Pengertian Membaca Cepat Membaca cepat adalah perpaduan kemampuan motorik (gerakan mata) atau kemampuan visual dengan

kemampuan kognitif seseorang dalam membaca. Membaca cepat merupakan perpaduan antara kecepatan membaca dengan pemahaman isi bacaan. Kecepatan membaca yang seseorang harus seiring dengan kecepatan memahami bahan bacaan yang telah dibaca. Ketika kita membaca cepat suatu bacaan, tujuan sebenarnya bukan untuk mencari kata dan gambar secepat mungkin, namun untuk mengidentifikasi dan memahami makna dari bacaan tersebut seefisien mungkin dan kemudian mentransfer informasi ini kedalam memori jangka panjang dalam otak kita. Kemampuan membaca cepat merupakan keterampilan memilih isi bacaan yang harus dibaca sesuai dengan tujuan, yang ada relevansinya dengan pembaca tanpa membuang-buang waktu untuk menekuni bagianbagian lain yang tidak diperlukan. Dalam membaca cepat terkandung di dalamnya pemahaman yang cepat pula. Pemahaman inilah yang diperioritaskan dalam kegiatan membaca cepat, bukan kecepatan. Akan tetapi, tidak berarti bahwa membaca lambat akan meningkatkan pemahaman, bahkan orang yang biasa membaca lambat untuk mengerti suatu bacaan akan dapat mengambil manfaat yang besar dengan membaca cepat. Sebagaimana pengendara mobil, seorang pembaca yang baik akan mengatur kecepatannya dan memilih jalan terbaik untuk mencapai tujuannya. Kecepatan membaca seseorang sangat tergantung pada materi dan tujuan membaca, dan sejauh mana keakraban pembaca dengan materi bacaan. Media Berlatih Membaca Cepat Dalam Kegiatan Belajaran Mengajar (KBM), siswa selalu berinteraksi dengan lingkungan belajar yang diatur oleh guru melalui proses pembelajaran. Lingkungan belajar tersebut meliputi tujuan pembelajaran, bahan pembelajaran, dan metodologi pembelajaran. Dalam metodologi pembelajaran, ada dua aspek yang paling menonjol, yaitu metode pembelajaran dan media pembelajaran sebagai alat bantu pembelajaraan. Media yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca cepat siswa bisa menggunakan transparansi yang dibantu dengan OHP, bisa juga dengan

siswa menghitung jumlah gambar dengan durasi waktu tidak lebih dari 30 detik dan menuliskan pada lingkaran yang tersedia. yaitu (1) media pembelajaran membaca cepat untuk pelatihan awal. dan (2) media pembelajaran membaca cepat untuk pengukuran. Siswa perlu melihat lingkaran tersebut secara cepat tanpa menggerakkan kepala. Media pertama berupa dua lingkaran kecil dalam satu garis horizon yang memiliki jarak yang berbeda dalam setiap barisnya. Tanpa menggunakan jari. Media pembelajaran membaca cepat yang dapat digunakan dalam meningkatkan kemampuan membaca cepat terbagi atas dua jenis. . Media yang kedua berupa urutan angka maupun abjad yang diacak dalam sebuah kotak (persegi panjang). Variasi media pelatihan membaca cepat ini bertujuan untuk (1) melatih gerak mata siswa (fiksasi). Di dalam persegi panjang berikut terdapat dua puluh enam huruf (A – Z) dan angka 1 – 50. Media ini memiliki manfaat antara lain (1) pembelajaran akan lebih menarik perhatian siswa sehingga diharapkan dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa. Siswa perlu menarik secepat mungkin garis yang menghubungkan huruf atau angka yang ada secara berurutan dengan cepat dan dicatat waktu tempuhnya dengan mengurangi waktu selesai baca dengan waktu mulai baca. dan (4) pembelajaran terfokus kepada siswa dengan melakukan berbagai aktivitas. Keempat variasi media pelatihan awal ini disampaikan kepada siswa sebelum dilakukan pengukuran membaca cepat siswa secara utuh. Media pelatihan awal membaca cepat yang bertujuan untuk melatih konsentrasi siswa berupa urutan gambar yang disusun secara vertikal dengan jumlah yang berbeda. 1) Media Pelatihan Awal Media pembelajaran membaca cepat yang digunakan untuk pelatihan awal memiliki berbagai variasi. (3) metodologi pembelajaran lebih bervariasi. Bentuk gambar yang disusun secara vertikal tersebut disesuaikan dengan kebutuhan siswa atau yang biasa ditemui siswa di sekolah. (2) materi pembelajaran lebih jelas maknannya sehingga siswa lebih menudah memahami. (2) melatih konsentrasi. Media pelatihan awal membaca cepat yang bertujuan untuk melatih gerak mata memiliki dua variasi. (3) melatih persepsi siswa. Kedua jenis media ini diuraikan secara rinci sebagai berikut. dan (4) melatih daya ingat.menggunakan software membaca cepat.

d 245 kpm. sedangkan pemahaman dihitung dengan membagi skor yang diperoleh siswa dengan skor maksimal yang bisa didapat siswa. Kecepatan membaca siswa Amerika untuk setingkat SD/Diniyah di Indonesia adalah 140 kpm. Untuk kaum profesional. media pelatihan awal yang bertujuan untuk melatih daya ingat siswa berupa serangkaian gambar maupun angka yang ditunjukkan secara cepat (tidak lebih dari 30 detik) kepada siswa. setingkat SLTP/MTs adalah 140 s. Selanjutnya. setingkat SMA/SMK/MA adalah 175 s. dan setingkat perguruan tinggi 245 s. telah dilakukan penelitian tentang kecepatan membaca siswa dalam setiap jenjang pendidikan. rumus kecepatan efektif membaca (KEM) adalah sebagai berikut. Di negara-negara maju. Media Pengukuran Kemampuan Membaca Cepat Siswa Sesesorang yang sedang membaca cepat sebuah bacaan hendaknya dapat mengondisikan otak bekerja lebih cepat sehingga konsentrasi akan lebih membaik secara otomatis. khususnya Amerika. Media ini berbentuk deretan kata yang disusun secara horisontal maupun vertikal.d 175 kpm. . Untuk mengukur kemampuan membaca cepat siswa. Hasil perkalian antara kecepatan membaca dengan pemahaman menghasilkan kecepatan efektif membaca (KEM). Aspek kecepatan membaca dapat diukur dengan jumlah kata dalam bacaan yang dibaca dibagi dengan selisih antara waktu akhir baca dengan awal baca. Dengan demikian. yaitu aspek kecepatan membaca dan aspek pemahaman. Siswa mencoret atau berusaha menemukan kata yang sama dengan kata kunci yang telah ditentukan. kemampuan membaca cepat merupakan kemampuan seseorang dalam memadukan kemampuan motorik (gerakan mata) atau kemampuan visual dengan kemampuan kognitifnya atau pemahaman isi bacaan melalui menjawab pertanyan-pertanyaan yang berhubungan dengan bacaan.d 280 kpm. Dari berbagai media pelatihan awal tersebut diharapkan siswa memiliki kemampuan dalam menggerakkan mata dan memiliki daya ingat yang cukup baik. ada dua aspek yang perlu diukur. kecepatan membacanya bisa mencapai 500 kpm. selanjutnya siswa menggambarkan kembali.Media pelatihan awal lainnya bertujuan untuk melatih persepsi siswa. Secara konkret.

terutama dalam mengoreksi hasil pemahaman siswa.(1) K Wm x B = …… kpm (kata permenit) Si atau (2) K. tetapi sudah penulis uji cobakan. Media pembelajaran membaca cepat yang bersifat manual ini tentunya membutuhkan tenaga lebih dari para guru. Hal ini bisa diatasi dengan penggunaan software membaca cepat. Software ini telah penulis buat dan sampai saat ini belum penulis hak patentkan. untuk meningkatkan kemampuan membaca cepat. . (60) Wd Keterangan: x B = ……. Untuk itu. Bacaan dapat diambil dari berbagai media informasi. Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Cepat Kemampuan membaca cepat merupakan kemampuan seseorang dalam memadukan kemampuan motorik (gerakan mata) atau kemampuan visual dengan kemampuan kognitifnya atau pemahaman isi bacaan melalui menjawab pertanyanpertanyaan yang berhubungan dengan bacaan. baik media elektronik maupun nonelektronik. Kpm (kata permenit) Si K : jumlah kata yang dibaca Wn: waktu baca dalam satuan menit Wd: waktu baca dalam satuan detik B : Skor yang diperoleh siswa Si : Skor ideal atau skor maksimal kpm : kata perminit Media pembelajaran untuk mengukur kemampuan kecepatan membaca cepat siswa tentunya berupa sebuah bacaan dan pertanyaan-pertanyaan yang digunakan untuk mengukur pemahaman siswa. seseorang harus dapat meningkatkan kemampuan motorik dan kemampuan kognitifnya.

dan kurang dapat bersosialisasi.Kemampuan motorik dapat ditingkatkan dengan selalu berlatih viksasi. Ketika seseorang membaca memindai. Teknik membaca ini berguna untuk mencari beberapa informasi secepat mungkin. Biasanya kita membaca kata per kata dari setiap kalimat yang dibacanya. dan (3) terus berlatih membaca cepat (membaca bacaan dan menjawab pertanyaan). membaca memindai penting untuk meningkatkan kemampuan membaca. perlu lebih detil membacanya. bukan dipaksakan. Membaca Scanning 1. Dengan demikian. Tanpa membaca kita akan menjadi orang yang kerdil. informasi terus berjalan dengan derasnya. tidak ada kata lain untuk meningkatkan kemampuan membaca seseorang selain berlatih terus menerus dan menjadikan kegiatan membaca sebauh budaya. Pelatihan viksasi dapat dilakukan dengan cara: (1) senam mata yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik (melihat lingkaran hitam. Tehnik membaca cepat A. Tapi. Pengertian Membaca tatap (scanning) atau disebut juga membaca memindai adalah membaca sangat cepat. . Menurut Mikulecky & Jeffries (dalam Farida Rahim. Untuk itu. yaitu 24 jam per hari. mendata kata yang sama). Dengan berlatih teknik membaca memindai. puisi. (2) meningkatkan kemampuan kognitif dengan melatih daya ingat (mengingat angka. dan sebagainya. surat penting dari ahli hukum. membaca dengan cara memindai ini tidak asal digunakan. seseorang bisa belajar membaca untuk memahami teks bacaan dengan cara yang lebih cepat. tingkatkan kemampuan membaca cepat Anda. Ingat. Jika untuk keperluan untuk membaca buku teks. dia akan melampaui banyak kata. 2005). mengurutkan abjad dan angka. mengingat gambar). membaca per kelompok kata. buta pengetahuan luar. sedangkan waktu kita tetap dapat setiap harinya.

Mata bergerak cepat. (2) Setelah ditemukan kecepatan diperlambat untuk menemukan keterangan lengkap dari informasi yang dicari. Membaca dengan teknik memindai artinya menyapu halaman buku untuk menemukan sesuatu yang diperlukan. atau ‘selanjutnya’. kamus disusun secara alfabetis dan ada keyword di setiap halaman bagian kanan atas. Scanning berkaitan dengan menggerakan mata secara cepat keseluruh bagian halaman tertentu untuk mencari kata dan frasa tertentu. meloncat-loncat. gerakan mata berhenti. ‘langkah’. Teknik membaca memindai (scanning) adalah teknik menemukan informasi dari bacaan secara cepat. 2. ‘pertama’.Scanning atau membaca memindai berarti mencari informasi spesifik secara cepat dan akurat. miring atau yang dicetak berbeda dengan teks lainnya. dan (3) Pembaca dituntut memiliki pemahaman yang baik berkaitan dengan karakteristik yang dibaca (misalnya. kemudian ketika sampai pada bagian yang dibutuhkan. Langkah-langkah Scanning • Perhatikan penggunaan urutan seperti ‘angka’. dengan cara menyapu halaman demi halaman secara merata. ‘huruf’. Terkadang penulis menempatkan kata kunci di batas paragraph • • Langkah atau proses scanning yang lain yakni: Scanning dilakukan dengan cara: (1) Menggerakkan mata seperti anak panah langsung meluncur ke bawah menemukan informasi yang telah ditetapkan. ensiklopedi disusun secara alfabetis dengan pembalikan untuk istilah yang terdiri dari dua kata. Carilah kata yang dicetak tebal. dan sebagainya). ‘kedua’. dan tidak melihat kata demi kata. Memindai artinya terbang di atas halaman-halaman buku. .

2005). 2005). Membaca layap dibutuhkan untuk mengetahui sudut pandang penulis tentang sesuatu. Tujuan Adapun tujuan dari membaca scanning yaitu: • • Mencari informasi dalam buku secara cepat. menbaca acara siaran di Telivisi. membaca jadwal pelajaran. memcari nomor telepon di buku telepon. (Farida Rahim. Contoh Membaca scanning/memindai misalnya membaca mencari arti kta di kamus.membaca daftar menu makan di rumah makan. Biasanya. Pengertian Membaca-layap (skimming) adalah membaca dengan cepat untuk mengetahui isi umum atau bagian suatu bacaan.mencari pada papan pengumuman. membaca daftar pejalanan. menemukan pola organisasi paragraf. Scanning merupakan teknik membaca cepat untuk menemukan informasi yang telah ditentukan pembaca.3. Pengertian lain dari membaca skimming adalah membaca sekilas atau membaca cepat untuk mendapatkan suatu informasi dari yang kita baca. Pembaca telah menentukan kata yang dicari sebelum kegiatan scanning dilakukan. ini dilakukan jika Anda telah mengetahui dengan pasti apa yang Anda cari sehingga berkonsentrasi mencari jawaban yang spesifik. Membaca Skimming 1. 4. Skimming dilakukan untuk . pembaca tidak membaca bagian lain dari teks kecuali informasi yang dicari. mencari topik pada daftar isi sebuah buku dll B. • • Mendapatkan informasi spesifik dari sebuah teks. dan menemukan gagasan umum dengan cepat (Mikulecky & Jeffries dalam Farida Rahim.

Apabila anda pergi ke toko buku atau perpustakaan dan ingin mengetahui pembahasan apa dalam buku yang anda pilih itu. Kecepatan membaca secara skimming biasanya sekitar 3-4 kali lebih cepat dari membaca biasa. 2. juga dilakukan orang untuk memilih artikel di majalah dan surat kabar (kliping) . Tujuan Banyak yang mengartikan skimming sebagai sekedar menyapu halaman. sekadar untuk mengetahui bahan tersebut. Perhatikan ilustrasi (gambar atau foto) agar Anda mendapatkan informasi lebih jauh tentang topik tersebut. sub judul dan subheading untuk mencari tahu apa yang dibicarakan teks tersebut. seperti hal berikut: 1.melakukan pembacaan cepat secara umum dalam suatu bahan bacaan. Dalam skimming. anda melakukan skimming beberapa menit (atau browsing). Untuk mengetahui apakah suatu artikel sesuai dengan apa yang kita cari. sedangkan pengertian yang sebenarnya adalah suatu ketrampilan membaca yang diatur secara sistematis untuk mendapatkan hasil yang efisien. Langkah-langkah Skimming • Baca judul. Selain untuk mendapatkan gagasan utama dari sebuah teks. proses membaca dilakukan secara melompat-lompat dengan melihat pokok-pokok pikiran utama dalam bahan bacaan sambil memahami tema besarnya. Skimming untuk melihat bahan yang akan dibaca. Baca awal dan akhir kalimat setiap paragraph Jangan membaca kata per kata. Untuk menilai artikel tersebut. apakah menarik untuk dibaca lebih lanjut secara mendetail. Carilah kata kunci atau keyword-nya Lanjutkan dengan berpikir mengenai arti teks tersebut • • • • 3. Untuk mengenali topik bacaan. Biarkan mata Anda melakukan skimming kulit luar sebuah teks. untuk berbagai tujuan.

tulisan tajuk surat kabar. Untuk mengetahui pendapat orang (opini). v Berikut adalah tabel kesimpulan dari artikel Teknik membaca cepat skimming dan scanning . 1. Skimming berguna untuk memilih bahan yang perlu dipelajari dan didingat. Skimming ini juga disebut sebagai review (tinjau balik). Mungkin secara kronologi. membandingkan. Anda perlu melihat semua bahan itu untuk memilih ide yang bagus. tetapi tidak membaca secara lengkap 1. yang anda butuhkan adalah pendapat penulis itu terhadap masalah tersebut. urutan ide pokok dan cara semua itu disusun dalam kesatuan pikiran dan mencari hubungan antarbagian bacaan itu. misalnya dalam mempersiapkan ujian atau sebelum menyampaikan ceramah. Untuk mendapatkan bagian penting yang kita perlukan tanpa membaca seluruhnya. atau bentuk lain. Contoh skimming untuk mendapatkan gagasan utama dari sebuah halaman buku teks sehingga dapat memutuskan apakah buku tersebut berguna dan perlu dibaca lebih pelan dan mendetail. Untuk penyegaran yang pernah dibaca. Skimming berguna untuk survei buku sebelum dibaca.2. anda mungkin cukup membaca paragraf pertama atau akhir yang biasanya memuat kesimpulan yang dibuat oleh penulisnya (redaksi). 4. Untuk mengetahui organisasi penulisan. Disini anda sudah mengetahui topik yang dibahas. 3. seperti dapat dilihat pada uraian SQ3R sebelum ini. Misalnya.

scanning untuk menemukan nomor tertentu pada dalam kamus. Biasanya. apakah secara mendetail. Jangan membaca kata per kata. Scanning Scanning digunakan untuk spesifik dari sebuah teks. Baca awal dan akhir kalimat setiap paragraf 4. Untuk mengetahui apakah suatu artikel sesuai menilai artikel tersebut. sub judul dan subheading untuk mencari tahu apa yang dibicarakan teks tersebut. Perhatikan ilustrasi (gambar atau foto) agar Anda mendapatkan informasi lebih jauh tentang topik tersebut. Untuk Anda telah mengetahui menarik untuk dibaca lebih lanjut cari sehingga berkonsentrasi Contoh skimming untuk mendapatkan gagasan utama dari sebuah memutuskan apakah buku tersebut berguna dan perlu dibaca lebih pelan dan mendetail.Komponen Pengertian Skimming Skimming digunakan untuk sebuah teks. Biarkan mata Anda melakukan skimming kulit luar sebuah teks. kata Strategi . Carilah kata kunci atau keyword- halaman buku teks sehingga dapat direktori telepon. Kecepatan membaca secara skimming biasanya sekitar 3-4 kali lebih cepat dari membaca biasa. 2. ini dilakukan jika dengan pasti apa yang Anda mencari jawaban yang spesifik. mendapatkan gagasan utama dari mendapatkan informasi dengan apa yang kita cari. Langkah-langkah skimming: 1. Baca judul. 3. Scanning berkaitan dengan menggerakan mata secara cepat keseluruh bagian halaman tertentu untuk mencari kata dan frasa tertentu.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful