MAKALAH FARMAKOLOGI ANESTESI LOKAL

KELOMPOK IV

FAKULTAS ILMU KESEHATAN PROGRAM STUDI FARMASI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG 2010

teman semua yang telah banyak mendukung atas terselesaikannya makalah ini. Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. 1 April 2011 . Semoga makalh ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan dapat dijadikan sebagai ilmu pengetahuan untuk kemajuan ke depan.KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan atas rahamat dan hidayat-Nya sehingga kami dapat meneyelesaikan makalah yang merupakan laporan praktikum Farmakologi I yaitu ” Anestesi Lokal ” dengan tepat waktu. dan teman. oleh karena itu kami selaku penulis mengaharapkan kritik dan saran agar pada penulisan kedepan kami menjadi lebih bakk. Malang. Tak lupa kami juga mengucapkan terimakasih kepada dosen pembimbing.

Anestesi lokal adalah obat yang dapat mengeblok konduksi impuls di axon terutama syaraf sensorik. William TG morton. sedang anestesi lokal hanya memberikan efek anelgesia. Membandingkan efek farmakologis anestesi lokal tanpa adrenalin dengan anestesi lokal + adrenalin Tinjauan Pustaka Anestesi artinya hilangnya sensasi nyeri (rasa sakit) yang disertai hilangnya atau tidak disertai hilangnya kesadaran. bahwa eter lebih baik daripada N2O Anestesi Lokal Pengertian dari anestesi lokal telah dijelaskan sebelumnya yaitu obat golongan anestesi yang dapat memberikan efek analgesik atau hilangnya rasa nyeri. atau efek anestesia yaitu efek analgesia yang disertai dengan hilangnya kesadaran. Gugus amin selalu berupa amin tersier atau amin sekunder. setelah itu ditemukan dietil eter yang juga berbentuk eter. Memahami farmakokinetik obat anestesi lokal yang diberikan secara topikal pada mukosa mata. 2. Anestesi umum bekerja di susunan syaraf pusat sedangkan anestesi lokal bekerja langsung pada serabut perifer. Anestesi yang dikenal pertama adalah N2O yang disintesis pada tahun 1776. Gugus antara dan . Anestetik umum biasanya dapat memberikan efek analgesik yaitu hilangnya nyeri. Secara umum anestetik lokal mempunyai rumus dasar yang terdiri dari 3 bagian: gugus amin hidrofil yang berhubungan dengan gugus residu aromatic lipofil melalui suatu gugus antara. Anestesi lokal yang pertama kali ditemukan adalah cocain yang diisolir dari tanaman coca.BAB I PENDAHULUAN Tujuan Praktikum 1. Pada pertengahan abad ke-19 kedua obat ini abru digunakan untuk pertama kalinya pada operasi pertama yang menggunakan anestesi umum. seorang dikter gigi mencobanya pada hewan dan pada dirinya sendiri. Obat anestesi dikelompokkan menjadi golongan anestesi umum dan anestesi lokal.

Maka secara kimia anestetik lokal digolongkan atas senyawa ester dan senyawa amid. Pada mukosa faring. Anestesi secara topikal adalah salah satu cara pemberian anestetik lokal. lignocaine). absorpsi lebih lambat dan pada mukosa esofagus dan kandung kemih. prilokain (citanest). dibukain (neupercaine). Anestesi lokal diabsorpsi dengan kecepatan yang berbeda pada membran mukosa yang berbeda. ropivakain (naropin). levobupivacaine (chirocaine). ulkus. mepivakain (carbocaine). bupivacain (marcaine). beberapa anastetik lokal berbahaya jika diberikan secara suntikan. absorpsi lebih lambat dari aplikasi topikal di faring. absorpsi yang terjadi hampir sama dengan pada pemberian secara intravena.benzokain dapat digunakan langsung pada luka dengan ulserasi dan menimbulkan anestesia yang cukup lama. . etidokain (duranest). biasanya anestesia topikal ini digunakan untuk luka.gugus aromatic dihubungkan dengan ikatan amid atau ikatan ester.sehingga penggunaanya terbatas secara topikal.contohnya adalah benzokain. atau luka bakar. Pada mukosa trakea. Yang tergolong kedalam golongan amida (-NHCO-): Lidokain (xylocaine.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful