I.JUDUL Helm Spa II.

LATAR BELAKANG MASALAH Banyaknya pengguna sepeda motor yang merasa lelah setelah berpergian jauh menggunakan helm. Dan seringkali ketika mereka melepas helm setelah berpergian jauh mengakibatkan raut wajah yang lelah dan seringkali panas dan berantakan. Bahkan tak jarang pula, banyak pengguna sepeda motor yang lebih memilih menggunakan helm yang tidak sesuai standar alias helm kura-kura karena mereka merasa tidak nyaman dan panas jika menggunakan helm SNI yang tertutup. III. PERUMUSAN MASALAH 1. Banyaknya pengguna helm yang merasa tidak nyaman menggunakan helm. 2. Banyaknya ditemui pengguna helm ketika sehabis menggunakan helm wajah mereka tampak panas dan kurang enak dipandang. 3. Karena merasa tidak nyaman menggunakan helm yang sesuai SNI, mereka lebih memilih menggunakan helm batok atau kura-kura yang terbuka.

IV. TUJUAN Diharapkan agar pengguna sepeda motor merasa lebih nyaman dan enggan menggunakan helm yang tidak sesuai SNI. Dan agar pengguna helm spa ini dapat menikmati sensasi spa yang menyegarkan, sehingga walaupun berlama-lama menggunakan helm dikemacetan ataupun tempat panas, kepala terutama wajah pengguna helm spa tetap nyaman, dingin dan fresh. Sehingga setelah helm dilepas, wajah yang ditampilkan bukan lagi wajah kepanasan namun senyuman karena rasa nyaman dan fresh setelah menggunakan helm tersebut.

V. LUARAN YANG DIHARAPKAN

kaca dari helm spa ini merupakan kaca ramah lingkungan dari bahan daur ulang yang anti sinar UV A maupun UV B. Dan juga dapat meberikan sensasi spa yang menyenangkan tanpa harus susah-suasah pergi ke spa. KEGUNAAN 1. Selain itu. Selain itu. VI. Selain itu helm ini juga dilengkapi dengan mp3 yang dapat memutarkan music relaksasi.Produk komersial “Helm Spa” merupakan helm yang dilengkapi panelpanel yang dapat menyemprotkan aromatherapy khas spa dan juga oksigen. namun tetap fokus dalam berkendara. dan dapat membuat wajah tampak lebih awet muda. sehingga dapat memberikan sensasi dingin pada wajah. Sehingga wajah akan tetap dingin dan panas tidak terperangkap didalam helm. Prosuk ini juga dapat merangsang mahasiswa untuk berpikir inovatif dan positif. produk ini juga dapat membuat mahasiswa menjadi berpikir kreatif dan sportif dalam mendisain model “helm spa”. . Bagi Mahasiswa Produk ini akan membantu mahasiswa dalam hal berwirausaha. Helm ini juga lebih fleksibel karena masyarakat pengguna helm dapat menikmati sensasi spa ditengah kemacetan ataupun saat cuaca panas saat berkendara. sehingga membuat pengguna helm spa lebih nyaman. Bagi Masyarakat Produk ini dapat memberikan kenyamanan kepada masyarakat pengguna motor sehingga mereka dapat mengendarai motor dengan lebih nyaman namun tetap fokus dalam berkendara. Helm ini dilengkapi dengan oksigenbooster. mp3 dan oksigen booster. 2. Helm ini menggunakan panel surya dibagian luarnya untuk mencharge alat-alat aromatheraphy. Sehingga lebih hemat energy karena tidak menggunakan listrik serta lebih efisien karena kita bisa menggunakan sambil menchargenya.

1. yang kemudiakan akan dilakukan uji coba ataupun tes kelayakan pakai. 2. untuk sementara alat-alat tersebut diletakkan di dalam helm dan disambungkan dengan kabel ke panel surya. produk akan terus dikembangkan dan dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan pasar. GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA Produk akan diproduksi beberapa buah dulu untuk dijadikan sampel. Jika produk sudah layak pakai. Alat yang berada di dalam helm akan dibuat setipis dan seringan . maka produk akan diproduksi secara masal dengan bantuan pembiyaan dari proposal ataupun bekerja sama dengan pihak lain yang akan memberikan sumbangan dana. Pembuatan Masalah pembuatan ataupun penyusunan produk nantinya akan dikembangkan lagi. METODE PELAKSANAAN Pembuatan produk ini akan dilakukan di rumah salah seorang mahasiswa dengan menggunakan helm SNI biasa yang nantinya akan dimodifikasi. Bahan-Bahannya:    Helm SNI layak pakai. Panel surya untuk mencharge. VIII. Selanjutnya. Namun. Alat penyemprot aromatherapy buatan sendiri (nantinya akan dikembangkan bagaimana cara membuat sendiri alat tersebut) Oksigen Booster atau alat penyemprot oksigen buatan sendiri (alat ini juga nantinya akan dikembangkan bagaimana cara membuatnya)   Mini mp3 yang sudah dimodifikasi dan diisi dengan music relaksasi.VII.

OB: Oksigen Booster .mungkin sehingga tidak mengganggu kenyamanan pengguna helm tersebut. JADWAL KEGIATAN . MSA: Mesin Semprot Aromatherapy 2.۱ Jadwal Pembuatan Produk dan Pemsarannya Pembagian Kerja Hari Kegiatan Perangkaian 1 produk 1 Perangkaian 2 produk 2 Perangkaian 3 produk 3 SDM 1 Memasang panel surya pada helm Menginput MSA ke dalam helm Merangkai MP3 dan menginputnya ke dalam helm SDM 2 Merangkai MSA buatan sendiri Merangkai OB buatan sendiri melakukan pengecekkan uji kerja dan kelayakan Keterangan Dilakukan test 1 Dilakukan test 2 Test 3 (+) maka langsung dipasarkan Sasaran pemasaran 1 produk setiap 2 hari Jika produk belum terjual Jika produk sudah terjual + Test 1 4 5 6 7 8 9 Pemasaran produk Pemasaran produk Perangkaian produk 1 tahap 2 Perangkaian produk 2 tahap 2 Pemasaran produk Pemasaran produk Perangkaian produk 1 tahap 3 Perangkaian produk 2 tahap 3 Memasarkan produk Memasang panel surya pada helm Memasang panel surya pada helm Merangkai MP3 dan menginputnya ke dalam helm Memasang panel surya pada helm Memasarkan produk Merangkai OB buatan sendiri Menginput OB ke dalam helm Merangkai MSA buatan sendiri Memasarkan Produk Merangkai OB buatan sendiri Menginput OB dan MSA Memasarkan Produk Merangkai MSA buatan sendiri Menginput MSA ke dalam helm Merangkai MP3 dan menginputnya Dilakukan test 2 Test 1 Jika produk belum terjual Test 2 Test 3 (+) maka langsung dipasarkan Keterangan: 1. IX.

50. Helm: ± Rp.000 5. Bahan-bahan untuk oksigen booster: ± Rp. 100. Test 1: Uji kelayakan panel surya apakah sudah bisa digunakan atau tidak. 5. 4. 100. 1.000 XI. Test 3: Final cek. Test 2: Pengecekkan. yaitu apakah panel surya sudah dapat menjalankan mesin atau tidak. Yang kemudian biaya yang didapatkan untuk produksi masal yaitu melalui proposal dana ataupun kerjasama dengan pihak pemberi dana. RANCANGAN BIAYA Biaya awal yang dikeluarkan didapatkan dari pengumpulan modal awal dan pemanfaatan bahan bekas layak pakai. Jika layak (+) jika tidak (-) maka akan dlakukan perangkain produk dari awal. Bahan-bahan untuk mesin semprot aromatherapy: ± Rp. X. LAMPIRAN 1) Biodata ketua serta anggota kelompok 2) Lain-Lain .300. Lain-lain: Rp. 50.000 3.3. Panel surya: ± Rp.000 4.000 (Modal awal menggunakan helm bekas layak pakai) 2.