Konsep Kebutuhan Dasar Manusia Kebutuhan dasar manusia merupakan unsur-unsur yang dibutuhkan oleh manusia dalam

mempertahankan keseimbangan fisiologis maupun psikologis, yang tentunya bertujuan untuk mempertahankan kehidupan dan kesehatan. Kebutuhan dasar manusia menurut Abraham Maslow dalam Teori Hierarki.
Kebutuhan menyatakan bahwa setiap manusia memiliki lima kebutuhan dasar yaitu kebutuhan fisiologis, keamanan, cinta, harga diri, dan aktualisasi diri (Potter dan Patricia, 1997). Ciri Kebutuhan Dasar Manusia Manusia memiliki kebutuhan dasar yang bersifat heterogen. Setiap orang pada dasarnya memiliki kebutuhan yang sama, akan tetapi karena budaya, maka kebutuhan tersebutpun ikut berbeda. Dalam memenuhi kebutuhan manusia menyesuaikan diri dengan prioritas yang ada. Lalu jika gagal memenuhi kebutuhannya, manusia akan berpikir lebih keras dan bergera untuk berusaha mendapatkannya. Faktor yang Memengaruhi Kebutuhan Dasar Manusia Kebutuhan dasar manusia dipengaruhi oleh berbagai faktor berikut : 1. Penyakit. Adanya penyakit dalam tubuh dapat menyebabkan perubahan pemenuhan pemenuhan kebutuhan, baik secara fisiologis maupun psikologis, karena beberapa fungsi organ tubuh memerlukan pemenuhan besar dari biasanya. 2. Hubungan Keluarga. Hubungan keluarga yang baik dapat meningkatan pemenuhan kebutuhan dasar karena adanya saling percaya, merasakan kesenangan hidup, tidak ada rasa curiga, dan lain-lain. 3. Konsep Diri. Konsep diri manusia memiliki peran dalam pemenuhan kebutuhan dasar. Konsep diri yang positif memberikan makna dan keutuhan (wholeness) bagi seseorang. Konsep diri yang sehat menghasilkan perasaan positif terhadap diri. Orang yang merasa positif tentang dirinya akan mudah berubah, mudah mengenali kebutuhan dan mengembangkan cara hidup yang sehat, sehingga mudah memenuhi kebutuhan. 4. Tahap Perkembangan. Sejalan dengan meningkatnya usia manusia mengalami perkembangan. Setiap tahap perkembangan tersebut memiliki kebutuhan yang berbeda, baik kebutuhan biologis, psikologis, sosial maupun spiritual, mengingat berbagai fungsi organ tubuh mengalami proses kematangan dengan aktivitas yang berbeda untuk setiap tahap perkembangan. Kebutuhan Dasar Manusia Menurut Abraham Maslow Abraham Maslow membagi kebutuhan dasar manusia ke dalam lima tingkat berikut: 1. Kebutuhan fisiologis merupakan kebutuhan paling dasar, antara lain pemenuhan oksigen dan pertukaran gas, kebutuhan cairan (minuman), nutrisi (makanan), eliminasi, istirahat dan tidur, aktivitas, keseimbangan suhu tubuh, dan seksual. 2. Kebutuhan rasa aman dan perlindungan dibagi menjadi perlindungan fisik dan perlindungan psikologis. a. Perlindungan fisik meliputi perlindungan atas ancaman terhadap tubuh atau hidup seperti penyakit, kecelakaan, bahaya dari lingkungan dan sebagainya. b. Perlindungan psikologis, yaitu perlindungan atas ancaman dari pengalaman yang baru dan asing. Misalnya, kekhawatiran yang dialami seseorang ketika masuk sekolah pertama kali, karena merasa terancam oleh keharusan untuk berinteraksi dengan orang lain dan sebagainya

.3. yaitu kebutuhan untuk memiliki dan dimiliki. berupa kebutuhan untuk berkontribusi pada orang lain/lingkungan serta mencapai potensi diri sepenuhnya. orang juga memerlukan pengakuan dari orang lain. mendapat tempat dalam keluarga. dan sebagainya. Kebutuhan akan harga diri maupun perasaan dihargai oleh orang lain. 4. Kebutuhan rasa cinta. kehangatan. persahabatan. Selain itu. 5. antara lain memberi dan menerima kasih sayang. dengan keinginan untuk mendapatkan kekuatan. kelompok sosial. Kebutuhan ini terkait. rasa percaya diri dan kemerdekaan diri. Kebutuhan aktualiasasi diri merupakan kebutuhan tertinggi dalam hierarki Maslow. meraih prestasi.

cairan. f. diterima dalam kelompok. tempat tinggal baru. Kebutuhan cairan (minuman) (H2O): Air sebagai bahan pelarut reaksi kimia dalam tubuh. hubungan dengan orang lain. Kebutuhan akan cinta adalah sangat mendasar karena sangat menonjol dalam kehidupan. dan gas dapat dikeluarkan dan sisa metabolisme didetoksifikasi atau dikeluarkan. Kebutuhan ini misalnya memberi dan menerima kasih sayang. Pada bayi proporsi air lebih besar dari pada orang dewasa. Kebutuhan oksigen (O2) : Manusia tdk dpt hidup tanpa cukup oksigen. Stimulus dapat dihubungkan dg emosi & proses pikir yang mempengaruhi seseorang untuk melakukan suatu kegiatan/aktivitas. Kebutuhan rasa cinta serta rasa memiliki dan dimiliki Mencintai sesama manusia mrpk unsur penting yang harus dipunyai oleh setiap individu. Kebutuhan pengaturan suhu tubuh yang normal : Suhu tubuh yang konstan diperlukan agar sel-sel tubuh dapat berfungsi dengan baik dan aktif. dan tidak dapat beraktivitas dengan baik. c. h. tubuh akan menggunakan sumber-sumber dari tubuh sendiri. dalam waktu 4-5 menit tanpa O2 akan menyebabkan kerusakan otak. g. memiliki sahabat. b. seperti : a. d. Perlindungan fisik : perlindungan terhadap ancaman tubuh atau hidup. kecelakaan. Perlindungan psikologis : perlindungan atas ancaman dari pengalaman yang baru. karena itu efek dehidrasi pada bayi lebih cepat. maka daya pikir dan konsentrasi akan menurun sehingga seseorang akan cepat marah. Beberapa ciri dari cinta : * Cinta tidak hanya sebagai perasaan yg diungkapkan tetapi merupakan serangkaian tindakan sbg ungkapan thd orang lain. Kebutuhan istirahat dan tidur : Manusia tanpa tidur yang cukup. e. mendapatkan kehangatan keluarga. yg dapat berupa penyakit. * Cinta tidak menuntut balasan & tidak tawar menawar * Cinta adalah pendorong & selalu ada saat orang lain membutuhkan . Kebutuhan stimulus/rangsangan : Kebutuhan ini berasal dari fikiran atau dorongan seseorang untuk melakukan kegiatan kearah tujuan. Rasa nyeri/sakit akan mengganggu beberapa kebutuhan dasar lainnya. ancaman mekanik. misal : lingkungan baru. Kebutuhan nutrisi (makanan): Bila makanan yang diperlukan tidak diperoleh. Kebutuhan keselamatan dan keamanan Pemenuhan kebutuhan ini baik secara fisik maupun psikologis. bakteriologis serta bahaya dari lingkungan. awal sekolah. sehingga keadaan gizi dalam tubuh menurun. Kebutuhan bebas dari rasa nyeri/ kenyamanan : Kebutuhan antara orang yang satu dengan yang lain berbeda-beda.Abraham Maslow menjelaskan Konsep Kebutuhan Dasar Manusia sebagai berikut: Materi-materi ini dari semester 1 -2 akper Manokwari Kebutuhan fisiologis/biologis Merupakan kebutuhan paling dasar. Umumnya orang dewasa dapat menjaga keamanannya sendiri. dsb. Kebutuhan eliminasi : Tubuh seseorang dapat berfungsi secara efisien bila sisa makanan. dlm keadaan sakit mereka tidak dapat melindungi dirinya sendiri.

Harga diri sering dihubungkan dg hormat terhadap diri dan orang lain. dan kemerdekaan diri. rasa percaya diri. pengakuan dari orang lain. Kebutuhan aktualisasi diri Aktualisasi diri mrpk tingkat akhir/tertinggi dari kebutuhan menurut Maslow. . Pada orang sakit. Mis: kebutuhan untuk mendapatkan kekuatan. berkontribusi pada orang lain atau lingkungan serta mencapai potensi diri sepenuhnya. Seseorang yang mencapai aktualisasi diri akan mewujudkan/ merealisasikan kemampuannya. meraih prestai. ketergantungan pada orang lain dapat menimbulkan gangguan pada harga dirinya.Kebutuhan akan harga diri maupun perasaan dihargai oleh orang lain (pengakuan) Setiap manusia siapapun juga ingin dihargai. Pelanggaran terhadap harga diri seseorang dapat menimbulkan masalah.

Individu yang memiliki sifat rasional yang bertanggung jawab atas tingkah laku intelektual dan sosial. Karakteristik tersebut antara lain: 1. Kebutuhan dasar manusia mempunyai banyak kategori atau jenis. Individu yang sangat dipengaruhi oleh lingkungan turutama lingkungan sosial. Suatu keberadaan yang berpotensi yang perwujudanya merupakan ketakterdugaan dengan potensi yang tak terbatas g. Makhluk Tuhan yang berarti ia adalah makhluk yang mengandung kemungkinan baik dan jahat. Makhluk yang memiliki tenga dalam yang dapat menggerakkan hidupnya untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhannya. 4. kebutuhan untuk minum. 7. kebutuhan dasarnya sama. Ketika timbul keinginan terhadap suatu kebutuhan. 5. Namun. cairan. e. yang mampu mengarahkan dirinya ke tujuan yang positif mampu mengatur dan mengontrol dirinya dan mampu menentukan nasibnya. kebutuhan makan akan diikuti dengan kebutuhan minum. Misalnya. persepsi. Diposkan oleh Djangkrig Djoloendo di 04:56 PENGERTIAN HAKIKAT MANUSIA Hakekat manusia adalah sebagai berikut : a. Individu yang dalam hidupnya selalu melibatkan dirinya dalam usaha untuk mewujudkan dirinya sendiri. Salah satunya ialah kebutuhan fisiologis (seperti oksigen. Umumnya pemenuhan kebutuhan dasar setiap manusia sesuai dengan tingkat prioritasnya. b. Seseorang akan merasa haus selain disebabkan oleh kekurangan cairan pada tubuh. Karakteristik Kebutuhan Dasar Manusia Untuk mengetahui kebutuhan dasar manusia. Perbedaannya hanya dalam cara pemenuhan kebutuhan dasar tersebut. walaupun setiap orang memiliki latar belakang sosial. Sebagian pemenuhan kebutuhan dasar dapat ditunda walaupun umumnya harus dipenuhi. Makhluk yang dalam proses menjadi berkembang dan terus berkembang tidak pernah selesai (tuntas) selama hidupnya. . bahkan ia tidak bisa berkembang sesuai dengan martabat kemanusaannya tanpa hidup di dalam lingkungan sosial. Manusia mempunyai kebutuhan dasar yang sama. Misalnya.budaya. dan pengetahuan yang berbeda. 3. maka individu akan berusaha untuk memenuhinya. c. juga dapat dikarenakan melihat minuman yang segar di siang hari yang terik. 6.Karakteristik Kebutuhan Dasar Manusia Manusia mempunyai kebutuhan dasar manusia (kebutuhan pokok) untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Kebutuhan dasar yang harus segera dipenuhi merupakan kebutuhan dasar dengan prioritas yang paling tinggi/utama. Munculnya keinginan pemenuhan kebutuhan dasar dipengaruhi oleh stimulus internal maupun eksternal. Berbagai kebutuhan dasar akan saling berhubungan dan berpengaruh pada manusia. membantu orang lain dan membuat dunia lebih baik untuk ditempati f. Walaupun setiap individu mempunyai karakteristik yang unik. nutrisi. 2. setiap manusia pada hakikatnya mempunyai dua macam kebutuhan dasar manusia yaitu kebutuhan yang berbentuk materi dan nonmateri. h. Kegagalan pemenuhan salah satu kebutuhan dasar dapat mengakibatkan kondisi yang tidak seimbang (disekulibrium) sehingga menyebabkan sakit. dan lain-lain) sebagai kebutuhan yang paling mendasar dalam jasmaniah. eliminasi. d. maka terdapat hal yang perlu diperhatikan oleh tiap perawat terkait dengan karakteristik kebutuhan dasar manusia.

dan Sualalah. Adanya gangguan pada satu bagian akan mempengaruhi bagian yang lain. Manusia sebagai mahluk holistic Holistik berarti keseluruhan / utuh A. konsep-konsep tersebut hanya berkaitan dengan bidang studi biologi. seperti : Turab. Shal-shal. Adapun tahapan-tahapan dalam proses selanjutnya. elemen . SPIRITUAL Mempunyai keyakinan / mengaku adanya Tuhan Memiliki pandangan hidup. Al-Quran menerangkan bahwa manusia berasal tanah dengan mempergunakan bermacam-macam istilah. Akan tetapi hampir sebagian besar para ilmuwan berpendapat membantah bahwa manusia berawal dari sebuah evolusi dari seekor binatang sejenis kera. sub system } Batasan Tujuan Manusia sebagai system terbuka yang terdiri dari berbagai sub system yang saling berhubungan secara terintegrasi untuk menjadi satu total system Komponen Biologik à anatomi tubuh Komponen Psikologik à kejiwaan Komponen Sosial à lingkungan . Anggapan ini tentu sangat keliru sebab teori ini ternyata lebih dari sekadar konsep biologi. Kesempurnaan yang dimiliki oleh manusia merupakan suatu konsekuensi fungsi dan tugas mereka sebagai khalifah dimuka bumi ini. Manusia sebagai system Sistem terdiri dari : Unsur – unsur { kompenen . PERAWAT Harus mempertimbangkan interaksi individu dengan lingkungan eksternal B. Jika mempelajari satu bagian dari manusia harus mempertimbangkan bagaimana bagian tersebut berhubungan dengan bagian yang lain. Hal ini dapat diartikan bahwa jasad manusia diciptakan Allah dari bermacam-macam unsur kimiawi yang terdapat dari tanah. a. Thien.ilmu Pengertian hakikat manusia – Manusia adalah mahluk paling sempurna yang pernah diciptakan oleh Allah SWT. MODEL OF THE COMPONENTS OF THE HOLISTIC PERSON BIOLOGIC Manusia merupakan suatu susunan system organ tubuh Mempunyai kebutuhan untuk mempertahankan hidupnya Tidak terlepas dari hukum alam dilahirkan berkembang à mati PSIKOLOGIK Manusia mempunyai struktur kepribadian Tingkah laku sebagai manifestasi dari kejiwaan Mempunyai daya fikir dan kecerdasan Mempunyai kebutuhan psikologi agar pribadi dapat berkembang SOSIAL Manusia perlu hidup bersama orang lain dan saling kerja sama untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan hidupnya Dipengaruhi oleh kebudayaan Dipengaruhi dan beradaptasi dengan lingkungan social Dituntut untuk bertingkah laku sesuai dengan harapan dan norma yang ada KULTURAL Manusia mempunyai nilai dan kebudayaan yang membentuk jatidirinya Sebagai pembeda dan pembatas dalam hidup sosial Kultur dalam diri manusia bisa diubah dan berubah tergantung lingkungan manusia hidup. dorongan hidup yang sejalan dengan sifat religius yang dianutnya Teori Holistik à Seluruh organisme hidup saling berinteraksi. Al-Quran tidak menjelaskan secara rinci. Teori evolusi telah menjadi pondasi sebuah filsafat yang menyesatkan sebagian besar manusia. Dalam hal ini membuat kita para manusia kehilangan harkat dan martabat kita yang diciptakan sebagai mahluk yang sempurna dan paling mulia.

interpersonal dan social King { 1976 } : 3 dinamik system interaksi dalam konsep manusia Individu { system personal } Perawat harus me ngerti tentang Konsep : Self Persepsi tumbuh Keluarga { system interpersonal } Perawat harus me ngerti tentang Konsep – interaksi – peran – komunikasi Masyarakat { Sistem social } Perawat harus mengerti tentang Konsep : – organisasi – power – otoritas – pengambilan keputusan kembang .Komponen Kultural à nilai budaya Komponen Spiritual à Kepercayaan agama Manusia sebagai system adaptif Adaptasi à Proses perubahan yang menyertai individu dalam berespon terhadap integritas atau keutuhan Lingkungan : seluruh kondisi keadaan sekitar yang mempengaruhi perkembangan organisme atau kelompok organisme 4 Tingkatan dan respon fisiologik untuk memudahkan adaptasi Respon takut { mekanisme bertarung } Respon inflamasi Respon stress dan Respon sensori perubahan lingkungan mempengaruhi Roy { 1976 } à Prilaku adaptif merupakan perilaku individu secara utuh Beradaptasi dan menangani rangsang lingkungan Manusia sebagai system personal.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful