TUGAS UTILITAS PENYEDIAAN STEAM

disusun oleh:

KELOMPOK 3
1. Fany Kusuma Wardani 2. Gita Permana Putra 3. Naritha Swasti Yuwono 4. Andre Berichman 5. Maria Elizabeth 6. M. Yogi F. 7. Vitra Wahyu Pradana 8. Mardhasakti 9. Hammada Alfafa Romadhona 10. Muhammad Khazim 11. Risang Prasaji 12. Lusiana Silalahi 13. Hani Handayani 21030110141032 21030110130094 21030110141123 21030110151070 21030110151097 21030110141067 21030110130111 21030110141 L2C009155 L2C008

JURUSAN TEKNIK KIMIA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG

Penggunaan steam dalam industri kimia misalkan sebagai pembangkit tenaga. Steam ini dihasilkan dari suatu alat yang dinamakan boiler. air yang tidak mengandung unsur yang dapat menyebabkan korosi terhadap boiler .1 Baku Mutu Air Umpan Boiler Parameter pH Conductivity TDS P-Alkalinity M-Alkalinity O-Alkalinity T Hardness Silika Besi Phospat residual Sulfite residual pH condensate Satuan unit µmhos/cm ppm ppm ppm ppm ppm ppm ppm ppm ppm unit Ukuran 10. steam merupakan suatu komponen penunjang yang sangat penting.KETEL UAP (BOILER) 1. diantaranya adalah unit pengolahan air. max 2. max 2. PENDAHULUAN Unit utilitas merupakan sarana penunjang yang diperlukan untuk operasi suatu proses.max 20-50 8.5 x SiO2. Secara umum air yang akan digunakan sebagai air umpan boiler adalah air yang tidak mengandung unsur yang dapat menyebabkan terjadinya endapan yang dapat membentuk kerak pada boiler.0 Di dalam industri kimia. . max 3500. unit pembangkit steam. dan lain sebagainya. Uap atau steam merupakan gas yang dihasilkan dari proses yang disebut penguapan. Berikut ini merupakan persyaratan baku mutu air umpan boiler: Tabel 1. unit pembangkit listrik. Pada makalah ini. Dengan demikian air ini di treatment hingga memenuhi standar karakteristik air umpan boiler.0-9. udara tekan dan lain-lain.5-11. Unit utilitas ini mencakup beberapa bagian. max 800. min 150. pemanas. fluida pada jet ejector.5 5000. yang akan dibahas adalah masalah unit pembangkit steam. Bahan baku yang digunakan untuk menghasilkan steam adalah air.

Parameter-parameter yang mempengaruhi kualitas air umpan boiler antara lain : 1. Merupakan kandungan ion Ca dan Mg yang dapat menyebabkan kerak pada peralatan dan perpipaan boiler sehingga menimbulkan local overheating. 4. Kekeruhan. Dapat mengendap pada perpipaan dan peralatan proses serta mengganggu proses. pemanas. Fe. yaitu : 1. 2003) . Hal-hal yang mempengaruhi effisiensi boiler adalah bahan bakar dan kualitas air umpan boiler. 5. Dapur pemanasan. 3. Kesadahan. 2. dimana uap ini berfungsi sebagi zat pemindah tenaga kaloris. dan lain-lain. Gambar 1. yaitu untuk menghasilkan panas yang didapat dari pembakaran bahan bakar 2.1 Boiler Boiler atau ketel uap merupakan sebuah alat untuk pembangkit uap (uap air).1 Prinsip Dasar Ketel Uap (Djokosetyardjo. Oksigen terlarut. pH. Fluida panas (uap) kemudian disirkulasikan dari ketel untuk berbagai proses dalam aplikasi industri.1. Asiditas. seperti untuk penggerak. Boiler proper. 6. Fe dapat menyebabkan air berwarna dan mengendap di saluran air dan boiler bila teroksidasi oleh oksigen. Boiler secara umum terdiri dari 2 bagian. Kadar asiditas yang tinggi dapat menyebabkan korosi. yaitu sebuah alat yang mengubah air menjadi uap. Bila tidak sesuai dengan standart kualitas air umpan boiler dapat menyebabkan korosi pada peralatan. Tenaga kalor yang dikandung dalam uap dinyatakan dengan entalpi panas. Dalam jumlah yang tinggi dapat menyebabkan korosi pada peralatan boiler.

air berada di dalam pipa-pipa yang dikelilingi oleh api dan gas-gas panas yang berada di luar pipa.1.4 Ketel Pipa Air (Shield. Boiler Pipa Air (Water Tube Boiler) Pada boiler pipa air. Boiler Pipa Api (Fire Tube Boiler) Pada boiler pipa api. 1951) . Gambar 1. sehingga pembentukan uap terjadi di dalam pipa-pipa. Panas dihantarkan melalui dinding-dinding pipa dari gas-gas panas ke air disekelilingnya. hampir semuanya tertutup oleh pipa-pipa air. boiler digolongkan menjadi dua tipe : 1.2 Ketel Pipa Api 2. Boiler pipa api dapat menggunakan bahan bakar minyak. gas. api dan gas panas yang dihasilkan oleh pembakaran bahan bakar mengalir melalui pipa-pipa yang dikelilingi oleh air yang berfungsi sebagai penyerap panas.2 Tipe Boiler Secara umum. dan bahan bakar padat. Pipa-pipa air ini berfungsi sebagai permukaan perpindahan panas. dan sebagai pendingin dinding dapur boiler sehingga akan memperpanjang usia pakainya. Gambar 1. Pada dinding dapur boiler pipa air.

Alat Pemanas Udara ( APL) 6. Cerobong/stack berfungsi sebagai saluran pembuangan gas asap dan menarik api. Permukaan penguap/steaming surface. Cerobong Asap 8. 5. 4. Pompa air umpan ketel 2. 2. Economiser 3. Ruang Bakar 7. Ruang bakar/furnace merupakan tempat berlangsungnya pembakaran. pemisah uap dan tempat pemasukan air. 3.6 Instalasi Ketel Uap Komponen Utama : 1. Blower . berfungsi menangkap energi kalor dari gas dan meneruskannya ke air sehingga air menjadi uap. Gambar 1. Superheater 5. Boiler 4. Alat pembakar/burner merupakan tempat bercampurnya bahan bakar dengan udara dan melakukan pembakaran.3 Bagian-Bagian Boiler 1.1. Drum uap/steam drum berfungsi sebagai pengumpul uap.

dll. seperti :   Menggerakkan turbin uap (steam turbine) Untuk keperluan pemrosesan (merebus.1 Perhitungan Efisiensi Boiler Untuk menghitung efisiensi boiler diperlukan data hasil perhitungan keseimbanganmassa dan energi. Perhitungan yang akan dilakukan merupakan efisiensi termal denganmenggunakan metode langsung.4 Mekanisme Pembentukan Uap Air umpan ketel dari tangki dipompakan ke economizer untuk dipanaskan awal sebelum masuk ketel uap. Efisiensi dihitung menggunakan parameter-parameterenergi masuk dan energi keluar sistem boiler yang berguna. effesiensi = effisiensi = Di mana: = laju alir air umpan (kg/jam) H Mb = entalpi air pengisi boiler (kJ/kg) = laju alir bahan bakar (kg/jam) x 100% NHF = nilai kalor bahan bakar (kJ/kg) Mu Hu Hu = laju alir udara (kg/jam) = entalpi udara (kJ/kg) = entalpi uap (kJ/kg) .4.) Steam generation juga dilengkapi dengan peralatan peralatan keselamatan. Uap jenuh dari ketel dipanaskan lanjut di pemanas lanjut (superheater) dan menghasilkan uap panas lanjut (superheated steam) yang siap untuk digunakan.1. memanaskan. 1. seperti :   Pengukur level air di ketel Pengukur tekanan di ketel. dll. Dari economizer air yang sudah hangat dialirkan ke ketel selanjutnya dipanaskan sampai menghasilkan uap jenuh (saturated steam).

4. 1988) .1. parameter pengukuran yang diamati yaitu: Air pengisi boiler         Laju alir air pengisi boiler Temperatur Bahan bakar Laju alir bahan bakar Temperatur Udara pembakaran Laju alir udara Temperatur udara sekitar Uap Temperatur Tekanan (Muin.2 Parameter pengukuran Di dalam pengujian ini.

Cetakan ke-V. Ketel Uap.DAFTAR PUSTAKA Djokosetyardjo. New York:McGraw Hill Book Company.A.J. S. Jakarta:CV Rajawali. 1988. 2003. Pesawat-pesawat Konversi Energi I (Ketel Uap). C. Cetakan Ke-I. Muin. Edisi I. Shield. Boiler Type Characteristic and Function.D. M. . Jakarta:Pradnya Paramitha. 1951.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful