HUKUM AGRARIA

Diajukan untuk memenuhi tugas matakuliah HUKUM AGRARIA

Nama: IMDAD YASIR Kelas/Semester: D/3 NPM: 111010113

Fakultas Hukum

UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI CIREBON
Jalan Terusan Pemuda no.1A telp. (0231) 488929

Undang-undang pokok agraria. Peraturan-peraturan. Peraturan lama. 3. Peraturan-peraturan yang tercantum dalam undang-undang dan dengan perundangan lainnya.air ruang angkasa. air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh negara dan digunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat. Sumber hukum tertulis 2. c. yaitu catatcatatnya telah dibersihkan. Hukum adat yang lama. Praktek Agraria 2. Sebelum berlakunya UUPA 2. Yurisprudensi 2. undang-undang dasar 1945 kususnya pasal 3 ayat 3. Berdasarkan atas persatuan sosialisme indonesia.”bumi. Sedangkan pengertian “agraria”. dengan syrat tertentu berdasarkan peraturan /pasal pemeliharaan. 4. Hukum Agraria dibagi 2 yaitu : 1. Kebiasaan baru yang timbul sesudah berlakunya undang-undang pokok agraria.   Sumber hukum agraria ada dua bentuk yaitu: 1. Sumber hukum tidak tertulis. 2. Hukum adat sepanjang tidak bertantangan dengan kepentingan nasional dan negara. dengan syrat-syarat tertentu . Segala sesuatu dengan mengindahkan unsur-unsur yang berstandar dengan perundangan lainnya. b. Agraria →berasal dari Ager→bahasa belanda→Akker berarti tanah pertanian atau ladang UUPA→agraria meliputi→bumi. Sumber tidak tertulis: 1.HUKUM AGRARIA Pengertian Hukum Agraria  Keseluruhan dari pada akidah-akidah hukum baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis yang mengatur soal agraria→mengatur hubungan hukum antara orang dan sumber alam. d. minsalnya: 1.5 tahun 1960. Berdasarkan atas persatuan bangsa. Sesudah berlakunya UUPA   . masih berlaku. a. air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya bahkan batas-batas tertentu dari ruang angkasa. Sumber hukum tertulis : 1. e. dalam arti luas yang diatur dalam pasal 1 ayat 2 meliputi bumi. undang-undang ini dimuat dalam undangundang No.

 Fungsi dari Domein Verklaring Sebagai landasan hukum bagi pemerintah / negara untuk memberikan tanah-tanah dengan hak baratyaitu hak yang diatur dengan KUHP→hak erflekchet. dimasukkan ke Indonesia dengan pasal 62 RR yang pada mulanya terdiri dari 3ayat dengan penambahan 5 ayat tersebut. ZAAK: -benda -segala sesuatu yang dapat dijadikan obyek hukum -setiap barang yang dapat terlihat/teraba -kekayaan seseorang -barang yang tidak terlihat Benda berwujud tidak bergerak dapat dilihat dari 3 kategori: a. salah satu peraturan pelaksanaan Agrarische Wet adalah “Domein Verklaring” suatu asas dimana tanah yang tidak dapat dibuktikan hak eigendoranya adalah tanah negara. Karena sifatnya .  Kelemahannya. hukum adat yang murni berkonsepsi komunalistik yang mewujudkan semangat gotong royong kekeluargaan yang diliputi suasana relijius. hak adat tidak ada bukti tertulis.Sebelum berlakunya UUPA terdiri dari: 1) Hukum agraria adat 2) Hukum agraria barat 3) Hukum agraria antar golongan 4) Hukum agraria administrasi  Agraische Wet 1870 Riwayat singkat Agrarische Wet adalah Wet atau undang-undang di negri Belanda yang diterbitkan pada tahun 1870dengan diundangkan dalam stadblad 1870-55. sehingga pasal 62 RR menjadi 8 ayat yakni ayat 4s/d ayat 8 akhirnya keseluruhan pasal 62 RR menjadi pasal 51 IS. Dan dengan timbulnya Agrarische Wet timbul asas Land Domein: Vry Land Domein → tanah milik Negara On Vry Domein → Tanah milik  Akibatnya timbul dualisme hukum . Hukum adat . terdapat diskriminasi antara hak barat dan hak adat.Eigendom. Hak-hak kebendaan yang terpenting dalam KUHP perdata: 1. Hukum barat. Agrarische Eigendom Yaitu tanah yang dipunyai oleh orang indonesia dengan hak milik atas pemerintahan pemiliknya yang sah diberikan kepadanya dengan hak Eigendom.

-mempunyai droid de suite (zaaks gevolg)→hak yang dimiliki mengikuti bendanya dimana benda itu berada d. 16 UUPA) 1. dapat dipertahankan terhadap siapapun c. hak gadai) d) Hak milik dapat dilepaskan dari seseorang dengan sukarela (Ps.terkuat. seperti pemilik sebdang tanah yang bersertifikat. Karena tujuannya Karena ditentukan undang-undang Hak kebendaaan adalah mutlak atas sesuatu benda yang memberikan kekuasaan langsung terhadap benda itu dan dapat dipertahankan terhadap siapapun juga (setiap orang). a. terkuat dan terpenuh yang dapat dipunyai orang atas dengan mengingat ketentuan Ps. -wewenangnya luas Macam-macam hak kebendaan 1) 2) 3) 4) 5) 6) 7) Bezit Eigendom (570 BW) Opstal (ps 711 BW) Hak penguasaan tanah yang bersumber dari hukum adat Erfpacht Azas hukum adat Modal dan saham Azas UUPA 1) 2) 3) 4) 5) Azas nasionalisme Azas tanah milik untuk bertani Azas Unifikasi Azas horizontal Azas dikuasai : pasal 2(2) UUPA Hak-hak atas tanah milik dalam UUPA (ps.temurun. miliknya dapat dipertahankan dari pihak lain .terpenuh b) Hak milik beralih dan dialihkan c) Hak milik dapat menjadi induk dari hak-hak atas tanah(dapat dibebani dengan hak sewa.b. Ciri-ciri dan sifat hak kebendaan. merupakan hhak mutlak b.27) Hak milik hapus karena: . dan dilindungi UU sepanjang mempunyai bukti yang kuat. c. UUPA (semua hak atas tanah mempunyai fungsi sosial) Ciri-ciri hak milik: a) Turun. Hak milik : hak turun temurun .

1. 2.tanah tersebut belum beralih . tanah negara yang dimohonkan untuk mendapatkan hak milik. Penyerahan secara nyata. membuka hutan memelihara kesuburan. Terjadi karena undang-undang.   Setelah berlakunya UUPA . ada uang dari pembeli . i) Karena PT sudah disediakan hak atas tanah itu j) PT merupakan himpunan modal yang terkumpul dalam saham karenanya kalau tidak dilarang akan memborong tanah hal ini bertentangan dengan asas Landreform. Berdasarkan hukum adat. Terjadinya / timbulnya hak milik : 1. Menurut cara lama ada 2 cara penyerahan yaitu . g) Tanahnya musnah h) Mengapa badan-badan hukum selain yang disebutkan tidak dapat (boleh) mempunyai hak milik. yaitu undang-undang kontroversi→ suatu perubahan hak lama menjadi hak baru (hak eigendom)→hak milik. 1320 -harus ada kesepakatan para pihak -harus cakap bertindak(dewasa) -harus jelas tanahnya -tanah tidak dalam sengketa -harus menghadap pejabat (PPAT)/menandatangani akta PPTA (pejabat pembuatan akta tanah) bisa camat. notaris.a) Jatuh kenegaraan b) Untuk kepantingan umum c) Penyerahan sukarela d) Ditelantarkan e) Karena pasal 21(3) pewarisan perkawinan campuran →1 tahun f) Jual beli peralihan hak kepada orang asing nietige(batal) demi hukum. penyerahan yuridis setelah dilakukan balik nama maka terjadi hak milik secara yuridis. Penyerahan secara hukum. ada surat-surat dari penjual.  Peralihan hak milik 1. Caranya : Bertahap → menyewa → kolektif Langsung →bisa dikabulkan apabila pemerintah tidak memerlukan peralihan hak milik.yang membedakannya adalah wilayah dimana pejabat tersebut diangkat. tinggal turuntemurun→ia bisa manjadi pemilik tanah. masih harus dilakukan balik nama. 3. Karena jual beli Syarat jual beli Ps. 2. Karena penetapan pemerintah pasal 22 (2) UUPA. Kalau notaris bisa kabupaten atau wilayah kota.

4. . Kalau jaraknya jauh maka boleh lebih dari 6 bulan (mendagri) . pernyataan hibanya dilakukan pada waktu si pemberinya masih hidup tetapi pelaksanaannya setelah si pemberi meninggal. 2. Tanah hak milik selain dapat dialihkan juga dapat dibebani hak-hak lain. 5. hanya kalau jual bei terjadi tukar menukar antara barang dengan uang.1. -tukar menukar dilakukan dimuka PPAT sehingga akte tukar menukar selanjutnya akta ini didaftarkan pada PPAT ke BPN. -Menurut PP No. 6. Faktor terhapusnya hak milik (diiatur dalam pasal 27 UUPA) 1. karena wakaf. peralihan hak milik dimana pemilik sudah meninggal dunia dapat dengan surat waris / tidak. karena penghibaan. 10 thn 1961( mengenai pendaftaran hak atas tanah )maka para ahli waris wajib mendaftarkan hak atas tanah tersebut. 2. -Pendaftaran ini dilakukan setelah 6 bulan meninggalnya si pewaris.Karena warisan. 3. penghibaan merupakan suatu perbuatan hukum bersegi satu yaitu seseorang memberikan sesuatu (sebidang tanah) pada orang lain tanpa ada penggantian apapun. pemberi dan penerima menghadap PPAT dan menandatangani Akta. melaikan kontan atau murni. untuk kepentingan negara/umum. Jual beli dihadapan pejabat kemudian didaftarkan ke kantor pertanahandalam hukum adat tidak ada yang dinamakan penyerahan. Karena pencabutan hak berdasalakan pasal 18 UUPA. dalam tuka menukar yang menerima dan yang memberi sama bentuknya yaitu tanah. Bagi tanah yang sudah didaftarkan kalau terhadi perubahan hak milik karena pewarisan maka pendaftarannya hanya menggunakan sertifikat tanah. Peruntukkannya sudah ditentukan untuk bidang-bidang sosial apa saja umumnya diberikan untuk masjid-masjid. Dan jika dengan surat-surat wasiat maka surat wasiat itu dilampirkan. penerima hibah tidak datang. karena hiba wasiat. . Karena tukar menukar -Sebenarnya prosedurnya hampir sama dengan jual beli .prosedur tanah ini berbeda dengan tanah-tanah yang sudah didaftarkan dan tanahtanah yang belum didaftarkan. Karena tanahnya jatuh ke tangan negara Karena tanahnya musnah Bisa disebabkan oleh : 1. Pemberi saja yang menghadap PPAT.

gadai tanah tidak dikenai pembatasan waktu.berdasarkan UU No. Pemberian gadai dilakukan dimuka PPAT dan didaftarkan sesuai PP no10 pasal 1961.2. Ciri-cirinya: . 2 tahun 1960 agar pembagian hak lebih adil. Karena ketentuan pasal 21 (3) dan pasal 26 (2) UUPA→batal hukum tanahnya jatuh ke negara. Karena ditelantarkan sehingga bertentangan dengan fungsi sosial.umumnya perjnjian tidak tertulis hanya berdasarkan kepercayaan. hak untuk mendirikan dan mempunyai bangunan di atas tanah bukan milik sendiri dengan jangka waktu paling lama 30 tahun. merupakan hak baru setelah adanya UUPAdengan tujuan memenuhi kebutuhan hukum masyarakat akan tanah karena tidak ada pada hukum adat maupun hukum barat. .  Hak guna bangunan.  Hak sewa untuk bangunan. 4. -apabila pemberi gadai wafat. Karena penyerahan secara sukarela oleh pemiliknya. hak untuk keperluan tertentu dan atau mengalirkan air diatas tanah orang lain . 1. untuk menggunakan dan memungut hasil dari tanah yang dikuasai langsung oleh negara atau tanah milik orang lain yang memberi wewenangnya pada pemegangnya sebagaimana tercantum didalam keputusan pemberiian haknya. hubungan hukum antara seseorang dengan tanah milik orang lain yang telah menerima uang gadai. dan hak milik tsb.merupakan hak sementara . 3. merupakan suatu hubungan hukum antara pemilik dan penggarap tanah.  Ciri-ciriya: -jangka waktu terbatas. sekarang dikenal dengan hak pengusahaan hutan.  Hak guna air dan menangkap ikan. hak sewa atas tanah orang lain untuk kepentingan bangnan. Hak gadai. -berakhir jikaa ada penebusan dari pemilik tanah.  Hak pakai. 2. hak usaha bagi hasil. hak gadai akan tetap berlangsung dengan ahli warisnya. air kekayaan alam yang terkandung didalamnya dan hal-hal yang bersangkutan dengan itu. hak ini dapat dipunyai oleh WNI yang diatur dalam PP.  Hak guna usaha. dengan membayar pemiliknya sewa untuk bangunan(dengan membayar sewa bangunannya)  Hak membuka tanah dan memungut hasilnya. hak guna ruang angkasa memberika wewenang untuk mempergunakan tenaga dan unsur-unsur dalam ruang angkasa guna usaha-usaha memelihara dan memperkembangkan kesuburan bumi.  Hak guna ruang angkasa.  Hak-hak yang bersifat sementara.

-harus mengerjakan tanah dengan baik. hak pengelolaan memberi wewenang kepada pemegangnya untuk merencanakan peruntukan dan penggunaan tanah. -menyerahkan hasil bagian kepada pemilik. 3.mungkin sudah ada bangunannya atau juga mungkin masih kosong. Hak pakai dalam jangka waktu paling lama 6 tahun. -perjanjian tidak hapus jika penggarapnya meninggal. SELESAI . -pada akhir penggarrap berkewajiban untuk menyerahkan tanah dalam keadaan baik.bisa bayar bisa tidak.  Hak dan kewajiban penggarap: -mempunyai hak menggarap dan mengambil hasil dari tanah itu. -dapat berlangsung dengan perpindahan pemilik. -luas tanah dari bagi hasil tidak boleh ebih dari 3 Ha kecuali ijin dari mentri dalam negeri dengan dirjen agraria.  Ciri-cirinya : -jangka waktu tidak terbatas. -jangka waktu darat 3 tahun. -jangka waktu sawah 3 tahun. -tanahnya musnah. suatu hak yang memberikan wewenang kepada seseorang untuk memdirikan rumah diatas tanah orang lain.-tidak dapat dialihkan pada pihak lain. -sewaktu-waktu pemilik tanah membutuhkan maka ia berhak menyuruh meninggalkan tempat. -penggarapan umumnya perseorangan tidak boleh badan hukum walaupun tidak aa ketentuannya. Pembayaran yang menumpang tidak mutlak. 4. -hubungannya pemilik dengan penumpang lemah. hak pengelolaan.  Hapusnya usaha bagi hasil: -jangka waktu berakhir. -persetujuan kedua belah pihak. -jika terjadi musibah resiko ditanggung kedua belah pihak.hak pengelolaan bisa terjadi pada tanah negara. Menggunakan tanah untuk menjalankan tugasnya. hak menumpang.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful