Pencemaran Tanah oleh Limbah Organik

Adi Hamdani
Mata kuliah Kimia Dasar

kami berharap. Kami menyadari makalah ini masih sangat sederhana. makalah ini dapat memberikan manfaat bagi penulis khususnya dan bagi pembaca pada umumnya. Bandung. maka layaknya kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya. November 2012 Kelompok 5 1. Pencemaran Tanah oleh Limbah Organik Penyusun . Terimakasih.Kata Pengantar Alhamdulillahirabilalamiin. sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini. karena kami masih dalam tahap belajar. Maka hadirnya saran dan kritik yang membangun sangat kami harapkan guna memperbaiki karya tulis yang akan datang. puji syukur kami panjatkan ke hadirat allah swt yang senantiasa melimpahkan rahmat dan karunianya kepada kita sekalian. Selesainya makalah ini tidak terlepas dari bantuan dan saran dari berbagai pihak.

Kegiatan – kegiatan manusia mulai dari industri rumah tangga sampai industri yang besar menghasilkan berbagai limbah yang dapat mengganggu keseimbangan alam. baik pencemaran udara. seperti limbah pabrik maupun sampah rumah tangga. Pencemaran tanah paling banyak terjadi karena limbah anorganik. kadang manusia hanya memikirkan bagaimana cara memenuhi kebutuhannya tanpa memikirkan dampak yang terjadi akibat perilakunya sendiri. khususnya terhadap keseimbangan yang ada di alam. mulai dari yang sederhana sampai yang kompleks. Akan tetapi. maupun tanah. tetapi apabila jumlahnya semakin tak terkendali sampah organik juga bias menjadi limbah yang serius. selalu saja ada kebutuhan baru yang timbul akibat hal tersebut. 2 . Tetapi kadang kita tidak menyadari bahwa berbagai limbah organik juga dapat menimbulkan pencemaran yang serius terhadap kondisi tanah.1 Latar Belakang Seiring dengan kebutuhan manusia yang terus berkembang laju globalisasipun menjadi hal yang tidak bisa dihindarkan dari kehidupan kita sekarang. Berbagai macam kebutuhan. Dalam proses dan pengolahan yang tepat memang sampah organik bisa menjadi pupuk yang dapat menyuburakan tanah. Sehingga terjadi berbagai pencemaran. Berbagai limbah baik limbah organik maupun limbah anorganik terus mencemari bumi ini. air. Segala bentuk proses pemenuhan kebutuhan terus dilakukan. Manusia memang mahluk yang tidak Pencemaran Tanah oleh Limbah Organik pernah merasa puas.Bab I Pendahuluan 1. Laju pembangunan yang tak seimbang dengan kesadaran menjaga bumi atau lingkungan menimbulkan berbagai masalah.

Mengetahui limbah organik yang dapat menimbulkan pencemaran tanah c.3 Rumusan Masalah a. Dampak pencemaran tanah akibat limbah organik e. Hubungan pencemaran tanah dan limbah organik d. Mengetahui apa yang dimaksud pencemaran tanah b. Pengertian limbah organik Pencemaran Tanah oleh Limbah Organik b.1.2 Tujuan Penelitian a. Usaha pencegahan dan penanggulangan pencemaran tanah . Mengidentifikasi berbagai masalah yang menyebabkan pencemaran tanah d. Sumber limbah organik c. Mencari solusi untuk mencegah dan menanggulangi dampak dari pencemaran tanah 1.

Pencemaran ini biasanya terjadi karena: kebocoran limbah cair atau bahan kimia industri atau fasilitas komersial. Masuknya Pencemaran Tanah oleh Limbah Organik bahan pencemar atau polutan kedalam lingkungan tertentu yang keberadaannya mengganggu kestabilan lingkungan. Pencemaran tanah adalah keadaan dimana bahan kimia buatan manusia masuk dan mengubah lingkungan tanah alami. zat kimia.” Tetapi akibat kegiatan manusia. Di dalam PP No. 150 tahun 2000 tentang Pengendalian kerusakan tanah untuk produksi biomassa: “Tanah adalah salah atu komponen lahan berupa lapisan teratas kerak bumi yang terdiri dari bahan mineral dan bahan organik serta mempunyai sifat fisik. masuknya air permukaan tanah tercemar ke dalam lapisan sub-permukaan. Pencemaran yang masuk ke dalam tanah kemudian terendap sebagai zat kimia beracun di tanah. banyak terjadi kerusakan tanah. dan mempunyai kemampuan menunjang kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya. penggunaan pestisida.BAB II Pembahasan 2. kimia. sehingga mutu kualitas lingkungan turun sampai tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. 4 . kecelakaan kendaraaan pengangkut minyak. Menurut Peraturan Pemerintah RI No. 150 th. 2000 disebutkan bahwa “Kerusakan/pencemaran tanah untuk produksi biomassa adalah berubahnya sifat dasar tanah yang melampaui kriteria baku kerusakan tanah”. biologi.1 Pengertian Pencemaran Tanah Pencemaran adalah berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau proses alami. atau limbah. air limbah dari tempat penimbunan sampah serta limbah industri yang langsung dibuang ke tanah secara tidak memenuhi syarat (illegal dumping). Zat beracun di tanah tersebut dapat berdampak langsung kepada manusia ketika bersentuhan atau dapat mencemari air tanah dan udara di atasnya.

Sampah ini dapat diolah lebih lanjut menjadi kompos. dan kertas. botol dan gelas minuman. Sampah ini dapat dijadikan sampah komersil atau sampah yang laku dijual untuk dijadikan produk laiannya. dan sebagainya. Sampah merupakan didefinisikan oleh manusia menurut derajat keterpakaiannya. plastik mainan. Beberapa sampah anorganik yang dapat dijual adalah plastik wadah pembungkus makanan. kaleng. daun-daun kering. baik kertas koran. HVS. sayuran. maupun karton. Sampah yang diproduksi di kehidupan liar diintegrasikan melalui proses daur ulang alami. dan sebagainya. kertas.  Sampah Anorganik. kaleng. . yang ada hanya produk-produk yang Pencemaran Tanah oleh Limbah Organik dihasilkan setelah dan selama proses alam tersebut berlangsung. misalnya daun-daun kering di lingkungan pemukiman. Berikut adalah jenis jenis sampah berdasarkan berbagai klasifikasi :  Berdasarkan sifatnya  Sampah Organik. Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. kaca. sampah pasar ataupun berasal dari kotoran hewan. seperti halnya daun-daun kering di hutan yang terurai menjadi tanah. yaitu sampah yang mudah membusuk seperti sisa makanan. dalam prosesproses alam sebenarnya tidak ada konsep sampah.2. sampah-sampah ini dapat menjadi masalah. yaitu sampah yang tidak mudah membusuk. seperti plastik wadah pembungkus makanan. Di luar kehidupan liar. sampah rumah tangga. botol dan gelas bekas minuman.2 Macam – macam limbah organic Limbah organik adalah limbah yang berasal dari makhluk hidup. kayu. diantaranya berasal dari tumbuhan dan hewan yang telah mati. Limbah organik dapat berasal dari berbagai jenis sampah.

Salah satu perkembangan utama pada dialektika manusia adalah pengurangan penularan penyakit melalui sampah manusia dengan cara hidup yang higienis dan sanitasi. Termasuk didalamnya adalah perkembangan teori penyaluran pipa (plumbing). Sampah manusia dapat menjadi bahaya serius bagi kesehatan karena dapat digunakan sebagai vektor (sarana perkembangan) penyakit yang disebabkan virus dan bakteri.Sampah manusia (Inggris: human waste) adalah istilah yang biasa digunakan terhadap hasilhasil pencernaan manusia. Sampah manusia dapat dikurangi dan dipakai ulang misalnya melalui sistem urinoir tanpa air. seperti feses dan urin. Pencemaran Tanah oleh Limbah Organik 6 .

pencemaran tanah dapat menyebabkan Kematian. iritasi mata dan ruam kulit untuk paparan bahan kimia yang disebut di atas. Organofosfat dan karmabat dapat menyebabkan gangguan pada saraf otot. PCB dan siklodiena terkait pada keracunan hati. pusing. Merkuri (air raksa) dan siklodiena dikenal dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Akibatnya bahkan dapat memusnahkan beberapa spesies primer dari rantai makanan. Terdapat beberapa macam dampak kesehatan yang tampak seperti sakit kepala. letih. serta kerusakan ginjal pada seluruh populasi. . Yang jelas. berbagai macam pestisida dan herbisida merupakan bahan karsinogenik untuk semua populasi. Kromium. diantaranya:  Pada kesehatan Dampak pencemaran tanah terhadap kesehatan tergantung pada tipe polutan. karena dapat menyebabkan kerusakan otak. jalur masuk ke dalam tubuh dan kerentanan populasi yang terkena.2. Perubahan kimiawi tanah yang radikal dapat timbul dari adanya bahan kimia beracun/berbahaya bahkan pada dosis yang rendah sekalipun.3 Dampak akibat terjadinya pencemaran tanah Berbagai dampak ditimbulkan akibat pencemaran tanah. Paparan Pencemaran Tanah oleh Limbah Organik kronis (terus-menerus) terhadap benzena pada konsentrasi tertentu dapat meningkatkan kemungkinan terkena leukemia. Timbal sangat berbahaya pada anak-anak.  Pada Ekosistem Pencemaran tanah juga dapat memberikan dampak terhadap ekosistem. Perubahan ini dapat menyebabkan perubahan metabolisme dari mikroorganisme endemik dan antropoda yang hidup di lingkungan tanah tersebut. pada dosis yang besar. Bahkan jika efek kimia pada bentuk kehidupan terbawah tersebut rendah. beberapa bahkan tidak dapat diobati. yang dapat memberi akibat yang besar terhadap predator atau tingkatan lain dari rantai makanan tersebut. Berbagai pelarut yang mengandung klorin merangsang perubahan pada hati dan ginjal serta penurunan sistem saraf pusat.

 Pada bidang pertanian Pencemaran Tanah oleh Limbah Organik Dampak pada pertanian terutama perubahan metabolisme tanaman yang pada akhirnya dapat menyebabkan penurunan hasil pertanian. tanah tersebut dibersihkan dari zat pencemar.4 Usaha pencegahan dan penangulangan pencemaran tanah  Remediasi Remediasi adalah kegiatan untuk membersihkan permukaan tanah yang tercemar. dan bioremediasi. Setelah itu di daerah aman. Hal ini dapat menyebabkan dampak lanjutan pada konservasi tanaman di mana tanaman tidak mampu menahan lapisan tanah dari erosi. seperti konsentrasi DDT pada burung menyebabkan rapuhnya cangkang telur. terdiri dari pembersihan. Pembersihan onsite adalah pembersihan di lokasi. venting (injeksi). 2. Caranya yaitu. Pembersihan off-site meliputi penggalian tanah yang tercemar dan kemudian dibawa ke daerah yang aman. Pembersihan offsite ini jauh lebih mahal dan rumit. Banyak dari efek-efek ini terlihat pada saat ini. Pembersihan ini lebih murah dan lebih mudah. kemudian zat pembersih dipompakan ke bak/tangki tersebut. 8 . Beberapa bahan pencemar ini memiliki waktu paruh yang panjang dan pada kasus lain bahan-bahan kimia derivatif akan terbentuk dari bahan pencemar tanah utama. Selanjutnya zat pencemar dipompakan keluar dari bak yang kemudian diolah dengan instalasi pengolah air limbah. tanah tersebut disimpan di bak/tanki yang kedap. yaitu in-situ (atau on-site) dan ex-situ (atau off-site).bagian bawah piramida makanan dapat menelan bahan kimia asing yang lamakelamaan akan terkonsentrasi pada makhluk-makhluk penghuni piramida atas. meningkatnya tingkat Kematian anakan dan kemungkinan hilangnya spesies tersebut. Ada dua jenis remediasi tanah.

Sedangkan penanganan sampah ialah dengan mencegah timbulnya pencemaran. hanyut ke tempat pengolahan lebih lanjut. Berperan langsung. bakteri). jurang. karena kemampuannya Pencemaran Tanah oleh Limbah Organik menyerap unsur logam dari dalam tanah dan berperan tidak langsung karena menstimulir pertumbuhan mikroorganisme bioremediasi lain seperti bakteri tertentu. dialirkan ke selokan. dengan mengisi tanah berlegok dan kemudian menutupnya dengan tanah. Pencacahan ( grinding). . misalnya dengan cara :    Penimbunan (dumping). dengan maksud untuk menutupi rawa. salah satu mikroorganisme yang berfungsi sebagai bioremediasi adalah jamur vesikular arbuskular mikoriza (vam). yakni mengolah limbah dengan proses dekomposisi senyawa kimia pada suhu tinggi dengan pembakaran tidak sempurna yang pada akhirnya menghasilkan zat kimia baru yang berguna. Jamur vam dapat berperan langsung maupun tidak langsung dalam remediasi tanah. jamur dan sebagainya. Anton Muhibuddin.    Penkomposan atau composting yakni pengolahan limbah untuk memperoleh kompos untuk menyuburkan tanah. Bioremediasi bertujuan untuk memecah atau mendegradasi zat pencemar menjadi bahan yang kurang beracun atau tidak beracun (karbon dioksida dan air). Pembakaran (incineration). yang menghasilkan gas dan residue Pirolisis. Bioremediasi Bioremediasi adalah proses pembersihan pencemaran tanah dengan menggunakan mikroorganisme (jamur. dimana limbah organik dimasukkan kedalam alat penggiling sehingga menjadi kecil-kecil . Menurut Dr. lekukan tanah di tempat terbuka dan di laut Pengisian tanah kesehatan (sanitary landfill).

Banyak hal dapat dilakukan untuk menanggulangi pencemaran tanah. Pencemaran Tanah oleh Limbah Organik dan pertanian. seperti remediasi dan bioremediasi. ekosistem. seperti kesehatan. 10 . Dampaknya bisa terjadi di berbagai aspek.1 Kesimpulan Pencemaran tanah paling banyak terjadi karena limbah anorganik. Kita juga dapat mencegahnya dengan pola pengolahan sampah organik yang benar dan ramah lingkungan. seperti limbah pabrik maupun sampah rumah tangga.Bab III Penutup 3. Tetapi kadang kita tidak menyadari bahwa berbagai limbah organik juga dapat menimbulkan pencemaran yang serius terhadap kondisi tanah.

Related Interests