NASIONALISME

MAKALAH Untuk memenuhi tugas matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan Yang dibimbing oleh Bapak Ir. Imam Prayogo, MS.

Disusun Oleh : Petty Ciptani K. S. Diwyacitta Antya P. Sindhu Martinda Ika Devi Arinda Agus Rahman Salim Kemala Febrianty 105100100111001 105100100111003 105100100111005 105100100111007 105100100111009 105100100111011

UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN JURUSAN ILMU DAN TEKNOLOGI PANGAN September 2010

3 Rumusan Masalah 2 Tujuan 2 Manfaa t 2 1.2 1.2 Bentuk -bentuk Nasion alisme 3 2.4 BAB II PEMBAHASAN 2.1 Definis i Nasion alisme 3 2.DAFTAR ISI DAFTAR ISI BAB I PENDAHULUAN 1.3 Manfaa t Nasion alisme 5 2.1 i Latar Belaka ng 1 1.4 Tujuan Nasion alisme 6 .

1 7 Kesim pulan 10 3.6 Konsep-konsep Negara yang Menimbulkan Sifat-sifat Nasionalisme pada Masyarakat BAB III PENUTUP 3.2.5 Faktor Pendor ong Muncu lnya Nasion alisme di Indone sia 6 2.2 Saran 11 12 DAFTAR PUSTAKA .

melainkan harus mematuhi regulasi internasional yang dihasilkan oleh OI yang dikontrol oleh negara-negara maju. kedaulatan negara tidaklah lagi menjadi hal yang mutlak untuk dipraktekkan.2 Latar Belakang Dari preseden yang ada mengenai nasionalisme. Negara-negara maju pada saat ini menekankan pentingnya nasionalisme ketika mereka sedang berada dalam posisi sebagai negara sedang berkembang.BAB I PENDAHULUAN 1. Indonesia terkena dampak dari globalisasi ini. Hukum positif Indonesia tidak lagi menjadi kewenangan legislatif. Jadi. melainkan juga harus mencari subyek atau obyek yang memang harus dijadikan musuh bersama karena pengaruhnya yang buruk bagi masyarakat. dan dijadikan budaya tunggal dunia. nasionalisme mereka tidak ikut berubah dan justru berusaha menyebarkan nasionalisme mereka ke negara lain. Nasionalisme sebuah bangsa menentukan arah pergerakan bangsa tersebut kepada pilihan yang lebih buruk atau baik. Pada perkembangan saat ini. Globalisasi yang lahir dari budaya sebuah bangsa. Karena dengan munculnya berbagai macam Organisasi Internasional (OI) dan semakin kuatnya posisi tawar negara-negara maju di dalam OI tersebut. kedaulatan negara menjadi semakin kabur. Nasionalisme telah digantikan oleh globalisasi sedikit demi sedikit. Prinsip koordinatif yang dikembangkan ketika awal Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) muncul menggantikan Liga Bangsa-Bangsa (LBB) tidak lagi tegas jika sudah berhadapan dengan kepentingan negara-negara besar. . musuh bersama menjadi sebuah kebutuhan jika nasionalsime ingin mempunyai tempat dalam kehidupan Indonesia. Namun pencarian terhadap musuh bersama ini tidaklah sekadar mencari subyek ataupun obyek yang sekadar dijadikan tumbal caci maki oleh civil society (yang di dalamnya terdapat juga gerakan mahasiswa). Nasionalisme akan selalu berkaitan erat dengan masalah kedaulatan sebuah negara. ketika muncul pertanyaan: masih relevankah nasionalisme untuk Indonesia? Hal ini harus dijawab dengan mudah jika melihat preseden dan memiliki visi yang tegas mengenai bangsa ini. Kedaulatan adalah sebuah hal yang mutlak dimiliki oleh sebuah negara dan tidak bisa diganggu gugat oleh negara atau pihak manapun. Ketika posisi mereka berubah.

Dengan nasionalisme akan mengalir rasa kesetiakawanan sosial. Apa saja bentuk Nasionalisme? 3.5 Tujuan Nasionalisme dalam kehidupan kita dibutuhkan untuk mengelak rasa kekhawatiran akan terjadinya ancaman terhadap keutuhan dan kesatuan bangsa. bahasa. budaya dan lain-lain. Terutama untuk kepentingan bangsa dan negara kita. Apa manfaat adanya Nasionalisme? 4. akan selalu menjadi bangsa konsumtif yang dependen terhadap negara lain. Bagi bangsa yang ingin maju mencapai tujuannya haruslah memiliki semangat nasionalisme yang tinggi dan didukung pula dengan jiwa patriotisme yang tinggi. Sebutkan faktor pendorong munculnya Nasionalisme di Indonesia? 6. tidak akan ada kedaulatan. Jelaskan konsep-konsep yang ada pada negara sehingga konsep tersebut menjadi sifatsifat nasionalisme yang tumbuh dalam masyarakat? 1. agama. Apa definisi Nasionalisme? 2. 1. batas wilayah. dan tidak akan ada perubahan bagi bangsa ini. .Bangsa yang tidak memiliki kedaulatan penuh atas wilayahnya.2 Rumusan Masalah 1. Apa tujuan dari adanya Nasionalisme? 5. Tetapi ada pula negara dan bangsa yang terbentuk sendiri ras. Sebuah visi yang kuat dapat lahir jika dilandaskan dengan nasionalisme. Rasa kesetiakawanan sosial akan mempertebal nasionalisme suatu bangsa. akan selalu menjadi bangsa kelas dua di lingkungan internasional. tidak akan ada visi. bahasa. Rasa nasionalisme merupakan suatu kebutuhan yang dibutuhkan untuk menyatukan berbagai macam perbedaan yang ada di bangsa kita. 1. Kedaulatan penuh dapat diwujudkan jika masyarakat dalam suatu bangsa memiliki visi yang kuat untuk mengarahkan bangsanya menjadi lebih baik. semangat rela berkorban dan dapat menumbuhkan jiwa patriotisme. Tanpa adanya nasionalisme.6 Manfaat Dalam kebangsaan kita mengenal adanya ras. Semangat Nasionalisme adalah kesediaan untuk berkorban demi kepentingan yang besar. agama. serta budaya.

Nasionalisme adalah suatu ideologi yang meletakkan bangsa di pusat masalahnyadan berupaya mempertinggi keberadaannya. karena sebagai ideologi nasionalisme menetapkan jeni-jenis tindakan tertentu.BAB II PEMBAHASAN 2. Definisi ini mengikat ideologi pada gerakan yang berorientasi sasaran. Nasionalisme tidak lagi menjadi milik. sehingga membedakannya dengan jenis gerakan lainnya. melainkan hak eksklusif kaum elite nasionalis yang dengan otoritas pengetahuan mendominasi wacana nasionalisme.8 Bentuk-bentuk Nasionalisme Nasionalisme dapat menonjolkan dirinya sebagai sebagian paham negara atau gerakan (bukan negara) yang populer berdasarkan pendapat warganegara. 2. serta memiliki cita-cita bersama yang ingin dilaksanakan di dalam negara yang berbentuk negara nasional. Bangsa adalah sekelompok manusia yang hidup dalam suatu wilayah tertentu dan memiliki rasa persatuan yang timbul karena kesamaan pengalaman sejarah. Nasionalisme adalah suatu gejala psikologis berupa rasa kesamaan dari sekelompok manusia yang menimbulkan kesadaran sebagai bangsa. Bentuk budaya bangsa dari kaum nasionalis tersebut adalah bangsa yang anggota-anggotanyasadar akan kesatuan budaya dan sejarah nasional mereka melalui pendidikan dan institusi-institusi nasional. Kaitan erat antara ideologi dan gerakan tidaklah membatasi konsep nasionalisme sekedar sebagai gerakan yang megupayakan kemandirian. budaya. etnis. . hendaknya diperluas dengan menambahkan kalimat berikut “tempat nasionalisme berupaya meninggikan derajat bangsa”. Nasionalisme berevolusi menjadi alat manufacturing consent untuk melegitimasi kepentingan-kepentingan ekonomi politik elite nasionalis. Pernyataan ini agak kurang jelas. Konsep inti ideologilah yang menetapkan sasaran gerakan. keagamaan dan ideologi. Kategori tersebut lazimnya berkaitan dan kebanyakan teori nasionalisme mencampuradukkan sebahagian atau semua elemen tersebut.7 Definisi Nasionalisme Ideologi nasionalisme telah didefinisikan dengan berbagai cara tetapi kebanyakan definisi tersebut telah tumpang tindih dan menyikapkan tema yang sama.

Perasaan nasionalistik adalah kuat sehingga diberi lebih keutamaan mengatasi hak universal dan kebebasan. Nasionalisme budaya adalah sejenis nasionalisme dimana negara memperoleh kebenaran politik dari budaya bersama dan bukannya "sifat keturunan" seperti warna kulit. c. Nasionalisme kenegaraan ialah variasi nasionalisme kewarganegaraan. Nasionalisme romantik (juga disebut nasionalisme organik. Antara tulisan yang terkenal adalah buku berjudul Du Contract Sociale (atau dalam Bahasa Indonesia "Mengenai Kontrak Sosial"). nasionalisme identitas) adalah lanjutan dari nasionalisme etnis dimana negara memperoleh kebenaran politik secara semulajadi ("organik") hasil dari bangsa atau ras. d. selalu digabungkan dengan nasionalisme etnis. Dibangun oleh Johann Gottfried von Herder.a. Kejayaan suatu negeri itu selalu kontras dan berkonflik dengan prinsip masyarakat demokrasi. Nasionalisme romantik adalah bergantung kepada perwujudan budaya etnis yang menepati idealisme romantik. Misalnya "Grimm Bersaudara" yang dinukilkan oleh Herder merupakan koleksi kisah-kisah yang berkaitan dengan etnis Jerman. ras dan sebagainya. Teori ini mula-mula dibangun oleh Jean-Jacques Rousseau dan menjadi bahan-bahan tulisan. e. b. "kehendak rakyat". Kesediaan dinasti Qing untuk menggunakan adat istiadat Tionghoa membuktikan keutuhan budaya Tionghoa. Unsur ras telah dibelakangkan di mana golongan Manchu serta ras-ras minoritas lain masih dianggap sebagai rakyat negara Tiongkok. yang memperkenalkan konsep Volk (bahasa Jerman untuk "rakyat"). menurut semangat romantisme. "perwakilan politik". Contoh yang terbaik ialah rakyat Tionghoa yang menganggap negara adalah berdasarkan kepada budaya. kisah tradisi yang telah direka untuk konsep nasionalisme romantik. Nasionalisme etnis adalah sejenis nasionalisme di mana negara memperoleh kebenaran politik dari budaya asal atau etnis sebuah masyarakat. Malah banyak rakyat Taiwan menganggap diri mereka nasionalis Tiongkok sebab persamaan budaya mereka tetapi menolak RRC karena pemerintahan RRT berpaham komunisme. Nasionalisme kewarganegaraan (atau nasionalisme sipil) adalah sejenis nasionalisme dimana negara memperoleh kebenaran politik dari penyertaan aktif rakyatnya. seolah-olah membentuk kerajaan yang lebih baik dengan . Penyelenggaraan sebuah 'national state' adalah suatu argumen yang ulung.

legistlatif. perusahaan swasta/BUMN. dan terhadap wilayah.9 Manfaat Nasionalisme a. Membangun karakter bangsa yang unggul dalam kehidupan sehari-hari. dan Corsica. serta nasionalisme Turki kontemporer. siswa semua tingkatan. nasionalisme di India seperti yang diamalkan oleh pengikut partai BJP bersumber dari agama Hindu. Memahami sejarah bahwa presiden Indonesia bukan cuma orang jawa (2 periode). LSM. lazimnya nasionalisme etnis adalah dicampuradukkan dengan nasionalisme keagamaan. h. Misalnya. kepala rumah tangga. Nasionalisme agama ialah sejenis nasionalisme dimana negara memperoleh legitimasi politik dari persamaan agama. . Secara sistematis. d. Walaupun begitu. bila mana nasionalisme kenegaraan itu kuat. yang secara ganas menentang demi mewujudkan hak kesetaraan (equal rights) dan lebih otonomi untuk golongan Fleming. Contoh biasa ialah Nazisme. c. Memahami batas wilayah Indonesia sebelum merdeka. e. f. Memahami tugas dan tanggung jawab dari pemerintah. individu untuk meningkatkan rasa nasionalisme. akan wujud tarikan yang berkonflik kepada kesetiaan masyarakat. dan dalam bentuk yang lebih kecil. f.tersendiri. seperti juga nasionalisme masyarakat Belgia. Franquisme sayap-kanan di Spanyol. dan nasionalis Basque atau Korsika. Catalan. Memahami UUD 45 yang sudah diamandemen yang ke empat. media masa. g. pembangkangan di antara pemerintahan pusat yang kuat di Spanyol dan Perancis dengan nasionalisme Basque. Memahami karakteristik negara Indonesia. b. 2. ibu rumah tangga. di Irlandia semangat nasionalisme bersumber dari persamaan agama mereka yaitu Katolik. serta sikap 'Jacobin' terhadap unitaris dan golongan pemusat negeri Perancis. seperti nasionalisme Turki dan penindasan kejamnya terhadap nasionalisme Kurdi. Akan menuntun bagaimana cara mencintai Indonesia dari tingkat dasar sampai maestro dalam kehidupan sehari-hari. Akan menggugah/meningkan rasa nasionalisme warga negara Indonesia.

berikut. Timbulnya kembali golongan pertengahan. e. Menimbulkan rasa bangga terhadap Indonesia. a. Adanya penderitaan dan kesengsaraan yang dialami oleh seluruh rakyat dalam berbagai bidang kehidupan c. kaum terpelajar. Untuk ikut campur dalam usaha membela negara. nasionalisme dan komunisme) b. c.10 Tujuan Nasionalisme Pada dasarnya nasionalisme yang muncul dibanyak negara memiliki tujuan sebagai berikut : a.11 Faktor Pendorong Munculnya Nasionalisme di Indonesia Munculnya nasionalisme pada masyarakat Indonesia dipengaruhi oleh faktor dari dalam ( intern ) dan faktor dari luar ( ekstern ). Menghilangkan ekstremisme (tuntutan yang berlebihan) dari warga negara (individu dan kelompok ). Gerakan pan-islamisme c. Pergerakan bangsa terjajah di Asia d. b. d. b. Faktor intern yang mempengaruhi munculnya nasionalisme Indonesia adalah sebagai berikut. d. 2. f. a. humanisme. Menjamin kemauan dan kekuatan mempertahankan masyarakat nasional melawan musuh dari luar sehingga melahirkan semangat rela berkorban. Lebih mencintai tanah air.2. Kemenangan Rusia atas Jepang Pengaruh golongan peranakan Adanya keinginan untuk melepaskan diri dari imperialisme Faktor ekstern yang mempengaruhi munculnya nasionalisme Indonesia adalah sebagai . Paham-paham modern dari Eropa (liberalisme. Bercita-cita mensejahterakan rakyat.

Tidak sempurna artinya ada kekurangannya. keuntungan. atau dipenuhi tetapi cacat. c. hal ini adalah wajar.2. hal ini adalah tidak wajar. atau tidak dipenuhi sama sekali. bahkan tidak ada pemenuhan sama sekali. Manusia adalah sekedar lataran saja yang menentukan adalah Tuhan. sempurna artinya tidak ada cacat atau kekurangannya. tetapi keliru. Berbuat kebaikan Kebajikan dapat diartikan kebaikan. Memelihara Keindahan dan Estetika . Memenuhi kewajiban sesuai dengan norma kehidupan sesuai kehidupan disebut tanggung jawab (responsbility). Berbuat baik berarti kebaikan berbuat buruk berarti kesengsaraan. Kebaikan adalah realisasi dari cita-cita atau apa yang dicita-citakan. b. ada cacatnya. tetapi kurang. Sedangkan kebajikan Tuhan adalah karunia Tuhan. Kekuasan itu adalah kekuasan Tuhan. ini disebut “tanggung jawab positif” yang bersifat ideal dan sempurna (ideal or complete responsibility). ini disebut “ tanggung jawab negatif” bersifat tidak sempurna (Incomplete responsbility). tidak bahagia. yaitu karsa. sesuatu yang mendatangkan kebaikan keselamatan. Jadi kebajikan itu ada 2 (dua) sumbernya yaitu kebajikan manusia dan kebajikan Tuhan. Kebaikan bersumber pada unsur budaya – budaya. Tidak sesuai dengan norma kehidupan artinya dipenuh. Pemenuhan kewajiban tidak wajar atau tidak sesuai dengan norma kehidupan. dan kebahagiaan. Kebajikan manusia adalah kebajikan karena usaha atau perjuangan manusia. atau dipenuhi. Tanggung jawab positif lazim disebut “tanggung jawab”saja (responsbility).12 Konsep-konsep Negara yang Menimbulkan Sifat-sifat Nasionalisme pada Masyarakat a. Bertanggung Jawab Konsep tanggung jawab muncul berkenaan dengan pemenuhan kewajiban secara wajar atau seharusnya sesuai dengan norma kehidupan. Kebaikan itu datang dari manusia itu sendiri ini memang benar karena manusia itu mahluk sosial yang mempunyai kebutuhan dan kebutuhan itu terpenuhi karena mereka hidup bermasyarakat. Tanggung jawab negatif lazim disebut “tidak bertanggung jawab” (Unresponsibility). Ideal artinya menajadi idaman kehidupan manusia.

”Adil” artinya tidak sewenang-wenang kepada diri sendiri maupun kepada pihak lain itu meliputi anggota masyarkat.Keindahan berasal dari kata dasar “indah”. Konsep Keindahan dan Keadilan Adil adalah sifat perbuatan manusia. Perlakuan kepada diri sendiri. . molek. Mungkin baru dapat dipahami makna yang jelas apabila konsep tersebut sudah diwujudkan dalam bentuk sikap. dapat diterima karena sesuai. menarik perhatian. Patut /layak. dan Proporsional e. keseimbangan. tidak menyimpang. atau terhadap alam lingkungnya. tingkah laku. Jadi. perlakuan yang sama. Tidak berat sebelah. dan permai. harmonis. alam lingkungan dan Tuhan Sang Pecipta. e. nilai bobot yang tidak berbeda b. dan berupa benda. alam lingkungan. Kasih sayang yang dilengkapi dengan tanggung jawab menciptakan keserasian. Konsep Kasih Sayang Kasih sayang merupakan konsep yang mengandung arti psikologis yang dalam. dan kedamaian antara sesama manusia. elok. Tidak sewenang-wenang dapat berupa keadaan yang: a. ciptaan. Kasih sayang merupakan kata mejemuk panduan dari (2) istilah ”kasih” dan ”sayang” yang satu sama lain ada kesamaan makna walaupun bentuk katanya berbeda. Melalui pancaindera unsur rasa dalam diri manusia berkomunikasi itu merupakan penilaian atau penanggapan itu disebut nilai. “Keindahan “ merupakan konsep abstrak yang tidak mempunyai arti apa-apa karena tidak dihubungkan dengan suatu bentuk. atau terhadapTuhan. dan Tuhan Sang Pencipta. perbuatan. yaitu sifat yang menyenangkan. antara manusia dan alam lingkungan. tidak lebih dan tidak kurang d. mengembirakan. Sama (seimbang). tidak pilih kasih. seperti ada adanya. yang dapat diartikan bagus. Wajar. d. cantik. dan perbuatan manusia terhadap manusia yang lainnya. sama seperti perlakuan kepada pihak lain dan sebaliknya. atau keadaan. dan kepada pihak lain sebagai anggota masyarakat. c. Apabila kedua istilah tersebut dipadu menjadi 1(satu) dalam bentuk majemuk maknanya menjadi lebih berbobot dan pas. konsep adil berlaku kepada diri sendiri sebagai induvidu. Menurut arti katanya. serta antara manusia dan Tuhan.

Dalam konsep adil berlaku tolak ukur yang sama kepada pihak berbuat dan kepada pihak lain terhadap mana perbuatan ini ditunjukan. Konsep adil (tidak sewenang-wenang) baru jelas bentuknya apabila sudah diwujudkan dalam perbuatan nyata dan nilai yang dihasilkannya atau akibat yang ditimbulkannya. Implikasi perlakuan kepada pihak lain. BAB III . Situasinya dan kondisi nyata juga ikut menentukan perbuatan manusia. Bagaimana berbuat adil kepada pihak lain jika kepada diri sendiri saja sudah tidak adil.

2. 3. Tujuan Nasionalisme : a. b. Nasionalisme adalah gejala psikologis berupa rasa pesamaan dari sekelompok manusia yang menimbulkan kesadaran sebagai bangsa.4 Saran . 6. Memelihara Keindahan dan Estetika d. Nasionalisme etni c.3 Kesimpulan 1. Konsep Keindahan dan Keadilan e. Nasionalisme romantik d. Nasionalisme budaya e. Menjamin kemauan dan kekuatan mempertahankan masyarakat nasional melawan musuh dari luar sehingga melahirkan semangat rela berkorban. Akan menuntun bagaimana cara mencintai indonesia dari tingkat dasar sampai maestro dalam kehidupan sehari-hari. Berbuat kebaikan b. 5. Menghilangkan Ekstremisme (tuntutan yang berlebihan) dari warga negara (individu dan kelompok ). Bertanggung jawab c. Manfaat Nasionalisme Akan menggugah/meningkan rasa nasionalisme warga negara indonesia. Munculnya nasionalisme pada masyarakat Indonesia dipengaruhi oleh faktor dari dalam (intern) dan faktor dari luar (ektern). Nasionalisme kewarganegaraan b. Nasionalisme agama 4. Ada berbagai bentuk nasionalisme antara lain a.PENUTUP 3. Konsep Kasih Sayang 3. Ada 5 konsep yang ada di negara yang mempengaruhi sifat-sifat nasionalisme dalam masyarakat yaitu : a.

2.wikimu. Penanaman jiwa nasionalisme pada seluruh elemen masyarakat merupakan salah satu aspek yang penting untuk menunjang kehidupan bernegara yang baik. Tri "Pengaruh Globalisasi Terhadap Nilai Nilai Nasionalisme. Setiadi. Retno Listyarti. Ibni "Makalah Nasionalisme di Indonesia. DAFTAR PUSTAKA Jamli."ujank.htm (diakses 8 September 2010) Hasyim.com/News/Home.html (diakses 7 September 2010) . Jakarta: Erlangga Darmiyati. Edison dkk. Pendidikan Kewarganegaraan Untuk SMK dan MAK Kelas X (jilid 1). Dapat menganalisa hubungan dari konsep yang ada di negara yang dapat mempengaruhi sifat nasionalisme antara satu dengan yang lain.id/Coretan-Tugas/makalahnasionalisme-di-indonesia/All-Pages.web.aspx (diakses tangggal 7 Sepember 2010) Sarmin."FTP Nasionalisme Ditinjau dari Akarnya. Bagi paper selanjutnya terutama yang akan membahas mengenai nasionalisme. 2008.Penulis menyampaikan saran yang mungkin dapat berguna bagi pihak lain.2005. yaitu: 1. Lukman "Nasionalisme Ditinjau dari Akarnya. Jakarta: Bumi Akasara." www. Kewarganegaraan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful