TUGAS OPERASI TEKNIK KIMIA II “DRYING”

Disusun oleh: M. Nanda Faria (0904103010006)

JURUSAN TEKNIK KIMIA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA DARUSSALAM, BANDA ACEH 2011

dari bahan padat. Proses ini lebih murah dibandingkan pengeringan dengan panas . Dalam beberapa kasus air dapat dihilangkan secara mekanis dari bahan padat dengan press.1A Tujuan Pengeringan Diskusi tentang pengeringan pada bab ini berkaitan dengan penghilangan air dari bahan proses dan substansi lain. sentrifugasi. dan metode lain.1B Metode Dasar Pengeringan Metode dan proses pengeringan dapat diklasifikasikan dalam beberapa cara berbeda. atau secara continue. dimana . batu bara 4 %. yang akan dibahas di bab ini. 9. Pengeringan biasanya adalah langkah proses akhir sebelum pengepakan dan membuat beberapa bahan. Beberapa tipe peralatan dan metode perhitungan untuk penghilangan air juga bisa digunakan untuk penghilangan cairan organik. air dihilangkan sebagai uap dengan udara. Pada pengeringan. Proses pengeringan secara batch. dan 5 % pada prodk makanan. Garam kering mengandung sekitar 0. Istilah “pengeringan” juga digunakan untuk menyatakan penghilangan cairan organik lain. Dalam evaporasi air dihilangkan dalam bentuk uap pada titik didhnya. seperti bubuk sabun dan pewarna lebih mudah ditangani. Tingkat kelembaban dari produk akhir yang telah dikeringkan bervariasi tergantung tipe produk. dimana bahan dimasukkan ke dalam alat pengering dan pengeringan dilakukan dalam periode tertentu.1 PENDAHULUAN DAN METODE PENGERINGAN 9.Buku: Transport Process and Unit Operation Pengarang: Christie John Geankoplis Bab : 9 (Drying of Process Material) PENGERINGAN BAHAN-BAHAN PROSES 9. Evaporasi adalah penghilangan sebagian besar air dari bahan. seperti benzene atau pelarut organik.5 % air. Pengeringan secara umum berarti penghilangan sebagian kecil kadar air dari bahan.

dan (3) dalam pengeringan-beku. Proses pengeringan dapat juga dikategorikan menurut kondisi fisik yang digunakan untuk menambah panas dan menghilangkan uap air: (1) dalam kategori yang pertama. evaporasi air dilakukan secara lebih berulang pada tekanan rendah. dalam pengering melewati-sirkulasi ini. Lalu. Setelah pengeringan. udara yang dipanaskan melewati bed permeable. (2) dalam pengeringan vakum. Sekitar 10-20 % udara yang melewati tray adalah udara segar sisa dari air yang disirkulasi kembali. dan uap yang terbentuk dihilangkan oleh udara.2 PERALATAN UNTUK PENGERINGAN 9. Panas elektrik juga digunakan. Udara yang dipanaskan dengan uap disirkulasi ulang denga kipas diatas dan paralel terhadap permukaan tray. khususnya untuk masukan dengan pemanasan rendah. Modifikasi dari tipe ini adalah tipe tray-truck. 9.bahan ditambahkan ke dalam pengering dan bahan yang sudah dikeringkan secara terus menerus dihilangkan. air disublimasi dari bahan yang beku. bahan yang berupa gumpalan atau pasta padat disebarkan secara seragam pada nampan/tray logam pada kedalaman 10 sampai 100 mm. Pada kasus bahn butiran. panas ditambahkan dengan kontak langsung dengan udara yang dipanaskan pada tekanan atmosfer. . yang juga disebut pengering lemari atau ruang terpisah. karena truk bisa dimasukkan dan dikeluarkan dari luar pengering. tipikal tray dryer pada gambar 9.2A Tray Dryer Pada Tray Dryer. rak dibuka dan tray diganti dengan batch tray yang baru. dan panas ditambahkan secara tidak langsung dengan kontak kepada dinding logam atau dengan radiasi.2-1 mengandung nampan yang dapat dipindahkan yang dimasukkan ke lemari/cabinet. Tipe ini dapat mengahemat waktu. dimana tray dimasukkan pada truk yang didorong ke dalam pengering. bahan dapat dimasukkan dalam layer yang membantuk bagian bawah setiap tray. menghasilkan waktu pengerigan lebih pendek karena luas permukaan yang lebih besar terbuka ke udara.

Dalam pengering tipe ini terdapat rak yang terbuat dari besi tuang atau plat baja dengan pintu yang disesuaikan secara rapat jadi dapat dioperasikan pada kondisi vakum. seperti ditunjukkan pada gambar 9. Untuk operasi temperatur rendah. Uap biasanya melewati kondensor. Banyak makanan dikeringkan dengan cara ini. sirkulasi air hangat yang digunakan. Padatan diletakkan pada tray atau truk yang bergerak terus menerus melewati lorong dengan gas panas melewati permukaan setiap tray. Tray yang mengandung padatan untuk dikeringkan pada rak kosong. Aliran udara panas bisa secara countercurrent. . atau gabungan keduanya. 9.9. Selain itu dapat juga digunakan untuk menangani bahan beracun atau pelarut yang baik. sensitif terhadap temperatur. Rak kosong dari baja dikencangkan secara permanen di dalam ruang dan disambungkan secara paralel kepada msukan dan keluaran header uap.2C Pengering Lorong Berlanjut Pengering ini sering dioperasikan secara batch truk atau tray.2-2a. Panas dikonduksi melalui dinding logam dan dibantu dengan radiasi dari rak diatasnya. bukan uap untuk mengalirkan panas untuk menguapkan kelembaban. Pengering ini digunakan untuk mengeringkan bahan yang mahal. cocurrent.2B Pengering Rak-vakum Tidak Langsung Pengering ini adalah pengering batch yang dipanaskan secara tidak langsung seperti tray dryer. atau yang mudah teroksidasi.

seperti pada gambar 9.Ketika partikel butiran dari padatan akan dikeringkan. conveyor berlubang atau tabir yang berlanjut sering digunakan. padatan butiran basah dibawa pada lapisan sedalam 25-150 mm pada apron tabir atau .2-2b.

Pada beberapa kasus. 9. Pengering ini terdiri dari beberapa bagian yang setiap bagian terdapat kipas dan koil pemanas.2-3 dan bergerak melewati selongsong saat berputar.berlubang saat udara yang dipanaskan dialirkan ke atas atau ke bawah bed. . Pada bebrapa kasus bahan berpasta dapat dibentuk kedalam silinder dan diletakkan pada bed untuk dikeringkan. Sejumlah udara dikeluarkan ke atmosfer dengan kipas. Banyak tersedia variasi lain dari pengering berputar. Padatan butiran basah dimasukkan pada ujung atas seperti pada gambar 9. pemanasan dilakukan secara tidak langsung dengan kontak terhadap dinding yang dipanaskan dari silinder. hal ini dibahas pada bagian lain (P1). Partikel butiran bergerak maju perlahan pada jarak pendek sebelum dituangkan kebawah melewati gas panas. Pemanasan dilakukan dengan kontak langsung dengan gas panas dalam aliran countercurrent.2D Pengering Berputar Pengering ini terdiri dar silinder berlubang yang dirotasi dan biasanya sedikit dicondongkan kepada keluaran.

2E Pengering Drum Pengering ini terdiri dari roll logam yang dipanaskan.2F Pengering Spray Dalam pengering spray larutan cair atau slurry disemprot ke aliran gas panas dalam bentuk kabut dengan tetesan yang baik. . 9. cocurrent. Fungsi drum adalah untuk pengering sekaligus evaporator. Padatan kering akhir disingkirkan dari roll. dengan diputar perlahan. ditunjukkan pada gambar 9. atau gabungan keduanya. Aliran gas dan cairan dalam ruang spray bisa countercurrent. Variasi lain dari tipe satu-drum adalah drum putar ganda dengan masukkan secara dicelup atau dengan pemasukan atas ke dalam dua drum. Air menguap terus menerus dari tetesan meninggalkan partikel padatan kering yang terpisah dari aliran gas. pada bagian luar yang merupakan lapisan tipis dari cairan atau slurry dievaporasi menjadi kering.9. Slurry kentang dikeringkan dengan pengering drum untuk menghasilkan serpihan kentang. Pengering drum cocok untuk menangani sluury atau pasta dari padatan dengan suspensi yang baik dan untuk larutan.2-4.

Udara yang tidak dipanaskan di bagian bawah akan mendinginkan biji-bijian kering sebelum biji . Dalam wadah pengeringan ketebalan lapisan biji-bijian yang melewati udara panas adalah 0. biji-bijian mengandung kelembaban sekitar 30 sampai 35 %. Padatan yang telah dikeringkan keluar dari bagian bawah dari ruang melalui screw conveyor.Tetesan yang baik terbentuk dari umpan cairan dengan spray nozzle atau piringan spray dengan putaran tinggi di dalam ruang silinder seperti pada gambar 9.2-6. oleh karena itu ruang besar digunakan. Partikel yang dihasilkan biasanya ringan dan agak berpori.5 m atau kurang. Bubuk susu yang dikeringkan dibuat dengan susu yang di spray-drying. 9. Gas keluaran mengalir melalui pmisah siklon untuk menghilangkan pengotor. dan untuk penyimpanan aman selama 1 tahun harus dikeringkan sampai sekitar 13 % berat kelembaban (H1). Pengering aliran-terus menerus umum ditunjukkan pada gambar 9.2-5.2G Pengeringan Potongan Tanaman dan Biji-bijian Pada pengeringan biji-bijian dari hasil panen. Perlu kita pastikan bahwa tetesan atau partikel basah dari padatan tidak menyerang dan menempel pada permukaan padatan sebelum dilakukan pengeringan.

dikeluarkan. tipe lain dari pengering potongan dan wadah penyimpanan telah dijelaskan oleh Hall (H1). .

Buku: Handbook of Industrial Drying Pengarang: Carl W.4.2 Neraca Energi Fase padat: Fase gas: .1. Hall Bab : 3 (Basic Process Calculation and Simulations in Drying) 3.4.1.4.1 NERACA MASSA DAN ENERGI Persamaan keseimbangan input-output untuk kasus khas konvektif pengeringan dan LPM menganggap bentuk berikut: 3.1 Neraca Massa Fase padat: Fase gas: 3.

Related Interests