Fotokimia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Langsung ke: navigasi, cari

Ilustrasi spektrum elektromagnetik. Terlihat spektrum tampak berikut wilayah ultraungu dan inframerah. Fotokimia adalah bagian dari ilmu kimia yang mempelajari interaksi antara atom, molekul kecil, dan cahaya (atau radiasi elektromagnetik). Sebagaimana disiplin ilmu lainnya, fotokimia menggunakan sistem satuan SI atau metrik. Unit dan konstanta yang sering dipergunakan antara lain adalah meter, detik, hertz, joule, mol, konstanta gas R, serta konstanta Boltzmann. Semua unit dan konstanta ini juga merupakan bagian dari bidang kimia fisik.
FotoKimia Fotokimia (PhotoChemistry) fotokimia adalah reaksi - reaksi kimia yang melibatkan cahaya atau reaksi - reaksi kimia yang di induksi dengan cahaya . fotokimia berasal dari dua kata yaitu foton dan kimia. Rumus Foton : E = h.u (tetapan plank x frekuensi ) Reaksi kimia yang tidak di induksi oleh cahaya misalnya reaksi Netralisasi atau reaksi Asam-basa. Reaksi Fotokimia : contoh : 1. Tumbuhan : Reaksi fotosintesis

(1) Maka: E= Keterangan: E = energi radiasi . Ruang Lingkup Fotokimia Konsep interaksi sinar dengan materi berkembang sejak ditemukan konsep kuantisasi energi. 2. Cahaya dan energi Planck mengembangkan teori radiasi benda hitam atas dasar postulat bahwa: radiasi memiliki sifat partikel. yaitu: E = hν Karena. atau khemiluminesensi (dimana sinar diemisian sebagai hasil reaksi kimia) dapat dianggap sebagai suatu proses fotokimia.2. Proses seperti fluoresensi (dimana sinar diemisikan dari suatu molekul). yang mempunyai energi sebanding dengan frekuensinya. Dalam fotokimia akan lebih difokuskan pada pembahasan tentang perubahan kimia yang dihasilkan sebagai akibat absorpsi cahaya. Manusia : Penglihatan Manusia Manfaat menjemur bayi di pagi hari :   pada jam 7 sampai 8 pagi sangat kaya akan vitamin D yang berguna untuk pertumbuhan tulang mencegah dari Bayi Kuning PRINSIP DASAR FOTOKIMIA PRINSIP DASAR FOTOKIMIA 1. atau foton.

yang menyatakan bahwa: hanya sinar yang diserap oleh molekul yang menghasilkan perubahan kimia dalam molekul. maka satu partikel tereksitasi untuk setiap kuantum radiasi yang diserap.s Teori kuantum radiasi Planck kemudian digunakan oleh Albert Einstein untuk menginterpretasi efek fotolistrik.ν = frekuensi λ = panjang gelombang h = tetapan Planck = 6. dan hanya satu. foton yang diserap oleh partikel tunggal untuk menyebabkan reaksi fotokimianya. Energi eksitasi per mol diperoleh dengan mengalikan energi eksitasi molekul dengan bilangan Avogadro. Grotthus dan Draper merumuskan hukum fotokimia. Selanjutnya pada awal abad ke-19. Perkembangan teori kuantum menghasilkan suatu realisasi bahwa radiasi diserap hanya dalam energi-energi tertentu atau energi diskrit/paket energi. Stark dan Einstein kemudian mengusulkan bahwa satu. Akan tetapi berbagai proses dapat terjadi setelah mlekul tereksitasi karena mengabsorpsi radiasi. N. 1). Jadi: E = Nhν = (2) . Seperti diketahui bahwa energi eksitasi dari masing-masing partikel yang mengabsorpsi radiasi adalah sama seperti energi kuantum yang diberikan oleh Planck (pers. Selanjutnya Einstein-Stark menyatakan bahwa Jika suatu spesies menyerap radiasi. Hukum ini merupakan hukum dasar fotokimia.63 x 10-34 J.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful