ENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Perkembangan teknologi saat ini telah memberikan pengaruh yang sangat besar bagi dunia teknologi informasi. Seiring dengan tingkat mobilitas yang tinggi, beberapa tahun terakhir tengah marak perangkat bergerak atau mobile device. Salah satu perangkat mobile yang paling pesat adalah Handphone dimana hampir setiap orang memilikinya. Handphone yang sedianya sebagai alat komunikasi, saat ini sudah lebih dari fungsi dasarnya. Berbagai macam fitur telah ditanamkan, seperti pengolah gambar dan video, pengolah dokumen dan lain sebagainya. Hal ini tak lepas dari penggunaan Sistem Operasi pada Handphone. Layaknya pada komputer, Handphone pun dapat di instal berbagai macam aplikasi yang diinginkan. Android merupakan sistem operasi mobile yang tumbuh di tengah sistem operasi lainnya yang berkembang dewasa ini. Sistem operasi lainya seperti Windows Mobile, I-Phone OS, Symbian, dan masih banyak lagi yang juga menawarkan kekayaan isi dan keoptimalan berjalan di atas perangkat hadware yang ada. Android menawarkan sebuah lingkungan yang berbeda untuk pengembangan. Android sebagai Sistem Operasi berbasis linux yang dapat digunakan di berbagai perangkat mobile. Android memiliki tujuan utama untuk memajukan inovasi piranti telepon bergerak agar pengguna mampu mengeksplorasi kemampuan dan menambah pengalaman lebih dibandingkan dengan platform

1

Hal-hal yang berhubungan dengan agama Islam pada sebagian masyarakat dianggap sebagai suatu hal yang kuno dan ketinggalan zaman. Penyebab utamanya adalah keserakahan atau ketamakan manusia. baik secara sistem maupun aplikasinya.Karena itu mengakibatkan ilmu faraid menjadi suatu ilmu yang 2 . Pembagian warisan sering kali menjadi suatu permasalahan yang terkadang memicu pertikaian dan menimbulkan keretakan hubungan keluarga. Di samping itu terbatasnya pakar atau orang-orang yang memiliki pengetahuan dan keahlian khusus yang dapat memberikan solusi terhadap orangorang yang membutuhkan informasi tentang pembagian harta warisan secara Islam Pada prinsipnya pembagian warisan dalam hukum Islam bukan untuk menyulitkan manusia. Salah satu pengaruh negatif dari globalisasi dalam kehidupan masyarakat adalah terjadinya pergeseran gaya hidup dan cara pandang masyarakat pada halhal yang berhubungan dengan agama Islam. seperti siapa saja yang berhak mendapat harta waris dari semua ahli waris dan berapa jumlah bagiannya. tetapi untuk memberikan kemudahan bagi manusia dan agar tidak terjadi pertengkaran dalam keluarga setelah almarhum maninggal.. termasuk dalam hal pembagian harta warisan atau ilmu faraid. Hingga saat ini Android terus berkembang. Banyak orang Islam yang alergi dengan aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh agama. dan juga karena kurangnya pengetahuan pihak-pihak yang terkait tentang hukum pembagian warisan. Ilmu faraid (waris) memberikan penjelasan tentang cara-cara pembagian harta waris.mobile lainnya.

3. Perumusan Masalah Berdasarkan latar belakang yang telah ditulis sebelumnya. maka perumusan masalah yang akan diteliti. 4." Setiap orang yang memerlukan cara pembagian harta waris menurut hukum Islam akan sangat terbantu bila terdapat aplikasi handphone pembagian harta waris menurut agama Islam B. C. Pembagian harta waris menurut agama Islam 2. bahkan Imam Qurtubi telah mengisyaratkannya: "Betapa banyak manusia sekarang mengabaikan ilmu faraid.langka. Program aplikasi yang digunakan untuk membangun sistem adalah App Inventor. Kurangnya kepedulian umat Islam terhadap disiplin ilmu ini memang tidak kita pungkiri. yaitu “Bagaimana membuat Aplikasi Berbasis sistem Operasi Android yang dapat Menghitung Pembagian Harta Waris Menurut Agama Islam dengan tepat dan akurat. penulis mengimplementasikannya pada ponsel Android seri froyo. Membangun rumus perhitungan waris. 3 . Batasan Masalah Adapun batasan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. sehingga saat melakukan pembagian pembagian harta warisan sering terjadi kebingungan karena pengetahuan yang kurang dan susah mencari tempat bertanya tentang hal tersebut. Mengimplementasikan metode ini pada Smartphone.

Manfaat Teoritis Penelitian ini diharapkan dapat menambah referensi dalam bidang sistem informasi. E.beberapa kitab Assunnah dan buku yang membahas hukum waris Islam. Tujuan Tujuan dari pembuatan aplikasi pembagian harta waris menurut agama Islam ini adalah 1. khususnya implementasi mengenai pembagian harta waris menurut agama Islam.H.5. Manfaat Manfaat yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu: 1. 6. 4 . Lubis. D. S. Materi waris mengacu kepada Hukum Waris Islam yang disusun oleh Suhrawardi K. S.H dan Komis Simanjuntak. Perhitungan waris yang dilakukan berdasarkan informasi yang didapatkan dari kitab Alqur’an. Memberikan kemudahan bagi orang-orang yang akan melakukan pembagian harta waris dengan menggunakan cara pembagian Islam secara cepat dan tepat. menghasilkan aplikasi sebagai alat bantu dalam melakukan pembagian harta waris menurut agama islam 2. .

Penelitian ini menjadi salah satu bahan referensi untuk peneliti lain bagi yang akan meneliti aplikasi yang sama dan mengupgradenya 5 .Manfaat Praktis a. c. b. Penelitian ini dapat menambah ilmu pengetahuan dan sekaligus menerapkan teori yang didapat pengalaman diperkuliahan dalam masyarakat ataupun dunia kerja. Penelitian ini diharapkan dapat membantu masyarakat khususnya dalam bidang pembagian harta waris menurut agama Islam perhitungan harta waris agar lebih akurat dan cepat.

Sehingga pengolahan sumber data menjadi terarah. Kerangka pemikiran dalam skema ini diharapkan dapat menggambarkan isi penelitian dan identifikasinya. Kerangka pikir dari penelitian ini adalah sebagai berikut Identifikasi masalah dalam pengumpulan informasi data Perumusan masalah dan pembatasan masalah Perumusan tujuan dan Manfaat aplikasi Perancangan Sistem Informasi Hasil Pengujian Pembahasan Kesimpulan dan Saran 6 . Kerangka Pikir Penelitian Kerangka pikir pada penelitian ini dinyatakan dalam bentuk skema sederhana menurut pokok-pokok penelitian dan hubungannya.A.

serta guru ponpes ( pondok pesantren ) untuk memperolah informasi mengenai pembagian harta waris. Metode Pengumpulan Data 1. Interview atau wawancara Penulis melakukan pengumpulan data dengan cara wawancara langsung dengan mubaligh. menentukan ahli waris. Informasi dasar hukum waris islam: berisikan informasi tentang ayat-ayat dari Al-qur’an dan Al-hadis yang berkaitan dengan masalah kewarisan. c. Informasi aturan pembagian harta waris: berisikan informasi tentang siapa saja yang mendapat harta warisan dan bagian dari harta waris. jurnal maupun bentuk tulisan lainnya yang 7 . dan prosedur pembagian harta waris. 2.Gambar 1 kerangka pikir II. skripsi. B. Metode Perancangan System A. . Informasi waris: berisikan infomasi tentang harta waris dan sebab – sebab mendapat warisan b. Studi pusataka Studi yang bisa dijadikan sebagai bahan untuk mengumpulkan dan mengkaji data dengan membaca berbagai literatur yang ada kaitannya dengan masalah yang akan dibahas seperti buku. selanjutnya data tersebut kemudian digunakan sebagai berikut: a. Berdasarakan informasi yang diperoleh. Objek Penelitian Penulis mengambil objek penelitian yaitu perhitungan pembagian harta waris menurut agama Islam.

Mendefinisikan masalah dan kekurangan atau kelemahan pada sistem perhitungan yang sedang berjalan saat ini dengan menggunakan app Inventor. Eksperimen Eksperimen dilakukan dengan cara melakukan perancangan. implementasi sistem untuk membuat gambaran yang jelas dari masalah yang dihadapi dengan pembuatan simulasi program aplikasi. Perencanaan Tahap perencanaan dilakukan : a. selain itu dilakukan uji coba dan analisis implementasi yang dibuat C. 3. Analisa Kebutuhan Sistem 8 . Pengembangan terhadap sistem menggunakan metode pendekatan waterfall. 2. Metode Perancangan System Metodologi yang digunakan untuk menganalisis dan menggambarkan sistem adalah analisis dan desain terstruktur modern. antara lain: 1. b. Secara umum metodologi pengembangan sistem ini dibagi menjadi beberapa tahapan. Pendekatan ini dipilih karena pendekatan ini mempunyai struktur yang jelas dan terarah dalam setiap tahapan perancangan dan implementasinya.isinya berkaitan erat dengan masalah yang akan diteliti sebagai bahan referensi tertulis. Identifikasi masalah dan alur sistem yang lama.

9 . Implementasi Tahap implementasi dituliskan. 6. 5. 3. Desain Sistem Tahap desain sistem: a Membuat pemodelan proses. Penentuan tujuan pembuatan aplikasi. b Melakukan pemodelan data dengan merancang pemodelan database menggunakan class diagram. Pengujian Tahap pengujian dilakukan pengujian terhadap soal/ kasus pembagian waris yang sudah ditentukan sebelumnya. Perawatan/Maintenance merupakan tahapan dimana kode-kode pemrograman Tahap perawatan merupakan tahapan penerapan dan pemeliharanaan sistem yang sudah dibuat. Tahap ini tidak dilakukan karena membutuhkan waktu yang lama dalam pengerjaannya. b. Penentuan solusi atau fitur-fitur yang akan diberikan pada aplikasi yang akan dibuat. c Membuat desain antar muka aplikasi 4. yaitu menggambarkan perancangan alur sistem baru dengan menggunakan use case dan activity diagram.Tahap analisa kebutuhan sistem dilakukan : a.

New York.12 (No. Model Penilain kewajaran harga penawaran kontraktor dengan sistem evaluasi nilai. 2003. Wuryanti. 2005. Analisa Harga Satuan Pekerjaan Kota Bandung. Reini D.5 (No. Akuntansi Konstruksi untuk perusahaan property dan developer. 2009. Widiarti. 2010. Wirahadikusumah. Herwansyah. Jurnal manajerial. Andriani. Jurnal bidang rekayasa.. Diyan.3). Wahyu. 2004. Vol. Yatna. Edisi I. Estimasi Biaya konstruksi pekerjaan batu dan plesteran. 16. Analisa Sistem Informasi. 12. Estimasi Anggaran Biaya Konstruksi Dan Rencana Penjadwalan Tahap Desain Pada Pembangunan Kampus Bsi Margonda – Depok. Tata. Bachtiar I. 2005.6 (No. McGraw Hill Companies Inc. Jurnal teknik sipil. Sutabri. O'Brien. Supriyatna. 12. James A. Jakarta: Andi Offset. Vol. Jakarta. Muhamad Abduh. vol. Prosiding PPI Standardisasi. 2005. 2009. 6. 12th Edition. 10 . Jurnal Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan. Introduction to Information System. Standardisasi Pedoman Pengukuran Produktivitas Tenaga Kerja Untuk Pekerjaan Konstruksi Bangunan Gedung.2). Rencana dan Estimate real of Cost. Bandung : Dinas Tata Ruang dan Pemukiman Kota Bandung. 2005. penerbit Bumi Aksara.Daftar Pustaka Anonim. H.2).

Yusuf. Institut Teknologi Bandung. Tesis Program Magister. wahyu.A. Departemen Pekerjaan Umum. 2001. Studi Estimasi Biaya Tidak Langsung Proyek Konstruksi Pada Perusahaan Konstraktor Kualifikasi Besar di Daerah Bandung dan Jakarta. Sistem Informasi Akuntansi Buku ke-1. Kajian Indeks Biaya Konstruksi Pekerjaan Beton Bertulang dan Baja Untuk Konstruksi Bangunan Gedung.Wuryanti. edisi pertama Salemba Empat: Jakarta. D. Yusuf. 2005. 11 . A. 2010..

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful