TUGAS METODOLOGI PENELITIAN BAB 15 PENGAMBILAN SAMPEL (SAMPLING

)

Oleh : Doddy Hermawan F0209044

UNIVERSITAS NEGERI SEBELAS MARET SURAKARTA FAKULTAS EKONOMI MANAJEMEN 2011

Hasil yang Lebih Akurat 3. termasuk : 1. Pengumpulan Data yang Lebih Cepat 4. ukuran perilaku. Elemen bisa merupakan orang. Elemen merupakan satuan dari kajian. Apabila sampel diambil dengan tepat. atau pengetahuan (variable pengukuran) dari beberapa elemen sampel lain • Presisi Kriteria kedua dari desain sampel yang baik adalah presisi dari perkiraan. Sensus adalah penghitungan semua elemen dalam sebuah populasi. Ketersediaan Elemen Populasi 5. Biaya Lebih Rendah 2. kita dapat menarik kesimpulan tentang seluruh populasi. Sampel dibandingkan Sensus Bagaimanakah Sampel yang Baik? • Akurasi Akurasi adalah tingkat ketiadaan bias dalam sampel. Elemen populasi adalah partisipan individual atau objek dimana pengukuran akan dilakukan. Populasi adalah kumpulan dari keseluruhan elemen di mana kita akan menarik beberapa kesimpulan. sikap. atau sesuatu yang lain.Bab 15 Pengambilan Sampel (Sampling)  Sifat Pengambilan Sampel Gagasan dasar dari pengambilan sampel adalah bahwa dengan memilih beberapa elemen dalam sebuah populasi. Periset menyadari bahwa tidak ada sampel yang akan benar-benar mewakili populasi dalam . Mengapa Sampel? Ada beberapa alasan yang mendorong pengambilan sampel.

hanya berbicara dengan orang muda atau hanya berbicara dengan wanita).semua hal. tingkat risiko yang dapat ditolerir oleh periset. Seleksi Elemen Apakah elemen dipilih secara individual dan langsung dari populasi-dipandang sebagai polling tunggal. Hal ini ditunjukkan dalam peraga 15. kita membutuhkan sebuah ukuran seberapa dekat sampel mewakili populasi. sumber daya yang tersedia.  Langkah-langkah dalam Desain Pengambilan Sampel . Keputusan pengambilan sampel mengalir dari dua keputusan yang dibuat dalam formasi hirarki pertanyaan riset-manajemen : sifat pertanyaan manajemen dan pertanyaan investigasi spesifik yang berkembang dari pertanyaan riset. biaya. Pengambilan sampel probabilitas didasarkan pada konsep seleksi random-sebuah produser terkontrol yang memastikan bahwa setiap elemen populasi mempunyai kesempatan dipilih sebagai sampel. dan budaya.atau dilakukan kendali tambahan. Akan tetapi. Jenis-Jenis Desain Sampel Periset membuat beberapa keputusan ketika mendesain sebuah sampel. seleksi elemen bisa juga mengklasifikasikan sampel. Representasi Pengambilan sampel nonprobabilitas adalah pengambilan sampel yang berubah-ubah dan subjektif.1. biasanya hal yang sama berlaku pula pada pola atau skema dalam pikiran (misalnya. waktu. untuk mengintrepetasikan hasil riset. Keputusan-keputusan ini dipengaruhi oleh kebutuhan proyek dan tujuannya. apabila kita memilih sampel secara subjektif.

proporsi kejadian.Terdapat beberapa pertanyaan yang akan dijawab ketika menerima sebuah sampel. Apakah Metode Pengambilan Sampel yang Tepat? Periset menghadapi sebuah pilihan mendasar : sampel probabilitas atau nonprobabilitas. 3. Meskipun pertanyaan-pertanyaan ditampilkan secara berurutan. dibagi dengan jumlah total elemen dalam populasi. Idealnya. kerangka tersebut merupakan daftar yang lengkap dan benar dari anggota populasi saja. 2. Masing-masing memerlukan informasi yang unik. 4. Apakah Populasi Targetnya? Definisi populasi mungkin tampak jelas dilihat dari masalah manajemen atau dari pertanyaan-pertanyaan riset. ratarata. Kerangka pengambilan sampel merupakan daftar elemen dari mana sampel tersebut akan diambil. Statistik sampel merupakan penjelas dari variable-variabel relevan yang sama yang dihitung dari data sampel. sebuah jawaban untuk satu pertanyaan seringkali memaksa perbaikan untuk pertanyaan sebelumnya. 1. varians) dari variable dalam populasi. akan tetapi sering kali juga tidak. Apakah Kerangka Pengambilan Sampelnya? Kerangka pengambilan sampel terkait erat dengan populasi. Proporsi kejadian populasi sama dengan jumlah elemen dalam populasi dengan kategori tertentu. Seorang periset harus mengikuti prosedur yang tepat sehingga : • Pewawancara atau yang lain tidak dapat memodifikasi pilihan-pilihan yang telah dibuat . Apakah Parameter Permasalahannya? Parameter populasi merupakan penjelas rangkuman (misalnya.

karena masing-masing subkelompok harus memenuhi syarat ukuran sampel minimum  Pengambilan Sampel Probabilitas  Pengambilan Sampel Random Sederhana (Simple Random Sampling) Oleh karena semua sampel probabilitas harus menyediakan probabilitas tal=nol yang diketahui bagi seleksi setiap elemen populasi. Berapakah Ukuran Sampel yang Diperlukan? Beberapa prinsip yang mempengaruhi ukuran sampel termasuk : • Semakin besar penyebaran atau varians di dalam populasi. maka semakin besar sampel yang dibutuhkan • Semakin besar jumlah subkelompok yang menjadi perhatian dalam sebuah sampel. maka semakin besar sampel yang disediakan • Semakin sempit atau semakin kecil rentang error.• Hanya elemen-elemen yang terpilih dari kerangka pengambilan sampel asli yang disertakan • Substitusi tidak dipebolehkan kecuali dispesifikasikan dengan jelas dan dikontrol sesuai dengan aturan-aturan yang telah diputuskan sebelumnya Meskipun telah memperhatikan hal-hal tersebut. maka semakin besar sampel yang dibutuhkan agar dapat memberikan presisi estimasi • Semakin besar presisi estimasi yang diinginkan. 5. sampel actual yang diperoleh tidak akan sama dengan sampel yang ditarik pada awalnya. maka semakin besar sampel yang dibutuhkan. maka sampel random sederhana . maka semakin besar sampel yang dibutuhkan • Semakin tinggi tingkat keyakinan dalam estimasi.

 Pengambilan Sampel Probabilitas Kompleks (Complex Probability Sampling) • • • • • Pengambilan sampel sistematik Pengambilan sampel Bertingkat Pengambilan Sampel Proporsional Dibanding Tak Proporsional Pengambilan Sampel Gugus Pengambilan Sampel Ganda  Pengambilan Sampel Nonprobabilitas  Pertimbangan Praktis  Metode-metode • Kemudahan Sampel probabilitas yang tidak dibatasi disebut sampel kemudahan (convenience). • Pengambilan sampel Bertujuan Sampel nonprobabilitas yang memenuhi criteria tertentu disebut pengambilan sampel bertujuan. • Bola Salju . Terdapat dua jenis utama. pengambilan sampel penilaian dan pengambilan sampel kuota.dipandang sebagai sebuah kasus khusus di mana setiap elemen populasi mempunyai kesempatan yang sama dan diketahui untuk diseleksi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful