http://www.djlpe.esdm.go.id/modules/_website/images/content/15046343331.

pdf Penelitian Pengurangan Kesadahan (Ca, Mg) dan Logam Berat (Fe, Mn, Zn) dalam Bahasa Baku Air Minum dengan Menggunakan Zeolit Asal Cikalong, Tasikmalaya (Husaini dan Trisna Soenara). Penurunan Kandungan Fosfat dalam Air dengan Zeolit (Rusvirman Muchtar). Pengaruh Zeolit Terhadap Logam Berat dan Bahan Kimia Terlarut pada Air Tanah: Studi Kasus Areal Permukiman Darmaga Bogor, Jawa Barat (Dwita Siallagan dan Suwardi).

Apakah peran Zeolit dalam deterjen ?
Kata Kunci: deterjen, zeolit Ditulis oleh Risa Rahmawati Sunarya pada 01-05-2009 http://www.chem-is-try.org/kata_kunci/zeolit/

Zeolit merupakan senyawa kristalin alumino silikat terhidrasi dengan kerangka tiga dimensi yang berpori. Pada pori zeolit biasanya diikat kation-kation untuk menstabilkan muatan zeolit serta sejumlah molekul air. Ion-ion tersebut dapat dipertukarkan dengan ion sejenis, sehingga memungkinkan zeolit memiliki kemampuan melakukan pertukaran ion. Kemampuan inilah yang banyak dimanfaatkan di industri, salah satunya pada industri detergen. Detergen merupakan bahan pembersih yang merupakan campuran dari beberapa zat kimia, yaitu surfaktan sebagai zat aktif permukaan (surface active agent), pembentuk (builders) yang biasanya menggunakan senyawa fosfat, sitrat, asetat, atau silikat (zeolit). Pengisi (filler), serta zat aditif seperti pewangi, pewarna, pemutih, dll. Sejak 30 tahun lalu, zeolit mampu menggantikan peran fosfat sebagai pembentuk (builders) dalam detergen. Penggunaan zeolit sebagai pembentuk memiliki beberapa keunggulan : (www.kofo.mpg.de/kofo/institut/arbeitsbereiche/schmidt/research-e.htm www.nrdcindia.com/) • Penggunaan zeolit menurunkan ongkos produksi detergen (low cost) • Ramah lingkungan karena bebas dari fosfat yang sulit untuk didegradasi. • Menurunkan tingkat kesadahan air. • Menghilangkan logam-logam berat seperti besi, mangan, serta tembaga. • Memungkinkan terbentuknya detergen dengan kerapatan ultra (high density Ultra detergents). • Berperan sebagai anti-caking agent dengan mengabsorpsi kelebihan bahan liquid dalam formulasi bubuk detergen.

bsn. Direktorat Sumber Daya Mineral. Gambar 2. S. dimana atom silikon dikelilingi oleh 4 atom oksigen sehingga membentuk semacam jaringan dengan pola yang teratur. Muatan negatif inilah yang menebabkan Zeolit mampu mengikat kation. Keberadaan atom Aluminium ini secara keseluruhan akan menyebababkan Zeolit memiliki muatan negatif. (1987) : Lempung. Di beberapa tempat di jaringan ini. Zeolit. sesuai dengan pesanan anda. sedangkan Silicon sendiri memiliki muatan 4+. http://www. Zeolit Na-A memiliki kapasitas pertukaran ion yang sangat baik (Bell. yang hanya terkoordinasi dengan 3 atom Oksigen. kalium dan barium..Gambar 1.html T. Kerangka zeolit Na-A yang digunakan dalam detergen Referensi Harjanto. http://greenfertindo. Sudin Panjaitan .pdf Pranatasari Dyah Susanti1. Atom Aluminium ini hanya memiliki muatan 3+. Zeolit memiliki melekular sruktur yang unik. 2001). Global Green Fertindo memproduksi Zeolite dalam bentuk tepung (powder) maupun granule. 108-119. Beberapa merk detergen yang menggunakan zeolit Jenis zeolit sintetis yang biasa digunakan pada detergen adalah zeolit Na-A.com/zeolite. Dolomit. Secara umum.go. Zeolit juga sering disebut sebagai 'molecular sieve' / 'molecular mesh' (saringan molekuler)karena zeolit memiliki pori-pori berukuran melekuler sehingga mampu memisahkan/menyaring molekul dengan ukuran tertentu. atom Silicon digantikan degan atom Aluminium. Zeolit adalah senyawa zat kimia alumino-silikat berhidrat dengan kation natrium. Publikasi khusus. dan Magnesit.id/files/348256349/Litbang%202010/prosiding%202010%20UNLAM/MANFAAT%20Z EOLIT%20DAN%20ROCK%20PHOSPHAT.

biasanya alkali atau alkali tanah dan molekul air yang dapat bergerak bebas. tetapi juga mudah mengikat kembali molekul air dalam udara lembap. Zeolit memiliki melekular sruktur yang unik. Oleh sebab sifatnya tersebut maka zeolit banyak digunakan sebagai bahan pengering. yang terbentuk dari tetrahedral alumina dan silika dengan rongga-rongga di dalam yang berisi ion-ion logam. Atom Aluminium ini hanya memiliki muatan 3+.(AlO2)x.wikipedia. Struktur zeolit sejauh ini diketahui bermacam-macam. selalu memuat pemanfaatan zeolit untuk berbagai aplikasi. dimana atom silikon dikelilingi oleh 4 atom oksigen sehingga membentuk semacam jaringan dengan pola yang teratur.org/wiki/Zeolit Zeolit adalah senyawa zat kimia alumino-silikat berhidrat dengan kation natrium.(SiO2)y. Zeolit di alam banyak ditemukan di India. Secara umum. Setiap tahunnya.chem-is-try. ensiklopedia bebas http://id. tetapi secara garis besar strukturnya terbentuk dari unit bangun . Jerman dan Amerika Serikat Zeolit sebagai Mineral Serba Guna Ditulis oleh Sinly Evan Putra pada 08-12-2007 http://www. Muatan negatif inilah yang menebabkan Zeolit mampu mengikat kation.Zeolit Dari Wikipedia bahasa Indonesia. Disamping itu zeolit juga mudah melepas kation dan diganti dengan kation lainnya. Secara empiris.org/artikel_kimia/kimia_material/zeolit_sebagai_mineral_serba_guna/ Zeolit (Zeinlithos) atau berarti juga batuan mendidih. sedangkan Silicon sendiri memiliki muatan 4+. berbagai jurnal penelitian di seluruh dunia. Keberadaan atom Aluminium ini secara keseluruhan akan menyebababkan Zeolit memiliki muatan negatif. yang hanya terkoordinasi dengan 3 atom Oksigen. Siprus. rumus molekul zeolit adalah Mx/n. Zeolit mempunyai beberapa sifat antara lain : mudah melepas air akibat pemanasan. Zeolit umumnya didefinisikan sebagai kristal alumina silika yang berstruktur tiga dimensi. kalium dan barium. di dalam riset-riset kimiawan telah lama menjadi pusat perhatian. Zeolit juga sering disebut sebagai 'molecular sieve' / 'molecular mesh' (saringan molekuler)karena zeolit memiliki pori-pori berukuran melekuler sehingga mampu memisahkan/menyaring molekul dengan ukuran tertentu. misal zeolit melepas natrium dan digantikan dengan mengikat kalsium atau magnesium.xH2O. atom Silicon digantikan degan atom Aluminium. Zeolit dengan ukuran rongga tertentu digunakan pula sebagai katalis untuk mengubah alkohol menjadi hidrokarbon sehingga alkohol dapat digunakan sebagai bensin. terutama yang diarahkan pada aspek peningkatan efektivitas dan efisiensi proses industri dan pencemaran lingkungan. Sifat ini pula menyebabkan zeolit dimanfaatkan untuk melunakkan air. Di beberapa tempat di jaringan ini.

katalisator dan penukar ion. berupa tetrahedral yang kemudian menjadi unit bangun sekunder polihedral dan membentuk polihendra dan akhirnya unit struktur zeolit. 12H2O Di Indonesia. Sifat Unik Zeolit Karena sifat fisika dan kimia dari zeolit yang unik. 20H2O Na4(Al4Si6O20). 4H2O Ca(Al2Si4O12). karena zeolit Indonesia banyak mengandung campuran (impurities) sehingga perlu dilakukan pengolahan terlebih dahulu untuk menghilangkan atau memisahkannya dari kotoran-kotoran. Sifat-sifat unik tersebut meliputi dehidrasi. 16H2O (Na2. 18H2O Ca4(Al8Si28O72). adsorben dan penyaring molekul. 24H2O Ca(Al8Si16O48). 24H2O Erionit Ferrierit Heulandit Laumonit Mordenit Filipsit Natrolit Wairakit (Na. Pada umumnya struktur kerangka zeolit akan menyusut. 40H2O Klipnoptolotit (Na4K4)(Al8Si40O96).K)10(Al10Si22O64). zeolit oleh para peneliti dijadikan sebagai mineral serba guna. Sumatera. jumlah zeolit sangat melimpah dan tersebar di berbagai daerah baik di pulau Jawa. 24H2O (Na.Ca)6 (Al12Si24O72). 16H2O Na8(Al8Si40O96). Pemanfaatan zeolit Indonesia untuk penggunaan secara langsung belum dapat dilakukan. Zeolit mempunyai sifat dehidrasi (melepaskan molekul H20) apabila dipanaskan. 27H2O (Na2Mg2)(Al6Si30O72). Berikut adalah beberapa contoh jenis mineral zeolit beserta rumus kimianya : Nama Mineral Analsim Kabasit Rumus Kimia Unit Sel Na16(Al16Si32O96). Tetapi kerangka dasarnya tidak mengalami . dan Sulawesi. sehingga dalam dasawarsa ini.primer.Ca5K) (Al9Si27O72).

Pusat-pusat aktif yang bersifat asam ini selanjutnya dapat mengikat molekulmolekul basa secara kimiawi. Meningkatkan nilai efisiensi nitrogen. nitrogen. Kation tersebut dapat bergerak bebas didalam rongga dan dapat dipertukarkan dengan kation logam lain dengan jumlah yang sama. dimungkinkan karena struktur zeolit yang berongga. Pusat-pusat aktif tersebut terbentuk karena adanya gugus fungsi asam tipe Bronsted maupun Lewis. anion atau molekul berukuran lebih kecil atau sama dengan rongga dapat masuk dan terjebak. Disini molekul H2O seolah-olah mempunyai posisi yang spesifik dan dapat dikeluarkan secara reversibel. Pertanian Peternakan Perikanan Energi Industri . kayu lapis. dan kalium pupuk. dan besi tuang. dapat mengurangi kadar nirogen pada kolam ikan. Sebagai katalis pada proses pemecahan hidrokarbon minyak bumi. Sifat zeolit sebagai adsorben dan penyaring molekul. sehingga zeolit mampu menyerap sejumlah besar molekul yang berukuran lebih kecil atau sesuai dengan ukuran rongganya. Pengisi (filler) pada industri kertas. beton. semen. sebagai panel-panel pada pengembangan energi matahari. Berikut adalah beberapa contoh aplikasinya : Bidang/Sektor Aplikasi Penetral keasaman tanah.perubahan secara nyata. Aplikasi Zeolit Seperti telah disinggung diatas. bahwasanya dalam dasawarsa ini. Membersihkan air kolam ikan yang mempunyai sistem resikurlasi air. Perbandingan kedua jenis asam ini tergantung pada proses aktivasi zeolit dan kondisi reaksi. Akibat struktur zeolit berongga. Kemampuan zeolit sebagai katalis berkaitan dengan tersedianya pusat-pusat aktif dalam saluran antar zeolit. zeolt telah dimanfaatkan secara luas oleh masyarakat. meningkatkan aerasi tanah. sumber mineral pendukung pada pupuk dan tanah. Sedangkan sifat zeolit sebagai penukar ion karena adanya kation logam alkali dan alkali tanah. dan penyerap gas freon. dapat mereduksi penyakit lembuhg pada hewan ruminensia. adsorben dalam industri tekstil dan minyak sawit. Selain itu kristal zeolit yang telah terdehidrasi merupakan adsorben yang selektif dan mempunyai efektivitas adsorpsi yang tinggi. pengontrol kelembaban kotoran hewan dan kandungan amonia kotoran hewan. bahan baku pembuatan keramik. besi baja. serta sebagai pengontrol yang efektif dalam pembebasan ion amonium.

Asap cair dilewatkan pada empat macam kolom yang berisi modifikasi zeolit yaitu zeolit klorida. 1997.Daftar Pustaka         Bambang Setiaji. 11.Sari : Telah dilakukan pemanfaatan zeolit untuk adsorpsi benzopiren yang merupakan senyawa racun pada asap cair. Lampung. kemudian zeolit klorida (49 persen). Sekilas tentang Zeolit.id 4 des 12 Pemanfaatan zeolit untuk adsorpsi benzopiren sebagai senyawa racun dalam asap cair. 1999.go.lipi. Pemanfaatan Zeolit untuk Adsorpsi Benzopiren sebagai Senyawa Racun dalam Asap Cair. Skripsi Kimia Univ.pdii.Adsorbents. No. Pusat Pengembangan Teknologi Mineral. pengurangan konsentrasi benzopiren diperhitungkan dari absorbansi spektrofotometri. Bandung Susanto dan Suharso. Skripsi Kimia Univ. Diktat Kuliah.Waste treatment. Bandar Lampung Sujarwadi. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada MasyarakatKode Panggil : 605 Maj iTahun Terbit Artikel: 2000Volume : 11No : 4Halaman : 149-154Kata Kunci : . 1996. 2000. Majalah Iptek Vo. Sebelum dan sesudah dilewatkan zeolit sampel asap cair dianalisis dengan kromatografi gas. November 2000. sebagai kontrolnya dipakai zeolit alam. Muhammad Rif’an. Rudy Situmeang. Beberapa macam modifikasi zeolit menunjukkan bahwa zeolit aktif dapat mengadsorpsi benzopiren paling besar (79 persen). Kimia Katalis. Bandar Lampung Supriyantomo. Zeolit. Zeolit sebgai Alternatif Industri Komoditi Mineral Indonesia. 1994.Abstrak : NULLData Lengkap : NULLTelah dilihat sebanyak : 46 kali . Penggunaan Zeolit Lampung yang Diimpregnasi dengan Katalis untuk Reaksi Oksidasi Asam Maleat. 2005. Lampung.Pengarang : Setiaji. Bandar Lampung http://isjd. Pengaruh Pengaktifan Zeolit Lampung dengan Asam Sulfat sebagai Adsorben Ion Amonium. zeolit amonium. Kristal Ajaib dari Gunung Berapi.Liquid smoke. Bandar Lampung Najib I. zeolit aktif dan zeolit flourida. XXXV. Jurnal Univ.Benzopyrene. sedangkan zeolit alam tanpa perlakuan hanya menunjukkan penurunan sebesar 26 persen.Toxic substances. Asap cair diambil dari asap pembuatan tempurung kelapa yang dicairkan melalui kolom pendingin. 2006. zeolit flurida (44 persen) dan zeolit amonium (39 persen). Majalah ACID Edisi III/Tahun V/Mei 2005. Hasil penelitian menunjukkan bahwa zeolit dapat menyerap beberapa komponen yang terkandung dalam asap cair.Zeolites. 4. BambangSumber : Majalah iptekPenerbit : Institut Teknologi Sepuluh Nopember. 1989. Bandar Lampung Prayitno. Lampung. BPPT No. KB. terutama benzo[a]piren yang dapat teradopsi cukup besar. Pemisahan Ion-ion Besi dalam Air dengan Zeolit Alam yang Diaktifasi.