BAB III PELAKSANAAN PERBAIKAN A. INFORMASI SUBJEK PENELITIAN 1. Lokasi Penelitian a. Nama Sekolah b. Kelas c. Tema d.

Waktu : : : : TK Negeri Pembina Batang Kelompok B2 Binatang Penelitian ini dilakukan pada waktu hari-hari sekolah yaitu dimulai dari jam 07.30 sampai 10.00 WIB. Penelitian ini dilakukan melalui 2 siklus yaitu : * Siklus I tanggal 21 – 25 April 2009 * Siklus II tanggal 28 April – 2 Mei 2009 2. Waktu Pelaksanaan Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada hari-hari sekolah yaitu dimulai dari jam 07.30 sampai 10.00 WIB. Dalam penelitian ini dilakukan melalui 2 siklus yaitu : a. Siklus I Pada siklus I ini perbaikan dilakukan dalam waktu 5 hari yaitu dari hari Selasa hingga hari Sabtu yang dimulai dari jam 07.30 sampai 10.00 WIB. Dengan ketentuan waktu : kegiatan awal (± 30 menit), kegiatan inti (± 60 menit), istirahat (± 30 menit) dan kegiatan akhir (±30 menit). Dalam siklus I ini data-data yang dikumpulkan diperoleh melalui observasi/ pengamatan yang dilakukan pada anak-anak kelompok B2 di TK Negeri Pembina Batang. Dalam siklus I ini pada hari Selasa anak-anak diberikan kegiatan membilang dengan menggunakan lembar tugas. Dari hasil pengamatan terlihat anak-anak tidak begitu suka dengan kegiatan tersebut. Namun di hari Rabu, Kamis, Jum’at dan Sabtu anak-anak di berikan kegiatan

7

00 WIB. mereka lebih memilih kegiatan lain yang menggunakan alat peraga setelah selesai mengerjakan kegiatan tersebut. Dalam siklus II ini pada hari Selasa dan Rabu. Siklus II Siklus ke II dilaksanakan pada tanggal 28 April – 2 Mei 2009. Dengan ketentuan waktu : kegiatan awal (± 30 menit). Dalam siklus ke II ini data-data yang dikumpulkan diperoleh dari hasil observasi/ pengamatan yang dilakukan pada anak-anak kelompok B2 di TK Negeri Pembina Batang. makanan burung. anak-anak senang dan aktif dalam belajar. bulu-bulu ayam dan potongan-potongan gambar binatang. kegiatan inti (± 60 menit). anak-anak baru mengerjakan kegiatan membilang dengan lembar kerja. istirahat (± 30 menit) dan kegiatan akhir (± 30 menit). Jum’at. Pada hari Kamis. 8 . Mereka dengan aktif mengerjakan kegiatan membilang dengan alat-alat tersebut. Dalam siklus I ini diperoleh kesimpulan bahwa anak-anak lebih suka dengan kegiatan yang menggunakan alat peraga. diberikan kegiatan membilang dengan menggunakan lembar tugas.membilang dengan menggunakan boneka binatang.30 sampai 10. Dari hasil pengamatan terlihat bahwa anak-anak tidak mau mengerjakan. b. beras dimasukan dalam gelas aqua dan bermain dengan papan flannel anak-anak terlihat senang dan gembira. Pada siklus ke II ini perbaikan dilakukan dalam waktu 5 hari yaitu dari hari Selasa hingga Sabtu yang pelaksanaannya dimulai dari 07. Sabtu dan Minggu diberikan kegiatan membilang dengan alat peraga berupa biji jagung. Dalam siklus II ini diperloleh kesimpulan bahwa kegiatan dalam menggunakan alat peraga lebih disukai anakanak.

Dihari pertama ini anak-anak diberikan tugas yaitu membilang gambar-gambar binatang. membilang gambar binatang sendiri. penghapus. Guru menerangkan dan menjelaskan bagaimana Guru dan anak bersama-sama menghitung gambar Guru meminta anak bersama-sama mengulangi Guru meminta beberapa anak untuk mengulangi Guru menyuruh anak untuk membilang di lembar cara membilang gambar-gambar binatang. b. alat-alat yang di butuhkan dalam kegiatan ini yaitu : lembar kerja. yang meliputi : 1. dan crayon. binatang. Rencana Perbaikan Rencana perbaikan dalam penelitian dilakukan melalui 2 siklus yaitu : a. menghitung gambar binatang.B. 9 . DESKRIPSI PER SIKLUS 1. Siklus I Siklus I dilakukan pada tanggal 21 – 25 April 2009. Anak-anak menjawab pertanyaan guru. pensil. Langkah – langkah perbaikan Langkah-langkah perbaikannya yaitu : 1) 2) Guru dan anak bersama-sama mengamati gambar Guru menanyakan gambar binatang – binatang apa yang ditempel dipapan tulis sajakah yang terlihat di situ. 3) 4) 5) 6) 7) kerja. Tindakan yang akan dilakukan / alternative perbaikan. Hari pertama siklus I yaitu hari Selasa yaitu tanggal 21 April 2009 a.

5) Guru meminta anak satu persatu secara bergantian membilang potongan binatang-binatang tersebut. b. b. 10 . Hari kedua siklus I yaitu hari Rabu yaitu tanggal 22 April 2009 a. Hari ketiga siklus I yaitu hari Kamis yaitu tanggal 23 April 2009 a. 3. Alat yang dibutuhkan yaitu aneka macam boneka-boneka binatang (miniatur) binatang. Tindakan yang akan dilakukan / alternative perbaikan Dihari ketiga ini anak-anak diberikan kegiatan membilang dengan menggunakan boneka-boneka binatang. 4) Guru dan anak menghitung binatang bersama-sama. Tindakan yang akan dilakukan / alternative perbaikan Dihari kedua ini anak-anak diberikan kegiatan membilang dengan potongan-potongan gambar binatang. Langkah – langkah perbaikan Langkah-langkah perbaikannya yaitu : 1) Guru menyiapkan aneka macam boneka-boneka binatang. Alat-alat yang dibutuhkan yaitu potongan-potongan gambar binatang yang dibuat oleh guru. Langkah – langkah perbaikan Langkah-langkah perbaikannya yaitu : 1) Guru dan anak mengamati potongan-potongan gambar binatang 2) Guru menanyakan gambar apa saja yang mereka lihat. Anak-anak menjawab pertanyaan guru 3) Guru meminta anak untuk membilang binatang yang sama bersama-sama. 6) Anak-anak satu persatu secara bergantian membilang potongan-potongan gambar binatang tersebut.2.

11 . Langkah – langkah perbaikan Langkah-langkah perbaikannya yaitu : 1) Guru menyiapkan boneka macam-macam binatang. 3) Guru menanyakan binatang apa yang mereka lihat. 6) Guru menyuruh anak satu persatu membilang boneka binatang tersebut.2) Guru dan anak mengamati macam-macam boneka binatang tersebut. alat-alat yang dibutuhkan yaitu aneka macam boneka binatang. 7) Anak-anak satu persatu bergantian membilang boneka binatang tersebut. Jadi anak-anak disuruh membilang jumlah kaki boneka binatang. Semua anak mengulangi membilang jumlah kaki binatang bersama-sama. 5) Guru menyuruh semua anak mengulangi bersama-sama. Hari keempat siklus I yaitu hari Jum’at yaitu tanggal 24 April 2009 a. 4) Guru bersama anak membilang jumlah kaki boneka binatang. b. 4. 3) Anak menjawab pertanyaan guru. Tindakan yang akan dilakukan / alternative perbaikan Dihari keempat ini anak-anak diberikan tugas membilang kaki boneka-boneka (miniatur) binatang. 2) Guru menanyakan kepada anak boneka apa saja yang mereka lihat. Anakanak menjawab pertanyaan guru. 4) Guru bersama anak-anak membilang boneka binatang yang sama. 5) Guru menyuruh anak satu persatu membilang jumlah kaki binatang.

Hari pertama siklus II yaitu hari Selasa yaitu tanggal 28 April 2009 a.6) Anak-anak satu persatu secara bergantian membilang jumlah kaki boneka binatang. Tindakan yang akan dilakukan / alternative perbaikan Pada hari pertama ini anak-anak akan diberikan tugas membilang gambar kandang binatang. 5. 1. 5) Guru menyuruh anak satu persatu membilang jumlah bulubulu ayam. krayon. pensil. Tindakan yang akan dilakukan / alternative perbaikan Dihari kelima ini anak-anak diberikan tugas yaitu membilang dengan menggunakan bulu-bulu ayam. b. Anak menjawab pertanyaan guru. 2) Guru menanyakan kepada anak apa yang dibawa guru. b. 6) Anak satu persatu membilang bulu-bulu ayam secara bergantian. b. Langkah – langkah perbaikan Langkah-langkah perbaikannya yaitu : 1) Guru menyiapkan bulu ayam. Siklus II Siklus II ini dilakukan pada tanggal 28 April 2009 – 2 Mei 2009. Langkah – langkah perbaikan Langkah-langkah perbaikannya yaitu : 12 . Kegiatan ini menggunakan lembar kerja. 4) Guru menyuruh anak mengulangi bersama-sama. Alat yang digunakan yaitu bulu-bulu ayam (kemoceng). Hari kelima siklus I yaitu hari Sabtu yaitu tanggal 25 April 2009 a. 3) Guru dan anak membilang jumlah bulu ayam bersamasama.

binatang yang hidup diudara. kandang binatang. apa yang mereka lihat. 2. b. mengulanginya. Tindakan yang akan dilakukan / alternative perbaikan Pada hari kedua ini anak-anak diberikan kegiatan belajar yaitu membilang binatang-binatang yang hidup diudara. Guru dan anak bersama-sama membilang gambar Guru meminta semua anak mengulanginya Guru menyuruh anak mengerjakan di lembar kerja kandang binatang yang telah disediakan. Anak-anak menjawab pertanyaan guru. Guru menyuruh anak mengerjakan di lembar tugas yang telah disediakan. krayon. Hari kedua siklus II yaitu hari Rabu yaitu tanggal 29 April 2009 a. gambar binatang yang hidup diudara. Langkah – langkah perbaikan Langkah-langkah perbaikannya yaitu : 1) 2) 3) 4) 5) 6) Guru dan anak bersama-sama mengamati gambar Guru bertanya pada anak apa yang mereka lihat. Guru menerangkan bagaimana cara membilang Guru dan anak bersama-sama membilang gambar Guru memminta anak bersama-sama binatang yang hidup diudara.1) 2) 3) 4) 5) 6) Guru dan anak mengamati gambar kandang Guru bertanya pada anak. Guru menerangkan cara membilang gambar binatang Anak-anak menjawab pertanyaan guru. Kegiatan ini menggunakan lembar kerja. 13 . pensil.

4. Alat-alat yang dibutuhkan yaitu biji-biji jagung. alat yang diperlukan yaitu beras. b. Tindakan yang akan dilakukan / alternative perbaikan Pada hari ketiga ini anak-anak diberikan tugas yaitu membilang beras makanan ayam lalu dimasukkan ke dalam gelas aqua. Hari ketiga siklus II yaitu hari Kamis yaitu tanggal 30 April 2009 a. dimasukkan dalam gelas aqua. Tindakan yang akan dilakukan / alternative perbaikan Pada hari keempat ini anak-anak diberikan kegiatan yaitu membilang dengan biji jagung makanan burung. dimasukkan dalam gelas aqua. Hari keempat siklus II yaitu hari Jum’at yaitu tanggal 1 Mei 2009 a. b. Langkah – langkah perbaikan Langkah-langkah perbaikannya yaitu : 14 .3. gelas aqua. beras lalu dimasukkan dalam gelas aqua. membilang beras lalu dimasukkan dalam gelas aqua. Langkah – langkah perbaikan Langkah-langkah perbaikannya yaitu : 1) 2) 3) 4) 5) 6) Guru Menyediakan Beras Dan Gelas Aqua Guru memberi contoh pada anak cara membilang Guru dan anak bersama-sama membilang beras lalu Guru menyuruh semua anak membilang beras lalu Guru meminta anak satu persatu secara bergantian Anak satu persatu secara bergantian membilang beras lalu dimasukkan dalam gelas aqua.

Hari kelima siklus II yaitu hari Sabtu yaitu tanggal 2 Mei 2009 a. papan flanel. Alat yang digunakan yaitu papan flanel dan pias-pias gambar. papan flanel.1) 2) 3) 4) 5) 6) Guru menyediakan biji jagung. Guru memberi contoh pada anak cara membilang Guru dan anak bersama-sama membilang biji Guru menyuruh semua anak bersama-sama dengan biji jagung. Langkah – langkah perbaikan Langkah-langkah perbaikannya yaitu : 1) 2) 3) 4) 5) 2. Guru meminta anak satu persatu membilang biji Anak-anak secara bergantian membilang biji jagung secara bergantian. maju kedepan membilang dengan papan flanel. jagung. jagung. Dalam kegiatan ini anak maju satu persatu membilang dengan menggunakan papan flanel. 15 . Tindakan yang akan dilakukan / alternative perbaikan Pada hari kelima ini anak-anak diberikan kegiatan yaitu membilang melalui bermain dengan papan flanel. b. 5. Guru menjelaskan pada anak bagaimana cara Guru dan anak bersama-sama membilang dengan Guru meminta anak satu persatu secara bergantian Anak-anak secara bergantian membilang dengan membilang dengan papan flanel. membilang biji jagung. Pelaksanaan Guru menyiapkan papan flanel.

3. Supervisor tersebut berperan dalam memberikan orientasi PKP pada peneliti. Refleksi 16 . memulai laporan PKP bersama penilai 2. Suasana kelas yang semula gaduh menjadi tenang 3. membimbing dan memberi masukan terhadap laporan PKP. Mereview SKH/RK dan refleksi yang di buat peneliti dan mereview hasil penelitian APKG PKP 1 dan 2 dari penilai 1 dan 2 memulai peneliti melakukan simulasi kegiatan (di kelas tutorial). anak berantusias dalam menyelesaikan kegiatan membilang 4. Penilai 1 b. Pengamatan/ pengumpulan data/ instrument Pengamatan/ pengumpulan data diperoleh melalu observasi pada saat dilakukan pengamatan/observasi dalam kegiatan membilang dengan menggunakan alat peraga di harapkan akan diperoleh suatu peningkatan didalam pelaksanaan kegiatan belajar yang ditandai : 1. Adanya partisipasi anak yang semula pasif menjadi aktif. Penilai 2 Ibu Nor Hamidah Ama. Pd selaku Kepala TK Negeri Pembina Batang Penilai 1 dan penilai 2 tersebut bertugas menilai SKH/RK yang telah dibuat dan menilai pelaksanaan kegiatan belajar dengan menggunakan APKG PKP 1 dan 2. menurut rancangan satu siklus untuk setiap siklus. berperan aktif dalam pembimbingan penelitian. Seorang guru di TK Negeri Pembina Batang Ibu Sutarsih S. Selain penilai 1 dan 2 penelitian ini juga telah dibantu oleh seorang supervisor yaitu bapak Tedi.Prosedur pelaksanaan penelitian Dalam penelitian ini telah dibantu oleh 2 orang penilai yaitu : a. 2. membimbing dan mensupervisi peneliti dalam PKP. Pd.

Dalam kegiatan membilang gambar binatang yang hidup diudara sebagian besar terlihat tidak senang dan kurang antusias. Kelemahan dalam kegiatan ini yaitu dalam pengorganisasian dan pengaturan anak. Dalam kegiatan membilang dengan bulu-bulu ayam. Kekuatan kegiatan ini yaitu dalam pengaturan anak. Dalam kegiatan membilang kaki boneka binatang anak juga merasa senang dan gembira. Anak lebih memilih kegiatan ini dari pada kegiatan yang lain. Kekuatan dalam kegiatan ini yaitu mudah dibuat dan tidak perlu biaya yang banyak. Dalam kegiatan membilang dengan potongan-potongan binatang anak terlihat senang dan anak langsung memilih keguiatan membilang potongan-potongan binatang. kekuatan dalam kegiatan ini yaitu dalam pengorganisasian anak. Dalam kegiatan membilang kandang binatang terlihat anak kurang antusias. Kelemahan dalam kegiatan ini yaitu memerlukan biaya. Anak lebih memilih kegiatan belajar lain hal ini mungkin disebabkan karena metode pembelajaran serta alat peraga yang digunakan luring menarik. selain itu dengan kegiatan menggunakan lembarkerja anak sudah diatur. sebagian besar anak lebih memilih kegiatan lain yang menggunakan alat peraga. hanya lembar kerja yang difoto kopi saja.Dari hasil penelitian diatas dapat di peroleh refleksi yaitu : Dalam kegiatan membilang gambar-gambar binatang dengan lembar kerja besar anak tidak senang. waktu dan tenaga untuk membuat potongan-potongan binatang tersebut. Kelemahan dalam kegiatan ini adalah dalam pengaturan anak yang sulit. Anak terlihat senang dan aktif sebagian anak memilih kegiatan ini. Dalam kegiatan membilang dengan boneka-boneka binatang anak terlihat antusias dan merasa senang sebagian besar anak memilih kegiatan ini kelemahan dalam kegiatan ini adalah dala pengaturan anak yang lebih ekstra. 17 .

anak terlihat senangdan aktif. waktu yang digunakan juga sedikit. Anak terlihat antusias mengerjakan tugas. Sedangkan kelemahannya adalah anak-anak tidak terlalu senang/tidak antusias. Namun kelemahannya dalam pengorganisasian anak yang sulit serta biaya. Serta biaya. Perbaikan yang menggunakan alat-alat peraga kekuatannya yaitu anak-anak sangat senang. kekuatan perbaikan yang menggunakan lembar kerja yaitu pengorganisasian/pengaturan anak mudah. Anak sangat brantusias dalam membilang dengan papan flanel. mereka berantusias dalam mengerjakan kegiatan. Kelemahan dalam kegiatan ini yaitu memerlukan waktu. waktu yang dibutuhkan banyak. kelemahan dalam kegiatan ini yaitu anak sulit diorganisasikan/pengaturan anak. 18 .anak-anak terlihat aktif. Kelemahan dalam kegiatan ini yaitu dalam pengorganisasian anak/pengaturan anak. biaya yang banyek untuk membuat alat peraga tersebut selain itu pengaturan anak sedikit sulit. Dalam kegiatan membilang dengan biji jagung makanan burung anak-anak terlihat senang dan aktif.Dalam kegiatan membilang dengan beras makanan ayam yang dimasukkan dalam gelas aqua. Dari bebrbagai kegitan yang dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa. Dalam kegiatan membilang dengan papan flanel anak-anak terlihat senang dan aktif.

Karena merupakan masalah yang berat dan dapat menimbulkan masalah baru. Penyebab masalah itu adalah karena media pembelajaran yang diguanakan guru selalu monoton. sehingga anak merasa bosan. DESKRIPSI PER SIKLUS RANCANGAN SATU SIKLUS Siklus Tema Kelompok Tanggal : Pertama : Tanah Airku : B : 19-23 April 2010 Tujuan Perbaikan : Meningkatkan kemampuan membilang melalui bermain dengan papan flanel pada anak TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Denpasar Identifikasi Masalah : (1) Hasil belajar anak yang tidak sesuai dengan harapan guru (2) Strategi belajar mengajar guru yang membosankan (3) Perilaku belajar abak yang masih pasif (4) Kurangnya kemampuan berhitung anak (5) Kurang bervariasinya media pembelajaran Analisis Masalah : Dari kelima masalah yang teridentifikasi.A. Masalah meningkatkan kemampuan berhitung anak dapat diatasi dengan cara penggunaan berbagai media yang bervariasai. masalah yang akan dipecahkan adalah kurang bervariasinya media pembelajaran. 19 .

20 . Kegiatan Pengembangan  Kegiatan anak lebih ditekankan pada pemberian tugas yang mengerjakan lembar kerja.Perumusan Masalah : Bagaimanakah upaya meningkatkan kemampuan membilang melalui bermain dengan papan flanel pada anak kelas B4 Semester II di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Denpasar. Dalam SKH 1 ini anak-anak akan diberikan tugas yaitu membilang / gambar-gambar binatang yang ada di lembar tugas dan anak-anak di suruh mewarnai gambar-gambar binatang tersebut. Pengelolaan Kertas a. Pengorganisasian anak Anak-anak dalam satu kelas dijadikan 4 kelompok. 2. Diarea kosong inilah guru menjelaskan pada anak-anak tentang tugas yang diberikan sebelum anak-anak masuk pada area. b. Penataan ruang : Penataan ruang dibuat menjadi area-area. Kemudian disediakan area kosong yang diberikan karpet / alas tempat berkumpulnya anak-anak. SKENARIO PERBAIKAN Tujuan perbaikan : Meningkatkan kemampuan membilang melalui bermain dengan papan flanel Siklus ke Hari / tanggal : 1 : Selasa. 21 April 2009 Hal yang diperbaiki / ditingkatkan 1. namun pada waktu belajar masing-masing anak bebas memilih kegiatan apa yang mereka sukai jadi anak tidak terpaku pada kelompoknya masing-masing.

Anak-anak menjawab pertanyaan guru. 3) Guru menerangkan dan menjelaskan bagaimana cara membilang gambar-gambar binatang 4) Guru dan anak-anak bersama-sama membilang gambar binatang 5) Guru meminta anak bersama-sama mengulangi membilang gambar binatang 6) Guru meminta beberapa anak mengulangi membilang gambar binatang sendiri 7) Guru menyuruh anak untuk membilang di lembar kerja 21 . 2) Guru menanyakan gambar binatang-binatang apa sajakah yang terlihat disitu.Langkah-langkah perbaikan 1) Guru dan anak bersama-sama mengamati gambar yang ditempel di papan tulis.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful