You are on page 1of 20

SITI BINAYU ADZANI 1112103000028

Kesehatan dalam Konsep Al Quran

Bab I Pendahuluan

Seperti yang telah kita ketahui, Al Quran adalah kitab suci bagi seluruh umat muslim. Dengan membaca dan mempelajarinya, kita akan mendapat pedoman untuk bisa hidup di dunia dan menggapai kebahagiaan di akhirat. Tidak hanya mengajari untuk beribadah kepada Allah dan bagaimana menjadi umat yang baik bagi lingkungannya, Al Quran juga mengajari kita untuk hidup sehat. Hal ini tercermin kepada anjuran untuk meminum madu pada Al Quran dan mengenai pentingnya menjaga kebersihan. Dari hal itu saja saja, kita bisa memahami Al Quran mengandung materi untuk memelihara kesehatan dan mencegah penyakit. Dengan demikian, Al Quran menaruh perhatian penting dalam bidang kesehatan. Kita sebagai umat muslim harus mampu memahami dan mempraktikkan kesehatan dalam konsep Al dalam kehidupan sehari-hari Quran agar dapat menjadi muslim yang sehat.

Bab II Pembahasan
2.1 Mengenal Al Quran 2.1.1. Definisi Harfiah
1

SITI BINAYU ADZANI 1112103000028

Kata Quran adalah bentuk lampau yang berasal dari akar kata arab qaraa yang mengandung arti “ia membaca”, atau kata sifar dari qarana yang mengandung arti “ia mengimpun atau membaca”.1 Di dalam al-Quran sendiri, kata quran berarti “membaca” terdapat pada QS al –Isra’ 17:93:

“Atau kamu mempunyai sebuah rumah dari emas, atau kamu naik ke langit. Dan kami sekali-kali tidak akan mempercayai kenaikanmu itu hingga kamu turunkan atas kami sebuah kitab yang kami baca". Katakanlah: "Maha Suci Tuhanku, bukankah aku ini hanya seorang manusia yang menjadi rasul?" Selain itu, arti ‘mengucapkan” terdapat pada QS al-Qiyamah 75:18:

“Apabila Kami telah selesai membacakannya maka ikutilah bacaannya itu.” Sedangkan, kata Quran yang mengandung arti “sebuah kumpulan” terdapat pada QS al-Qiyamah 75:17:

“Sesungguhnya atas tanggungan Kamilah mengumpulkannya (di dadamu) dan (membuatmu pandai) membacanya” Dengan demikian, secara harfiah al-Quran berarti “bacaan”, “pengucapan”, atau “kumpulan”.1 2.1.2 Definisi Istilah
2

3 .1. jumlahlah adalah 6236 ayat.2 Mukjizat (‫)المعجز‬ I’jaz atau mukjizat mengandung pengertian menetapkan kelemahan. malaikat. sampai sekarang dan akhir zaman kelak.” 2. terdapat lima definisi mengenai al-Quran.SITI BINAYU ADZANI 1112103000028 Secara istilah. ternyata pendapat tersebut salah. banyak pendapat mengemukakan jumlah ayat berjumlah 6666. atau makhluk lainnya. lawan dari qudrah (potensi. yaitu: kalam Allah. kemudian menampakkan kelemahan mereka yang memusuhi sekaligus keunggulannya selamat dari perlawanan. agar kamu mengerti. Alquran merupakan satu-satunya wahyu yang disampaikan dalam bahasa Arab. diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Seperti yang dijelaskan Allah SWT dalam surat Yusuf ayat 2: Artinya adalah “Sesungguhnya Kami menurunkannya sebagai Qur'an berbahasa Arab. Setelah dilakukan perhitungan. diriwayatkan secara mutawatir. malaikat. kemampuan). 2. tetapi firman Allah yang diturunkan melalui wahyu.2. yakni ketidakmampuan mengerjakan sesuatu. mukjizat dapat didefinisikan sebagai sesuatu hal luar biasa untuk membuktikan kenabian/kerasulan seseorang disertai dengan tantangan bagi pihak yang memusuhinya. Sebanyak 114 surat terdapat pada Al Quran. Apabila mukjizat muncul.1 Kalam Allah (‫)اللهكلم‬ Sebagai kalam Allah (kalamullah).2. power. yang memberikan jaminan kesempurnaan dan kebebasannya dari kekurangan. bisa disaksikan hingga kini. dan membacanya adalah ibadah. Sehingga. Sejak zaman Nabi SAW. Awalnya. mukjizat. bahkan hewan sebab kalam Allah SWT berbeda dari kalam makhluk. maka nampaklah kemampuan mu’jiz (sesuatu yang melemahkan). Al Quran bukan merupakan ucapan Muhammad SAW.1.2 Hal ini tentu berbeda dengan kalam (perkataan) yang juga dimiliki oleh manusia dan jin. mukjizat ini terbukti dan tidak tertandingi. Al-Qur’an adalah mukjizat Nabi Muhammad SAW yang tetap abadi.

akhirnya karena pertimbangan banyaknya para huffadz (penghafal Alquran) yang gugur di medan perang.3 Diturunkan kepada Muhammad (‫وسلم عليه اللهصلى محمد قلبي‬ ‫)على المنزل‬ Allah swt menurunkan Al Quran kepada Rasulullah Muhammad saw melalui perantara Malaikat Jibril.2. ke dalam hatimu (Muhammad) agar kamu menjadi salah seorang di antara orang-orang yang memberi peringatan. serta kulit/daun kayu itu juga disebarkan kepada para sahabat.2.4 Diriwayatkan secara Mutawatir (‫)بالتواتر المنقول‬ Mutawatir artinya riwayat yang disampaikan oleh tiga orang atau lebih yang memiliki kualifikasi terbaik sebagai orang-orang yang kredeibel moralnya. sempurna kapabilitas hafalannya. Pengumpulan Alquran pertama kami dilakukan pada masa kekhalifahan Abu Bakar atas usul Umar bin Khattab. Alquran blm dibukukan dalam mushaf. Allah SWT berfirman surat Asy-Syu’ara 192-195: “Dan sesungguhnya Al Quran ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta alam. dengan bahasa Arab yang jelas. Zaid bin Tsabit kemudian ditunjuk memimpin misi pengumpulan Alquran bersama Ubay bin Ka’ab. Beliau juga menyuruh kuttab (penulis wahyu) untuk menuliskan ayat-ayat yang baru diterimanya itu. kulit hewan.1. Ali bin Ali 4 . kemudian para sahabat menghafalkan ayat-ayat tersebut.2 Setiap kali Rasulullah SAW menerima wahyu yang berupa ayat-ayat Al-Qur’an beliau membacakannya di depan para sahabat. Tulisan para kuttab itu disimpan di rumah Rasul. Ayat-ayat yang ditulis di pelepah kurma.1. Saat Rasul masih hidup. dan tulang.” 2.SITI BINAYU ADZANI 1112103000028 2. Meskipun pada awalnya ditolak. dia dibawa turun oleh Ar-Ruh Al-Amin (Jibril). dan tidak pernah berbohong.

dan Abdurrahman bin Harits untuk menyalin mushaf Abu Bakar yang ada di tangan Hafshah. dengan demikian. agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. yaitu:3 5 .5 Membacanya bernilai ibadah (‫)بتلوته المتعبد‬ Diantara keistimewaan Al-Qur'an adalah pahala besar yang akan diperoleh bagi orang yang membacanya. mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi. Berdasarkan hasil musyawarah tulisan Alquran ini dinamakan “mushaf”. akhirnya disepakati untuk menstandarkan setelah Hudzaifah Ibn Yaman mengusulkan kepada khalifah. Salinan yang asli disimpan Utsman dan mushaf inilah yang disalin dan diperbanyak sampai saat sekarang ini.” 2. 2. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri. Baik dalam shalat maupun di luar shalat. Abdullah bin Zubair. bernilai ibadah yang sekaligus membedakannya dari hadits Qudsi.2. Utsman memerintahkan Zaid bin Tsabit. Al Quran memiliki nama lain.SITI BINAYU ADZANI 1112103000028 Thalib.1. Sa’ad bin Ash. Pada masa khalifah Utsman bin Affan terjadi perbedaan cara baca.2 Nama-Nama Al Quran Selain dari Al Quran. Utsman bin Affan. Dalam surat Fathir ayat 29-30: Yang artinya “Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rezki yang Kami anuge rahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan. Membaca Al-Qur'an.

menjadi pemberi penjelasan/keterangan (bayyin) ketika manusia menemukan jalan buntu saat menghadapai masalah. menjadi peringatan (al-dzikr) ketika manusia lalai menjalankan syairat yang diperintahkan Tuhan.4 Pokok Kandungan Al Quran 6 . 185: ِ َ ْ ُ ْ َ َ ُ ْ َ ِ ٍ َ َّ َ ِ ّ ِ ً ُ ُ ْ ُ ْ ِ ْ ِ َ ِ ْ ُ ْ ِ ّ َ َ َ َ ُ ْ َ ‫. Al Quran memiliki fungsi lainnya antara lain:1 • • sebagai bukti atas kerasulan Nabi Muhammad saw sebagai pedoman hidup manusia. antara yang baik dan yang buruk. haq dengan bathil) • Al-Haqq yang berarti kebenaran Ilahi yang mutlak sempurna. sehingga manusia dapat membedakan yang hak dan yang batil (al-furqon).Furqan yang membedakan (antara yang benar dan yang salah. sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang salah)”. 2. dan akhlak. Al-Hikmah yang berarti hikmah atau kebijaksanaan Al-Huda yang berarti petunjuk hidup As-Syifa yang berarti penyembuhan rohani Ad-Dzkiru yang berarti pengingat Al-Kitab yang berarti tulisan atau yang ditulis • • • • • 2.SITI BINAYU ADZANI 1112103000028 • Al.شهر رمضان الذي أنزل فيه القرآن هدى للناس وبينات من الهدى والفرقان‬ “bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an. Hal ini tertuang dalam QS. syariat. • sebagai petunjuk dalam persoalan-persoalan akidah.3 Fungsi Al Quran Fungsi utama Al Quran adalah sebagai hudan linnas atau petunjuk bagi manusia. Sehingga dari petunjuk tersebut. Al-Baqarah/2.

yaitu pengabdian terhadap Allah swt Akhlak. yaitu mengatur manusia Hubungan masyrakat. 114 surat. Al Quran dimulai dari surat Al Fatihah dan ditutup dengan surat terakhir yaitu surat An-Nas. Informasi yang diberikan tidak pernah kehabisan makna. keindahan dan keserasian bahasanya. di dalam Al quran banyak terdapat ajaran dari berbagai bidang yang akan digunakan oleh manusia. Al Quran tetap aktual dan secara luar biasa mampu memberikan makna dan inspirasi yang menarik di tengah perkembangan dan kemajuan IPTEK.SITI BINAYU ADZANI 1112103000028 Di dalamnya. dan 6236 ayat. • Al Quran banyak berbicara tentang alam dan fenomenanya. keseimbangan katakata dan kalimatnya. Berikut adalah beberapa kelebihannya: • Dari segi bahasa dan bahasannya. yaitu sebagai teladan dari kejadian di masa lampau 2. Contohnya adalah mengenai kemenangan Romawi setelah kekalahannya. yaitu keimanan terhadap Allah swt Ibadah. Al Quran terkandung 30 juz. sesama manusia. usang. serta keselarasan kata dan maknanya bukan saja memberikan irama tertentu tapi juga menimbulkan keindahan dan kedalaman makna multidimensi. 7 . yaitu sikap dan perilaku terhadap Allah.5.4 Sebagai pedoman hidup umat manusia. • Al Quran kadang berbicara tentang peristiwa yang belum terjadi atau terbukti pada waktu turunnya ayat yang bersangkutan. apalagi bertentangan. dan kemudian kenyataan fenomena alam membuktikan kebenarannya. Bahkan. yaitu mengatur tata cara kehidupan manusia Janji dan ancaman. Dalam penyusunan. yaitu balasan dan hukuman bagi manusia Sejarah. Berikut merupakan pokok kandungan Al Quran:5 • • • • • • • Tauhid. Al quran mempunyai kelebihan yang tak ada tandingannya di dunia ini. dan makhluk lain Hukum. Kelebihan Al Quran dengan Kitab Lainnya Al Quran sebagai kitab suci dan termasuk ke dalam rukun iman tentu memiliki kelebihan atau keunggulan di antara kitab-kitab yang lainnya.

serta meluruskan kitab-kitab yang sebelumnya dari penyimpanan perubahan . seperti pada doa duduk di antara dua sujud. di dalam Al quran banyak terdapat istilah yang berhubungan 8 . Selain itu. Ia tetap berlaku pada sepanjang masa dan tempat. Selain itu juga ada kata al-‘afiyah. 2. dan kekurangan serta dalam keadaan normal.6 Istilah Kesehatan dalam Al Quran Istilah sehat dapat ditemukan dalam bahasa Arab yaitu Ash-shihhah yang digunakan untuk mengungkapkan sehat atau yang seakar dengannya yaitu keadaan baik. seperti: ‫)نعمتان مغبون فيهما كثير من الناس الصحة والفراغ. • Di dalam Al Quran tidak dijumpai sesuatupun yang bertentangan dengan akal atau tidak sesuai dengan kenyataan alamiah atau menyesatkan. )رواه البخاري‬ ُ َ َ ْ َ ُ ّ ّ ِ ّ َ ِ ٌ ْ َِ َ ِ ْ ِ ٌ ْ ُْ َ ِ ََ ْ ِ “Dua kenikmatan yang banyak manusia menjadi rugi (karena tidak diperhatikan). Taurat. • Kandungan Al Quran mencakup pokok-pokok ajaran kitab suci yang lain terutama Injil. • Naskah yang asli sampai hari ini masih ada dan terpelihara secara suci dari perubahan atau penyelewengan tangan-tangan manusia. tidak seperti kitab suci yang lainnya. (HR. dan Zabur. Al Quran sebagai pedoman hidup umat manusia tentu menyimpan hal yang tekait dengan bidang kesehatan. al’afiyah digunakan untuk mengungkapkan kesehatan rohani. yaitu kesehatan dan waktu luang”. Jika ash-shihhah untuk mengungkapkan kesehatan jasmani. penyakit. Al-Bukhari) Sedangkan kata al-`afiyah banyak ditemukan dalam doa.SITI BINAYU ADZANI 1112103000028 • Al Quran diturunkan untuk semua umat manusia dan bahkan di luar manusia (Jin). Sehingga. bebas. namun sering diungkap dalam hadis Rasulullah saw. Istilah sehat memang tidak dapat ditemukan dalam Al Quran secara spesifik namun secara umum. yaitu ِِ َ َ َ ْ َ َ ْ َ ْ ِ ِِ َ َ ‫( وعععافني فيم عن عععافيت‬dan anugerahkan kesehatan padaku sebagaimana oran yang kau beri kesehatan). kesehatan menjadi salah satu hal yang juga menjadi perhatian di dalamnya. Al Quran utuh serta menyeluruh.6 Baik ash-shihhah maupun al-‘afiyah memang tidak terdapat dalam Al Quran. yaitu ‫( وعافني‬dan anugerahkan kesehatan padaku) dan dalam doa Qunut.

1 Asy-asyifa Pengertiannya adalah keadaan yang mendekati sesuatu. apa saja yang kamu nafkahkan pada jalan Allah niscaya akan dibalasi dengan cukup kepadamu dan kamu tidak akan dianiaya (dirugikan)”. surat al-fatihah juga disebut sebagai surah asy-syafiyah karena menurut riwayat dapat menyembuhkan penyakit. 9 . sedang Allah mengetahuinya.orang yang zalim selain kerugian”.6. karena mendekati pulih lagi seperti ketika sebelum sakit. Al-Qur’an menganjurkan agar seluruh umat islam selalu menjaga diri dan punya kekuatan. Selain itu.6. Misalnya dalam Q.Kata asy-syifa disebut 8 kali dalam al-qur’an dengan arti tersebut. Berikut merupakan istilah yang terkait dengan kesehatan di dalam Al Quran: 2. Secara umum.2 Al-Quwwah Definisinya adalah kekuatan yang merupakan sangat penting bagi kesehatan agar jasmani menjadi kuat.S alAnfal ayat 60 ْ ِ ِ ْ ُ ْ ِ َ ْ ِ َ َ ِ ُ ّ ُ َ َ ِ ّ ُ َ ِ ِ َ ْ ُ ِ ْ ُ ِ ْ َ ْ ِ َ ِ ْ ِ َ ٍ ّ ‫وأ ِ ّ ْ َ ُ ْ َ ْ َ َ ْ ُ ْ ِ ْ ق‬ ‫. ََعدوا لهم مااستطعتم من ُوة ومن رباط الخيل ترهبون به عدو ال وعدوكم وآخرين من دونهم‬ Artinya: “Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi dan dari kuda-kuda yang ditambat untuk berperang (yang dengan persiapan itu) kamu menggentarkan musuh Allah dan musuhmu dan orang orang selain mereka yang kamu tidak mengetahuinya. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Q.S Al-Isra’ ayat 82: َ ْ ِ ِ ْ ُ ْ ِ ٌ ‫َ ُ َ ّ ُ ِ َ ْ ُ ْ ِ َ ُ َ ِ َ ٌ َ َ ْم‬ ‫وننزل من القرآن ما هو شفاء ورح َة للمؤمنين‬ Artinya: “Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang. 2. arti asy-syifa adalah kesembuhan.SITI BINAYU ADZANI 1112103000028 dengan kesehatan.

seperti hati yang selalu bertobat (at-taqwa). antara lain: • Kesehatan jasmani Kesehatan jasmani berarti baiknya keadaan seluruh anggota tubuh seseorang dalam melakukan berbagai aktifitas dan terbebas dari berbagai penyakit. defini kesehatan dalam Islam ternyata mencakup kesehatan jasmani. terdapat ciri-ciri jiwa yang sehat yang dalam Al-Qur’an di sebut Qalbun Salim... dan sosial yang dimiliki manusia. hati yang selalu ada manfaatnya (al-shumi). hal yang berkaitan dengan kesehatan jasmani. rohani. Kebersihan ini terdapat dalam QS Al Baqarah ayat 22: “.. Kesehatan fisik mencakup kebersihan seseorang..[3] Di dalam Al Quran. Selain itu.. rohaniah.. rohani..sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.SITI BINAYU ADZANI 1112103000028 Berkaitan dengan hal di atas. sebagai karunia Allah yang wajib disyukuri dengan mengamalkan (tuntunan-Nya) dan memelihara serta mengembangkannya. hati yang selalu butuh pertolongan Allah (al-faqir). dan sosial juga dapat ditemukan. Istilah ini juga berkaitan dengan perkataan afiat. hati yang selalu menjaga dari hal-hal keduniaan (al-zuhd).7 Konteks kesehatan rohani tercantum dalam Al Quran Surat Ar-Ra'd ayat 28: 10 . dan sosial seperti definisi dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Kesehatan adalah ketahanan jasmaniah. [2] • kesehatan rohani Kesehatan rohani atau kesehatan mental adalah keadaan seseorang yang terhindar dari gangguan jiwa.

SITI BINAYU ADZANI 1112103000028 “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. lemah. Istilah ini dapat ditemukan dalam QS al-fath ayat 17 11 .S al-Baqarah ayat 10 “Dalam hati mereka ada penyakit[23]. Kelemahan keyakinan itu. agama dan orang-orang Islam.8 2.a. disebutkan sebanyak 24 kali yang maknanya penyakit jasmani atau rohani. Kata ini dapat ditemukan pada Q. dan bagi mereka siksa yang pedih.w. hubungan manusia dengan penciptanya (hablumminallah). disebabkan mereka berdusta”.Yakni keyakinan mereka terdahap kebenaran Nabi Muhammad s. Ingatlah. Di dalamnya. iri-hati dan dendam terhadap Nabi s. yaitu meliputi hubungan manusia dengan sesamanya (hablumminannas). hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram” • kesehatan sosial Kesehatan sosial merupakan interaksi dinamis manusia sebagai titik sentralnya. • Al-maridh. Bila disebutkan lafadz al-maradh maknanya adalah penyakit rohani. • Al-maradh.7 Sakit dalam Al Quran Istilah sakit di dalam Al Quran adalah al-Maradh (penyakit) lawan dari asy-syifa.. hubungan manusia dengan alam lingkungannya (hablumminannafs). Dan apabila disebutkan dengan lafadz al-maridh maka maknanya penyakit jasmani.w. lalu ditambah Allah penyakitnya.a. menimbulkan kedengkian.

7 Pola Hidup Sehat Menurut Al Quran Alquran mengajarkan agar manusia selalu dalam kebaikan di dunia dan di akhirat. semua penyakit datang dari Allah dan Allah juga yang menyembuhkan. niscaya Allah akan memasukkannya ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai dan barang siapa yang berpaling niscaya akan diazab-Nya dengan azab yang pedih. dan Barangsiapa yang taat kepada Allah dan Rasul-Nya. Makna penyakit bagi orang yang beriman adalah sebuah ujian atas ketaatan kepada Allah. Dialah Yang menyembuhkan aku: “Tidaklah Allah menurunkan penyakit melainkan menurunkan penawarnya.” 2. Selain itu.7 Sebagaimana firman Allah pada Al Quran surat Asy-Syu'araa ayat 80: “dan apabila aku sakit. Sebagaiimana firman Allah swt dalam QS Al-Baqarah ayat 201: 12 .SITI BINAYU ADZANI 1112103000028 Artinya: “Tiada dosa atas orang-orang yang buta dan atas orang yang pincang dan atas orang yang sakit (apabila tidak ikut berperang).” 2.7. kita harus memandang sakit dari sisi yang berbeda.1 Pandangan Al Quran terhadap sakit Sebagai seorang muslim.

SITI BINAYU ADZANI 1112103000028 Artinya adalah “Dan di antara mereka ada yang berdoa.1 QS Al-Mudatstsir ayat 4 Artinya adalah “Dan pakaianmu bersihkanlah” 2.2 QS Al-Maidah ayat 6 13 . “Ya Tuhan kami. 2. berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. istilah yang digunakan untuk kebersihan diri adalah Thaharah artinya kesucian atau kebersihan. Kata Thaharah disebutkan sebanyak 31 kali dalam Alquran.1 Kebersihan Diri Dalam Alquran. dan lindungilah kami dari azab neraka. Menjaga kebersihan merupakan tuntunan upaya menuju sehat dan terhindar dari penyakit.8 Ayat Kesehatan 2.8. Salah satu unsur dari kebaikan dunia adalah kesehatan.8.1.8. diantaranya adalah: 2.1.

” 2. maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih). yaitu: 2. Adapun petunjuk Alquran tentang hal ini sangat rinci. dan jika kamu sakit [403] atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan. lalu kamu tidak memperoleh air. dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki.2 Pola Makan Makan merupakan salah satu cara menuju sehat selain menjaga kebersihan diri.8. maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku. tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan ni'mat-Nya bagimu. apabila kamu hendak mengerjakan shalat.8. supaya kamu bersyukur.2.SITI BINAYU ADZANI 1112103000028 Artinya adalah “Hai orang-orang yang beriman.1 QS Al-A’raf ayat 31 14 . sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. dan jika kamu junub maka mandilah. Allah tidak hendak menyulitkan kamu.

8.8.” 2.2.” Masudnya disini adalah janganlah melampaui batas yang dibutuhkan oleh tubuh dan jangan pula melampaui batas-batas makanan yang dihalalkan. akan tetapi merekalah yang menganiaya diri mereka sendiri.2. makan dan minumlah. Kami melebihkan sebahagian tanam-tanaman itu atas sebahagian yang lain tentang rasanya.2. pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid. 2. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.3 QS Al-Baqarah ayat 57 Artinya adalah “Dan Kami naungi kamu dengan awan.” 2. dan tidaklah mereka menganiaya Kami. dan Kami turunkan kepadamu "manna" dan "salwa" [53]. disirami dengan air yang sama.2 QS Ar-Ra’d ayat 4 Artinya “Dan di bumi ini terdapat bagian-bagian yang berdampingan. dan janganlah berlebih-lebihan. Makanlah dari makanan yang baik-baik yang telah Kami berikan kepadamu. tanaman-tanaman dan pohon korma yang bercabang dan yang tidak bercabang.8.SITI BINAYU ADZANI 1112103000028 Artinya adalah Hai anak Adam. dan kebunkebun anggur.4 QS Al-Maidah ayat 3 15 . Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berfikir.

yang tercekik. Maka barang siapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa. berjudi. sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku. dan diterkam binatang buas. dan telah Ku-cukupkan kepadamu ni'mat-Ku. sesungguhnya (meminum) khamar. yang jatuh. dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu. sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala. (mengundi nasib dengan anak panah itu) adalah kefasikan. yang terpukul.2. Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu. (berkorban untuk) berhala.8. yang ditanduk. Dan (diharamkan juga) mengundi nasib dengan anak panah. adalah termasuk perbuatan syaitan.5 QS Al-Maidah ayat 90 Artinya adalah “Hai orang-orang yang beriman.” 16 . (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah. darah. kecuali yang sempat kamu menyembelihnya.SITI BINAYU ADZANI 1112103000028 Artinya adalah “Diharamkan bagimu (memakan) bangkai. mengundi nasib dengan panah. daging babi. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan. Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu.” 2.

dan Dia menjadikan siang untuk bangun berusaha”. 2.3 Q. [699] Maksudnya: Rasul dan orang-orang yang beriman. Dengan istirahat yang cukup diaharapkan tubuh dapat berfungsi secara optimal.8. Karena istirahat sangat penting bagi manusia.S Yunus ayat 67 Artinya: “Dialah yang menjadikan malam bagi kamu supaya kamu beristirahat padanya dan (menjadikan) siang terang benderang (supaya kamu mencari karunia Allah). 2.8.وهوالذي جعل لكم الليل لباسا والنوم سباتاوجعل النهار نشورا‬ ً ْ ُ ُ َ َ ّ َ َ َ َ ً َُ َ ْ ّ َ ً َِ َ ْ ّ ْ ُ َ َ َ َ ِ ّ َ ُ َ Artinya: “Dialah yang menjadikan untukmu malam (sebagai) pakaian.3.[1] (10) dan Kami jadikan siang untuk mencari penghidupan(11)”.8. (9) dan Kami jadikan malam sebagai pakaian.3 Istirahat yang Cukup Kebutuhan dasar yang mutlak harus dipenuhi oleh setiap orang adalah istirahat yang cukup. sehingga Allah swt mengajarkan manusia untuk bisa membagi waktu bekerja dan istirahat seperti dalam ayat Al Quran di bawah ini: 2. dan tidur untuk istirahat.8.SITI BINAYU ADZANI 1112103000028 2. وجعلنا الليل لباسا.3. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang mendengar[699]”. [1] Malam itu disebut sebagai pakaian karena malam itu gelap menutupi jagat sebagai pakaian menutupi tubuh manusia.2 QS An-Naba’ ayat 9-11 ‫وجعلنا نومكم سباتا. وجعلنا النهارمعاشا‬ ً َ َ َ َ ّ ََْ َ َ ً َِ َ ْ ّ ََْ َ َ ً َُ ْ ُ َ ْ َ ََْ َ َ Artinya: “Dan Kami jadikan tidurmu untuk istirahat.3. 17 .1 QS Al-Furqan ayat 47 ‫.

2. apa saja yang kamu nafkahkan pada jalan Allah niscaya akan dibalasi dengan cukup kepadamu dan kamu tidak akan dianiaya (dirugikan)”.8. dan janganlah kamu membunuh dirimu[287].4 Olahraga Olahraga memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh manusia.8. إن ال كان بكم رحيما‬ ً ْ ِ َ ْ ُ ِ َ َ َ ّ ِ ْ ُ َ ُ ْ َ ْ ُُ ْ َ َ َ Artinya: “Hai orang-orang yang beriman. kecuali dengan jalan perniagaan yang Berlaku dengan suka sama-suka di antara kamu. karena cuaca sangat dingin. Hal ini terdapat dalam al-qur’an surat an-Nisa’ ayat 29 ‫ولتقتلوا أنفسكم. Salah satunya adalah untuk menjaga tubuh kuat dan tetap sehat. sebab membunuh orang lain berarti membunuh diri sendiri.5 Pencegahan dan Penyembuhan Salah satu upaya untuk menjadi sehat adalah dengan cara pencegahan dan penyembuhan.8. 2. 18 . karena umat merupakan suatu kesatuan. janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil. Asbabun nuzul dari ayat ini adalah adanya seorang sahabat yang tidak mandi setelah junub.5. [287] Sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu”. Al-qur’an secara tersirat mengajarkannya pada Surat Al-Anfal ayat 60: ‫وأعدوا لهم مااستطعتم من قوة ومن رباط الخيل ترهبون به عدو ال‬ ِ ّ ُ َ ِ ِ َ ْ ُ ِ ْ ُ ِ ْ َ ْ ِ َ ِ ْ ِ َ ٍ ّ ُ ْ ِ ْ ُ ْ َ َ ْ َ ْ ُ َ ْ ّ ِ ََ ْ ِ ِْ ُ ْ ِ َ ْ ِ َ َ ِ ُ ّ ُ َ َ ‫وعدوكم وآخرين من دونهم‬ Artinya: “Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi dan dari kuda-kuda yang ditambat untuk berperang (yang dengan persiapan itu) kamu menggentarkan musuh Allah dan musuhmu dan orang orang selain mereka yang kamu tidak mengetahuinya. maka ia hanya melakukan tayamum. sedang Allah mengetahuinya. ia khawatir bila mandi akan membahayakan dirinya.1 Pencegahan Yaitu menghindari sesuatu yang mungkin menyebabkan penyakit/kematian.SITI BINAYU ADZANI 1112103000028 2. Larangan membunuh diri sendiri mencakup juga larangan membunuh orang lain.

Inilah air yang sejuk untuk mandi dan minum. dan mencegah penyakit. Salah satu petunjuk al-qur’an adalah yang terkait dengan Nabi Ayyub a.SITI BINAYU ADZANI 1112103000028 2. akhlak. Bab III Kesimpulan Al Quran adalah kalam Allah yang diturunkan secara berangsurangsur kepada Nabi Muhammad saw melalui Malaikat Jibril dengan isi 30 juz. Dengan kandungan tersebut Al Quran akan memiliki keunggulan dibandingkan kitablain dan benar-benar dapat dijadikan pedoman hidup umat manusia. mengatur pola makan yang baik. istirahat yang cukup. Daftar Pustaka 19 . baik secara medis dan alternatif. Pokok kandungannya terdiri dari tauhid. هذا مغتسل بارد وشراب‬ Artinya: “Dan ingatlah akan hamba Kami Ayyub ketika ia menyeru Tuhan-nya: "Sesungguhnya aku diganggu syaitan dengan kepayahan dan siksaan”(Allah berfirman): "Hantamkanlah kakimu.s yang berdoa memohon kesembuhan penyakit yang terdapat dalam surah Shaad ayat 41-42 .5. dan 6236 ayat.8.‫واذكر عبدنا أيوب، إذ نادى ربه أني مسني الشيطان بنصب وعذاب‬ ٍ َ َ َ ٍ ْ ُِ ُ َ ْ ّ َ ِ ّ َ َّ ُ َّ َ َ ْ ِ َ ْ َّ َ َ ْ َ ْ ُ ْ َ ٌ َ َ َ ٌ ِ َ ٌ َ َ ْ ُ َ َ َ ِْ ِ ِ ْ ُ ْ ُ ‫اركض برجلك. olahraga.2 Penyembuhan Hal ini adalah upaya untuk menyembuhkan penyakit sesuai dengan ajaran islam. dan sejarah. 114 surat. Salah satu pedomannya adalah dalam konsep kesehatan dalam Al Quran. Al Quran dengan ayat-ayatnya menyuruh manusia agar bisa menjadi umat yang sehat dengan menjaga kebersihan. ibadah. hukum. janji dan ancaman. hubungan masyarakat.

Achmad. Siti. 2/10/2012 2 3 Syafe’i. Makhmud. Profesor Hembing pemenang the Star of Asia Award. Kesehatan dalam Perspektif Al Quran. 2/10/2012.org/pengertian-sejarah-dan-pokok-isi-kandungan-al-quranalquran.upi. 4 Badrus. Jakarta: Faza Media. Al Quran Sebagai Sumber Nilai Islam.id/sites/default /files/AQ%20pedoman%20manusia. Lajnah Penasihat Mushaf Al Quran. Study Islam. 2009 7 Sakit dalam Islam. 2005 Al Quran sebagai pedoman manusia.edu/Direktori/FPIPS/M_K_D_U/195504281988031MAKHMUD_SYAFE%27I/ALQUR%92AN_SEBAGAI_SUMBER_NILAI_ISLAM _%284_HALAMAN%29. Diunduh dari: http://organisasi. Sejarah Dan Pokok Isi Kandungan Al-Quran / AlQuran. 2000 20 . Etika Kedokteran Islam dan Kewajiban Dokter Muslim Terhadap Penderita Penyakit. Diunduh dari: http://staff. Diunduh dari: http://file.pdf. 2/10/2012 6 Departemen Agama RI. Diunduh dari: http://www.SITI BINAYU ADZANI 1112103000028 1 Gholib.pdf.ac.pengetahuan-agama-islam. Pengertian. Jakarta: UIN SH Jakarta 8 Nafsiah.com/doc/29380104/Makalah-Studi-Al-Qur-An. 2/10/2012 5 Godam. Gema Insani.scribd. Makalah Studi Al Quran.uny.