Potensial dan Medan Elektrostatik pada Dipole Salah satu metode khusus dalam penghitungan potensial listrik ialah

metode ekspansi multipole, yakni suatu muatan non-titik pada jarak yang sangat jauh sehinggap bisa dianggap titik. Pada sebaran muatan itu terdapat kaitan-kaitan monopole (tunggal), dipole (ganda), quadrupole (kuartet), octopole (oktet), dan seterusnya, Jadi sebelum memahami muatan sebaran yang rumit (terdiri dari banyak muatan titik), perlu dipahami terlebih dahulu sistem dipole atau quadrupole. Untuk dipole, berikut gambarannya:

potensial listrik, V

dengan aturan cosinus, r+:

dengan cara yang sama, r-:

maka V = 0. . didapatkan (sampai suku ke-3): abaikan d2/z2 pada suku ke-3.dengan menggunakan ekspansi binomial. karena nilainya sangat kecil dengan cara yang sama sehingga potensial listrik di titik P jika dimasukkan θ = 90° (cos 90° = 0).

Adapun medan listrik (electrostatic field). Bandingkan . potensialnya akan berubah berbanding terbalik dengan kuadrat jaraknya dan medan listriknya berubah berbanding terbalik dengan pangkat tiga jaraknya. E dengan mengganti z = r (ke koordinat bola) diperoleh: sehingga: Kalau mau. garis hijau menunjukkan potensial listrik dan garis ungu medan listrik. perhatikan gambar di bawah (kalau nggak mau ya nggak usah). Jadi pada dipole.

kenapa bisa berbeda? Untuk menjawabnya. . cobalah Anda buktikan bahwa: untuk z >> d.dengan bentuk umum hukum Coloumb.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful