SAP INSULIN

OLEH : SITI DWI WIDAYANTI

PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN STIKes WIDYA CIPTA HUSADA MALANG 2012

Mengetahui lokasi penyuntikan f. Mengetahui jenis-jenis insulin c. Kegiatan Penyuluhan Tahap Pendah uluan Waktu 5 menit Kegiatan penyuluh 1. memperhatikan. b) Tujuan Khusus Setelah dilakukan penyuluhan. 20 November 2012 : 30 menit : Mahasiswa PSIK. Perkenalan 3. Salam 2. klien dan keluarga mampu : a. Mengetahui jenis alat suntik insulin d. Menjelaskan Kegiatan Peserta Mendengarkan. klien dan keluarga mampu memahami tentang penggunaan insulin secara mandiri khususnya setelah pulang dari Rumah Sakit Salsabila. Mengerti pengertian dan manfaat insulin b.STIkes WIDYA CIPTA HUSADA 1. Mengetahui cara penyuntikan insulin g. Ruang Melati : Sabtu. Memahami indikasi dan kontraindikasi dari pemberian insulin 2. Menghitung jumlah cairan obat yang akan di suntikan e. Tujuan a) Tujuan Umum Setelah dilakukan penyuluhan selama 30 menit.SATUAN ACARA PENYULUHAN Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan Sasaran Tempat Hari / tanggal Alokasi Waktu Penyaji : Insulin : Penggunaan Insulin : bapak dan ibu-ibu pasien DM : Rumah Sakit Salsabila. flipcart Tanya leaflet Metode Media menjawab jawab . dan Ceramah .

jawab flipcart Tanya leaflet . Jumlah cairan obat yang e. Pengertian dan manfaat insulin b. Lokasi penyuntikan f. Jenis-jenis insulin c. Indikasi dan kontraindika si insulin 2. Memberikan Menjawab Tanya pasien dari pemberian akan Bertanya penyuluh pada di suntikan alat Mendengarkan dan memperhatikan Ceramah . Menjelaskan tentang : a. Cara penyuntikan insulin g. Menanyakan perasaan Penyaji an 20 menit 1. Memberikan kesempatan pada untuk bertanya Penutu 5 menit 1.tujuan kegiatan salam penyuluh 4. Jenis suntik insulin d.

Penyaji Audiens . Membacakan kesimpulan 3. Seting Tempat Letter I dengan penyaji di depan audience penyuluhan. Salam 3.p umpan dengan balik pertanyaan jawab memberikan pertanyaan pada pasien 2.

Garis Besar Materi a. Alih Bahasa: nike Budhi Subekti –Jakarta:EGC. Evaluasi Memberikan pertanyaan pada bapak dan ibu pasien DM yaitu : a. Mengetahui lokasi penyuntikan f. Elizabet HJ.Buku Saku: Pathofisiologi. Mengetahui lokasi penyuntikan f.Corwin. Mary Baradero.MSN. Mengerti pengertian dan manfaat insulin b. c.2009. Mengetahui jenis alat suntik insulin d.MN.Klien Keperawatan.MAN. Menghitung jumlah cairan obat yang akan di suntikan e. b. Mengetahui jenis-jenis insulin c. Mengerti pengertian dan manfaat insulin b.Jakarta:EGC. Sistem Endokrin: & Seri Yakobus Asuhan Siswadi. Memahami indikasi dan kontraindikasi dari pemberian insulin 6.Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama Jl. Menghitung jumlah cairan obat yang akan di suntikan e. Mengetahui jenis alat suntik insulin d. Memahami indikasi dan kontraindikasi dari pemberian insulin 5.SPC.Palmerah Barat 33-37.IKAPI:Jakarta 7. Mengetahui cara penyuntikan insulin g.Panduan Lengkap Mengenal dan Mengatasi Diabetes Dengan Cepat dan Mudah.4. Mengetahui jenis-jenis insulin c. Daftar Pustaka a. Mary Wilfrit. Lampiran Materi Gangguan .2007. 2009. Mengetahui cara penyuntikan insulin g. Hans Tandra.SPC.

PENGERTIAN Insulin adalah hormon yang mengendalikan gula darah pada pasien Diabetes Melitus (Kencing Manis). B. JENIS-JENIS INSULIN Jenis-jenis insulin berdasarkan waktu pemberian dan cara kerjanya : 1. Short acting 2. Insulin dapat membatu perbaikan inflamasi (pembengkakan) C. Insulin dapat memperbaiki status metabolik dengan cepat 2. Syringe (dengan menggunakan suntikan)tersedia 40. LOKASI PENYUNTIKAN 1. JENIS ALAT SUNTIK 1. MANFAAT 1. Pen insulin (dapat diisi ulang) 3. DOSIS INSULIN Kadar gula darah < 200 mg/dl 200-250 mg/dl 250-300 mg/dl 300-350 mg/dl >350 mg/dl F. Bagian perut 2. Long acting D. Paha atas 5-8 unit 10-12 unit 15-16 unit 20 unit 20-24 unit Dosis . Intermediate acting 3. 80.INSULIN A. Lengan 3. 100 unit 2. Pompa insulin (insulin pump) E. Insulin dapat memperbaiki kadar gula darah 3.

Lipoatrofi yaitu terjadinya lekukan dibawah kulit tempat suntikan akibat penyusutan jaringan lemak f. Bokong G. DM tipe 2 jika terapi diet dan obat oral tidak dapat mengendalikan kadar gula darah c. 7. DM disertai gangguan fungsi hati dan ginjal 2. Usaplah tutup vial insulin dengan kapas alkohol. 3. Gulung-gulung vial insulin dengan kedua telapak tangan. Bersihkan kedua tangan dan daerah yang akan disuntik dengan kapas bersih dan steril yang dibasahi cairan alkohol 70% 2. 5. diperlukan terutama bila akan mencampur insulin. INDIKASI DAN KONTRAINDIKASI 1. Indikasi a.4. Bila ada ketuk-ketuk alat suntik dengan posisi tegak. DM tipe 1 b. kegiatan jasmani dan jumlah insulin e. Pada pasien kurus kulit dijepit dan insulin disuntikan dengan sudut 450 agar tidak mengenai otot. Lipohipertrofi yaitu pengumpulan jaringan lemak dibawah kulit tempat suntikan. Priksa alat suntik apakah ada gelembung udara. H. Lakukan penyuntikan pada jaringan bawah kulit (subkutan) dengan sudut 900. Tujuanya untuk melarutkan kembali larutan (jangan dikocok). Kontra indikasi d. Hipoglikemia (kadar gula darah rendah) bila tidak sesuai antara diet. Bila mencampur insulin kerja cepat maka kerja cepat harus diambil terlebih dahulu 6. DM gestasional pada ibu hamil bila diet saja tidak cukup mengontrol kadar gula darah d. CARA PENYUNTIKAN 1. Ambil udara sejumlah insulin yang akan diambil lalu suntikan ke vial untuk mencegah ruang kosong dalam vial. . 4.

penggunaan antiseptik h. Resistensi insulin .g. Alergi mudah terjadi bila pembersihan kurang baik.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful