You are on page 1of 3

Laporan Praktikum Mekanika Fluida dan Hidrolika Bab 1 Pendahuluan Kelompok 20

BAB 1 PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Air adalah suatu senyawa hidrogen dan oksigen dengan rumusan kimia H2O. Berdasarkan sifat fisiknya terdapat tiga macam bentuk air, yaitu air sebagai benda cair, air sebagai benda padat, dan air sebagai benda gas atau uap. Air berubah dari suatu bentuk ke bentuk yang lainnya tergantung pada waktu dan tempat serta temperaturnya. Berdasarkan jenis wadah yang ditempati, air dibedakakan atas tiga jenis, yaitu air permukaan, air tanah dan air di udara.

Pemakaian air secara garis besar dapat diklasifikasikan menjadi empat golongan berdasarkan tujuan penggunaannya, yaitu air untuk keperluan irigasi, air untuk keperluan pembangkit energi, air untuk keperluan industri dan air untuk keperluan publik. Air untuk keperluan publik dibedakan atas air konsumsi domestik dan air untuk konsumsi sosial dan komersial (Dumairy, 1992).

Pengelolaan sumber daya air sangatlah penting, agar dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan dengan tingkat mutu yang diinginkan. Salah satu langkah yang pengelolaan yang dilakukan adalah pemantauan dan interpretasi dalam kualitas air, mencakup kualitas fisika, kimia, dan biologi. Namun sebelum melangkah pada tahap pengelolaan, diperlukan pemahaman yang baik tentang terminologi, karakteristik, dan interkoneksi parameter – parameter kualitas air. (Effendi, 2003).

Banyak teknologi yang dibuat atau dibangun dalam rangka melancarkan manusia untuk mendapatkan air. Bendungan, saluran irigasi, saluran pipa bawah tanah, dan bermacam-macam peralatan hidrolika yang lain yang merupakan contoh-contoh penerapan teknologi. Untuk memahami berbagai hal di atas, diperlukan

1

2 Maksud dan Tujuan Secara garis besar. Praktikum hidrolika bagi mahasiswa Fakultas Teknik Sipil dimaksudkan agar mahasiswa mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang mekanika fluida dan secara langsung dapat melihat serta mengambil perilaku fluida dimana teori-teori didapat di bangku kuliah. Mahasiswa dapat memahami ciri-ciri dan sifat pengaliran melalui saluran terbuka dalam pipa. Di samping itu juga digunakan untuk memberikan visualisasi semua analisa yang telah dikembangkan peralatan untuk penyelidikan aliran terbuka dan aliran dalam pipa. 2. diharapkan dapat mengambil manfaat dalam melakukan praktikum. 4. Mahasiswa dapat memahami pengaliran melalui bendung atau alat ukur. Mahasiswa dapat memahami parameter-parameter penting yang didapat pada pengaliran melalui saluaran terbuka dan pipa. . Dasar teori ini dapat dikembangkan dalam pengamatan dengan menggunakan model. Untuk percobaan ini. Disiplin ilmu tersebut mempelajari tentang perilaku fluida dan implikasinya bagi manusia.2 Laporan Praktikum Mekanika Fluida dan Hidrolika Bab 1 Pendahuluan Kelompok 20 pengetahuan yang luas dengan disiplin keilmuan tersendiri. 5. Penyelidikan hidrolika dapat digunakan untuk mengadakan pendekatan antara hasil perhitungan dengan kemungkinan yang terjadi. yaitu dengan memperhitungkan metode-metode praktikum serta gejala-gejala dan perilaku fluida yang terjadi. Mahasiswa dapat memahami tentang energi spesifik dan kedalaman aliran serta tinggi kecepatan aliran saluran terbuka. 1. maksud dan tujuan dilaksanakan praktikum mekanika fluida dan hidrolika ini adalah: 1. Mahasiswa dapat memahami dan menerapkan metode-metode kegunaan peralatan. Dalam hal ini. kita memfokuskan pada percobaan aliran dalam pipa atau saluran tertutup. 3.

Jet Impact.3 Laporan Praktikum Mekanika Fluida dan Hidrolika Bab 1 Pendahuluan Kelompok 20 1. Aliran dalam pipa. 6. 2. Energi pada fluida (Demonstrasi persamaan Bernoulli) 4. Viscositas (Kekentalan fluida) 3. . Aliran pada saluran terbuka. 5.3 Macam Praktikum Macam praktikum yang dilakukan di Laboratorium Hidrolika Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta adalah: 1. Bendung (Over Flow Weir).