SISTEM PENDINGIN

1 2. MACAM-MACAM SISTEM PENDINGIN…………………1. Makalah ini masih jauh dari sempurna. Semoga makalah ini memberikan informasi bagi masyarakat dan bermanfaat untuk pengembanganilmupengetahuanbagikitasemua. MakalahinidiajukangunamemenuhitugasSEKOLAH.1.KATA PENGANTAR Puji syukur penyusun panjatkan ke hadirat Allah Subhanahu wata΄ala. Penyusun DAFTAR ISI 1.2 . karena berkat rahmat-Nya kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul SISTEM PENDINGIN. oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demikesempurnaanmakalahini. SISTEM PENDINGINAN……………………………………. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga makalah ini dapat diselesaikan sesuai dengan waktunya.

3.1 SISTEM PENDINGINAN .3 1. KOMPONEN SISTEM PENDINGINAN………………………1.

sebagian terbuang melalui saluran pembuangan dan sebagian terserap oleh material disekitar ruang bakar. panas hasil pembakaran tidak semuanya terkonversi menjadi energi. dengan hanya sebagian kecil panas yang terbuang. tipe langsung dilepaskan ke udara disebut pendinginan udara (air cooling). 1. sebagian yang lain tanpa menggunakan kipas. tetapi juga mempertimbangkan faktor ekonomis. Mesin bukan instrumen dengan efisiensi sempurna. Sebagian dilengkapi dengan kipas (kipas eletkris atau mekanis) untuk mengalirkan udara melalui sirip pendingin. Mesin dengan efisiensi tinggi memiliki kemampuan untuk konversi panas hasil pembakaran menjadi energi yang dirubah menjadi gerakan mekanis. Proses pembakaran yang berlangsung terus menerus dalam mesin mengakibatkan mesin dalam kondisi temperatur yang sangat tinggi. tipe menggunakan fluida sebagai perantara disebut pendinginan air. Pendinginan udara Silinder mesin dengan sirip pendingin Dalam sistem ini. daya tahan. Kelebihan . Prinsip pendinginan adalah melepaskan panas mesin ke udara. 1. sebagian besar mesin juga berada di lingkungan yang tidak terlalu jauh dengan manusia sehingga menurunkan faktor keamanan. Temperatur sangat tinggi akan mengakibatkan desain mesin menjadi tidak ekonomis. keselamatan serta ramah lingkungan. Sirip pendingin ini untuk memperluas bidang singgung antara mesin dengan udara sehingga pelepasan panas bisa berlangsung lebih cepat. 1. Mesin dengan sistem pendinginan udara mempunyai desain pada silinder mesin terdapat sirip pendingin. Mesin selalu dikembangkan untuk mencapai efisiensi tertinggi. panas mesin langsung dilepaskan ke udara. Temperatur yang sangat rendah juga tidak terlalu menguntungkan dalam proses kerja mesin. Sistem pendinginan digunakan agar temperatur mesin terjaga pada batas temperatur kerja yang ideal.2 MACAM-MACAM SISTEM PENDINGIN 1.Sistem pendinginan dalam mesin kendaraan adalah suatu sistem yang berfungsi untuk menjaga supaya temperatur mesin dalam kondisi yang ideal. Mesin pembakaran dalam (maupun luar) melakukan proses pembakaran untuk menghasilkan energi dan dengan mekanisme mesin dirubah menjadi tenaga gerak.

Berat mesin secara keseluruhan lebih ringan dibandingkan tipe pendinginan air. Tipe ini memiliki kekurangan. berfungsi untuk melepaskan panas. Mudah perawatannya. Hampir semua mesin dengan kapasitas kecil menggunakan tipe ini. Udara . mobil tipe lama dan sebagian kecil mobil tipe terbaru. selain berfungsi untuk pelumas bagian dalam mesin juga turut serta dalam proses pendinginan mesin. 2. Pendinginan air Sistem ini menggunakan media air sebagai perantara untuk melepaskan panas ke udara. Saluran berupa pipa (tube) atau selang karet (hose).3 KOMPONEN SISTEM PENDINGINAN RADIATOR rinsif Kerja Radiator Sistem pendingin mesin ada 3. Sistem ini angat umum dipakai pada mobil. 1. berfungsi untuk sirkulasi air dalam sistem. mesin genset dibawah 10 Kva. Kipas. seperti mesin pemotong rumput. berfungsi untuk membantu pelepasan panas pada radiator. Pendingin lain Oli mesin dalam bak poros engkol. 3. Tipe ini banyak diaplikasikan pada mesin pesawat. 2.Tipe ini memiliki kelebihan : Desain mesin lebih ringkas. sedangkan sepeda motor jarang menggunakan tipe ini. mesin pemotong kayu (chain saw) dan sebagainya. yaitu melalui Air pendingin ( radiator). berfungsi untuk menutup atau membuka jalur sirkulasi. Thermostat. Pompa. 1. sebagian besar sepeda motor. Komponen utama Komponen utama dalam sistem ini adalah : Radiator. harus ada penyesuaian untuk digunakan di daerah dingin atau panas terutama mesin berkapasitas besar.

Radiator Cooling System & Cap radiator & Vacuum Valve Lain lagi kalau mesin dalam keadaan panas. saat mesin dalam kondisi dingin dan panas. radiator pun bisa bocor. Bila mesin masih dalam keadaan dingin. Sistem pendingin air terdiri dari beberapa komponen. pompa air. Secara sederhana. Di radiator. sedangkan Krak bisa juga karena pemakaian Coolant yang kurang bagus atau air yang digunakan adalah air ledeng/ pam atau air sumur. sehingga cairan bersirkulasi melalui selang bypass dan kembali ke pompa air. dan selang air. Penggantian secara berkala dengan air yang steril dapat meminimalisasi kemunculan karat/ krak. peran radiator dalam sistem pendingin mesin sangat penting. thermostat terbuka dan katup bypass tertutup dalam bypass sirkuit. pendingin diberi tekanan oleh pompa air dan bersirkulasi. mekanisme kerja sistem pendingin mesin mobil bisa dibagi menjadi dua. Karat bisa timbul kalau air radiator kotor. Khusus untuk bahan fiber.dan Minyak pelumas. Penyebab utamanya karena korosi atau karat ataupun terjadinya Krak sehingga aliran air terhambat. Setelah mesin menjadi panas. penyebab lainnya adalah panas dan tingginya tekanan air di radiator. Cairan yang bersuhu panas di dalam water jacket menyerap panas dari mesin kemudiann disalurkan ke radiator. thermostat. Saat itu thermostat masih tertutup. cairan panas tersebut . kipas. radiator. yaitu water jacket. Seiring dengan waktu.

Memang kedua pendapat ini muncul dari serangkaian pengalaman para praktisi otomotif dalam penanganan mobil. Cairan yang bersuhu normal kemudian disalurkan kembali oleh pompa air ke water jacket. Cairan pendingin masuk ke upper tank dari selang atas (upper hose).Meskipun pada prakteknya penggunaan thermostat bisa . Sedangkan vacuum valve atau klep vakum mempunyai fungsi untuk menyamakan tekanan di dalam radiator dengan tekanan udara luar.Ada lagi yang berpendapat bahwa thermostat mutlak harus dipasang di dalam mesin. apabila suhu air pendingin dalam radiator turun sampai dibawah titik didihnya Thermostat Di dalam system pendingan mesin kita mengenal satu komponen vital yang bernama thermostat. Khusus tangki bagian bawah dilengkapi dengan outlet dan keran penguras.Ada yang berpendapat bahwa pemasangan thermostat hanya akan menyebabkan suhu mesin menjadi panas. setelah melalui water jacket. Peranti radiator berfungsi mendinginkan cairan yang telah panas. Radiator terdiri dari tangki air bagian atas (upper water tank). Didalam tutup radiator terdapat relief valve atau klep relief dan vacum valve atau klep vakum yang mengatur agar tekanan dalam radiator tidak lebih dari 1 atmosfeer (atm) dan air mendidih dalam radiator diatas 100oC Relief valve atau klep relief mempunyai fungsi untuk membuang kelebihan tekanan dalam radiator.Banyak perdebatan yang muncul dari para praktisi otomotif mengenai penting tidaknya pemasangan komponen ini di system pendinginan. Bagian tangki atas dilengkapi dengan tutup radiator (Cap ) untuk menambah air pendingin.didinginkan dengan kipas dan putaran udara karena gerak maju kendaraan. Selain itu juga dihubungkan dengan slang ke resevoir tank sehingga air pendingin atau uap yang berlebih dapat ditampung. Untuk mendapatkan efek pendinginan yang lebih baik. dengan mempergunakan tutup radiator. bagian bawah (lower water tank) dan radiator core pada bagian tengahnya.sehingga penggunaan thermostat dirasa kurang efisien. maka perbedaan suhu antara udara luar dengan suhu air pendingin dalam radiator haruslah besar. bila telah melewati batas tekanan yang ditentukan oleh pabrik.

lahan akan memuai mendorong thermostat valve berlawanan dengan spring sehingga valve terbuka.kasus tertentu seperti kondisi mesin yang sudah terlanjur tidak sempurna.Apabila thermostat macet dalam kondisi terbuka maka temperature kerja mesin akan lama tercapai hal ini memungkinkan terjadinya overcooling akibatnya bahan bakar menjadi boros dan tenaga yang dihasilkan mesin kurang optimal.Jika suhu mesin sudah mencapai minimal 75 derajad celcius cairan wax yang terdapat di sisi bawah perlahan . sirkulasi air akan melewati jalur yang lebih lebar ini. Kerusakan pada thermostat ini adalah macet.Mari kita pelajari lebih dalam mengenai thermostat ini.Ada dua posisi macetnya thermostat. pada saat mesin hidup pada suhu rendah . hal ini untuk menghindarkan timbunan kotoran di sekitar thermostat. melepas komponen ini menjadi salah satu solusi .sirkulasi air pendingin akan melalui saluran by pass di mesin . Fungsi thermostat sendiri adalah untuk memepercepat tecapainya temperature kerja mesin. Selalu pastikan kondisi air radiator bersih. demikian pula sebaliknya apabila suatu saat suhu mesin menurun.disesuaikan dengan kondisi mesin yang berbeda beda.Dari gerakan membuka dan menutup inilah akan dicapai suhu mesin yang ideal .apabila thermostat macet dalam kondisi tertutup akan mengakibatkan temperatur mesin menjadi panas karena air hanya bersirkulasi di sekitar mesin saja dan tidak ada kesempatan pembuangan panasnya lewat radiator. cairan wax akan menyusut . karena pada suhu rendah thermostat valve masih tertutup. yaitu macet dalam kondisi terbuka dan macet dalam kondisi tertutup. dan mempertahankan temperature mesin sehingga dicapai temperature yang ideal ( berkisar antara 75 sampai 90 derajad Celcius ). Ganti air radiator setiap 40. Akan tetapi memang ada beberapa konstruksi mesin yang tidak dilengkapi thermostat. pemasangan thermostat jurtru akan menyebabkan temperature menjadi panas. Demikian sebaliknya . dan thermostat valve akan terdorong oleh spring untuk mengurangi ruang saluran air. Akan lebih baik menggunakan radiator coolant sebagai media pendinginan mesin.Cara kerjanya adalah sebagai berikut . Dalam kasus . Lalu bagaimana supaya kerusakan thermostat ini bisa dihindari ? berikut adalah tips perawatan thermostat . Dari uraian diatas bisa kita simpulkan pentingnya Thermostat dalam sistem pendinginan mesin.000 km.

sehingga sirkulasi air tetap lancar. . Pompa air Pompa air (water pump) berfungsi memompa air pendingin dari water jacket ke radiator yaitu dengan cara menekan cairan pendingin. Pompa air ditempatkan di bagian depan blok silinder dan digerakkan oleh tali kipas atau timing belt. maka air hanya bersirkulasi dalam water jacket. jika melepas komponen ini jangan lupa menyumbat saluran by pas ke mesin. akan tetapi perlu diingat . a) Thermostat Pada uraian terdahulu telah dijelaskan bahwa apabila air pendingin masih dalam keadaan dingin. Pada umumnya pompa air yang digunakan adalah jenis pompa sentrifugal (centrifugal pump).menurunkan suhu mesin. Komponen yang mengatur arus lalu lintas air dari water jacket ke radiator dan sebaliknya adalah thermostat. Apabila temperatur air pendingin telah panas maka air akan mengalir ke raditor untuk didinginkan.

Apabila temperatur air masih rendah.Dalam hal ini thermostat berfungsi sebagai katup yang tugasnya membuka dan menutup saluran yang menghubungkan antara water jacket dan radiator. maka thermostat menutup aliran air pendingin ke radiator. (2) Thermostat yang letaknya di saluran air masuk . Gambar 29. Selanjutnya melalui sirkuit by pass kembali ke pompa air. Disamping itu air juga mengalir melalui sirkuit by pass. (1) Thermostat yang letaknya di saluran air keluar. Air pendingin dipompa oleh pompa air langsung ke blok mesin dan kepala silinder. Sistem pendingin dengan thermostat di saluran air keluar Pada saat temperatur air pendingin telah panas. maka thermostat membuka sehingga cairan pendingin mengalir melalui thermostat ke radiator untuk didinginkan dan selanjutnya air kembali ke pompa air. Letak thermostat ada dua macam yaitu : tehermostat yang letaknya di saluran air masuk (water inlet) dan thermostat yang letaknya di saluran air keluar (water outlet).

Air yang telah panas mengalir ke radiator untuk didinginkan. apabila suhunya naik maka thermostat membuka dan sebaliknya. . Pada umumnya efisiensi operasi mesin yang tertinggi apabila temperaturnya kira-kira pada 80° – 90° C. mengakibatkan katup membuka atau menutup. Thermostat dirancang untuk mempertahankan agar temperatur cairan pendingin dalam batas yang diijinkan. selanjutnya melalui thermostat dan kembali ke pompa air. Perubahan volume akan menyebabkan silinder bergerak turun atau naik. Air pendingin dipompa ke blok silinder melalui kepala silinder. Sistem pendingin dengan letak thermostat pada saluran air masuk Pada saat temperatur air pendingin menjadi tinggi.Apabila temperatur air masih rendah. Gambar 30. thermostat menutup saluran dan by pass valve membuka. selanjutnya kembali ke pompa air melalui sirkuit by pass. Kerja thermostat tergantung oleh suhu. Hal tersebut dapat terjadi karena didalam thermostat terdapat wax yang volumenya akan berubah apabila suhunya juga berubah. maka thermostat membuka saluran air dan by pass valve menutup.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful