Makalah Pendidikan Agama Islam

Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Pendidikan Agama Islam

Disusun oleh : 1. Puji Setia Bakti 2. Erlangga Bagus M. 3. Andika Triagni 1107010011 1107010010 1107010030

FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO 2012

Purwokerto. Wassalamu’alaikum Wr. Wb. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua.KATA PENGANTAR Assalamu’alaikum Wr. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada dosen pengampu mata kuliah Pendidikan Agama Islam. dan tidak lupa pula sholawat serta salam kami panjatkan kepada Nabi Besar kita Muhammad SAW yang telah membawa umatnya dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang benderang seperti saat ini. Wb. sehingga Kami senantiasa terbuka untuk menerima saran dan kritik pembaca demi penyempurnaan makalah berikutnya. sehingga Kami dapat menyelesaikan makalah Pendidikan Agama Islam “Alam semesta dan fungsinya untuk menusia menurut perspektif islam” dengan tepat waktu tanpa halangan suatu apapun Kami sangat menyadari bahwa masih terdapat kekurangan dalam makalah ini. Puji syukur kami panjatkan atas kehadirat Allah SWT yang telah menciptakan alam beserta isinya untuk kehidupan manusia. 13 Mei 2012 Penyusun .

Latar Belakang Allah menciptakan alam semesta beserta isinya sebagai tanda-tanda kekuasaan Allah dan diantara ciptaan-Nya adalah manusia yang mengemban tugas sebagai khalifah di muka bumi ini untuk menjaga dan melestarikannya. 3. Mengetahui tanda-tanda kebesaran Alloh. Mengerti tugas-tugas pokok sebagai kholifah di muka bumi. Tujuan 1. Rumusan masalah 1." B. 2. 3. C. padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui. Mengetahui tujuan Alloh menciptakan alam semesta. Manfaat alam semesta bagi manusia. Tugas diciptakaannya manusia di muka bumi." Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah.BAB I PENDAHULUAN A. . Menambah keimanan dengan mengetahui ciptaan-ciptaan-Nya. Sebagai mana Allah telah berfirman dalam surat Al Baqarah : 30 Artinya : Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi. 2.

Yang demikian itu adalah anggapan orang-orang kafir. dan jin. . Sebagaimana firman Allah dalam surat Al Anbiyaa : 16 Artinya : Dan tidaklah Kami ciptakan Iangit dan bumi dan segala yang ada di antara keduanya dengan bermain-main. maka celakalah orang-orang kafir itu karena mereka akan masuk neraka. Selain itu jika Allah tidak menciiptakan alam semesta maka kelanggengan kesempurnaan dan kecantikan nama-nama dan sifat-sifat Alloh SWT tidak akan pernah diketahui karena hal tersebut hanya akan diketahui oleh Alloh SWT sendiri. yang hal itu merupakan kehormatan dan anugerah bagi para makhluk-Nya. Dan surat Shaad : 27 Artinya : Dan Kami tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya tanpa hikmah. manusia.BAB II PEMBAHASAN A. Dengan menyatakan kecantikan-kecantikan rohani dari nama-nama dan sifat-sifat Alloh yang maha kuasa disamping memandang dan kecantikan dan kesempurnaan-Nya sendiri atas karyakarya-Nya sendiri dia juga member i sebagian untuk diketahui malaikat. Tujuan allah menciptakan alam semesta Allah menciptakan alam semesta bukan untuk main-main atau kepalsuan belaka melainkan untuk menunjukan tanda-tanda kebesaran Allah kepada makhluk ciptaan-Nya dengan tujuan agar kita beriman kepada-Nya.

B. Dan Surat : Al Anbiyaa : 16 Artinya : Dan tidaklah Kami ciptakan Iangit dan bumi dan segala yang ada di antara keduanya dengan bermain-main. semua yang diciptakan oleh Alloh SWT mempunyai manfaat bagi makhluk ciphtaan-Nya terutama manusia. Alloh menciptakan air untuk sumber kehidupan manusia. Allah menciptakan bintang-bintang sebagai penunjuka arah mata angin. maka celakalah orang-orang kafir itu karena mereka akan masuk neraka. Sebagai Contohnya adalah Alloh menciptakan matahari dan bulan selain untuk penerang baik disiang dan malam hari juga bermanfaat bagi penanggalan. Alloh menciptakan hewan dan tumbuhan untuk membantu manusia dalam menjaga keseimbangan alam semesta. Yang demikian itu adalah anggapan orang-orang kafir. sebagaimana Alloh SWT berfirman dalam surat Shaad : 27 Artinya : Dan Kami tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya tanpa hikmah. hewan ataupun tumbuhan. Manfaat Alam Semesta bagi Manusia Alloh menciptakan alam semesta beserta isinya tentunya tidak mungkin mempuunyai manfaat denga kata lain. . Alloh menciptakan tumbuh-tumbuhan sebagai makanan. pakaian dan obat-obatan.

Mengingat manusia diciptakan sebagai makhluk yang paling sempurna di banding makhluk Alloh yang lainnya. Istilah kholiifah dalam Al Qur’an sendiri sudah disebutkan tepatnya dalam surat Al Baqoroh : 30 yang berbunyi . tidka semata-mata makhluk hidup dicipatakan melainkan sudah dipersiapkan fungsinya masing-masing. Artinya : Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi. tetapi Alloh lebih mengetahui rencananya. Bahkan ." Sesuai firman Alloh di atas." Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah. ketika malaikat ”menentang” Alloh mengingat sifat manusia yang kadnag selalu berbuat kerusakan. Sebgaiman manusia sebagai makhluk yang paling sempurna disbanding makhluk ciptaan Alloh yang lainnya. maka manusia diberikan tugas oleh Alloh sebgai Kholifah di muka bumi. Dan manusia tetap disebutnya sebagai kholifah di muka nbumi yang kelak akan dimintai pertanggung jawaban di yaumil kiyamah. Selain sebagai kholifah di muka bumi manusia juga mempunyai dua tugas utama.C. Tugas diciptakannya manusia di muka bumi Di dalam Al Qur’an disebutkan. . padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui. Adapun tugas utama tersebut adalah memakmurkan bumi (al imaroh) dan memelihara bumi dari kerusakan (ar ri’ayah) . bahwa memang dalam islam keberadaan manusia dimuka bumi diyakini telah disiapkan untuk menjadi kholifah.

hal ini sesuai dengan konsep Alloh yang Maaha Pemurah dan Maha Penyayang. Alam akan memberikan apa yang kita ingginkan dna generaisi yang akan datrangn tidak akan punah. Kekayaan alam harus bisa dimanfaatkan sebaikbaiknya tanpa merusak demi manfaat luas. Mememlihara Bumi (Ar Ri’ayah) Pengertian memelihara tidak hanya memelihara secara fisik tetapi secara konten di alamjuga harus dipelihara. Jadi manusia secara bersamasama diberi amanah tersebut. 2. Memakmurkan bumi (al imaroh) Alam ini adalah amanah yang harus dimanfaatkan untuk keberlangsungan untuk makhluk hidup apapun. Termasuk memelihara akidah dan akhlak manusia itu sendiri sebagai sumber daya alam yang akan memanfaatkan alam jika akidah dan akhlaknya buruk. maka kehancuran sudah pasti menjelang.1. .

tumbuhan. dan manusia untuk beribadah kepada-Nya.BAB III PENUTUP A. Allah menciptakan manusia lebih sempurna dari makhluk ciptaan-Nya yang lain dengan tujuan untuk menjadikannya khalifah dimuka bumi ini B. Saran Ketahuilah kawan bahwasanya tuhanmu telah menciptakan alam dan isinya sebagai tanda-tanda kebesaran-Nya agar kita beriman dan beribadah kepadanya dan memanfaatkan alam dengan baik serta melestarikannya. . jin. Allah juga menciptakan isi dari alam semesta dari mulai hewan. Kesimpulan Kesinpulannya adalah bahwa Allah tidak menciptakan alam semesta dengan main-main belaka tetapi lebih daripada itu ialah Allah menciptakan alam semesta untu menunjukan kepada makhluk ciptaannya tentang tanda-tanda kebesaran-Nya.

DAFTAR PUSTAKA  Al Qur’an terjemahan    surat Al Baqarah : 30 Surat : Al Anbiyaa : 16 surat Shaad : 27  Nurdin ali.2009 Pendidikan Agama Islam . Wawan suharmawan . Syaiful mikdar.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful