MAKALAH

“ZAT RADIOAKTIF”

Di Susun Oleh : Nama No Kelas : Ayuk Damayanti : 18 : X . TKB 1

SMK NEGERI 2 SRAGEN 2012 / 2013

. Semoga makalah ini berguna dan dapat menambah pengetahuan pembaca.kata yang kurang berkenan dan banyak terdapat kekurangan. penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari semua pembaca demi kesempurnaan makalah ini. Oleh karena itu. Demikian makalah ini penulis susun. Makalah ini saya susun berdasarkan informasi yang telah saya dapatkan dari sumber-sumber yang ada.KATA PENGANTAR Puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan petunjukNya sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas makalah dengan judul “Makalah Zat Radioaktif”. penulis mohon maaf yang sebesarbesarnya. apabila ada kata. Penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan dan keterbatasan dalam penyajian data dalam makalah ini.

maka sinar tersebut bila melalui medium yang berbeda tidak dibiaskan atau dibelokkan. misal campuran RaSO4 dengan ZnS dengan perbandingan 1:100. Sifat-sifat umum dari sinar radioaktif antara lain: Dapat menembus logam tipis/memendarkan ZnS Banyak senyawa kimia dapat menyerap sinar gelombang pendek dan mengubahnya menjadi energi cahaya tampak.Apa Itu Radioaktif? Zat radio aktif adalah setiap zat yang memancarkan radiasi pengion dengan aktivitas jenis lebih besar daripada 70 kBq/kg atau 2 nCi/g (tujuh puluh kilobecquerel per kilogram atau dua nanocurie per gram). sinar β. Limbah radioaktif adalah zat radioaktif dan bahan serta peralatan yang telah terkena zat radioaktif atau menjadi radioaktif karena pengoperasian instalasi nuklir yang tidak dapat digunakan lagi. Atom terdiri . sinar alfa (α) oleh Rutherford digunakan untuk membuktikan adanya inti atom. masih terdapat beberapa zat yang walaupun mempunyai aktivitas jenis lebih rendah daripada batas itu dapat dianggap sebagai zat radioaktif karena tidak mungkin ditentukan batas yang sama bagi semua zat mengingat sifat masing-masing zat tersebut berbeda. dan sinar γ. dan sebagainya. Mempunyai gelombang pendek Tidak dibiaskan Karena daya tembus besar. Angka 70 kBq/kg (2 nCi/g) tersebut merupakan patokan dasar untuk suatu zat dapat disebut zat radioaktif pada umum-nya yang ditetapkan berdasarkan ketentuan dari Badan Tenaga Atom Internasional (International Atomic Energy Agency). Sebagai contoh. Dapat menghitamkan plat film/mempengaruhi kertas fotografi Dapat diurai oleh medan magnet menjadi tiga berkas sinar yaitu sinar α. Pengertian atau arti definisi pencemaran zat radioaktif adalah suatu pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh debu radioaktif akibat terjadinya ledakan reaktor-reaktor atom serta bom atom. Bila sinar radioaktif mengenai ZnS maka zat tersebut dapat berpendar.000 guna memberikan huruf pada arloji dan tombol listrik. SIFAT-SIFAT SINAR RADIOAKTIF Sinar radioaktif memiliki sifat dan ciri tertentu. Namun.

Alat tersebut memiliki cara kerja sebagai berikut. George Counter Muller menemukan alat pendeteksi zat radioaktif. sinar α membelok ke kutub negatif. a. sedangkan daya pengionnya paling kuat di antara sinarsinar radioaktif yaitu dapat mengionkan benda-benda yang dilaluinya. Sinar radioaktif mengionkan gas. ion-ion tadi berpengaruh terhadap listrik yang ada di tabung pendeteksi. Sinar α o Merupakan radiasi partikel bermuatan positif dan merupakan inti o Mempunyai daya tembus paling lemah di antara sinar-sinar radioaktif.dari inti atom yang bermuatan positif dikelilingi awan elektron yang bermuatan negatif. Sinar γ o Merupakan radiasi berenergi tinggi. ion gas masuk ke tabung pendeteksi melalui jendela. Dapat mengionkan gas Sinar radioaktif bergelombang pendek mempunyai energi tinggi dengan daya tembus kuat maka dapat mengionkan gas. tidak bermuatan dan tidak bermassa o Daya tembus paling besar di antara sinar-sinar radioaktif o Daya pengionnya paling lemah o Dalam medan magnet sinar γ tidak membelok . o Di dalam medan magnet. Pengaruh disalurkan ke alat pencacah yang kadangkadang dihubungkan dengan lampu atau alat yang dapat berbunyi sebagai alat pendeteksi. Sinar β o Merupakan radiasi partikel bermuatan negatif o Daya tembus sinar β lebih besar daripada sinar α o Daya pengionnya lebih lemah daripada sinar α yaitu dapat mengionkan benda-benda yang dilaluinya tetapi tidak sehebat sinar α o Sinar β merupakan berkas elektron yang berasal dari inti atom o Di dalam medan magnet sinar β membelok kea rah kutub positif c. b.

Pengaruh Radiasi pada Materi Radiasi menyebabkan penumpukan energi pada materi yang dilalui. kanker dan lain-lain. pemutusan ikatan kimia penting atau membentuk radikal bebas yang reaktif. Dampak yang ditimbulkan radiasi dapat berupa ionisasi. Hal ini karena sinar radioaktif dapat mengakibatkan ionisasi. Pengaruh Radiasi pada Mahluk Hidup Walaupun energi yang ditumpuk sinar radioaktif pada mahluk hidup relatif kecil tetapi dapat menimbulkan pengaruh yang serius. Pengaruh radiasi pada manusia atau mahluk hidup juga bergantung pada waktu paparan. atau pemutusan ikatan kimia. Eksitasi: dalam hal ini radiasi tidak menyebabkan elektron terlepas dari atom atau molekul zat tetapi hanya berpindah ke tingkat energi yang lebih tinggi. Perubahan yang terjadi pada struktur DNA akan diteruskan pada sel berikutnya yang dapat mengakibatkan kelainan genetik. Ikatan kimia penting misalnya ikatan pada struktur DNA dalam kromosom.JENIS-JENIS SINAR YANG DIPANCARKAN UNSUR RADIOAKTIF Sinar Partikel Alfa Beta Gamma Netron Proton Positron Detron Triton Massa 4 0 0 1 1 0 2 3 Muatan +2 -1 0 0 +1 +1 +1 +1 Simbol atau atau atau BAHAYA PENGGUNAAN RADIOAKTIF 1. Suatu dosis yang diterima pada sekali paparan akan lebih berbahaya daripada bila dosis yang sama diterima pada waktu yang lebih . Ionisasi: dalam hal ini partikel radiasi menabrak elektron orbital dari atom atau molekul zat yang dilalui sehinga terbentuk ion positip dan elektron terion. 2. Pemutusan Ikatan Kimia: radiasi yang dihasilkan oleh zat radioaktif rnempunyai energi yang dapat mernutuskan ikatan-ikatan kimia. eksitasi.

radio-imunoassay dan bakteriologis. Selain memiliki manfaat yang sangat besar bagi kehidupan manusia. beberapa contoh radioaktif yang berbahaya adalah sebagai berikut: A. Apabila ada makhluk hidup yang terkena radiasi atom nuklir yang berbahaya biasanya akan terjadi mutasi gen karena terjadi perubahan struktur zat serta pola reaksi kimia yang merusak sel-sel tubuh makhluk hidup baik tumbuh-tumbuhan maupun hewan atau binatang. . dan sudah tidak dapat difungsikan. dapat berbentuk padat.lama. dari berbagai kegiatan seperti diagnosa atau terapi dengan sinar X atau radioisotop. Pencemaran Radioaktif Pengertian atau arti definisi pencemaran radioaktif adalah suatu pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh debu radioaktif akibat terjadinya ledakan reaktor-reaktor atom serta bom atom. B. Bahan atau peralatan tersebut terkena atau menjadi radioaktif kemungkinan karena pengoperasian instalasi nuklir atau instalasi yang memanfaatkan radiasi pengion. Zat radioaktif pencemar lingkungan yang biasa ditemukan adalah 90SR merupakan karsinogen tulang dan 131J. cair atau gas. Zat radioaktif yang sudah tidak dapat digunakan lagi. Bahan serta peralatan yang terkena zat radioaktif atau menjadi radioaktif. beta dan gamma yang sangat membahayakan makhluk hidup di sekitarnya. Secara alami kita mendapat radiasi dari lingkungan. Limbah Radioaktif Limbah radioaktif adalah bahan yang terkontaminasi dengan radio isotop yang berasal dari penggunaan medis atau riset radio nukleida. Selain itu partikel-partikel neutron yang dihasilkan juga berbahaya. Di samping itu. Orang yang tinggal di sekitar instalasi nuklir juga mendapat radiasi lebih banyak. ternyata unsur-unsur radioaktif juga memiliki efek samping yang cukup berbahaya. Limbah ini dapat berasal dari antara lain : tindakan kedokteran nuklir. Ada beberapa pengertian limbah radioaktif : 1. Yang paling berbahaya dari pencemaran radioaktif seperti nuklir adalah radiasi sinar alpha. dan atau 2. tetapi masih dalam batas aman. misalnya radiasi sinar kosmis atau radiasi dari radioakif alam.

Radiasi unsur radioaktif dapat menyebabkan kerusakan kulit dan sistem saraf KESIMPULAN   Limbah Radioaktif adalah bahan yang terkontaminasi dengan radio isotop yang berasal dari penggunaan medis atau riset radio nukleida. Beberapa efek negatif lain dari radiasi unsur radioaktif terhadap manusia yaitu : a. Radiasi unsur radioaktif dapat merusak jaringan sel b. sehingga keturunannya mengalami cacat. diagnosa penyakit yang penting antara lain tumor ganas. Ada kemungkinan pula bahwa kerusakan sel akibat radiasi mengganggu fungsi genetika manusia. . Radiasi unsur radioaktif dapat menyebabkan kemandulan dan mutasi pada keturunan e. sel-sel yang masih tetap hidup namun mengalami perubahan. Pengertian atau arti definisi pencemaran radioaktif adalah suatu pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh debu radioaktif akibat terjadinya ledakan reaktor-reaktor atom serta bom atom. Kemajuan teknologi dengan ditemukannya zat radioaktif dan radioisotop memudahkan aktifitas manusia dalam berbagai bidang kehidupan. Disamping itu. Radiasi unsur radioaktif dapat menyebabkan penyakit leukimia d. beta dan gamma yang sangat membahayakan makhluk hidup di sekitarnya. Radiasi unsur radioaktif dapat menurunkan kekebalan tubuh terhadap penyakit c.Bahaya radiasi adalah radiasi dapat melakukan ionisasi dan merusak sel organ tubuh manusia. Kerusakan sel tersebut mampu menyebabkan terganggunya fungsi organ tubuh. dalam jangka panjang kemungkinan menginduksi adanya tumor atau kanker.  Zat radioaktif dan radioisotop berperan besar dalam ilmu kedokteran yaitu untuk mendeteksi berbagai penyakit. Yang paling berbahaya dari pencemaran radioaktif seperti nuklir adalah radiasi sinar alpha.

blogspot.com/2011/03/apa-itu-radioaktif-dan-apa-efek-dari.wordpress.limbahradioaktif.DAFTAR PUSTAKA www.com http://ingebinzoez.com/radioaktif/ http://agussatyaww.html .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful