evaluasi : Senin/ 27 Agustus 2012 Lamanya 2 JP Metode : Multi metode Keterangan 1 Senin 27 Agustus 2012 Drs.Sos Sosiologi XI IPS 2 5 .

19561013 198103 2 002 16 .Drs.Pd NIP.19590320 198503 1 009 Dra.Pd NIP. S. Idha. M. Nurali. Maduretno. M.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful