MAKALAH PEMBELAJARAN KETERAMPILAN PROSES SAINS

MAKALAH

PEMBELAJARAN KETERAMPILAN PROSES SAINS

DISUSUN OLEH :

1. Ayu Nieng Tiyas S. (1005025029)

2. Bidrotul Ulfa (1005025128)

3. Dian Seftivany (1005025055)

4. Maria Erviana (1005025010) 5. Sri Indah D.S (1005025009)

PENDIDIKAN KIMIA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MULAWARMAN 2011

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Salah satu komponen penting dalam sistem pembelajaran adalah penilaian atau evaluasi. Oleh karena itu, perangkat penilaian merupakan bagian integral yang dikembangkan berdasarkan tuntutan tujuan pendidikan. Dalam konteks pembelajaran di kelas, penilaian dilakukan oleh guru untuk mengukur perkembangan hasil belajar siswa sebagaimana yang dirumuskan dalam tujuan pembelajaran. Selain itu, penilaian juga dilakukan untuk mendiagnosis kesulitan belajar dan memberikan umpan balik kepada siswa. Dengan demikian, penilaian dilakukan secara terus menerus guna memastikan terjadinya kemajuan dalam belajar siswa. Hasil penilaian yang diperoleh, dapat dijadikan sebagai dasar menentukan keputusan tentang upaya perbaikan pembelajaran. Dalam hal ini upaya bimbingan terhadap siswa, yang diperlukan untuk memperbaiki hasil pembelajaran. Dalam sifat ketentativan ilmu pengetahuan, guru tidaklah mungkin dapat mengajarkan semua konten dalam ilmu pengetahuan. Siswa dalam keterbatasannya pun tidak mungkin dapat mengetahui semua fakta-fakta yang telah ditemukan oleh para ilmuwan. Oleh karena itu, hal yang paling rasional dapat dilakukan adalah siswa harus memahami metodologi kerja sains dan memiliki keterampilan dalam kerja ilmiah atau keterampilan proses sains. Dengan hal itu, siswa memiliki kompetensi untuk dapat mengembangkan sendiri pengetahuannya. Pada suatu saat, siswa mungkin saja dapat memberi kontribusi dalam perkembangan ilmu pengetahuan.

1.2 Rumusan Masalah

a. indikator-indikator dari pembelajaran keterampilan proses sains. Memberikan contoh deskripsi dalam belajar keterampilan proses sains 1. Dapat menyebutkan indikator-indikator dalam belajar keterampilan proses sains e.4 Manfaat Pembaca dapat mengetahui prinsip.3 Tujuan a. Dapat mengetahui pengertian dari belajar keterampilan proses sains b. Mendeskripsikan prinsip dan karakteristik belajar keterampilan proses sains c. langkah-langkah. Dapat mendeskripsikan prinsip dan karakteristik belajar keterampilan proses sains c. karakteristik. BAB II DASAR TEORI Pendekatan keterampilan proses dapat diartikan sebagai wawasan atau anutan pengembangan keterampilan–keterampilan intelektual. Menyebutkan langkah-langkah pembelajaran dalam keterampilan proses sains d. Pendekatan keterampilan proses pada pembelajaran sains lebih menekankan pembentukan . Menyebutkan indikator-indikator dalam belajar keterampilan proses sains e. sosial dan fisik yang bersumber dari kemampuan-kemampuan mendasar yang prinsipnya telah ada dalam diri siswa. Menjelaskan pengertian dari belajar keterampilan proses sains b. Dapat menyebutkan langkah-langkah pembelajaran dalam keterampilan proses sains d. Dapat memberikan contoh deskripsi dalam belajar keterampilan proses sains 1.

dan atau mendengarkan sejarah ilmu pengetahuan. Menurut Arikunto (2009). 2002:139). . (2) Pembelajaran melalui keterampilan proses akan memberikan kesempatan kepada siswa untuk bekerja dengan ilmu pengetahuan. konsep. tidak hanya menceritakan. Selain itu juga mengembangkan sikap-sikap ilmiah dan kemampuan siswa untuk menemukan dan mengembangkan fakta. Menurut Rezba (1999).keterampilan untuk memperoleh pengetahuan dan mengkomunikaskan hasilnya. Penilaian dilakukan dengan berbagai cara dan menggunakan beragam alat penilaian untuk memperoleh informasi tentang kemajuan atau pencapaian kompetensi siswa. dan prinsip ilmu atau pengetahuan. metode dan sistem pengukuran dapat disesuaikan sesuai dengan tingkat perkembangan siswi. serta pembelajaran kurang memperhatikan ketuntasan belajar secara individual. Dimyati dan Mudjiono (2002:138) memuat ulasan pendekatan keterampilan proses yang diambil dari pendapat Funk (1985) sebagai berikut: (1) Pendekatan keterampilan proses dapat mengembangkan hakikat ilmu pengetahuan siswa. Pendekatan keterampilan proses dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuankemampuan yang dimiliki oleh individu siswa. (3) Keterampilan proses dapat digunakan oleh siswa untuk belajar proses dan sekaligus produk ilmu pengetahuan. Dari uraian di atas dapat diutarakan bahwa dengan penerapan pendekatan keterampilan proses menuntut adanya keterlibatan fisik dan mental-intelektual siswa. Mukminan (2003:2) menyatakan bahwa pendekatan yang sekarang dikenal dengan keterampilan proses dan cara belajar siswa aktif (CBSA) masih belum banyak terwujud. Hal ini dapat digunakan untuk melatih dan mengembangkan keterampilan intelektual atau kemampuan berfikir siswa. penilaian dalam pendidikan merupakan sebuah proses pengumpulan data untuk menentukan ketercapaian tujuan pendidikan. Pendekatan Keterampilan Proses sains memberikan kesempatan kepada siswa untuk secara nyata bertindak sebagai seorang ilmuwan (Dimyati dan Mudjino. Siswa terdorong untuk memperoleh ilmu pengetahuan dengan baik karena lebih memahami fakta dan konsep ilmu pengetahuan. bahkan aktivitas penilaian dapat pula digunakan untuk mengambil keputusan. Perbedaan materi dan tingkat kerumitan. pengajaran dan pengukuran keterampilan proses dapat dilakukan pada seluruh tingkatan kelas.

Kesimpulan (Inference) Ramalan (Prediction) Enam karakteristik dari keterampilan dasar tersebut sangat penting baik secara individu maupun ketika berkelompok. Pengamatan (Observation) b.BAB III PEMBAHASAN 3. tetapi proses untuk mendapatkan konsep tersebut juga sangat penting dalam membangun pengetahuan siswa. Pengukuran (Measurement) e. Keterampilan prosessains diperlukan dalam kegiatan ilmiah di sekolah maupun di kemudian hari. Pengertian Pembelajaran Keterampilan Proses Sains Keterampilan proses sains adalah pendekatan yang didasarkan pada anggapan bahwa sains itu terbentuk dan berkembang melalui suatu proses ilmiah. proses ilmiah tersebut harus dikembangkan pada siswa sebagai pengalaman yang bermakna. Pengelompokan (Classification) d.1. f. Siswa dapat membangun gagasan baru sewaktu mereka berinteraksi dengan suatu gejala. diantarnya: a. 3. Pembentukan gagasan dan pengetahuan siswa ini tidak hanya bergantung pada karakteristik objek.2. Prinsip dan Karakteristik Pembelajaran Keterampilan Proses Sains. Dalam pembelajaran sains. tetapi juga bergantung pada bagaimana siswa memahami objek atau memproses informasi sehingga diperoleh dan dibangun suatu gagasan baru. Ada enam karakterteristik dasar keterampilan proses sains. Bagaimanapun pemahaman konsep sains tidak hanya mengutamakan hasil (produk) saja. Komunikasi (Communication) c. a. Keterampilan proses ialah keterampilan intelektual / keterampilan berpikir yang membuat siswa kreatif dan dapat menolong siswa bagaimana belajar. Pengamatan . Keterampilan ilmiah dan sikap ilmiah memiliki peran yang penting dalam menemukan konsep sains.

Jika siswa mengamati dengan panca indera mereka atau dengan instrumen. Idenya adalah untuk berkomunikasi menggunakan deskripsi kata-kata yang baik untuk berbagi pemahaman dengan orang-orang pada umumnya. yaitu: berkomunikasi. jika seorang siswa menjelaskan apa yang dia lihat. Kita mengamati benda-benda dan peristiwa menggunakan semua panca indera kita. dan memprediksi. Siswa harus diminta untuk mendeskripsikan pengamatan berupa tulisan atau gambar selengkap mungkin. Informasi hasil pengamatan siswa harus dibuat dengan penuh rincian karena akan dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang konsep yang sedang dipelajari. nula lilin lemah. rumput hijau. menyimpulkan. Misalnya. Pengamatan kuantitatif memberikan informasi yang lebih tepat dibandingkan informasi dari indera kita saja. yang berarti kita belajar tentang dunia di sekitar kita. jumlah daun bergerombol dalam kelompok adalah lima). Tanpa rujukan. Kita dapat melakukan ini dengan mendengarkan pengamatan awal siswa dan kemudian mendorong mereka untuk menjelaskan. Kita dapat mendorong siswa untuk menambahkan rincian deskripsi mereka dan tidak hanya dari lima indera yang mereka gunakan. mengukur. atau kuning. hijau. Kemampuan untuk membuat pengamatan yang baik sangat penting untuk perkembangan keterampilan proses sains lainnya. mereka mungkin hanya menggambarkan warna suatu objek tetapi tidak ukuran atau bentuknya. Seorang siswa mungkin menggambarkan volume suara namun tidak pitch atau iramanya. Tidak mengherankan.Mengamati adalah keterampilan proses sains yang paling awal. jika siswa terutama yang masih kecil. Kita mungkin mengatakan langit biru. mungkin pendengar . Pengamatan baik jika hasil pengamatan rinci dan akurat. Siswa harus berkomunikasi dalam rangka membagikan hasil pengamatan kepada orang lain. yang biasanya menghasilkan pengamatan kualitatif (misalnya: daun berwarna hijau. Salah satu kunci untuk berkomunikasi efektif adalah dengan menggunakan rujukan (referensi).dll). atau lemon kuning untuk menggambarkan nuansa biru. Jika kita hanya mengatakan panas atau kasar. Pengamatan sederhana dibuat hanya menggunakan indera. membutuhkan bantuan untuk membuat pengamatan yang baik. kita dapat membimbing mereka agar membuat deskripsi lebih baik dan lebih rinci. bergandengan dengan pengamatan. Pengamatan yang melibatkan angka atau kuantitas adalah pengamatan kuantitatif misalnya: massa satu daun adalah lima gram. mengklasifikasi. kita telah membuka pintu kesalahpahaman. Komunikasi Komunikasi adalah keterampilan proses sains yang ke dua. b. dan komunikasi harus jelas dan efektif agar orang lain dapat memahami informasi tersebut.

secara tertulis. dan nama satuan untuk memberitahu kita berapa banyak dengan rujukan apa. Dua metode lainnya adalah klasifikasi biner dan klasifikasi bertingkat. Objek dalam satu kelompok harus memiliki semua sifat-sifat yang diperlukan. jika tidak mereka akan menjadi milik kelompok lain. atau dengan gambar. Jika siswa mencoba untuk menjelaskan ukuran diameter kelereng mereka mungkin menggunakan ukuran sepatunya sebagai suatu rujukan. Ada beberapa metode yang berbeda dalam melakukan klasifikasi. satu set objek yang sederhana dibagi menjadi dua himpunan bagian. Pengukuran Proses tambahan keterampilan mengukur menjadi kasus khusus dari mengamati dan berkomunikasi. dan hubungan. diagram. dan demonstrasi visual.mempunyai gagasan yang berbeda tentang bagaimana panas atau kasar. Objek ditempatkan dalam urutan peringkat didasarkan pada beberapa persyaratan. Metode lain untuk mengkomunikasikan hasil pengamatan yang sering digunakan adalah grafik. Siswa dapat mengkomunikasikan hasil pengamatan mereka secara lisan. Metode yang paling sederhana adalah klasifikasi serial. perbedaan. Ketika kita mampu membuat kesimpulan. Ini merupakan langkah penting menuju pemahaman yang lebih baik tentang objek yang berbeda dari gejala alam. Misalnya. Sebuah informasi hasil pengukuran berisi dua bagian yaitu angka untuk memberitahu berapa banyak. Kesimpulan Tidak seperti pengamatan yang buktinya langsung terkumpul di sekitar obyek. Diameter kelereng bisa lebih besar atau lebih kecil dari sepatu siswa tersebut. kesimpulan adalah penjelasan atau tafsiran (interpretasi) yang dibuat berdasarkan pengamatan. e. Pengelompokan Siswa di kelas-kelas awal diharapkan dapat memilah benda-benda atau fenomena ke dalam kelompok berdasarkan pengamatan mereka. menggambar. hewan dapat diklasifikasikan menjadi dua kelompok yaitu hewan dengan tulang punggung dan hewan dengan tanpa tulang punggung. Sebuah klasifikasi biner juga dapat dilakukan dengan menggunakan lebih dari satu persyaratan. Pengelompokan obyek atau peristiwa adalah cara memilah objek berdasarkan kesamaan. Dalam sistem klasifikasi biner. menafsirkan dan menjelaskan . Ketika kita mengukur beberapa benda. Hal ini biasanya dilakukan atas dasar apakah setiap objek memiliki atau tidak memiliki syarat tertentu. d. peta. misalnya siswa dikelompokkan berdasarkan tingginya. kita membandingkan benda tersebut untuk didefinisikan dengan rujukan yang disebut satuan. c.

didasarkan pada kesimpulannya tentang hasil penyelidikan (investigasi). Kemampuan untuk membuat ramalan tentang kejadian di masa depan memungkinkan kita untuk berhasil berinteraksi dengan lingkungan sekitar kita. kita memiliki apresiasi yang lebih baik terhadap lingkungan di sekitar kita. Berpikir untuk membuat kesimpulan dengan cara ini mengingatkan kita untuk mengkaitkan kesimpulan apa yang telah diamati dengan apa yang sudah diketahui dari pengalaman sebelumnya. dengan member pertanyaan-pertanyaan siswa tentang pengamatan mereka kita dapat mendorong siswa untuk berpikir tentang makna dari pengamatan. diubah. ramalan didasarkan pada apa yang kita amati dan masa lalu kita sehingga mengalami model mental yang terbangun dari pengalaman-pengalaman. Kesimpulan kita juga bisa berubah seiring dengan hasil pengamatan tambahan. kesimpulan tentang bagaimana segala sesuatu bekerja secara terus menerus dibangun. Ketika siswa mencoba untuk membuat kesimpulan. Mereka harus mampu membedakan dengan bukti yang mereka kumpulkan mengenai alam antara pengamatan dengan tafsiran mereka berdasarkan pengamatan atau kesimpulan. Jadi meramal tidak hanya sekedar menebak. tapi kadang-kadang informasi tambahan akan menyebabkan kita untuk memodifikasi atau bahkan menolak kesimpulan sebelumnya. Ramalan ini didasarkan pada pengamatan yang baik dan kesimpulan yang dibuat tentang kejadian yang diamati. Kemudian. dan bahkan ditolak berdasarkan pengamatan baru. Kadang-kadang membuat pengamatan tambahan akan memperkuat kesimpulan. Seperti kesimpulan. Kita dapat membantu siswa membuat perbedaan ini dengan terlebih dahulu mendorong mereka untuk mendeskripsikan pengamatan mereka menjadi rinci. Ramalan Membuat ramalan (prediksi) adalah membuat dugaan secara logis tentang hasil dari kejadian masa depan. f. Seringkali kesimpulan yang berbeda dapat dibuat berdasarkan pengamatan yang sama. Kita juga lebih percaya diri tentang kesimpulan saat mengumpulkan lebih banyak bukti pendukung. Siswa perlu diajarkan bagaimana membedakan antara pengamatan dan kesimpulan. Kita menggunakan pengalaman masa lalu untuk membantu menafsirkan hasil pengamatan.peristiwa-peristiwa di sekitar kita. Dalam ilmu pengetahuan. mereka sering harus kembali dan membuat pengamatan tambahan agar menjadi lebih percaya diri dalam mengambil kesimpulan kesimpulan. Pada umumnya kita lebih percaya diri tentang kesimpulan kita ketika pengamatan yang diperoleh cocok dengan pengalaman masa lalu. tetapi harus berdasarkan kesimpulan kita atau . Para ilmuwan mengemukakan hipotesis tentang mengapa suatu peristiwa dapat terjadi.

Jika ramalan tersebut ternyata benar. dan dengan demikian dapat mencapai pemahaman yang lebih dalam. dan secara aktif terlibat dengan sains yang mereka pelajari . Ini adalah dasar dari proses ilmiah yang digunakan oleh para ilmuwan yang bertanya dan menjawab pertanyaan dengan mengintegrasikan bersama-sama enam keterampilan ilmu dasar proses.gas helium. balon udara yang diisi dengan gas yang memang ringan: . . Bagian-bagian balon udara . bagaimana balon udara dikendalikan dan peralatan apa saja yang membuat balon udara bekerja. aman namun sangat mahal. balon udara yang diisi dengan udara panas . Akhirnya.hipotesis tentang peristiwa yang memberi kita cara untuk menguji kesimpulan atau hipotesis. 2. Cara balon udara bekerja prinsipnya sangat sederhana yaitu dengan cara memanaskan udara di dalam balon agar lebih panas dari udara di luarnya. keberhasilan dalam mengintegrasikan keterampilan proses sains dalam pelajaran di kelas dan penyelidikan (investigasi) lapangan akan membuat pembelajaran memberikan pengalaman yang lebih kaya dan lebih bermakna bagi siswa. namun kelemahan dengan menggunakan balon berisi gas hidrogen ini adalah mudah terbakar.pada jenis balon udara ini terdapat suatu pembakar yang berfungsi untuk memanaskan udara dalam balon sehingga udara dalam balon menjadi lebih ringan dari udara luar sekitarnya. Siswa akan belajar keterampilan sains serta isi sains. Singkatnya. BALON UDARA Anda tentu pernah berpikir apa yang membuat balon udara terbang di angkasa. Karena kita tahu udara yang lebih panas akan lebih ringan karena masa per unit volumenya lebih sedikit. maka kita memiliki keyakinan lebih besar pada inferensi /hipotesis.gas hidrogen. Ada dua tipe balon udara: 1. keterlibatan aktif dengan sains kemungkinan akan menyebabkan siswa menjadi lebih tertarik dan memiliki sikap lebih positif terhadap sains.

Burner di letakan di atas kepala penumpang dekat ke mulut envelope. Untuk mendarat. dan basket. pilot akan membuka katup parasut (parachute valve) sehingga udara di dalam envelope lebih cepat dingin. Burner merupakan alat yang berfungsi untuk memanaskan udara di dalam Envelope. pilot memanfaatkan hembusan angin untuk bergerak secara horizontal. burner.Balon udara secara garis besarnya mempunyai tiga bagian utama yaitu envelope. . Karena balon udara hanya bisa naik dan turun (bergerak secara vertikal) tentu kita berpikir bagaimana cara balon udara berpindah dari satu lokasi ke lokasi lain (bergerak secara horizontal). Cara Balon Udara Terbang Seperti yang telah disebutkan di atas balon udara terbang dengan memanfaatkan perbedaan berat udara dengan jalan memanaskannya. Karena udara panas ini masa per unit volumenya lebih sedikit membuatnya lebih ringan sehingga balon udara pun akan bergerak naik di dorong oleh udara yang bertekanan lebih kuat. Basket atau keranjang merupakan tempat penumpang. maka bagian bawah envelope di lapisi dengan bahan anti api (skirt). Udara panas ini akan terperangkap di dalam envelope. udara didinginkan dengan cara mengecilkan burner . Karena nilon ini tidak tahan api. Untuk terbang udara di dalam envelope di panaskan dengan burner dengan temperatur sekitar 100 derajat Celcius. Basket dibuat dari bahan yang ringan dan lentur. Envelope ini biasanya terbuat dari bahan nilon dan diperkuat dengan panel-panel yang di anyam. Jawabanya hanya satu. Envelope bentuknya berupa kantong berupa balon tempat udara dipanaskan. Udara yang mulai mendingin di dalam envelope membuat balon bergerak turun. Untuk mempercepatnya.

antara lain melalui media elektronik. Sebagai ilustrasi pada ketinggian 300 meter balon udara akan bergerak dari timur kebarat. Angin yang bertiup kebarat di perkirakan pada ketinggian 400 meter.1 Latar Belakang Saat ini ada berbagai macam cara untuk mempromosikan suatu barang atau produk. 1.Pd Oleh Aning Esty Prayugi 109321417107 UNIVERSITAS NEGERI MALANG FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM PENDIDIKAN FISIKA November 2009 BAB I PENDAHULUAN 1.2 Mengetahui bagian-bagian balon udara. media cetak.2. BAB II PEMBAHASAN 2.2. dan akhir-akhir ini banyak yang menggunakan balon udara.1 Sejarah Balon Udara Pada tahun 1709 di Lisbon.3.3 Tujuan 1. S.2. Untuk itu pilot menaikan balon udara sampai ketinggian tersebut dan balon udara pun memanfaatkan tiupan angin untuk menuju kebarat. Namun. 1. Dia juga berhasil .bagian balon udara? 1.4 Mengetahui manfaat balon udara.3. Perbedaan arah tiupan angin inilah yang dimanfaatkan oleh pilot untuk mengendalikan balon udara dari satu lokasi ke lokasi yang diinginkan. Sederhana bukan? Tapi hal ini hanya bisa dipraktekan oleh pilot yang berpengalaman agar balon udara tidak nyasar. Bartolomeu de Gusmao berhasil membuat balon yang dapat bergerak naik setelah melakukan pemanasan udara yang ada di dalamnya.4 Apa manfaat balon udara? 1.3 Bagaimana prinsip kerja balon udara? 1.3. S.1 Mengetahui sejarah balon udara. 1. MAKALAH Untuk memenuhi tugas matakuliah Bahasa Indonesia Keilmuan yang dibina oleh Bapak Didin Widyartono. Akan tetapi dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat.2 Rumusan Masalah 1.Karena angin bertiup berbeda arahnya pada setiap ketinggian tertentu.1 Bagaimana sejarah balon udara? 1.2. dalam pembuatan balon udara prinsip dasar yang digunakan adalah Hukum Archimedes.3 Mengetahui prinsip kerja balon udara.S. 1. Dahulu balon udara hanya digunakan sebagai alat transportasi dan rekreasi.2 Apa saja bagian.3. maka tercipta pula balon-balon udara yang semakin canggih dalam prinsip dan pembuatannya. Prinsip gaya apung yang ada dalam postulat Archimedes inilah yang mendasari cara kerja balon udara.

tetapi gas yang paling banyak terdapat di udara adalah gas nitrogen.Untuk memperkuatnya balon isa di beri panel. Hess seorang fisikawan Austria membuat balon udara yang mampu terbang setinggi lima kilometer. Surya. Dirigible dapat mengudara selama 24 jam. Pada tahun 1929. pada tahun 1766 atau 57 tahun setelah ditemukannya balon udara yang diisi udara panas. V.membuat balon Passarola yang dapat terbang sejauh satu kilometer dari Benteng Saint George.panel anyaman dan bahan sebaiknya dilapisi anti api(skirt). New Jersey balon udara ini meledak dan terbakar. Biasanya terbuat dari bahan nilon atau yang lebih sederhana dari kertas minyak. Setelah mengalami beberapa perubahan dalam waktu 10 tahun. Bahan ini setebal 1/6 inci yang bersifat airtight sehingga helium tidak dapat menyusup keluar selama proses penerbangan. Count Ferdinand von Zeppelin adalah orang yang pertama kali berhasil menerbangkan balon udara raksasa yang diberi nama Dirigible. • Burner merupakan alat yang yang berfungsi untuk memanaskan udara yang ada dalam balon. Joseph Black membuat balon udara yang diisi dengan gas hidrogen. dan elektron yang menyusun atom-atom lainnya. Gas yang umumnya digunakan sebagai isi balon udara adalah hidrogen dan helium.8 kilometer yang merupakan rekor terbang tertinggi yang dicapai balon udara. netron. Pada tahun 1911. netron. Alat ini juga berfungsi sebagai pengatur tekanan udara agar dapat terbang dengan ketinggian yang diinginkan. Kemudian. Zeppelin yang paling terkenal adalah Hindenburg yang panjangnya mencapai 804 ft. Dalam perkembangannya saat ini bahan envelope yang banyak digunakan lapisan film ynag mirip bahan karet. dan elektron yang menyusun atom hidrogen sangat sedikit jika dibandingkan dengan jumlah proton. Meskipun lebih berat daripada hidrogen. Sebelas tahun kemudian. Pada saat ini balon udara menjadi alternatif menarik untuk tranportasi. • Basket atau keranjang yang merupakan tempat penumpang atau awak mengendalikan balon . Gas hidrogen merupakan gas yang paling ringan karena jumlah proton. The Graf Zeppelin berhasil mengelilingi dunia selama 21 hari. “helium termasuk dalam golongan gas mulia…Ini berarti gas helium tidak mudah terbakar seperti gas hidrogen. Pada 2 Juli 1900. pada Oktober 1972 diluncurkan balon kubus tanpa awak dengan volume 1. Francois Laurent dan Marquis de Arlandes yang berkebangsaan perancis berhasil melakukan penerbangan perdananya di atas Paris. Udara tersusun dari berbagai macam gas. Malcom Ross dan Victor Prather sukses menerbangkan balon udara sampai pada ketinggian 34.668 meter dari geladak Kapal Induk USS Antietam di Teluk Meksiko. Pada 5 April 1961. Jumlah proton dan elektron yang menyusun atom nitrogen jauh lebih banyak dari atom hidrogen sehingga massa atom relatif nitrogen empat belas kali lebih besar dari massa atom relatif hidrogen. Balon tersebut dapat terbang sejauh 5. (2008) mengatakan bahwa. Amerika Serikat dan berhasil terbang setinggi 51. 2. Dirigible pertama dapat bertahan selama 17 menit dan memiliki panjang 420 ft. Gas kedua teringan yang biasa digunakan untuk mengisi envelope adalah helium.F.5 mil dalam waktu 23 menit. Auguste Piccard dan Paul Kipfer pada 27 Mei 1931 mendesain balon udara yang diberi tekanan pada kabin agar dapat trbang lebih lama.25 juta m3 di Chico. Pada 21 November 1783. Selain itu. Namun. Mereka membakar wol dan jerami agar balon tetap mengangkasa. 2008).2 Bagian. Akhir-akhir ini balon udara Dirigible lebih dikenal dengan nama Zeppelin.Bagian Balon Udara Secara garis besar balon udara mempunyai tiga bagian utama yaitu: • Envelope yang bentuknya berupa kantong kantong balon tempat udara dipanaskan atau gas hidrogen yang berfungsi mengangkat balon udara dari ladasannya. Kandungan gas nitrogen dalam udara mencapai 80%. Jean Francois Pilatre de Rozier. Inilah yang menjadikan balon helium pilihan terbaik sebagai pengganti balon hidrogen”(Surya. Terletak di atas kepala penumpang dekat dengan mulut envelope. tetapi gas ini masih dapat mengudara dengan membawa beban. pada saat terbang di Lakehurst.

mula-mula balon diisi dengan gas panas atau hidrogen hingga balon dapat menggelembung dan volume udara dalam balon bertambah. BAB III PENUTUP 3.1 Kesimpulan Balon udara yang dapat terbang pertama kali ditemukan oleh Bartolomeu de Gusmao pada tahun 1709. kelembaban relatif.3 Prinsip Kerja Balon Udara Pada dasarnya prinsip kerja balon udara sangat sederhana yaitu “dengan cara memanaskan udara di dalam balon agar lebih panas dari udara di luar”(Howstuff.udara. maka pada saat itu pula secara perlahan-lahan balon udara akan naik. awak balon juga memanfaatkan hembusan angin memindahkan balon dari satu posisi ke posisi yang lain. envelope. Pada saat yang demikian inilah balon udara dapat terbang di udara. gaya apung lebih kecil daripada berat balon dan balon bergerak turun”. Dalam pembuatan balon udara menggunakan prinsip gaya apung yang dikeluarkan oleh Archimedes. biasanya digunakan Espionage ballon yang bertugas sebagai pengintain. 2. Balon udara yang paling terkenal adalah baon udara Zeppelin yang diberi nama Hindenberg. dan tranportasi. Prinsip inilah yang menjadi dasar cara kerja balon udara. Awak balon yang berada di keranjang(basket) secara terus-menerus menambah gas panas agar balon dapat mencapai ketinggian yang diinginkan. untuk keperluan militer. Untuk menurunkan ketinggian. Hal ini berarti gaya apung akan bertambah besar pula. Kanginan (2007:119) mengatakan “ini menyebabkan volum balon berkurang. Ada dua macam zat yang umumnya digunakan sebagai pengisi balon udara yaitu Hidrogen dan Helium. Angin yang bertiup kebarat diperkirakan pada ketinggian 400 meter. 2. Howstuff (2008) menggambarkannya sebagai berikut. tekanan dll. hukum Archimedes juga dapat diterapkan pada udara karena udara termasuk fluida. Balon udara ini memiliki tiga bagian antara lain. 2008). digunakan Weather ballon yang berfungsi untuk mendapatkan informasi tentang: temperatur. Namun tidak hanya itu yang diperlukan agar balon udara dapat terbang. rekreasi. burner dan basket. Balon udara memiliki banyak sekali manfaat antara lain. saat ini banyak perusahaan yang menggunakan balon udara untuk mempromosikan produknya. Pada saat gaya apung lebih besar dari berat total balon.4 Manfaat Balon Udara Dalam perkembangannya saat ini balon udara memiliki beberapa fungsi atau manfaat antara lain: • Keperluan militer. . Setelah ketinggian yang diinginkan tercapai awak balon dapat mengurangi gas panas dengan cara membuka katup parasut sampai tercapai suatu keadaan yang seimbang. Seperti pada umumnya fluida. Untuk itu pilot menaikkan balon udara sampai ketinggian tersebut dan balon udara pun memanfaatkan tiupan angin untuk menuju kebarat. yaitu gaya apung sama dengan berat balon. Hukum Archimedes: Gaya apung yang bekerja pada suatu benda yang dicelupkan sebagian atau seluruhnyake dalam suatu fluida sama dengan berat fluida yang dipndahkan oleh benda tersebut. Akibatnya. yang berarti gaya apung berkurang. Selain itu juga digunakan untuk riset (penelitian). Sebagai ilustrasi pada ketinggian 300 meter balon udara akan bergerak dari timur kebarat. awak balon udara dapat mengeluarkan gas panas yang ada dalam envelope. pendidikan. • Keperluan promosi. • Keperluan ilmu pengetahuan. Berikut akan dipaparkan cara kerja balon udara. • Keperluan rekreasi dan transportasi.

DAFTAR PUSTAKA Howstuff.com/2008/09/ balonudara. 2008. Sehingga dengan demikian tercipta suatu ikatan kepuasan kerja yang maksimal yang dapat saling dipercaya dan di andalkan untuk dapat terlaksananya suatu event dengan baik antara Klien dengan Produksi Semoga product product yang kami tawarkan dapat berguna bagi perusahaan atau event-event klien anda Apabila ada yang kurang jelas dan ingin mengkonsultasikan ide dan kebutuhan dari event anda.fisikaasyik. Balon Udara. Marthen. (online). Balon Udara. di Paris oleh Pilâtre de Rozier dan Marquis d'Arlandes.scribd. Yohanes. Ada banyak cara untuk berkreasi dan melakukan inovasi inovasi dari ide yang kita dapat agar semuanya itu dapat menghasilkan suatu karya Kami senantiasa belajar dan terus menggali dari kesempatan2 yang ada sehingga pada akhirnya menghasilkan aneka product seiring dengan berjalannya waktu Kami sadar bahwa kami bukanlah yang Pertama ataupun yang Terbesar. jangan sungkan untuk dapat menghubungi kami di no telephon tertera di bawah ini.com/home02/ content/view/73/44/. . Administrator. (http://www. (online). Administrator. ditemukan oleh Montgolfier bersaudara di Annonay.3. (online). (http://www. Jakarta: Erlangga. Surya. Penerbangan pertama dengan manusia diadakan pada 21 November 1783. 2007. Perancis pada 1783. diakses 7 September 2008) Posted 23rd March by karya anak bangsa Balon udara panas adalah teknologi penerbangan pertama oleh manusia. 2008. (http://berita-iptek. Kanginan.net/pengpop/ pp_ full. Balon udara panas dapat dikendalikan dan bukan hanya dibawa angin yang dikenal dengan airship atau thermal airship. 2008.e-dukasi.blogspot. Balon Udara. (http://www. namun demikian tidaklah menjadi halangan bagi kami untuk senantiasa selalu berusaha memberikan yang terbaik dan semaksimal mungkin. diakses 29 Oktober 2009). diakses 7 September 2008).2 Saran Bagi pembaca apabila ingin membuat balon udara yang sederhana sebaiknya menggunakan udara yang dipanaskan dan jangan menggunakan gas hidrogen karena gas ini memiliki sifat mudah terbakar.com/doc/ 2964087/Balon-di-Dunia-Modern-oleh-Yohanes-Surya.php?ppid=269. Balon Udara Modern. diakses 1 November 2009). dengan dedikasi penuh kepada pengabdian untuk melayani dan tidak mengecewakan kepercayaan yang di berikan kepada kami. Fisika untuk SMA kelas XI semester 2. 2008.html. (online).

yaitu komputer yang berisi berbagai alat bantu kerja. karena dengan materi matematika yang ditampilkan oleh Microsoft Power Point. proses pembelajaran menjadi lebih praktis. dan sarana pengembangan potensi manusia. tampilan materinya dapat dimodifikasi dengan pemberian animasi-animasi atau hiburan lain yang sangat memungkinkan mengurangi rasa kebosanan peserta didik terhadap materi yang diajarkan. Dengan metode presentasi menggunakan Microsoft Power Point ini. dengan teknologi informasi yang maju. manusia dapat melakukan berbagai macam aktivitas dengan mobilitas yang tinggi. Pendidik sudah tidak perlu lagi menuliskan materinya di papan tulis. Dengan adanya perkembangan dan kemajuan teknologi informasi. Secara umum. beserta kelengkapannya. Selain itu. Salah satunya media presentasi power point yang merupakan salah satu bagian dari Microsoft office. dapat meminimalisir pendidik untuk menulis berulang-ulang di papan tulis. pengembangannya. meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Sehingga. 1. Sebagai media presentasi Untuk mempermudah proses pembelajaran di dalam kelas. seperti LCD dan speaker. Peran Teknologi Informasi bagi Matematika Teknologi informasi sangat berguna bagi kehidupan. Sukses untuk kita semua . karena materi telah ditampilkan melalui layar LCD yang dapat dijangkau oleh semua peserta didik. Makalah : Teknologi Informasi dan Matematika Published by Irma Septina Pratiwi under kuliah Oleh : Irma Septina Pratiwi Pendidikan Matematika 2010 UNY A. 2. maupun penerapannya. dan dengan adanya media presentasi ini. teknologi yang maju memberikan kemudahan bagi manusia. Berikut ini adalah peran teknologi bagi matematika. Sebagai media peraga . guru/pendidik matematika dapat menggunakan salah satu sarana yang diberikan oleh teknologi. dan bantuan speaker dan LCD. baik dalam pembelajarannya. Matematika yang merupakan ilmu pasti pun membutuhkan teknologi informasi. proses transfer ilmu matematika dapat terlaksana dengan baik.Kami senantiasa siap untuk membantu anda. peserta didik dapat menjadi lebih fokus dan lebih tertarik terhadap pembelajaran.

mudah. data dan informasi yang beragam mengenai ilmu matematika dishare dengan pengguna internet seluruh dunia. Sebagai penyedia informasi Fasilitas internet yang saat ini berkembang dalam masyarakat merupakan salah satu penyedia informasi yang global. matematika dapat menjadi lebih sederhana. wujudnya tidak akan tampak nyata. yang penggunaannya secara online. yaitu Microsoft Excel. Dengan kata lain. Akhirakhir ini pun sudah banyak berkembang alat bantu hitung lain yang digunakan untuk penghitungan spesifik saja. yang melakukan penghitungan matematis jauh lebih rumit dari kalkulator. dan negara. secara tidak langsung. misalnya saja geometri. melalui internet yang merupakan salah satu produk teknologi. menarik. IF. seperti mathriddle.com. karena dengan digambar di papan tulis. yang disediakan oleh teknologi komputer. sedangkan bila menggunakan media peraga dalam software seperti Macromedia Flash. sehingga gambar bangun ruang dapat ditunjukkan secara nyata kepada peserta didik. yang dapat dijalankan secara offline maupun online dengan internet. informasi-informasi mengenai matematika dapat dengan mudah diperoleh. Pengguna internet tersebut saling berbagi informasi. peserta didik belajar matematika. Hal ini disebabkan karena pengunggah informasi dalam internet adalah manusia dari beragai latar belakang suku. yang konsep dasarnya adalah operasi penjumlahan (adder). Sebagai alat bantu hitung Peran teknologi sebagai alat bantu hitung dapat ditemukan pada kalkulator. ras. terdapat pula alat lain. yaitu dengan berbagai fungsi lain yang tersedia. Sebagai media kreatif pembelajaran matematika Dengan bemain games matematika yang sifatnya cenderung menghibur.Dalam pembelajaran matematika terdapat berbagai materi yang membutuhkan alat peraga. OR. Yang merupakan alat bantu hitung sederhana. gambar bangun ruang dapat diputar dan dilihat dari berbagai sisi pandang. 3. dan beragam. dan dilakukan dengan cepat. Selain kalkulator. Oleh karena itulah. Seperti misalnya untuk menghitung nilai integral yang sulit. 4. dan dapat dengan cepat diselesaikan. 5. dapat diketahui bahwa dengan teknologi. Berdasarkan hal-hal tersebut. sudoku. . Karena dalam geometri sering dibahas mengenai bangun ruang (bangun tiga dimensi) yang perwujudannya dapat ditampikan dengan menggunakan media pembuat animasi Macromedia Flash. teknologi dapat membantu mendistribusikan ilmu matematika. 6. yaitu melalui integrals. yang dengan adanya alat peraga dapat membantu memberikan pemahaman yang lebih kepada peserta didik mengenai materi geometri tersebut. dan sebagainya. matematika menjadi tak terbatas oleh ruang. karena tidak dapat dilihat dari berbagai sisi pandang. Sarana pengembangan ilmu matematika Melalui internet. Sehingga dengan teknologi. seperti AND. puzzle. logis.wolfram. seperti yang disediakan Microsoft Office. dan matematis. Sehingga. peserta didik tidak perlu membayangkan saja bentuk/wujud bangun tiga dimensi tersebut. spesifik. dapat menggunakan salah satu software. cepat. agama. Sehingga games matematika yang merupakan salah satu produk teknologi tersebut dapat membantu memberikan pemahaman lebih kepada peserta didik mengenai berbagai materi dalam ilmu matematika.

Knuth (via ilmukomputer. Peran Matematika bagi Teknologi Informasi 1. Sehingga dibutuhkan teknologi sebagai sarana pengaplikasian ilmu matematika. Logika matematika Dalam dunia informatika atau ilmu komputer. sehingga dapat membawa hasil yang tepat pula. Banyak cabang ilmu komputer yang diacu dalam terminologi algoritma. dan membuat perencanaan atau konsep pemecahan masalah yang lebih baik. Memiliki keluaran (output) atau kondisi akhir. atau lambat dan tidak efisien. algoritma sangat diperlukan dalam menyelesaikan berbagai masalah pemrograman. Algoritma membantu untuk mengembangkan daya penalaran atau kerangka berpikir yang sistematis dalam memahami masalah. basisdata. b. Dalam hal ini digunakan ilmu matematika sebagai dasarnya. Cotohnya saja. sistem digital. jaringan saraf tiruan dan lainnya yang mempergunakan logika secara intensif. Setiap langkah harus didefinisikan dengan tepat sehingga tidak memiliki arti ganda (ambigu). Donald E. 7. d. teori komputasi. dapat muncul pemikiran atau pengembangan teori-teori ilmu matematika.Sehingga dari berbagai informasi yang didapatkan dari berbagai pengguna internet di seluruh dunia tersebutlah. B. basis data. Memiliki masukan (input) atau kondisi awal. bila digunakan benar – benar menyelesaikan persoalan. terutama dalam komputasi numeris. e. .com) menyebutkan ciri – ciri dari algoritma yaitu : a. Logika matematika pun digunakan sebagai dasar kecerdasan buatan. Sistem biner Bagi teknologi informasi. yaitu bilangan biner (basis dua). dalam penciptaan komputer. Algoritma harus efektif. dan sebagainya. Sarana pengaplikasian ilmu matematika Ilmu matematika merupakan ilmu dasar yang digunakan dalam penyusunan teknologi. 2. Dalam bidang komputer. Algoritma Jantung ilmu komputer atau informatika adalah algoritma. 3. baik dalam penciptaan teknologi maupun pengembangannya. rusak. karena logika digunakan dalam berbagai aspek di lingkungan komputer seperti pada arsitektur komputer. matematika sangat berguna. Algoritma mempunyai awal dan akhir. Logika ini mempunyai peranan sangat mendasar dalam perkembangan teknologi komputer. rekayasa perangkat lunak. pemrograman. Algoritma adalah metode untuk menyelesaikan suatu permasalahan secara bertahap. c. mata kuliah logika biasa dikenal dengan istilah logika matematika. Tanpa algoritma yang dirancang baik maka proses pemrograman akan menjadi salah.

cout << “nilai 3: “. langkah-langkah pemrograman komputer adalah : a. Setelah masalah didefinisikan. } Logika : Bandingkan nilai pertama dengan nilai kedua. cout << “nilai terbesar adalah : ” << (c > d ? c : d) << “\n”. Disini digunakan variabel c sebagai “alat bantu”. d. void main() { int a. kita membuat tiga variabel yaitu. dalam C++. pertama – tama. Kemudian ditampilkan nilai yang terbesar yang didapat setelah membandingkan variabel c dan d. Kemudian. c. maka ada baiknya masalah tersebut dipecah menjadi modul-modul kecil agar lebih mudah diselesaikan. cout << “nilai 1: “. maka langkah berikutnya adalah menentukan solusi. kode yang dapat digunakan adalah sebagai berikut. Mendefinisikan masalah. dan d. variabel a. b. c.Menemukan solusi. Penjelasan kode : Seperti yang kita lihat di atas. Untuk mencari nilai terbesar dari tiga buah bilangan. tentukan masalah yang harus dipecahkan menggunakan komputer. b. . cout << “nilai 2: “. dan d. b.Contoh program yang menggunakan algoritma dalam pengerjaannya adalah program untuk mencari nilai terbesar dari tiga buah bilangan. cin >> b. kita membandingkan nilai masing – masing variabel. cin >> a. #include <iostream> using namespace std. dan apa input serta outputnya. b. Jadi. Variabel c sendiri menyimpan nilai terbesar antara variabel a dan b. c = (a > b ? a : b). cin >> d. Setelah itu. secara ringkas. Jika masalah terlalu kompleks. kita meminta user untuk memasukkan nilai untuk variabel a. sehingga di dapat nilai terbesar di antara ketiga variabel tersebut. Kemudian yang lebih besar di antara nilai tersebut di bandingkan dengan nilai berikutnya (nilai ke tiga).

dan parameter-parameter yang ada pada suatu prosedur dan fungsi. maka udara yang sebelumnya berada disekitar buah akan naik keatas Sebelum kita mengetahui bagaimana cara kerja balon udara. Merawat atau memperbarui program. mengapa ? Dan bagaimana ia bisa melayang tinggi di angkasa ? Balon udara sudah di kenal sejak sepuluh tahun silam. http://id.com/teknologiinformasi. Teknologi Informasi. Karena nilon ini tidak tahan api. Diakses 10 Januari 2011 pukul 19:20 WIB. Hal ini dimaksudkan agar pada suatu saat jika kita akan melakukan perubahan atau membaca source code yang sudah kita tulis dapat kita ingat-ingat lagi.org/wiki/Teknologi_informasi. d. Prinsip kerja balon udara sebenarnya sama yang dipakai oleh grosir buah-buahan dalam mengawetkan dagangannya. Definisi Teknologi Informasi. 2010. Diakses 12 Januari 2011 pukul 19:40 WIB. Menguji program. dan basket. dan memiliki kompatibilitas tinggi dengan perangkat keras dan platform lainnya. untuk apa. Burner merupakan alat yang berfungsi untuk memanaskan udara di dalam envelope. Wirman.wikipedia.com. balon udara berukuran besar sekali. 2007. Burner . Ketika udara kedalam lemari pendingin dan menyelimuti seluruh permukaan buah-buahannya.org/wiki/Matematika. untuk apa. variabel apa saja yang digunakan. Algoritma Pemrograman dengan Menggunakan C++. Balon udara secara garis besarnya mempunyai tiga bagian utama yaitu envelope.wikipedia. g. Menulis program dengan menggunakan bahasa yang mudah dipelajari. Balon udara merupakan alat transportasi. Faisal. Diakse 12 Januari 2011 pukul 20:25 WIB Anonim. Namun dalam perkembangannya balon udara tidak bisa diharapkan. f. Matematika. maka bagian bawah envelope dilapisi dengan bahan anti api (skirt). Anonim.c. termasuk error-handlingnya. Menulis dokumentasi dengan menuliskan menuliskan komentar-komentar kecil tentang apa maksud kode tersebut. http://id. mudah digunakan. http://teknik-informatika. sehingga program benar-benar layak digunakan. dibawahnya ada keranjang yang digunakan sebagai tempat penumpang sekaligus tempat pembakaran bahan bakar. 2009. DAFTAR PUSTAKA Akib. Envelope ini berisi udara/gas ringan (seperti gas hidrogen) yang berfungsi mengangkat balon udara dari landasannya. e.Memilih algoritma yang sesuai dan efisien untuk permasalahan tersebut. burner. ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu bagian-bagian dari balon udara. Envelope merupakan kantong yang terbuat dari bahan nilon berbentuk balon tempat udara dipanaskan. http://ilmukomputer. 2011. Diakses 12 Januari 2011 pukul 19:52 WIB.

engineeringtown. udara didinginkan dengan cara mengecilkan burner. Basket dibuat dari bahan yang ringan dan lentur dan terletak di bawah kantung udara. Arah tiupan angin berbeda pada setiap ketinggian tertentu.com/kids/index. Jika ingin mendarat. Jika ingin aman bisa menggunakan gas helium. namun sangat mahal. udara di dalam envelope dipanaskan menggunakan burner dengan temperatur sekitar 100 derajat Celcius.php/kamu-harus-tahu/202-bagaimana-balonudara-bisa-terbang Sumber: http://www. Cara kerja balon udara sangat sederhana yaitu dengan cara memanaskan udara di dalam balon agar lebih panas dari udara di luarnya sehingga balon udara mengembang dan dapat naik (terbang).com/2012/03/cara-terbang-balonudara.terindikasi.html#ixzz2DeBxJbqf . yaitu balon udara yang diisi gas yang ringan seperti contohnya gas hydrogen. Perbedaan arah tiupan angin inilah yang dimanfaatkan oleh pengemudi balon udara untuk mengendalikan balon udara dari satu lokasi ke lokasi yang diinginkan. Udara yang mulai mendingin di dalam envelope membuat balon bergerak turun. Namun kelemahan gas hidrogen ini adalah mudah terbakar. Burner ini mengatur tekanan dalam kantung udara agar balon dapat terbang dengan ketinggian yang diharapkan. Untuk dapat terbang. Basket atau keranjang merupakan tempat penumpang mengendalikan balon udara atau penumpang yang menikmati penerbangan balon udara. Balon udara yang diisi dengan gas yang memang ringan. yaitu balon udara yang mempunyai pembakar yang berfungsi untuk memanaskan udara dalam balon sehingga udara dalam balon menjadi lebih ringan dari udara luar sekitarnya. 2. Riverensi : http://www. Udara yang lebih panas akan lebih ringan karena masa per unit volumenya lebih sedikit. Balon udara mempunyai dua tipe yaitu: 1. Balon udara yang diisi dengan udara panas. Udara panas ini akan terperangkap di dalam envelope sehingga balon udara pun akan mengembang dan bergerak naik di dorong oleh udara yang bertekanan lebih kuat. Bagaimana caranya balon udara berpindah dari satu lokasi ke lokasi lain? Jawabanya adalah dengan cara memanfaatkan hembusan angin untuk bergerak secara horizontal.di letakan di atas kepala penumpang dekat ke mulut envelope.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful