You are on page 1of 12

Laporan Praktikum potensiometer

Nama NPM Program Studi Jurusan

: Lizza Mudiatie : 1051100102 : Instrumentasi : Teknik Telekomunikasi

Politeknik Tugu Jakarta
Jl. M.Kahfi II no 48 Lenteng Agung - Jakarta Selatan Telp 021 78893055/56 Fax 021 78893057 email : info[at]poltektugu.info

4. potensiometer berperan sebagai resistor variabel atau Rheostat. Unsur resistif. dengan terminal pada salah satu ataupun kedua ujungnya. 1. 7.POTENSIOMETER TEORI Potensiometer adalah resistor tiga terminal dengan sambungan geser yang membentuk pembagi tegangan dapat disetel. 5. 2. Fungsi trimpot adalah sama dengan potensiometer yaitu untuk mengatur besar-kecilnya tahanan atau sebagai penghambat yang bisa diatur. sehingga potensiometer membuka sakelar saat penyapu berada pada posisi terendah. Potensiometer yang digunakan sebagai pengendali volume kadang-kadang dilengkapi dengan sakelar yang terintegrasi. ada tipe yang lainnya yaitu trimpot. sebuah peredup lampu menggunakan potensiometer untuk menendalikan pensakelaran sebuah triac jadi secara tidak langsung mengendalikan kecerahan lampu. Konstruksi potensiometer Sebuah potensiometer biasanya dibuat dari sebuah unsur resistif semi-lingkar dengan sambungan geser (penyapu). Potensiometer digunakan untuk menyetel taraf isyarat analog (misalnya pengendali suara pada peranti audio). 9. memiliki 3 kaki dengan poros tengah yang dapat diputar. Trimpot memiliki bentuk yang lebih kecil daripada potensio. dan sebagai pengendali masukan untuk sirkuit elektronik. Sebagai contoh. Potensiometer merupakan salah satu jenis resistor variabel. Potensiometer biasanya digunakan untuk mengendalikan peranti elektronik seperti pengendali suara pada penguat. Elemen resistif Badan Penyapu (wiper) Sumbu Sambungan tetap #1 Sambungan penyapu Cincin Baut Sambungan tetap #2]] Potensiometer jarang digunakan untuk mengendalikan daya tinggi (lebih dari 1 Watt) secara langsung. 8. 6. . misalnya sebagai sensor joystick. Potensiometer yang dioperasikan oleh suatu mekanisme dapat digunakan sebagai transduser. 3. Jika hanya dua terminal yang digunakan (salah satu terminal tetap dan terminal geser).

Potensiometer tersedia dengan relasi linier ataupun logaritmik antara posisi penyapu dan resistansi yang dihasilkan (hukum potensiometer atau "taper"). Untuk potensiometer putaran tunggal. plastik partikel karbon dan campuran keramik-logam yang disebut cermet.berbentuk datar atau menyudut. Pengetrim pasang PCB atau "trimpot". Disamping grafit. terminal penyapu biasanya terletak di tengah-tengah kedua terminal unsur resistif. Karena terdapat bukaan yang cukup besar untuk penyapu dan kenob. Potensiometer "putaran ganda" juga ada. sedangkan penyapu digerakkan melalui gir cacing. elemen resistifnya mungkin berupa pilinan dan penyapu mungkin bergerak 10. dan biasanya dibuat dari grafit. Potensiometer jenis ini sering digunakan pada peranti penyetel grafik. Jalur dibuat dengan melakukan cetak permukaan papua pada substrat fenolik dan memanggangnya pada oven. pelarut. 20. atau lebih banyak putaran untuk menyelesaikan siklus. potensiometer putaran ganda murah biasanya dibuat dari unsur resistif konvensional yang sama dengan resistor putaran tunggal. bahan yang digunakan untuk membuat unsur resistif adalah kawat resistansi. sebuah kendali geser digunakan sebagai ganti kendali putar. Walaupun begitu. penyapu biasanya bergerak kurang dari satu putaran penuh sepanjang kontak. Penyapu disambungkan ke terminal lain. seperti ekualizer grafik. Pada potensiometer panel. walaupun begitu bahan lain mungkin juga digunakan sebagai gantinya. pelumas dan karbon. bukan jalur semi-lingkar seperti pada potensiometer putar. Proses pemanggangan menghilangkan seluruh pelarut dan memungkinkan pasta untuk menjadi polimer padat. Unsur resistifnya adalah sebuah jalur persegi. Proses ini menghasilkan jalur tahan lama dengan resistansi yang stabil sepanjang operasi. Pada potensiometer geser linier. potensiometer ini memiliki reliabilitas yang lebih rendah jika digunakan pada lingkungan yang buruk. Pembuat potensiometer jalur konduktif menggunakan pasta resistor polimer konduktif yang mengandung resin dan polimer. ditujukan untuk pengaturan yang jarang dilakukan .

Potensiometer linier Potensiometer linier mempunyap unsur resistif dengan penampang konstan. Sebagian besar potensiometer log (terutama yang murah) sebenarnya tidak benar-benar logaritmik. Biasanya . Potensiometer yang benar-benar logaritmik relatif sangat mahal. Sebuah rheostat adalah resistor variabel dua terminal dan seringkali didesain untuk menangani arus dan tegangan yang tinggi. Potensiometer linier digunakan jika relasi proporsional diinginkan antara putaran sumbu dengan rasio pembagian dari potensiometer. Potensiometer jenis apapun dapat digunakan juga sebagai rheostat Rheostat Cara paling umum untuk mengubah-ubah resistansi dalam sebuah sirkuit adalah dengan menggunakan resistor variabel atau rheostat. misalnya pengendali yang digunakan untuk menyetel titik pusat layar osiloskop. menghasilkan peranti dengan resistansi antara penyapu dengan salah satu terminal proporsional dengan jarak antara keduanya. terutama sebagai pengendali volume. tetapi menggunakan dua jalur resistif linier untuk meniru hukum logaritma.. Potensiometer log juga dapat dibuat dengan menggunakan potensiometer linier dan resistor eksternal. Potensiometer lilitan kawat daya tinggi. Ini memberikan peranti yang resistansinya merupakan fungsi logaritmik terhadap sudut poros potensiometer. Potensiometer logaritmik sering digunakan pada peranti audio. Potensiometer logaritmik Potensiometer logaritmik mempunyai unsur resistif yang semakin menyempit atau dibuat dari bahan yang memiliki resistivitas bervariasi.

dengan terminal pada satu atau kedua ujungnya. Fungsi dan Penggunaan Potensiometer Pertama kali Potensiometer terbuat dari sebuah bahan slide-kawat yang diciptakan oleh Johann Christian Poggendorff (17961877) pada tahun 1841.Leeds dan Northrup Jenis model K adalah sepotong standar aparat di perguruan tinggi paling dan listrik universitas pengukuran laboratorium untuk paruh pertama abad ke-20.rheostat dibuat dari kawat resistif yang dililitkan untuk membentuk koil toroid dengan penyapu yang bergerak pada bagian atas toroid. Potensiometer digital Potensiometer digital adalah sebuah komponen elektronik yang meniru fungsi dari potensiometer analog untuk diterapkan pada isyarat digital. wiper ini biasanya perjalanan . Potensiometer merupakan salah satu jenis resistor variabel. Elemen resistif. yang datar atau miring. menyentuh koil dari satu lilitan ke lilitan selanjutnya. ada tipe yang lainnya yaitu trimpot. misalnya.sedangkan Pada potensiometer panel. Fungsi trimpot adalah sama dengan potensiometer yaitu untuk mengatur besar-kecilnya tahanan atau sebagai penghambat yang bisa diatur. dan salah satu kontak geser (wiper) bepergian atas busur itu. Jika hanya dua terminal yang digunakan (satu sisi dan wiper). itulah sekilas tentang potensiometer dan apa itu resistor variabel. Adapun pengertian secara umum potensiometer bisa didefinisikan sebagai sebuah resistor tiga terminal dengan kontak geser yang membentuk pembagi tegangan yang diatur. Potensiometer tiga terminal dapat digunakan sebagai resistor variabel dua terminal dengan tidak menggunakan terminal ketiga. dan umumnya terbuat dari grafit. Seringkali terminal ketiga yang tidak digunakan disambungkan dengan terminal penyapu untuk mengurangi fluktuasi resistansi yang disebabkan oleh kotoran. bertindak sebagai variabel resistor atau rheostat. meskipun bahan lain dapat digunakan tetapi wiper ini terhubung melalui kontak lain yang menggeser ke terminal lain. wiper biasanya mempunyai terminal pusat tiga. Potensiometer dioperasikan oleh mekanisme yang dapat digunakan sebagai transduser posisi. memiliki 3 kaki dengan poros tengah yang dapat diputar. Untuk potensiometer tunggal-turn. Trimpot memiliki bentuk yang lebih kecil daripada potensio. Nah. dalam joystick. Di lain kesempatan kita akan membahas lebih banyak lagi hal-hal yang berkaitan dengan komponen elektronika. Potensiometer biasanya digunakan untuk mengontrol perangkat listrik seperti kontrol volume pada peralatan audio. Dalam kontruksi Potensiometer yaitu dibangun dengan melawan elemen yang dibentuk menjadi sebuah busur lingkaran.

Trimpot memiliki bentuk yang lebih kecil daripada potensio. Potensiometer merupakan salah satu jenis resistor variabel. pengaturan dari 5 suara setengah keras sebagai pengaturan 10. Adapun fungsi potensiometer sebagai kontrol nada atau equalizer dalam penggunaan kombinasi dan jaringan filter. Selain itu grafit. atau lebih revolusi lengkap. ada tipe yang lainnya yaitu trimpot. Fungsi trimpot adalah sama dengan potensiometer yaitu untuk mengatur besar-kecilnya tahanan atau sebagai penghambat yang bisa diatur. Memastikan bahwa. bahan yang digunakan untuk membuat elemen resistif termasuk kawat penghambat. Namun mereka tetap dalam banyak aplikasi.hanya di bawah satu revolusi di sekitar kontak yaitu "Multiturn" potensiometer juga ada. seperti kontrol volume dan sebagai sensor posisi salah satu aplikasi yang penggunaanya paling umum untuk potensiometer rendah daya modern adalah sebagai alat kontrol audio. di mana ia juga disebut "lancip pot audio". dengan adanya kontrol digital yang sekarang lebih umum digunakan. dalam kontrol keseimbangan audio. meskipun potentimeters multiturn biasanya dibangun dari elemen dapat melawan konvensional menyeka melalui roda gigi cacing. dimana elemen resistor mungkin heliks dan wiper dapat bergerak 10. 20. pada kontrol volume ditandai 0 hingga 10. redaman frekuensi dan karakteristik lain dari sinyal audio dalam audio control. Penggunaan alat bantu potensiometer banyak digunakan sebagai kontrol pengguna. memiliki 3 kaki dengan poros tengah yang dapat diputar. The 'pot log' potensiometer juga digunakan sebagai kontrol volume di amplifier audio. Ada juga sebuah pot anti-log atau lancip audio sebaliknya yang hanya kebalikan dari potensiometer logaritmik. Hal ini hampir selalu digunakan dalam konfigurasi mengeroyok dengan potensiometer logaritmik. Kedua potensiometer linier (juga dikenal sebagai "fader") dan potensiometer putar (biasanya disebut tombol-tombol) secara teratur digunakan untuk mengatur kenyaringan. misalnya. dan campuran / keramik logam yang disebut cermet. karena respon amplitudo dari telinga manusia juga logaritma. misalnya. sebelumnya untuk televisi dipergunakan untuk mengontrol . dan dapat mengontrol berbagai fungsi yang sangat luas peralatannya. tetapi meluasnya dalam penggunaan potensiometer pada barang elektronik konsumen telah menurun pada 1990-an. partikel karbon dalam plastik.

Sebuah potensiometer sering digunakan untuk mengatur "menahan vertikal". untuk komputasi Dalam komputer analog. Sebuah potensiometer bermotor dapat digunakan sebagai generator fungsi. dan sering digunakan untuk Mengatur menahan vertikal yang mempengaruhi sinkronisasi antara menyapu sirkuit internal penerima (kadang-kadang multivibrator ) dan sinyal gambar yang diterima. dan respon warna. dan rasio pembagian tegangan dapat dibuat sebanding dengan cosinus sudut. atau untuk mengatur kondisi awal untuk perhitungan. kontras. Sebagai contoh. rheostat adalah resistor variabel dua-terminal. yang mempengaruhi sinkronisasi antara menyapu sirkuit internal penerima (kadang-kadang multivibrator Sinyal dan Gambar yang Diterima Potensiometer juga sangat banyak digunakan sebagai bagian dari transduser perpindahan karena kesederhanaan konstruksi dan karena mereka dapat memberikan sinyal keluaran yang besar. Seringkali ini dirancang untuk menangani lebih tinggi tegangan dan arus. Biasanya ini dibangun sebagai resistif kawat dibungkus untuk membentuk kumparan toroida dengan wiper yang bergerak di atas permukaan atas toroida.kecerahan gambar. atau untuk mengatur kondisi awal untuk perhitungan. Sebagai contoh. putaran poros mungkin mewakili sudut. Sedangkan dalam komputer (komputasi) analog menggunakan jenis-jenis potensiometer presisi tinggi yang berfungsi untuk skala hasil antara oleh faktor konstan yang diinginkan. Pada potensiometer ini tidak melakukan pengkalibrasian tetapi dengan menggunakan salah satu jenis potensiometer presisi tinggi untuk mengtehui hasil skala antara faktor komstan yang diinginkan atau untuk mengatur kondisi awal untuk perhitungan. menggunakan kartu perlawanan non-linear untuk memasok aproksimasi untuk fungsi trigonometri. potensiometer presisi tinggi digunakan untuk skala hasil antara oleh faktor konstan yang diinginkan. Dalam televisi elemen potensiometer banyak sekali digunakan seperti untuk mengatur kecerahan gambar kontras dan respon warna. putaran poros mungkin mewakili sudut. menggunakan kartu perlawanan non-linear untuk memasok aproksimasi untuk fungsi trigonometri. Cara yang paling umum bervariasi hambatan dalam sebuah rangkaian adalah dengan menggunakan resistor variabel atau sebuah rheostat sejenis potensiometer. dan rasio pembagian tegangan dapat dibuat sebanding dengan cosinus sudut. Kadang-kadang rheostat dibuat dari kawat resistensi luka pada silinder panastahan dengan slider dibuat dari jumlah jari logam yang ringan pegangan ke sebagian kecil . Sebuah potensiometer bermotor dapat digunakan sebagai generator fungsi. sliding dari satu putaran kawat ke depan.

potensiometer jenis ini memiliki potensi yang lebih besar untuk mendapatkan terkontaminasi. .Potensiometer dapat diperoleh dengan baik hubungan linier atau logaritmik antara posisi slider dan ketahanan (potensiometer hukum atau "kemiringan"). Potensiometer Ini adalah multiturn potensiometer dioperasikan oleh reel yang terpasang kawat berbalik melawan pegas. tidak setengah lingkaran seperti pada potensiometer putar. Kehidupan pelayanan jenis potensiometer biasanya 1-2000000 siklus tergantung pada bahan yang digunakan selama manufaktur dan metode aktuasi. dan Kapton. material dan proses manufaktur. . Banyak variasi bahan yang berbeda tersedia seperti PET (foil).potensiometer membran.0mm dengan resolusi secara teoritis tak terbatas. Praktek ini umum untuk menghubungkan terminal wiper ke ujung yang tidak terpakai dari trek perlawanan untuk mengurangi jumlah variasi resistensi yang disebabkan oleh kotoran di trek.Potensiometer putar yang sering disebut potensiometer String. Mereka biasanya digunakan sebagai variabel resistor pembagi potensial daripada variabel.5mm. tetapi definisi surat kode bervariasi dari waktu ke waktu dan antara produsen.1mm dan 1. Linearitas dapat berkisar dari 0. "B" lancip. dalam potensiometer membran ini menggunakan membran konduktif yang cacat dengan elemen geser ke kontak resistor pembagi tegangan. berputar. Sebuah kode huruf ("A" lancip.5% sampai 5% tergantung pada desain. . dengan masingmasing memiliki ketinggian 0. Karena slot pembukaan besar atau wiper. manuafacturers potensiometer Membran menawarkan variasi linier. Hal ini digunakan sebagai transduser posisi.Potensiometer tiga terminal alat ini dapat digunakan sebagai variabel resistor dua terminal dengan tidak menghubungkan ke terminal ketiga. Dan Elemen resistifnya strip persegi panjang. contact dan contactless (magnetik) metode yang tersedia. Membran potensiometer dapat digunakan untuk posisi penginderaan. dll) dapat digunakan untuk mengidentifikasi meruncing dimaksudkan. FR4.ternyata kawat perlawanan. The "jari" dapat dipindahkan sepanjang kumparan kawat resistensi oleh tombol geser sehingga mengubah "menekan" titik. Jenis – Jenis Potensiometer .Potensiometer linier slider. Keakuratannya biasanya antara 0. Versi linear dapat berkisar dari 9mm untuk 1000mm panjang dan versi putar berkisar dari 0 ° sampai 360 ° (multi-turn). potensiometer ini sebagai mengatur fungsi kontrol didalam sebuah elektronik bukan kontrol dial yang terdapat pada komponen alat potensiometer. dan aplikasi-spesifik. .

Sebaliknya mereka digunakan untuk mengatur tingkat sinyal analog (misalnya kontrol volume pada peralatan audio). Potensiometer jarang digunakan untuk mengendalikan secara langsung kekuatan yang signifikan (lebih dari watt a). . dan sebagai masukan kontrol untuk sirkuit elektronik. Ada. sementara resistor variabel memiliki ketahanan maksimum di mana beberapa saat ini selalu akan mengalir. Sebagai contoh sebuah lampu dimmer yang menggunakan potensiometer untuk mengontrol switching dari TRIAC dan sehingga secara tidak langsung mengontrol kecerahan lampu. tergantung pada beban. Kelebihan dan Kekurangan Potensiometer Salah satu keuntungan penggunaan dari pembagi potensial potensiometer. tahanan beban sering tidak dikenal dan karena itu hanya menempatkan resistor variabel secara seri dengan beban bisa memiliki efek yang dapat diabaikan atau efek yang berlebihan. perlawanan antara dua terminal dapat disesuaikan. karena kekuasaan merisau di potensiometer akan sebanding dengan kekuatan dalam beban dikendalikan. Melalui sinyal input digital. pembagi dapat bervariasi tegangan output dari maksimum (VS) ke ground (nol volt) sebagai wiper bergerak dari satu ujung potensiometer yang lain. dengan membandingkan dengan resistor variabel secara seri dengan sumber adalah bahwa. seperti dalam sebuah potensiometer analog.Potensiometer digital pada komponen elektronik ini merupakan alat yang meniru fungsi potensiometer analog. selalu sedikit resistansi kontak. bagaimanapun.Selain itu..

Power Supply 12 V 4. 98 5. 99 5.Percobaan Termokopel TUJUAN Mengerti mengenai cara kerja potensiometer. Multimeter digital CARA KERJA 1. Resistor 5K Ὠ 3. 3. HASIL PENGAMATAN JARAK TEGANGAN 0 2 4 6 8 10 -6 5. fungsi dan kegunaanya potensiometer. 2. 4. Lakukan terus menerus hingga sampai pada 2 mm. Geser 1 mm ruas dan catat tegangan pada multimeter digital. Ambil multimeter digital lalu ukur dibagian tepi bawah sensor pergeseran. 15 4. ALAT & BAHAN 1. 64 . 66 5. Potensia Geser 2. Buat rangkaian potensiometer.

00 5. 10 2. 24 3. 99 0. 14 1. 94 .12 14 16 18 20 22 24 26 28 30 32 34 36 38 40 42 44 46 48 50 4. 66 2. 11 3. 48 5. 58 1. 84 4. 79 3. 52 0. 51 5. 09 1. 56 2. 14 2. 55 3. 43 0 0.

.KESIMPULAN Setelah saya melakukan percobaan potensiometer ini saya jadi mengerti bagai mana kegunaanya. cara memakainya. hingga kekurangan dan kelebihannya potensiometer tersebut dan juga saya jadi lebih mengerti untuk pemanfaatannya potensiometer itu sendiri.